carisinyal web banner retina

Menanti Kamera Telefoto Periskop di HP Mid-Range dari realme 

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 12/01/2024

Selama lebih dari enam bulan, saya memakai realme 11 Pro+. Tidak ada keluhan soal HP ini. Meski ada sentimen negatif dengan produk ini, saya tak mempermasalahkan. 

Hal yang agak disayangkan dari realme 11 Pro+ yang saya gunakan adalah tidak adanya lensa telefoto. Saya masih bisa menerima tidak ada IP rating, cip yang dipakai juga bukan masalah besar. Karena sepengalaman saya pengalaman pakai realme 11 Pro+ benar-benar gegas. 

Namun, mengingat pesaing di kelas harganya sudah banyak yang tawarkan lensa telefoto, relame 11 Pro+ jadi terasa biasa saja. Karena itu, saya sangat berharap pada realme (terutama realme Indonesia), untuk meningkatkan kemampuan kamera di penerus realme 11 Pro+.

Harapan itu tampaknya terjawab karena berdasarkan rilis yang saya terima, realme Indonesia akan segera hadirkan realme 12 series 5G dengan lensa telefoto. 

Tidak tanggung-tanggung, jargon yang mereka usung untuk realme 12 series 5G adalah “Teknologi Telefoto Periskop Flagship”.

Kamera Telefoto Periskop di realme 12 series 5G 

Periscope Camera Technology from realme

realme 12 series 5G nanti akan hadirkan kemampuan telefoto yang tidak sekadar lensa telefoto biasa tetapi juga periskop. Menurut realme, teknologi telefoto periskop yang ada di realme 12 series 5G merupakan turunan dari kamera telefoto yang ada di ponsel kelas atas mereka, realme GT5 Pro. 

Saya bisa menyimpulkan kalau realme akan membawa formula yang sama dari realme GT5 Pro ke realme 12 series 5G, khusus untuk kamera telefotonya. 

Hal yang membuat saya menarik adalah soal dibawanya telefoto ke “realme 12 series 5G”, buka “realme 12 Pro series 5G”. Itu berarti, bisa jadi varian yang bukan Pro juga akan mendapat kamera telefoto. 

Mengaca seri sebelumnya, realme 10 hadir dengan varian realme 10 (4G), realme 10 Pro 5G dan realme 10 Pro+ 5G. Selanjutnya ada realme 11 (4G), realme 11 Pro 5G dan realme 11 Pro+ 5G.

Periscope Camera Technology from realme

Mengacu penyebutan “realme 12 series 5G”, kemungkinan realme Indonesia membawa realme 12 5G,  realme 12 Pro 5G dan realme 12 Pro+ 5G. Siapa tahu ketiga variannya hadir dengan lensa telefoto. Apalagi kalau varian realme 12 5G yang notabene ada di kelas harga menengah (Mid-Range) dijual di harga yang menarik. 

Tentu saya berharap ada kejutan dari realme Indonesia terkait produk mereka. Menghadirkan lensa telefoto (apalagi periskop) ke seri ponsel terjangkau, bakal jadi pembeda dari HP lain di kelas harganya. 

Alasan realme membawa lensa telefoto ini berdasar hasil riset mereka. Menurut penelitian internal realme,  terkait lensa telefoto ini generasi muda cenderung lebih suka zoom 3x atau lebih daripada hanya 2x. 

realme 12 Series 5G nantinya hadir dengan sensor terbesar di segmen kelas harganya. Ponsel ini juga bakal punya sistem kamera  kinerja tinggi  dan algoritma canggih untuk memberikan kinerja fotografi yang unggul.

realme menjanjikan kalau teknologi telefoto periskop di realme 12 Series 5G membawa empat keunggulan utama dalam fotografi. Berikut keunggulannya. 

  • Next-gen Telephoto

 Lensa Telefoto Periskop Terbaik di segmennya, meningkatkan kejernihan dan stabilitas pengambilan gambar malam hari dengan teknologi yang sama yang digunakan pada realme GT5 Pro. 

  • Next-Gen Sensor

Sensor Telefoto Periskop Terbesar di segmennya, menggunakan sensor flagship OV64B untuk pengalaman fotografi sebanding dengan smartphone flagship. 

  • Next-gen Lossless Zoom

 Kemampuan Pencitraan Zoom Lossless Full-Focal-Length yang Unggul, memberikan pengalaman zoom lossless pada berbagai panjang fokus. 

  • Next-gen Algorithm

Kustomisasi Eksklusif dari Algoritma MasterShot, bekerja sama dengan Qualcomm untuk pemrosesan gambar dengan domain RAW, memastikan kejernihan dan realisme potret sinematik terbaik pada realme 12 Series 5G.

realme 11 Pro series turun harga

Harga baru realme 11 Pro Series 5G

Kehadiran seri yang lebih baru, seharusnya membuat seri lama mengalami penurunan harga. Karena itu, saya tidak kaget di Januari 2024, realme Indonesia memutuskan menurunkan harga realme 11 Pro 5G  dan realme 11 Pro+ 5G.

realme 11 Pro 5G kini dijual dengan harga Rp4.599.000 dari sebelumnya Rp5.599.000. Sementara realme 11 Pro+ 5G kini dapat dimiliki dengan harga Rp6.599.000 untuk varian memori 12GB/512GB dari sebelumnya Rp6.999.000. 

Sebenarnya saya berharap penurunan harga kedua produk sampai Rp1 jutaan, jadi harganya bisa lebih terjangkau. Tapi sepertinya penurunan bakal terjadi ketika realme 12 5G series hadir resmi nantinya. 

realme 11 Pro+ 5G kini dapat dimiliki dengan harga Rp6.599.000 untuk varian memori 12GB/512GB dari sebelumnya Rp6.999.000

Sedangkan realme 11 Pro 5G hadir sebagai Number Pro Series terbaik dari realme dengan membawa layar lengkung 120Hz Curved Vision Display, desain mewah Milan Luxury Design, 100MP OIS ProLight Camera serta performa terbaik dari chipset Dimensity 7050, dan memori besar 8GB+8GB*|256GB, kini dijual dengan harga Rp4.599.000 dari sebelumnya Rp5.599.000.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram