carisinyal web banner retina

Resmi Dirilis! Inilah Samsung Galaxy A14 5G, HP 5G Termurah dari Samsung

Ditulis oleh Ananda Ganesha M pada 24/01/2023

Tidak hanya dikenal melalui jajaran produk flagship Galaxy S series, Samsung juga turut menyambangi pasar smartphone terjangkau dengan Galaxy A series. Kali ini, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) baru saja merilis Samsung Galaxy A14 5G pada hari Selasa (24/01/2023).

Smartphone di harga rilis Rp2 jutaan tersebut dicanangkan sebagai ponsel paling terjangkau dari Samsung yang telah mendukung jaringan seluler 5G. Dihadirkan dengan chipset bertenaga dan kualitas kamera yang bagus di kelasnya, membuat Samsung Galaxy A14 5G layak dilirik sebagai daily driver Anda berikutnya tanpa khawatir membuat kantong jebol.

Ponsel ini juga menjadi opsi menarik bagi konsumen yang ingin upgrade dari jaringan LTE ke 5G, mengingat generasi jaringan seluler kelima tersebut sudah mulai marak di Indonesia. Apalagi, ponsel ini dikemas dengan persenjataan cukup lengkap untuk menunjang gaya hidup modern, seperti kreasi konten, bermain gim, serta mengabadikan momen melalui jepretan foto. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan smartphone besutan Samsung ini? Simak berikut ini.

Samsung Galaxy A14 5G Hadir dengan Jaringan 5G, Performa Memukau, dan Kamera Berkelas

samsung galaxy a14 5g 2_

Ada sejumlah kelebihan yang bisa di-highlight dari Samsung Galaxy A14 5G. Yang pertama adalah penggunaan chipset 5G berupa MediaTek Dimensity 700 yang juga dapat ditemukan pada pendahulunya, Samsung Galaxy A13 5G.

Chipset tersebut dibangun atas fabrikasi 7 nm, membawakan prosesor delapan inti (octa core) yang terdiri atas dua inti Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam unit hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz). Menyertai delapan CPU ini adalah GPU berupa Mali G57 MC2 yang siap menjalankan aktivitas grafis tanpa kendala.

Penggunaan chipset MediaTek Dimensity 700 ini berbeda dengan varian global yang menggunakan Exynos 1330. Selain itu, perangkat juga dikemas dengan kapasitas penyimpanan internal sebanyak 128 GB serta RAM 6 GB, disinyalir dapat melakukan aktivitas multi-tasking seperti split-screen dan membuka-tutup aplikasi dengan nyaman.

Jika perlu, tersedia pula fitur RAM Plus yang dapat "meminjam" sebagian dari memori internal untuk dijadikan RAM virtual. Opsi RAM virtual yang dapat dipinjam adalah 2 GB, 4 GB, hingga 6 GB.

Yang kedua, Samsung Galaxy A14 5G memiliki kamera canggih yang dapat digunakan untuk berfoto ria ataupun kreasi konten. DI belakangnya sudah tersemat konfigurasi Triple Camera yang berisikan sensor utama 50 MP (f/1.8), kamera 2 MP makro (f/2.4) dan kamera 2 MP depth sensor (f/2.4).

samsung galaxy a14 5g_
Konfigurasi kamera pada Samsung Galaxy A14 5G

Kamera utama ini menggunakan teknologi Quad Bayer untuk menyatukan empat piksel berdekatan jadi satu piksel besar, sehingga dapat hasilkan output gambar sebesar 12,5 MP. Bukan hanya untuk memotret, kamera ini juga cukup layak untuk merekam video lantaran mendukung hingga resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS.

Kamera depannya pun sudah dirancang untuk dapat menangkap sisi terbaik dari wajah pengguna, mengandalkan sensor kamera 13 MP (f/2.0) dengan dukungan perekaman hingga resolusi 1080p di 30 FPS. Sayangnya, Samsung tidak mengungkapkan jenis sensor apa saja yang digunakan pada masing-masing kamera tersebut.

samsung galaxy a14 5g 3_

Lalu yang ketiga, konektivitas pada Samsung Galaxy A14 5G juga tidak kalah bagus dengan ponsel lain di kelas yang sama. Perangkat dibekali dengan NFC (Near Field Communication) yang akan mendukung gaya hidup modern pengguna, seperti saat hendak bertransaksi digital, mengecek saldo eMoney, dan lain sebagainya.

Perangkat juga membawakan fitur Dual SIM 5G yang dirancang dalam bentuk 3-card slot, agar pengguna tetap dapat menyelipkan kartu microSD hingga 1 TB tanpa korbankan SIM kedua.

Adapun untuk layarnya, Samsung Galaxy A14 5G menawarkan panel PLS ICD berukuran 6,6 inci pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2408 piksel, pada kerapatan piksel 400 ppi dan aspek rasio 20:9. Ini merupakan sebuah peningkatan yang layak dinanti, mengingat Samsung Galaxy A13 5G yang jadi pendahulunya hanya dikemas dengan resolusi layar HD+ 720p.

Mengingat performanya sudah memadai untuk gaming, Samsung tidak mau ketinggalan dalam hadirkan refresh rate 90 Hz. Ini guna membuat frame rate di gim terasa lebih mulus, dan melakukan scrolling di antarmuka pun jadi terasa licin dan lancar. Bukan hanya itu, touch sampling rate-nya adalah sebesar 180 Hz sehingga layar dapat merespons sentuhan jari pengguna dengan lebih cepat.

Smartphone ini turut menawarkan sistem operasi Android 13 berselimutkan One UI Core 5. SEIN (Samsung Electronics Indonesia) menjanjikan dua kali upgrade versi OS Android, sehingga ponsel dapat mendukung hingga Android 15. Selain itu, ponsel ini didukung oleh masa update security patch selama 4 tahun.

Pada bagian baterainya, Samsung Galaxy A14 5G dikemas dengan kapasitas yang cukup memadai yakni 5.000 mAh, disinyalir dapat bertahan hingga 2 hari penggunaan normal. Jika habis, pengguna bisa merasakan pengisian daya yang terbilang cepat berkat fast charging 15 W melalui port USB Type-C 2.0. Tentu, casan ini pun sudah termasuk dalam paket penjualan.

Kemudian, yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah desainnya. Menurut saya, tampilan Samsung Galaxy A14 5G ini terasa begitu seamless lantaran tidak menampilkan camera bump yang begitu kentara. Penataan dan bentuk desainnya pun dibuat lebih fresh dari Samsung Galaxy A13 5G yang jadi pendahulunya.

Ponsel ini mengusung desain kamera depan Infinity-U Display atau yang biasa disebut waterdrop notch, tersedia dalam beberapa varian warna yang kece seperti Black, Silver, dan juga Dark Red.

Harga dan Ketersediaan Samsung Galaxy A14 5G

samsung galaxy a14 5g launch

Samsung Galaxy A14 5G dibanderol dengan harga rilis Rp2.999.000,- pada varian satu-satunya, yaitu RAM 6 GB + 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Samsung menyediakan program flash sale yang memangkas harganya menjadi Rp2.899.000,- alias selisih Rp100 ribu lebih murah.

Periode ini berlangsung dari tanggal 20-30 Januari 2023 dan bisa didapatkan melalui samsung.com/id, serta Samsung Official Store di blibli dan akulaku. Di samping itu, pengguna juga dapat nikmati bonus langsung berupa gratis langganan YouTube Premium selama 2 bulan senilai Rp118.000 dan Spotify Premium selama 3 bulan senilai Rp165.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5g dark red
Varian warna Dark Red
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram