carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Infinix Note 12 VIP dan Note 30 VIP, Ada Peningkatan?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix memang sering memberikan tambahan varian baru pada seri smartphone yang mereka rilis. Salah satu varian yang paling unik dan menarik dibahas adalah "VIP" series pada seri Infinix Note.

Seri VIP ini pertama kali dimunculkan melalui Infinix Note 12 VIP pada tahun 2022, kemudian berlanjut ke Infinix Note 30 VIP pada tahun 2023. Kendati dirilis di waktu berbeda, dua ciri khas yang menjadi karakteristik Infinix Note VIP series adalah kemampuan charging-nya yang di atas rata-rata.

Otomatis, kedua Infinix Note VIP tersebut cocok dimiliki oleh pengguna dengan mobilitas tinggi, atau sering bepergian ke daerah yang jarang ada stop kontak.

Nah, lazimnya, seri lanjutan memiliki perbedaan ketimbang pendahulunya. Entah itu ada parameter yang menurun atau meningkat, Infinix Note 30 VIP menyuguhkan fitur baru ketimbang sang "kakak".

Calon pembeli pun disarankan mengetahui dulu perbedaan utama keduanya agar tidak salah beli. Atas hal tersebut, berikut ini Carisinyal beberkan poin-poin perbedaan utama yang membedakan Infinix Note 12 VIP dengan Infinix Note 30 VIP.

Spesifikasi Infinix Note 12 VIP

Infinix-Note-12-VIP-hitam_
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Note 30 VIP

Infinix Note 30 VIP
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8050
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Note 12 VIP dan Note 30 VIP

Apakah Infinix Note 30 VIP lantas adalah pilihan lebih baik karena dirilis lebih baru? Well, nyatanya tidak selamanya baru itu lebih baik. Agar lebih yakin mana yang terbaik untuk Anda, yuk pertimbangkan poin-poin perbedaan berikut ini!

1. Desain Bodi

infinix note 12 vip vs 30 vip_
Infinix Note 12 VIP (kiri), Infinix Note 30 VIP (kanan)

Nama "VIP" pada kedua smartphone ini memang bukan istilah marketing belaka. Pasalnya, Infinix Note 12 VIP dan 30 VIP memang mendatangkan fitur istimewa yang diadopsi dari HP flagship. Ini juga tercermin pada desain bodinya.

Infinix Note 12 VIP dan Infinix Note 30 VIP sama-sama hadirkan material kaca (glass) pada bagian punggungnya. Walau cenderung lebih rentan retak dibanding plastik polycarbonate, tapi bahan kaca terasa lebih mewah dan premium.

Sisi belakang Infinix Note 12 VIP memperlihatkan modul kamera berwarna hitam yang memenuhi keseluruhan area atas ponsel. Sedangkan, Infinix Note 30 VIP mengusung konsep desain yang lebih sederhana, yakni modul di pojok kiri atas dengan warna yang mengikuti varian warna bodi smartphone.

Infinix Note 12 VIP memiliki bodi yang lebih tipis, hanya sekitar 7,9 mm saja. Agak berbeda dengan Infinix Note 30 VIP dengan ketebalan 8,2 mm. Sedangkan pada beratnya, Infinix Note 12 VIP justru lebih berat dari Note 30 VIP yaitu 199 gram vs. 190 gram.

Hanya terdapat dua varian warna pada Infinix Note 12 VIP yakni Cayenne Grey dan Force Black. Sementara itu, Infinix Note 30 VIP tersedia dalam opsi lebih banyak yaitu Magic Black, Glacier White, dan Racing Edition.

Infinix Note 30 VIP juga dikemas dengan sertifikasi IP53 untuk membuatnya tahan percikan air. Fitur ini tidak tersedia untuk Infinix Note 12 VIP.

2. Helio G96 vs. Dimensity 8050

dimensity 8050

Infinix Note 12 VIP ditopang dengan chipset gaming kelas menengah yaitu MediaTek Helio G96. Ini merupakan salah satu SoC gaming terbaik di keluarga Helio G series, hanya dikalahkan oleh Helio G99.

Helio G96 ini dibuat pada manufaktur 12 nm sehingga ketahanan dayanya tidak sebaik SoC keluaran terbaru. Chipset memiliki kombinasi delapan inti prosesor bermuatan dua inti Cortex A76 (2.05 GHz) dan enam unit Cortex A55 (2.0 GHz). Pada pengolahan grafis, CPU tersebut didukung oleh GPU Mali G57 MC2.

Keberadaan Helio G96 di Infinix Note 12 VIP condong underperform. Meski punya kekuatan yang prima, SoC ini membawakan fabrikasi yang tinggi sehingga cepat throttling saat memainkan gim berat. Ia masih bisa memainkan Genshin Impact, tapi lebih cenderung turun frame dibanding Helio G99.

Di sisi lain, Infinix Note 30 VIP hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 8050. Berbeda dengan Helio G series, seri Dimensity sudah mendukung jaringan seluler 5G. Dimensity 8050 sendiri merupakan hasil rebranding dari Dimensity 1300 keluaran tahun 2022.

Di dalam SoC ini, terdapat tiga klaster CPU yang berisikan delapan unit prosesor. Klaster prime core berisikan Cortex A78 (3 GHz) sebanyak satu unit. Sedangkan, klaster high performance mencakup tiga inti Cortex A78 (2.6 GHz) dan klaster hemat daya meliputi empat Cortex A55 (2 GHz).

Hadir pada fabrikasi 6 nm serta GPU Mali G77 MC9 berkekuatan 850 MHz, kemampuan Dimensity 8050 tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Chipset ini berhasil meraih skor 689 ribuan pada pengujian AnTuTu v9, dengan skor Geekbench 5 meliputi 957 poin (single core) serta 3202 poin (multi-core), dilansir dari NanoReview.

Performa benchmark tersebut jauh lebih baik dari Helio G96 pada Infinix Note 12 VIP. Pasalnya, chipset ini hanya mendapatkan skor AnTuTu v9 sebanyak 334 ribuan. Perbedaan yang terpaut hingga 2x lipat. Pada Geekbench 5, Helio G96 meraih skor 542 poin untuk single core dan 1894 poin untuk multi-core.

3. Kamera

infinix note 12 vip

Resolusi kamera Infinix Note 12 VIP dan Infinix Note 30 VIP sama-sama 108 MP. Tapi itu hanya untuk kamera utamanya saja. Sisanya, kedua HP ini menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan.

Misalnya saja pada Infinix Note 12 VIP, ponsel memiliki fitur Laser AF dengan kemampuan berpindah fokus yang lebih cepat dan akurat. Lalu, ponsel ini masih menyediakan kamera ultrawide sebagai kamera pendampingnya (plus satu kamera makro 2 MP).

Ini berbeda dengan Infinix Note 30 VIP yang tidak memiliki kamera ultrawide, dan hanya dikemas dengan dua kamera 2 MP sebagai sensor pendampingnya. Kedua smartphone turut dilengkapi Quad LED Flash yang dapat memberikan tambahan cahaya saat memotret di kala gelap.

Walau tanpa ultrawide, Infinix Note 30 VIP rupanya lebih unggul dari segi perekaman. Infinix Note 30 VIP nyatanya lebih siap memenuhi kebutuhan para kreator konten, karena mendukung resolusi 4K di 30 FPS serta 1080p hingga 60 FPS.

Ini agak kontras dengan Infinix Note 12 VIP yang mentok di 1440p saja. Untungnya, sang generasi pendahulu ini juga bisa merekam hingga 60 FPS di 1080p.

Beralih ke kamera depan, Infinix Note 12 VIP tawarkan kamera 16 MP yang dapat merekam video hingga 1440p di 30 FPS. Sementara, Infinix Note 30 VIP hadir dengan kamera selfie 32 MP yang mendukung perekaman hingga 1080p di 30 FPS.

4. Layar

infinix note 12 vip

Tidak banyak perbedaan soal layar di antara Infinix Note 12 VIP dan Note 30 VIP. Keduanya gunakan panel AMOLED dengan dukungan 1 miliar warna, refresh rate 120 Hz, serta touch sampling rate 360 Hz.

Sekalinya ada perbedaan, itu pun tidak terpaut jauh. Misalnya pada sisi ukuran di mana Infinix Note 12 VIP mengusung dimensi 6,7 inci, sedikit lebih besar dari Infinix Note 30 VIP di ukuran 6,67 inci.

Kecerahan puncak (peak brightness) pun alami peningkatan menjadi 900 nit pada Infinix Note 30 VIP. Semula, kecerahan ini hanya 700 nit pada Infinix Note 12 VIP. Kedua layar sama-sama dibekali dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) pada aspek rasio 20:9.

5. Side-Mounted vs. In-Display Fingerprint Scanner

infinix note 30 vip in display fingerprint scanner_

Sebagian ponsel AMOLED memang tetap menggunakan sensor di samping. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga harga jualnya tetap murah. Penyediaan sensor di samping juga bisa saja berkaitan dengan keterbatasan ruang dan teknologi yang tersedia kala itu.

Nah, Infinix Note 12 VIP juga kebetulan jadi salah satu HP yang bawakan side-mounted fingerprint, terlepas sudah menggunakan AMOLED. Sebaliknya, Infinix Note 30 VIP justru telah menghadirkan teknologi in-display fingerprint.

Masing-masing tentu ada pro dan kontranya. Seperti pada Infinix Note 12 VIP, pengguna tidak perlu khawatir atau was-was saat memilihkan tempered glass. Beda dengan Infinix Note 30 VP yang jika salah pilih tempered glass, bisa mengurangi responsivitas sensor atau malah membuatnya tidak bekerja sama sekali.

Di sisi lain, in-display fingerprint terasa lebih mewah dan premium karena awalnya hanya bisa dimiliki oleh smartphone flagship. Sebagian orang juga lebih memilih sidik jari di layar karena memberikan pengalaman buka kunci yang lebih natural dibanding menekan tombol power.

6. Kapasitas Baterai dan Fast Charging

infinix note 30 vip reverse wireless charging_

Infinix Note 12 VIP bisa dibilang telah menggemparkan industri smartphone, lantaran menjadi HP pertama yang sanggup tawarkan fast charging 120 W di kelas harga menengah.

Tidak hanya sekadar fast charging yang ngebut, terdapat juga beragam sistem keamanan yang bisa menjaga HP, charger, dan juga kabelnya dari risiko kerusakan.

Sayangnya, besaran daya ini jadi menurun pada Infinix Note 30 VIP. Alih-alih sebesar 120 W yang diklaim hanya butuh 17 menit untuk charge Infinix Note 12 VIP dari nol hingga seratus persen. Infinix Note 30 VIP hanya punya fast charging 68 W.

Daya 68 W tersebut bisa isi daya baterai dari 1 hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja. Dan uniknya, perangkat mendukung teknologi bypass charging agar ponsel bisa menggunakan daya yang datang dari sumber listrik secara langsung, alih-alih gunakan daya dari baterai.

Infinix Note 30 VIP bahkan menyediakan fitur wireless charging pada daya 50 W yang bisa isi daya dari 1 sampai 50 persen dalam waktu 30 menit. Fitur ini juga bisa mengecas perangkat lain seperti smartphone, smartwatch, dan TWS melalui reverse wireless charging.

Perbedaan juga terlihat pada kapasitas baterainya, di mana Infinix Note 12 VIP mengusung baterai 4.500 mAh sedangkan Infinix Note 30 VIP hadirkan baterai 5.000 mAh.

7. Harga Rilis

infinix note 12 vip

Infinix Note 12 VIP dibanderol dengan harga rilis Rp4.099.000,- pada konfigurasi RAM 9 GB dan storage 256 GB di pasar Indonesia. Sementara pada saat artikel ini ditulis (per akhir Juni 2023), Infinix Note 30 VIP baru tersedia di pasar global dengan harga 299 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp4,4 jutaan.

Sama-sama di rentang harga Rp4 jutaan, duo Infinix VIP series ini menawarkan fitur mahal yang sulit ditandingi pesaingnya. Yakni, fast charging 120 W pada Infinix Note 12 VIP dan wireless charging 50 W pada Infinix Note 30 VIP.

Simpulan

Kendati merupakan smartphone kelas menengah, Infinix Note 12 VIP dan Infinix Note 30 VIP memberikan vibe HP mahal di harga Rp10 jutaan. Fitur dan spesifikasi yang diusungnya sungguh tidak wajar untuk HP di rentang harga Rp4 jutaan.

Belum lagi pada Infinix Note 30 VIP yang tawarkan Dimensity 8050, sehingga punya performa yang setara dengan upper mid-range (sekitar Rp7 jutaan).

Kedua HP Infinix ini juga sudah layak dijadikan sarana kreasi konten karena sudah mendukung perekaman 60 FPS. Kalau mau lebih leluasa lagi, bisa pilih Infinix Note 30 VIP yang bisa rekam 4K tapi tidak memiliki kamera ultrawide.

Pada intinya, Infinix Note 12 VIP dan Infinix Note 30 VIP punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Infinix Note 12 VIP juga punya keunggulan tersendiri kendati diluncurkan satu tahun lebih awal. Jadi, pilih yang mana?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram