7 Perbedaan Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy A54 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

Sebagai produsen yang mementingkan kualitas produk, Samsung terus menyegarkan varian yang dimilikinya. Seperti Samsung Galaxy A54 5G yang hadir untuk meneruskan kesuksesan varian Galaxy A53 5G. Dalam varian A54 ini, Samsung menghadirkan sejumlah ubahan dapur pacu dan kamera. Kedua sektor ini memang menjadi perhatian serius guna menarik minat pengguna generasi saat ini yang butuh ponsel kencang harga terjangkau.

Sementara itu, Samsung Galaxy A53 5G menawarkan desain yang modis, kamera AI khas galaxy hingga baterai yang cukup awet digunakan. Tidak heran, ponsel seri A ini sempat menjadi pilihan terbaik untuk harian maupun untuk bekerja. Apalagi, fitur 5G yang ditawarkan cukup baik sehingga pengguna dapat browsing dan bermain game online dengan nyaman.

Tentu kedua HP Samsung ini kian memperkuat posisi Samsung Galaxy Seri A di pasar ponsel kelas menengah. Apalagi, harga kedua ponsel terbilang cukup terjangkau. Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy A54 5G. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

Samsung Galaxy A53 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

samsung galaxy a54 5g 8_
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1380
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy A53 5G dan Samsung Galaxy A54 5G

Sektor dapur pacu dan kamera menjadi salah satu faktor yang jadi pertimbangan pengguna dalam memilih smartphone. Maka dari itu, Samsung menawarkan pilihan dapur pacu dan kamera yang berbeda dalam seri A53 dan A54. Untuk lebih jelasnya, simak seluruh perbedaan kedua ponsel pada poin-poin berikut ini.

1. Beda Desain Kamera Belakang

galaxy a53 5g harga rilis__1

Seri Galaxy A kini hadir dengan desain bodi yang mewah mirip ponsel kelas flagship. Walaupun sekilas mirip dengan seri Galaxy S, bodi varian Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54 masih menggunakan bahan polikarbonat. Bagian bodi belakang seri A53 hadir dengan finishing matte yang halus ketika bersentuhan dengan kulit. 

Untuk bagian modul kamera, Samsung Galaxy A53 hadir dengan modul kamera berlekuk dan lebih menyatu dengan bodi. Desain modul ini disebut Ambient Edge. Selain bodi yang tampak mewah, HP ini memiliki dimensi yang ramping 8,1 mm dan berat hanya 189 gram. Dimensi ini cukup nyaman untuk digunakan dengan satu tangan.

Sementara itu Samsung Galaxy A54 menghadirkan bodi belakang dengan finishing yang glosy akibat lapisan corning Gorilla Glass 5 sehingga akan menimbulkan bekas sidik jari ketika hape digunakan. Walaupun demikian, berkat desain rangka metal dan bodi samping yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam dengan erat.

Samsung Galaxy A54 5G

Kalau Anda perhatikan lebih detail, desain kamera belakang Galaxy A54 mirip desain kamera Samsung Galaxy S. Tidak ada tonjolan modul kamera yang besar. Justru setiap sensor kamera dibuat terpisah. Kamera seolah dibuat menyatu dengan bodi dan ini menimbulkan kesan mewah.

Lanjut di area kamera depan. Samsung menggunakan desain kamera depan yang sama dengan desain berbentuk punch hole (Infinity O-screen) pada kedua HP Android ini. Untuk kenyamanan selama penggunaan sehari-hari, Samsung menghadirkan dimensi yang pas dalam Galaxy A54 5G. Ponsel ini hanya memiliki dimensi 158,2 x 76,7 x 8,2 mm dengan berat 202 gram.

Untuk tombol dan port, Samsung masih menempatkan slot kartu SIM di bagian bawah dekat port USB Type C dan Speaker. Sedangkan tombol power dan volume masih ditempatkan di sisi kanan seperti umumnya.

Beralih ke bagian sensor sidik jari. Samsung kini menempatkan sensor sidik jari Untuk Galaxy A53 dan A54 menggunakan sensor sidik jari di bawah layar. Penempatan ini membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah. Sayangnya, Samsung menghilangkan jack 3,5mm di kedua HP

Keunggulan kedua ponsel Samsung ini bertambah dengan hadirnya fitur ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP67. Ini membuat ponsel bisa digunakan beraktifitas lebih leluasa tanpa takut rusak. Bahkan, Samsung mengklaim kedua HP ini bisa digunakan menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

2. Dimensi Layar yang Sedikit Berbeda

Layar Samsung Galaxy A53 5G

Layar menjadi salah satu sektor penting pada sebuah smartphone. Samsung pun menyadari hal tersebut dengan menghadirkan sedikit ubahan pada varian Samsung Galaxy A54 5G. Pasalnya, layar yang diusung varian Samsung Galaxy A53 5G dirasa sudah cukup mumpuni untuk harian maupun main game. Walaupun demikian, ternyata ada sedikit perbedaan di kedua layar.

Perbedaan pertama ada di ukuran layar. Samsung A53 5G sudah menggunakan layar berukuran 6,5 inci ini memiliki kepadatan piksel 405 ppi. Berbeda dengan Samsung A54 5G yang menggunakan layar lebih ringkas yakni 6,4 inci dengan kepadatan piksel 411 ppi. Meski berbeda ukuran, kedua layar ini cukup nyaman digunakan main game maupun harian karena sudah menggunakan refresh rate 120 Hz.

Refresh rate 120 Hz tampaknya akan menjadi standar baru dalam smartphone-smartphone baru ke depannya. Dengan teknologi ini pergerakan gambar akan lebih halus dan memanjakan mata Anda. Sayangnya, belum ada fitur adaptive, alhasil layar akan tetap di 120 Hz dan memberikan efek boros baterai.

samsung galaxy a54

Beralih ke bagian resolusi layar, karena menyasar pengguna dengan budget menengah, Samsung Galaxy A53 maupun Galaxy A54 sudah memakai resolusi layar yang cukup baik yakni resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Kedua ponsel juga menggunakan panel Super AMOLED. Sudut pandang layar ini menjadi cukup lebar sehingga cocok untuk bermain game maupun menonton video.

Selain itu, Samsung juga menggunakan pelindung anti gores lapisan Corning Gorilla Glass 5. Lapisan ini diklaim cukup kuat melindungi kaca layar dari benturan dan goresan. Ini kian memperkuat kenyamanan HP ini untuk digunakan di luar ruangan dan tidak takut rusak jika terjatuh.

Perbedaan selanjutnya muncul pada sisi kecerahan layar. Samsung Galaxy A53 5G memiliki kecerahan 800 nits. Sedangkan Galaxy A54 5G memiliki kecerahan yang lebih tinggi yakni 1000 nits. Dengan kecerahan ini, layar diklaim nyaman digunakan di bawah sinar matahari.

3. Sama-sama Exynos, Beda Seri

Exynos 1280

Samsung terkenal sebagai produsen yang ingin memberikan performa terbaik untuk penggunanya. Maka dari itu, dalam varian Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54 menggunakan chipset buatan sendiri yakni chipset Exynos. Tentu chipset yang dihadirkan beda generasi.

Membedah dapur pacu Samsung Galaxy A53, produsen menggunakan chipset buatan sendiri  yakni Exynos 1280. Prosesor octa-core ini dirancang menggunakan fabrikasi 5 nm yang terdiri dari 2 buah core Cortex A78 2,4 Ghz dan 6 buah core Cortex A55 2 Ghz. chipset ini disokong dengan GPU Mali G68 MP5.

Untuk memberikan performa maksimal, chipset ini disokong RAM 6 atau 8 GB. Untuk memori penyimpanan ada memori 128 GB atau 256 GB. Untuk menambah memori penyimpanan, Samsung menyediakan slot microSD hingga 1 TB.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Nanoreview.net, Samsung A53 dengan Exynos 1280 mendapat skor AnTuTu 9 senilai 421.785. Skor ini tentu dirasa cukup untuk ponsel kelas menengah yang difungsikan untuk penggunaan harian maupun multitasking.

Menurut kanal Youtube Gadgetbyte, performa dari Samsung A53 dengan chipset Exynos 1280 dirasa cukup. Saat digunakan untuk bermain game PUBG hanya mendapat pengaturan HD dengan frame rate 30-35 fps.

Sementara itu dalam Samsung A54 5G, Samsung menggunakan chipset generasi baru  yakni Exynos 1380. Prosesor octa-core ini dirancang menggunakan fabrikasi 5nm yang terdiri dari 4 buah core Cortex A78 2,4 Ghz dan 4 buah core Cortex A55 2 Ghz. chipset ini disokong dengan GPU Mali G68 MP5.

Untuk memberikan performa maksimal, chipset ini disokong RAM 6 atau 8 GB. Untuk memori penyimpanan ada memori 128 GB atau 256 GB. Untuk menambah memori penyimpanan, Samsung menyediakan slot microSD hingga 1 TB.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Nanoreview.net, chipset Samsung Exynos 1380 mendapat skor AnTuTu 9 senilai 523.023. Skor ini tentu sangat bagus untuk sebuah chipset yang digunakan untuk harian maupun bekerja. 

Untuk sistem operasi, Baik Galaxy A53 menggunakan One UI 4.1 dengan basis Android 12. Sedangkan Galaxy A54 sudah menggunakan One UI versi 5.1. Sistem yang berbasis Android 13 ini memiliki sejumlah fitur untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Yang menarik, Samsung akan menghadirkan peningkatan update sistem hingga 4 kali, yang artinya kedua HP bisa mendapatkan sistem operasi Android 16 dan 17 di masa mendatang.

4. Kamera 64 MP vs 50 MP

samsung galaxy a54

Beberapa tahun ini sektor kamera menjadi daya tarik khusus bagi calon pembeli. Maka dari itu, Samsung menghadirkan sektor kamera yang berkualitas pada varian Galaxy A53 maupun A54. Ini semua dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang aktif bermain media sosial atau untuk bekerja membuat konten.

Menariknya, Samsung menghadirkan konfigurasi yang berbeda dalam kedua HP. Pada Galaxy A53, Anda akan menemukan 4 buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, kamera ultrawide, kamera makro dan kamera bokeh. Nah, untuk Galaxy A54, produsen menghilangkan kamera bokeh sehingga hanya ada 3 buah kamera saja di area belakang.

Untuk kamera utama, Samsung Galaxy A53 menggunakan kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.8 dengan PDAF dan OIS. Untuk mendampingi kamera utama ada kamera ultrawide 12 MP. Kamera ultrawide  ini memiliki bukaan f/2.2 dan memiliki sudut yang cukup lebar 123 derajat dengan white balance yang seimbang. Selanjutnya ada kamera makro 5 MP f/2.4, dan kamera bokeh 5 MP f2/4.

Ketika digunakan di siang hari, menurut Youtuber Gadgetbyte, Anda akan mendapatkan hasil foto yang tajam dan detail dengan white balance yang seimbang. Untuk hasil foto kamera ultrawide juga memiliki warna yang cukup baik dan sudut yang luas di kelasnya.

Beralih pada kamera utama Samsung Galaxy A54 menggunakan kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dengan PDAF dan OIS. Untuk mendampingi kamera utama ada kamera ultrawide 12 MP, dan kamera makro 5 MP f/2.4. Kamera ultrawide  ini memiliki bukaan f/2.2 dan memiliki sudut yang cukup lebar 123 derajat dengan detail dan kontras yang seimbang.

Berlanjut di sektor kamera depan. Samsung Galaxy A53 dan A54  menggunakan kamera 32 MP dengan bukaan sama f/2.2. Hasil kameranya cukup memuaskan untuk vidio call atau zoom meeting.

Untuk perekaman video, kedua HP Samsung ini sudah bisa merekam video maksimal 4K 30 fps baik kamera belakang maupun kamera depan. Menariknya, hasil video kamera utama tampak bagus dan detail. Warna yang dihadirkan juga natural dengan dynamic range yang luas.  

Dengan dukungan OIS dan mode malam baru, HP Samsung Galaxy A54 ini bisa memotret dan merekam di malam hari dengan lebih baik. Fitur OIS ini mampu mengurangi getaran saat kamera mengambil gambar dengan mode malam. Samsung juga mengklaim proses pengambilan gambar di malam hari akan lebih cepat dibanding seri lama.

5. Baterai 5000 mAh 

Galaxy A53

Samsung menggunakan baterai dengan kapasitas yang standar pada umumnya yakni 5000 mAh untuk Galaxy A53 dan Galaxy A54. Kedua ponsel Android 5G ini sudah dibekali teknologi pengisian cepat 25 W. Sekilas memang tidak ada perubahan berarti dalam sektor baterai ini.

Namun, ketika pengisian daya untuk baterai 5000 mAh pada Galaxy A53, dapat terisi 100% dalam waktu 1 jam 30 menit. Sedangkan baterai 5000 mAh pada Galaxy A54 terisi 50% dalam waktu pengisian 30 menit dan terisi 100% dalam waktu  1 jam 15 menit.

Perbedaan waktu pengisian ini terjadi karena adanya perbedaan chipset, Di sini terlihat chipset Exynos 1380 lebih baik dalam pengisian daya. Dengan dukungan chipset Exynos yang hemat daya, HP Android Samsung ini bisa digunakan cukup lama dalam berbagai aktivitas.

6. Konektivitas Wi-Fi 5 vs Wi-Fi 6

samsung galaxy a54

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel sedikit berbeda. Samsung sudah menghadirkan fitur 5G, Bluetooth, NFC, dan GPS. Namun, untuk fitur WiFi, Samsung Galaxy A53 masih memakai Wi-fi 5 dan Galaxy A54 memakai WI-fi 6. Dengan demikian Samsung Galaxy A54 5G dapat menikmati WiFi dengan kecepatan yang lebih tinggi. 

Selain itu dalam fitur Bluetooth, Samsung Galaxy A53 masih memakai Bluetooth 5.1 dan Galaxy A54 memakai Bluetooth 5.2. Dengan demikian Samsung Galaxy A54 5G dapat mengirim atau menerima file Bluetooth dengan kecepatan yang lebih tinggi. Tambahan fitur NFC juga cukup membantu pengguna saat ini. Anda dapat dengan mudah mengisi emoney atau melakukan pemindahan data lain menggunakan fitur NFC. 

7. Harga

galaxy a53 seluler 5g_

Sebagai ponsel Android 5G untuk pasar kelas menengah, Samsung menghadirkan pilihan harga yang terjangkau. Saat rilis di 2022, Samsung Galaxy A53 5G varian RAM 6 GB memori internal 128 GB dipasarkan dengan harga Rp5.999.000. Untuk varian RAM 8 GB memori internal 256 GB dipasarkan sebesar Rp6.499.000. 


Tentu di 2023, harganya mengalami penurunan jika menilik harga di toko online. Terlebih saat ini sudah hadir Samsung Galaxy A54 5G. 

Samsung Galaxy A54 5G sendiri menawarkan varian RAM 8 GB memori internal 128 GB yang dipasarkan dengan harga Rp5.999.000. Sedangkan varian RAM 8 GB memori internal 256 GB dipasarkan dengan harga Rp6.399.000.

Simpulan

Baik Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54 sejatinya cocok digunakan oleh berbagai kalangan. Kemampuan di sektor desain, layar, dan baterai memang cukup seimbang. Kedua smartphone bahkan sudah dibekali fitur IP67 yang membuat ponsel tahan air. Ini menjadi daya tarik tersendiri ponsel ini karena masih jarang ponsel kelas menengah lain yang dilengkapi fitur tahan air IP67.

Dukungan layar super AMOLED dengan refresh rate 120 Hz juga menjadi kelebihan menarik kedua ponsel. Anda bisa menikmati konten video dengan lebih halus, tajam dan detail. Apalagi kedua ponsel dilengkapi speaker stereo yang cukup baik.

Sayangnya, untuk urusan performa dan kamera, Samsung Galaxy A54 5G lebih unggul dibanding A53. Chipset Exynos 1380 yang dihadirkan memberikan pengalaman yang lebih cepat dan lancar. Untuk kamera pun demikian, meski resolusi kamera lebih kecil, sensor dan teknologi OIS serta low-light yang ditawarkan di A54 lebih tajam dengan pemrosesan gambar yang cepat.

Terlepas dari perbedaan diatas, bagaimanapun Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54  menjadi salah satu opsi menarik di pasar ponsel kelas menengah yang punya kemampuan prima di  sektor dapur pacu dan kamera. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan A53 atau A54?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram