Carisinyal / Samsung 2018 / Inilah 8 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+

Inilah 8 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2019

Samsung sudah terkenal sebagai vendor yang sering menghadirkan HP tiap tahunnya. Bahkan, setiap tahun, tidak sedikit lini produk HP yang diproduksi Samsung. Tidak jarang juga tiap peluncuran produknya, Samsung selalu menghadirkan tidak hanya satu tapi bisa lebih dari satu. Contohnya adalah Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus (2018).

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus ini adalah HP Samsung di kelas menengah. Kedua HP tersebut memiliki bentuk tampilan yang sedikit mirip. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Paling mudah terlihat dari ukuran bodi ponselnya.

Perbedaan kedua HP ini juga tidak sebatas bodi ponsel. Kedua HP ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Apa sajakah perbedaan itu? Langsung simak penjelasannya berikut tetapi sebelumnya mari telisik spesifikasi dari Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus (2018) berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A6 (2018)

Samsung Galaxy A6

  • Chipset: Exynos 7870 Octa (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: 16 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.250.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy A6+ (2018)

Samsung Galaxy A6+

  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3500 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.500.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+

1. Desain Bodi

samsung galaxy a6 vs samsung galaxy a6 plus

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus sama-sama mengusung desain bodi aluminum alias metal yang membuat HP terasa lebih kokoh. Meskipun sama-sama aluminium, keduanya memiliki panjang yang berbeda. Samsung Galaxy A6 memiliki panjang 149,9 mm dengan lebar 70 mm dan Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan 160 mm dengan lebar 75 mm.

Kedua HP ini juga memiliki bobot yang berbeda. Samsung Galaxy A6 memiliki bobot yang hanya 159 gram sementara Samsung Galaxy A6 Plus memiliki bobot sampai 186 gram. Jelas hal ini membuat desain bodi Samsung Galaxy A6 lebih ringan jika dibandingkan Samsung Galaxy A6 Plus.

2. Chipset Exynos vs Snapdragon

Exynos-vs-Snapdragon

* sumber: propakistani.pk

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus datang dengan chipset dari pabrikan yang berbeda. Samsung Galaxy A6 hadir dengan Exynos 7870 sementara Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan Snapdragon 450. Kedua chipset ini sama-sama berarsitektur 14 nm.

Jika menilik spesifikasinya, kedua chipset tersebut sebenarnya memiliki performa yang tidak berbeda jauh. Exynos 7870, chipset yang dikembangkan oleh Samsung sendiri ini memiliki prosesor delapan inti Cortex A53 dengan kecepatan 1,6 GHz dengan GPU Mali T830. Dengan dapur pacu ini, Samsung Galaxy A6 memiliki performa yang pas-pasan dengan Antutu 63.632. ‘

Bagaimana dengan Samsung Galaxy A6 Plus? Chipset Snapdragon 450 pada HP ini sebenarnya hanya unggul puluhan ribu poin nilai Antutu-nya, yakni sekitar 69 sampai 70 ribu. Angka yang lebih tinggi ini karena Snapdragon 450 memiliki prosesor Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz dan sokongan Adreno 506.

Menilik hal tersebut, bisa dibilang Samsung Galaxy A6 Plus memiliki performa sedikit lebih baik jika dibandingkan Samsung Galaxy A6. Hanya saja perbandingannya tidak terlalu jauh.

3. Perbedaan di Sektor Layar

* sumber: www.androidpit.com

Di bagian desain, sudah disebutkan sebelumnya jika kedua HP ini memiliki panjang bodi yang berbeda. Samsung Galaxy A6 Plus sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6. Hal ini dipengaruhi karena Samsung Galaxy A6 Plus mengusung dimensi layar 6 inci sementara Samsung Galaxy A6 hadir dengan layar 5,6 inci.

Tidak hanya dimensi layar yang berbeda, resolusi layar kedua HP juga berbeda. Samsung Galaxy A6 hadir mengusung resolusi HD 720 x 1480 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi. Saudaranya, Samsung Galaxy A6 Plus beresolusi 1080 x 2220 piksel dengan kerapatan layar 411 ppi.

Di sektor layar ini, kedua HP ini memiliki persamaan. Persamaan tersebut adalah rasio layarnya yang hadir dengan rasio 18,5:9. Selain itu, kedua layar sudah mengusung panel Super AMOLED yang dikenal sebagai salah satu panel terbaik.

4. Kapasitas Baterai

* sumber: www.androidpit.com

Karena mengusung resolusi layar dan dimensi layar yang berbeda, wajar jika kapasitas baterai yang digunakan kedua HP berbeda. Samsung Galaxy A6 hadir dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh saja. Sementara Samsung Galaxy A6 Plus datang mengusung baterai 3.500 mAh.

Apakah dengan daya tahan baterai Samsung Galaxy A6 Plus lebih baik? Menilik spesifikasi baterainya, daya tahan baterai Samsung Galaxy A6 Plus memang lebih baik dari angka, tetapi apakah daya tahannya lebih baik?

Secara hitung-hitungan, kedua kapasitas tergolong “adil”. Kapasitas baterai yang dimiliki Samsung Galaxy A6 Plus lebih besar karena spesifikasi layarnya juga lebih besar. Tampaknya hal ini disesuaikan oleh Samsung.

Namun, yang berperan dalam daya tahan baterai ini adalah chipset. Chipset Snapdragon 450 pada Samsung Galaxy A6 Plus ternyata memberi pengaruh efisiensi baterai yang lebih baik. Hal tersebut terlihat dari uji coba tes baterai Samsung Galaxy A6 Plus yang mendapat skor 106h endurance rating dari GSMArena.

Endurance rating Samsung Galaxy A6 ternyata lebih rendah, malah cukup jauh. Samsung Galaxy A6 hanya memiliki endurance rating 83h saja. Dari tes tersebut dapat disimpulkan jika Samsung Galaxy A6 Plus memiliki sistem efisiensi yang membuat HP tersebut lebih hemat daya.

5. Sektor Kamera Belakang

* sumber: yangcanggih.com

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus datang membawa kamera belakang yang berbeda. Samsung Galaxy A6 hanya hadir dengan satu kamera 16 MP dengan bukaan f/1.7. Sementara Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan kamera ganda 16 MP dengan bukaan f/1.7 plus kamera 5 MP f/1.9 untuk memberikan efek bokeh.

Kamera belakang Samsung Galaxy A6 Plus jelas unggul. Kamera ini dapat menangkap gambar pada kondisi cahaya terang. Menariknya, kamera ini juga mampu menangkap gambar dengan baik pada kondisi cahaya yang gelap. Selain itu, kamera belakang HP ini sudah dilengkapi dengan mode PRO.

Untuk lebih jelas soal hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A6 Plus, bisa simak artikel soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus. Di artikel tersebut juga dibahas soal sektor lainnya yang menjadi plus-minus dari HP tersebut.

6. Sektor Kamera Depan

GALAXY A6 DAN GALAXY A6 PLUS

Untuk kamera depan, Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan kamera depan yang berbeda. Kamera depan pada Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan sensor 16 MP dengan bukaan f/1.9.

Samsung Galaxy A6 Plus sendiri hadir dengan kamera depan 24 MP. Dengan sensor yang lebih besar tersebut, Samsung Galaxy A6 Plus lebih layak untuk selfie. Bahkan, kamera depannya ini masih tergolong cocok untuk dijadikan alat buat nge-vlog.

7. Varian ROM

Galaxy a6

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus hanya hadir dengan satu varian RAM saja. Samsung Galaxy A6 hanya memiliki varian RAM 3 GB dengan ROM 32 GB. Sementara Samsung Galaxy A6 hadir dengan varian RAM 4 GB.

Menariknya, Samsung Galaxy A6 Plus memiliki dua varian ROM. Varian pertama, Samsung Galaxy A6 Plus memiliki ROM 32 GB dan varian kedua hadir dengan ROM 64 GB.

8. Perbedaan Harga yang Cukup Lumayan

harga samsung galaxy a6

Soal harga, jelas, Samsung Galaxy A6 dibanderol dengan harga lebih murah. HP ini dijual kisaran Rp2,3 jutaan saja. Sementara Samsung Galaxy A6 Plus versi RAM 4 GB ROM 32 GB dijual dengan harga kisaran Rp3,1 juta. Sementara varian RAM 64 GB dijual hampir Rp4 jutaan.

Simpulan

Menilik perbedaan tersebut, varian terbaik yang dipilih dan cukup layak adalah Samsung Galaxy A6 Plus RAM 4 GB ROM 32 GB. Varian ROM 64 GB terasa terlalu mahal. Lagi pula, memori internal yang lebih kecil masih bisa diantisipasi dengan menambah memori eksternal.

Samsung Galaxy A6 bukannya tidak menarik, tetapi serba tanggung. Daya tahan baterainya, performa, dan layarnya meskipun bagus tetapi jelas masih lebih bagus Samsung Galaxy A6 Plus. Lagi pula, RAM 3 GB adalah kapasitas RAM yang terlalu pas. Sementara RAM 4 GB masih begitu layak dipakai bahkan untuk tiga tahun ke depan.

Tertarik dengan salah satunya? Bagi yang tertarik dengan Samsung Galaxy A6 Plus, silakan langsung beli di Bukalapak lewat link ini. Sementara bagi yang tertarik dengan Samsung Galaxy A6, silakan beli di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar