advertisements
advertisements

Tahun 2016 adalah tahun di mana video blog atau yang lebih dikenal dengan nama “Vlog” menjadi tren di Youtube. Ada sejumlah nama Vlogger yang sangat populer di situs web berbagi video tersebut, mulai dari nama Raditya Dika, Arief Muhammad, Karin Novilda, dan masih banyak lagi. Tak hanya menjadi tren di kalangan Youtuber saja, banyak masyarakat biasa yang turut membuat Vlog untuk dibagikan kepada teman-temannya dan orang lain.

Nah, apakah Anda juga berminat untuk membuat Vlog? Jika ya, maka Anda harus menyimak ulasan mengenai aplikasi edit video Vlog terbaik dari Carisinyal ini. Aplikasi ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk membuat Vlog Anda menjadi terlihat lebih baik.

Screencast-O-Matic

advertisements
advertisements

Vlog tidak harus selalu berisi aktivitas Anda sehari-hari. Anda juga bisa membuat Vlog berupa tutorial untuk melakukan aktivitas di komputer. Misalnya, cara mengedit foto atau cara mengunggah video ke Youtube. Untuk membuat Vlog sejenis ini, Anda tidak memerlukan kamera.

Cukup kunjungi situs web Screencast-O-Matic dari browser Anda. Melalui situs web ini, Anda bisa merekam segala aktivitas Anda di layar komputer. Ingin merekam video saat bermain game seperti Pewdiepie? Gunakan saja Screencast-O-Matic!

iRig Mic and iMovie Editing for iPhone

iRig Mic and iMovie Editing for iPhone Aplikasi Edit Video Vlog

Bila Anda memiliki iPhone, maka Anda tidak terlalu membutuhkan aplikasi edit video Vlog. Kamera iPhone, terutama seri iPhone 5 ke atas, memiliki kualitas yang sudah sangat mumpuni untuk membuat Vlog. Dengan iPhone, Anda bisa membuat Vlog yang lebih baik dan terlihat profesional.

Gunakan iRig mikrofon bila Anda ingin memperoleh kualitas audio terbaik untuk Vlog Anda. Nah, setelah Anda merekam video blog, kini waktunya untuk mengedit video tersebut. Untuk editing video, Anda bisa mengandalkan iMovie, aplikasi bawaan dari iPhone, untuk menambahkan judul, backsound, atau transisi.

Google Plus Live Hangouts

Google Plus Live Hangouts

Google Plus adalah solusi paling mudah untuk membuat video blog. Ketika Anda sudah memiliki akun Google Plus, maka Anda bisa membuat siaran langsung yang akan ditonton oleh banyak orang melalui Hangouts on Air.

Akan tetapi, mulai tanggal 12 September 2016 lalu, Hangouts On Air sudah dipindah ke Youtube Live. Hal ini tentu semakin menguntungkan bagi Anda. Pasalnya, ketika Anda membuat siaran langsung berupa Vlog Anda di Youtube, maka siaran tersebut bisa disaksikan oleh jutaan pengguna Youtube lainnya.

Corel Video Studio

Corel Video Studio

Corel Video Studio adalah rahasia mengapa Vlog para Youtuber terlihat begitu profesional. Ya, aplikasi edit video Vlog yang satu ini memang telah banyak digunakan oleh para Vlogger di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perangkat lunak ini akan membantu Anda untuk mengedit video agar terlihat lebih baik dan smooth.

Corel Video Studio sudah dilengkapi dengan berbagai jenis musik yang bisa dipakai sebagai backsound Vlog Anda. Anda hanya perlu melakukan sedikit pekerjaan saja ketika mengedit video dengan Corel Video Studio ini. Setelah selesai mengedit, Anda bisa langsung mengunggah video tersebut ke Youtube atau Facebook melalui program ini.

Sony Movie Studio Platinum Suite 13

advertisements

Saat Anda menggunakan Sony Movie Studio Platinum Suite 13 untuk mengedit Vlog, maka Anda hanya menjumpai 2 mode, yakni simple dan advanced. Mode edit simple adalah pilihan yang tepat untuk melakukan editing dasar untuk Vlog Anda. Bahkan, editing dengan mode simple ini sangat cepat sehingga Anda bisa segera meng-upload video tersebut.

advertisements

Sementara itu, jika Anda ingin Vlog Anda terlihat lebih profesional, gunakan mode advanced. Mode ini memungkinkan Anda untuk membuat video dengan beberapa efek, mengedit video 4K, menggunakan composite, dan memakai color-correction tools untuk menciptakan tampilan Vlog yang lebih smooth.

Adobe Premiere Elements 14

Program untuk editing Vlog lain yang sangat patut untuk dipertimbangkan adalah Adobe Premiere Elements 14. Melalui software yang satu ini Anda bisa memberi label pada Vlog Anda dengan sangat mudah. Semua fitur yang ditawarkan oleh Adobe Premiere Elements 14 ini sangat bermanfaat.

Anda bisa membuat slow motion, gerakan cepat, atau membuat satu hingga lebih warna pop dalam sebuah adegan, sedangkan sisanya dibuat hitam-putih. Adobe Premiere Elements 14 memungkinkan Anda untuk mengedit dan melihat rekaman hingga 4K. Bahkan, perangkat lunak ini turut memberikan berbagai efek visual yang bisa membuat Vlog Anda terlihat istimewa.

Final Cut Pro X

Final Cut Pro X

Ingin Vlog yang Anda buat terlihat pro seperti milik Vlogger ternama, Casey Neistat dan Zoella? Gunakan saja software editing video untuk Mac, yaitu Final Cut Pro X. Aplikasi yang satu ini tidak hanya memiliki segudang fitur, tetapi juga mempercepat alur kerja editing sehingga Anda bisa menyelesaikan Vlog lebih cepat dan bisa segera diupload ke Youtube.

Belum tahu cara menggunakan Final Cut Pro X? Anda bisa mengunjungi website Apple. Di sana, Anda juga bisa mempelajari berbagai fitur yang terdapat di dalam software ini. Apple turut memberikan free trial Final Cut Pro X selama 30 hari sebagai pertimbangan Anda untuk membeli software ini.

PocketVideo

PocketVideo

Butuh aplikasi untuk buat video melalui Android? Anda bisa mengunduh PocketVideo di Google Play Store. Aplikasi edit video Vlog yang satu ini memberikan fasilitas pada para Vlogger untuk mengedit video langsung dari smartphone mereka.

PocketVideo bisa mengedit video dengan durasi sampai 10 menit. Menambahkan efek, tulisan, atau musik bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Setelah selesai mengedit video, Anda bisa langsung membagikan Vlog Anda ke Youtube, Facebook, dan sejumlah media sosial lain dari PocketVideo.

KineMaster

KineMaster

Salah satu aplikasi Android yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit Vlog adalah KineMaster. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang bisa mengubah video blog Anda agar terlihat lebih profesional.

Ada multilayer untuk video, gambar, stiker, dan tulisan tangan dalam klip video. Anda bisa mengeraskan atau mengecilkan audio pada video Anda melalui KineMaster. Atur warna dan kecerahan video melalui aplikasi ini. Bahkan, KineMaster juga menawarkan efek transisi 3D.

Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip

Tidak sempat mengedit Vlog melalui PC, tetapi Anda sudah fanatik terhadap software editing sejenis Adobe? Tak masalah karena Anda bisa mendapatkan Adobe Premiere Clip di smartphone Android atau iOS.

Walau tampak sederhana, tetapi Adobe Premiere Clip menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mengedit Vlog, seperti menambahkan musik dan mengatur volumenya, sampai dengan mengatur warna dan pencahayaan video. Hingga saat ini Adobe Premiere Clip sudah berhasil mendapatkan rating 4.0 di Google Play Store.

Berminat menjadi Vlogger? Rekomendasi aplikasi edit video Vlog ini bisa membantu Anda untuk menjadi Vlogger yang sukses. Nah, kalau Anda pribadi lebih menyukai aplikasi edit video melalui PC atau Android? Tulis jawaban Anda di kolom komentar di bawah ini, ya!

Artikel Menarik Lainnya: