advertisements

Jika dahulu untuk mentransfer file Anda memerlukan bantuan Bluetooth, Google Drive atau e-mail, kini Anda bisa melakukannya dengan bantuan Wi-Fi. Ya, ada sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk transfer dan menerima file antara perangkat dengan bantuan Wi-Fi. Proses pengiriman dan penerimaan file dengan aplikasi ini dijamin lebih cepat dibanding Anda mengandalkan Bluetooth.

Shareit adalah aplikasi berbagi file yang super cepat. Bahkan, aplikasi yang dikembangkan oleh Lenovo ini diklaim dapat mengirim file 200 kali lebih cepat dibanding Bluetooth. Uniknya, aplikasi ini bisa digunakan di PC maupun smartphone. Nah, bagaimana cara menggunakan Shareit? Yuk, cari tahu ulasan selengkapnya di sini!

Tentang Shareit

advertisements

Seperti yang sudah sempat dijelaskan di awal, Shareit hadir untuk memudahkan proses transfer file antar perangkat. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2012 ini cukup membantu untuk pengiriman dokumen, gambar, musik, maupun video dengan sangat cepat, bahkan kecepatan aplikasi ini sangat menakjubkan berkat dukungan Wi-Fi.

Shareit diklaim memiliki kecepatan yang lebih baik dibanding Bluetooth maupun Wi-Fi. Meskipun aplikasi ini digagas oleh Lenovo, tetapi perangkat berbasis Windows, Windows Phone, iOS, dan Android juga bisa menginstall aplikasi serbaguna ini. Di Google Play Store sendiri aplikasi Shareit sudah diinstall sebanyak lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating 4,5 bintang. Hal ini membuktikan bahwa Shareit merupakan aplikasi yang benar-benar bermanfaat.

Cara Menggunakan Shareit

Cara Menggunakan Shareit Transfer File Shareit

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membahas cara menggunakan Shareit adalah kedua perangkat, yakni perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sama-sama sudah memiliki aplikasi Shareit di dalamnya. Tak hanya itu saja, kedua perangkat juga harus memiliki konektivitas Wi-Fi. Anda tidak perlu menggunakan koneksi data internet dari SIM Card.

Selanjutnya, Carisinyal akan memberikan panduan cara menggunakan Shareit dengan mentransfer file antara smartphone Android ke laptop berbasis Windows. Cara ini juga berlaku ketika Anda hendak menggunakan Shareit dari Android ke iOS atau iOS ke PC dengan sistem operasi Windows:

  1. Buka aplikasi Shareit di perangkat Android, lalu pilih tombol “Send”
  2. Lanjutkan dengan memilih file yang ingin Anda bagikan. Anda bisa memilih lebih dari satu file yang ingin dikirimkan. Setelah memilih, tekan tombol “Next”
  3. Aplikasi Shareit akan mencari perangkat terdekat dengan Anda yang juga sudah memiliki Shareit di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menginstall Shareit di laptop Anda
  4. Pada laptop, buka aplikasi Shareit yang sudah diinstall, lalu klik tombol “Receive”
  5. Sekarang aplikasi di smartphone akan menampilkan perangkat laptop Anda, lalu tekan nama perangkat laptop Anda agar Shareit bisa segera mengirim file yang sudah dipilih sebelumnya

Cara ini juga berlaku ketika Anda hendak mengirim file dari PC atau laptop ke smartphone berbasis iOS maupun Android. Shareit memungkinkan Anda untuk mentransfer file dari platformyang berbeda secara lebih cepat.

Ketentuan Menggunakan Shareit

Ketentuan Menggunakan Shareit

 

Berencana untuk menggunakan Shareit? Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat Anda sudah memiliki aplikasi ini di dalamnya. Shareit tersedia di perangkat iOS, Android, Windows Phone, dan Windows. Satu hal yang perlu Anda ketahui, aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis. Jadi, Anda bisa mendapatkan aplikasi yang begitu bermanfaat ini secara cuma-cuma.

Di dalam Shareit, Anda tidak memerlukan koneksi data internet maupun Bluetooth karena media yang digunakan adalah Wi-Fi, sehingga Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda sudah menyediakan konektivitas Wi-Fi.

Shareit bisa digunakan di hampir semua merk perangkat komputer, mulai dari Lenovo, HP, Mac, ASUS, Dell, Samsung dan masih banyak lagi. Di Android, Shareit juga kompatibel pada merk smartphone Samsung, Xiaomi, Sony, VIVO, Coolpad, dan Oppo. Ini benar-benar aplikasi transfer file jarak dekat yang kompatibel di hampir semua merk gadget.

Manfaat Menggunakan Shareit

advertisements

Tak perlu ragu untuk menginstall Shareit di perangkat Anda karena selain cara menggunakan Shareit yang sangat mudah, aplikasi ini juga mampu memberikan beberapa manfaat untuk Anda, seperti:

  • Transfer File Lebih Cepat

Di zaman serba cepat ini kita tentu memerlukan sebuah fasilitas untuk dapat mengirim dan menerima file dengan cepat. Shareit adalah pilihan yang tepat karena aplikasi ini mampu mentransfer file 200 kali lebih cepat dibanding Bluetooth maupun NFC. Namun, kecepatan transfer file menggunakan Shareit juga tergantung pada ukuran file yang Anda kirimkan.

  • Tanpa Membutuhkan Koneksi Data Internet

Kuota internet habis, tetapi Anda tetap harus mengirim file? Tak masalah karena Shareit tidak membutuhkan konektivitas data internet. Anda hanya perlu memastikan bahwa kedua perangkat sudah dibekali dengan konektivitas Wi-Fi. Khusus untuk iPhone, perangkat lainnya harus berada dalam jaringan Wi-Fi (SSID) yang sama dengan iPhone tersebut.

  • Kompatibel Terhadap Semua Jenis File

Apapun jenis file yang ingin Anda kirimkan, baik itu gambar, musik, video, dokumen, aplikasi, sampai dengan kontak telepon, Shareit bisa mengirimkan semua jenis file tersebut. Namun, pastikan perangkat penerima sudah bisa membaca format file yang Anda kirimkan.

  • Bisa Mengirim File Ke Banyak Perangkat

Manfaat Menggunakan Shareit

Dewasa ini, sulit menemukan aplikasi yang dapat mengirim file sekaligus ke beberapa perangkat. Namun, Shareit mampu mengirimkan file ke 5 perangkat hanya dalam satu kali pengiriman saja. Anda hanya perlu memastikan bahwa semua perangkat penerima file sudah menginstall aplikasi Shareit.

Permasalah Umum Saat Memakai Shareit

Permasalah Umum Saat Memakai Shareit

Berikut ini Carisinyal juga akan memberikan jawaban terhadap beberapa masalah umum yang sering dialami oleh pengguna Shareit di iPhone, Android, maupun PC.

  • Bagaimana cara mengatasi permasalahan antara Shareit dan Access Connection?

Anda harus menginstall program Access Connections pada komputer dan membuat profil Best Available Networks. Jika adaptor nirkabel tidak ditempatkan di bagian atas daftar adapter jaringan dalam pengaturan profil maka Shareit tidak bisa bekerja dengan benar.

  • Mengapa file musik dan video tidak dapat diputar di perangkat penerima?

Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat penerima file sudah kompatibel untuk membaca format musik dan video tersebut. Anda juga perlu mengecek apakah media player di ponsel tersebut sudah mendukung format file yang diterima.

  • Mengapa tidak bisa menemukan perangkat penerima?

Pertama, buka Shareit di perangkat penerima dan pastikan sudah menekan tombol “Receive”, lalu nyalakan koneksi Wi-Fi. Pastikan perangkat penerima terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat pengirim.

  • Mengapa Shareit lambat dalam mentransfer file?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer Shareit, seperti koneksi Wi-Fi yang lambat, jarak antara dua perangkat, dan kecepatan perangkat dalam membaca memori.

Nah, itulah informasi mengenai cara menggunakan Shareit berserta ketentuan dan manfaatnya dari Carisinyal. Perangkat lunak yang satu ini memang sangat membantu aktivitas pengiriman file. Selain itu, Shareit juga sangat mudah digunakan sehingga siapapun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengirim dan menerima file secara lebih cepat.

Artikel Menarik Lainnya: