12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk iPhone dan iPad

Ditulis oleh Listiorini

Tahukah Anda bahwa editing video bisa dilakukan dengan mudah, semudah Anda membalikkan telapak tangan? Pasalnya, ada beberapa aplikasi edit video iPhone yang memungkinkan Anda untuk melakukan proses editing video secara profesional melalui perangkat besutan Apple tersebut.

Beberapa aplikasi edit video lainnya hanya memungkinkan Anda untuk mengedit foto-foto dengan tampilan slide atau hanya mampu menambahkan lagu saja pada video yang sudah direkam. Hal tersebut tentu sangat membosankan dan terkesan kurang kreatif.

Nah, kali ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi aplikasi edit video di iPhone dan iPad yang memungkinkan Anda untuk menambahkan filter, membuat transisi, dan membagikannya langsung ke berbagai jejaring sosial. Yuk, simak daftar aplikasi edit video terbaik untuk iPhone berikut ini.

1. iMovie

imovie_

iMovie merupakan salah satu aplikasi editing video yang paling populer di kalangan pengguna Apple. Aplikasi ini bisa melakukan beberapa tugas editing video sederhana dan menerapkan beberapa tema ke video yang berbeda.

Dengan iMovie, Anda bisa membuat trailer ala Hollywood dengan mudah. Ada 15 tema yang bisa Anda pilih untuk disesuaikan dengan tampilan video Anda. Jadilah editor video profesional dengan mengandalkan iMovie. Silahkan download aplikasinya di sini.

2. Magisto

Magisto_

Sesuai dengan namanya, Magisto memang mampu menyulap video biasa menjadi luar biasa. Dengan Magisto, video dan gambar yang diedit akan jadi semakin sempurna karena Anda bisa menambahkan berbagai macam efek dan transisi lainnya.

Magisto juga menyediakan fitur untuk membagikan hasil editing Anda langsung ke berbagai media sosial. Hebatnya lagi, Magisto memiliki built-in tema yang mempermudah Anda dalam membuat sebuah film atau trailer. Magisto adalah solusi cepat dan mudah untuk editing video dan membuat film.

3. VN

VN for iPhone_

Aplikasi satu ini sangat populer di kalangan konten kreator, khususnya TikTok. Tidak heran, karena VN punya fitur editing yang lengkap. Di antaranya ada fitur editing dasar seperti trimming dan splitting. Lalu, ada pula opsi penambahan filter, teks dan stiker.

Template keren untuk video juga tersedia di aplikasi ini. Anda bahkan bisa membuat template video sendiri sesuai dengan keinginan. Sayangnya, tidak semua fitur bisa dinikmati di aplikasi ini. Nah, jika tertarik, opsi berlangganan bisa Anda pilih. Tarif langganan VN dimulai dari Rp45.000-an per bulan.

4. LumaFusion

lumafusion_

Jika Anda mencari aplikasi edit video profesional di iPhone, LumaFusion bisa jadi pilihan. Aplikasinya memiliki fitur yang lengkap. Sebut saja seperti fitur editing yang cukup advanced, efek, kecepatan dan audio yang beragam. Untuk editing, LumaFusion mendukung lebih dari 3 video dan audio sekaligus. Selain itu, tersedia opsi untuk menambahkan catatan dan marker di timeline.

Efek yang dapat diaplikasikan pun lengkap. Contohnya seperti stabilizer, color correction dan animasi dengan keyframe. Anda pun dapat memanfaatkan fitur menarik untuk meng-enhance audio dari video yang disunting. Coba gunakan equalizer bawaan dari LumaFusion untuk menyesuaikan audio. 

Masih banyak tool editing profesional lain yang bisa Anda coba di LumaFusion. Bisa dibilang, aplikasinya nyaris tidak memiliki kekurangan dari sisi fitur. LumaFusion layak untuk disejajarkan dengan iMovie.

Hanya saja, menurut kami tampilannya kurang lega untuk digunakan di iPhone. LumaFusion lebih nyaman saat dioperasikan di iPad, mengingat ukuran layar perangkatnya lebih besar. Jadi, Anda dapat menyunting video dengan leluasa. LumaFusion ditawarkan dengan harga Rp400.000-an. 

5. FilmoraGo

filmora go_

FilmoraGo memiliki fitur unggulan yang dapat membantu Anda menyunting video dengan mudah. Misalnya, Anda ingin mengganti background video dalam hitungan menit. Cukup gunakan fitur Smart Cutout yang ada di dalam aplikasi ini.

Fitur Smart Cutout menyajikan opsi background remover. Jadi, Anda dapat menghapus background video atau chroma key dengan mudah.

Tidak hanya itu, dalam FilmoraGo pun tersedia fitur speed control. Fitur ini berguna untuk mengatur kecepatan dari video Anda. FilmoraGo pun memungkinkan Anda untuk menambahkan keyframe dan efek lainnya.

Penambahan musik dan sound effect juga tersedia. Anda dapat memanfaatkan musik yang ada di iTunes. Jika masih belum cukup, FilmoraGo punya koleksi musik dan sound effect gratis untuk Anda coba. Selain itu, FilmoraGo juga dibekali ragam pilihan transisi, teks, stiker, hingga filter.

Hebatnya, semua fitur dalam aplikasi ini sangat mudah diaplikasikan. FilmoraGo hadir dengan user interface yang memudahkan pengguna. Semua opsi penyuntingan videonya dapat diakses langsung melalui kontrol di bawah layar. Bisa kami simpulkan bahwa FilmoraGo cocok untuk digunakan siapa saja. Termasuk Anda yang masih pemula dalam hal video editing.

Sayangnya, tak semua fitur bisa diakses secara gratis. Anda harus berlangganan FilmoraGo Pro jika ingin menikmati fitur-fitur unggulan aplikasi ini.

6. Filmm

filmm_

Filmm menghadirkan fitur penyuntingan video sederhana. Di antaranya seperti trimming, mengatur eksposur, menambah efek dan filter, serta menghapus background dengan chroma key. Anda pun dapat memilh aspek rasio dari video sesuai kebutuhan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram