carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Kamera Fisheye Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Kamera Fisheye Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 27 Maret 2020

Narsis di depan kamera smartphone rasanya sudah bukan menjadi hal yang asing lagi saat ini. hampir di setiap momen penting kita selalu berusaha untuk mengabadikannya dalam sebuah foto, baik itu sendiri maupun bersama kawan yang lainnya.

Kebiasaan tersebut tidak hanya didukung oleh kamera smartphone yang semakin canggih, namun juga oleh berbagai aplikasinya yang sangat memanjakan kita. Mulai dari aplikasi editing foto hingga aplikasi yang menambahkan filter secara otomatis, semuanya tersedia di smartphone Android.

Saat ini salah satu efek foto yang cukup populer di kalangan pengguna Android adalah efek fisheye. Fisheye atau mata ikan merupakan sebuah efek foto cembung yang seolah-olah foto tersebut diambil melalui penglihatan dari mata seekor ikan.

Foto fisheye ini sebenarnya bisa diambil dengan menggunakan kamera khusus. Namun kamera fisheye tersebut harganya sangat mahal dan mencapai angka puluhan juta. Kamera tersebut tentunya hanya cocok bagi para fotografer professional.

Bagi para pengguna Android, Anda tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kamera fisheye tersebut. Pasalnya Anda hanya tinggal menggunakan salah satu aplikasi kamera fisheye untuk Android yang akan diulas berikut ini.

10 Aplikasi Kamera Fisheye Terbaik

1. Fisheye Lens Pro

aplikasi kamera fisheye untuk android Fisheye Lens Pro

Fisheye Lens Pro merupakan saah satu aplikasi kamera fisheye yang paling populer untuk Android saat ini. untuk mengambil foto fisheye, Anda hanya tinggal menekan tombol kamera yang ada di halaman utama aplikasi ini. terdapat 8 macam efek lensa fisheye yang dapat Anda pilih, dan semuanya menyuguhkan preview sebelum Anda memotret fotonya.

Tidak hanya efek fisheye, Anda juga dapat menambahkan lebih dari 90 filter untuk mempercantik foto tersebut. Tersedia juga 28 collage bagi Anda yang suka menggabungkan beberapa foto fisheye ke dalam satu frame sekaligus.

Menariknya, aplikasi Fisheye Lens Pro ini juga menyediakan fitur timer untuk memotret secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu Anda tidak perlu repot memakai tongsis atau meminta bantuan orang lain jika ingan mengambil foto fisheye.

2. Fisheye Lens

Fisheye Lens

Memotret dengan hasil ala Fisheye kekinian? Bisa Anda lakukan dengan menggunakan Fisheye Lens. Aplikasi kamera fisheye untuk Android satu ini menawarkan sebuah aplikasi kamera dengan angle 360 derajat. Fisheye Lens juga menyediakan empat style untuk lensa kamera fisheye ini.

Tak perlu khawatir hasil potretan Anda terdapat watermark, pasalnya FIsheye Lens tidak akan menempelkan segala jenis watermark apapun lho. Bagaimana, Anda tertarik untuk menjajal salah satu aplikasi fisheye ini? Tinggal klik di sini dan dapatkan aplikasinya secara gratis.

3. Fisheye

fisheye

Tak punya lensa fisheye? Anda tetap bisa membuat foto dengan wide-angle 170 derajat dengan bantuan aplikasi Fisheye. Aplikasi yang dikembangkan oleh Wise Shark Software ini memang dapat menjadi alternatif untuk Anda yang menginginkan hasil foto yang nampak seperti menggunakan lensa fisheye.

Dengan Fisheye, Anda bisa memiliki hasil foto yang kekinian tanpa perlu repot-repot membeli lensa khusus. Ubah kamera smartphone Anda sehingga menghasilkan gambar seperti lensa fisheye. Aplikasi ini juga menyediakan puluhan efek LOMO yang bisa dipilih sesuai dengan mood Anda. Di samping itu, Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini pada kamera depan maupun belakang.

4. Retro Camera Effects

Retro Camera Effects

Retro Camera Effects sebuah aplikasi yang menyuguhkan berbagai macam efek kamera yang keren dan kekinian, salah satunya adalah efek fisheye. Jika Anda ingin berfoto ala-ala fisheye, Anda bisa langsung menjepret fotonya dengan Retro Camera Effects.

Anda hanya perlu memilih fisheye camera, lalu ambil foto selfie atau foto lainnya. Nah, secara otomatis, Retro Camera Effects akan langsung memberikan efek fisheye yang unik dan menarik. Jadi, Anda tidak perlu repot membeli kamera khusus fisheye, kan?

5. Fisheye Camera Pro

Fisheye Camera Pro

Fisheye Camera Pro adalah aplikasi versi premium dari Fisheye. Sebagai aplikasi premium, tentu saja Anda akan terbebas dari iklan dan bisa menikmati semua fiturnya tanpa batasan. Dalam aplikasinya ini, Anda bisa memotret dengan angle 170 derajat, belum lagi ada 4 pilihan lensa fisheye yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Selain itu, Fisheye Camera Pro juga menyediakan berbagai macam filter lomo yang kekinian dan hits ala zaman now. Masih ada lagi, nih, keunggulan lainnya, Anda bisa juga menikmati sekitar 12 efek yang menarik. Mau coba? Bisa langsung beli di sini.

6. FishEyeVideo Free

fisheye video free

Faktanya, tidak semua orang menggunakan lensa fish eye untuk memotret diri sendri atau objek lain. Namun, di FishEyeVideo Free Anda memiliki kemampuan untuk merekam proses pembuatan martabal secaran live. Aplikasi ini turut menawarkan 8 macam pencahayaan untuk membuat rekeman video jadi lebih baik.

Apakah Anda merasa bahwa resolusi foto yang menjadi lebih tinggi? Anda bisa menurunkan resolusi foto tersebut langsung dengan melalui aplikasi ini. FishEyeVideo Free memungkinkan Anda untuk mengatur resolusi foto terendah 680 x 480 pksel dan foto tertinggi 3264 x 2258 piksel. Langsung bagikan video fisheye Anda ke Facebook, Twitter atau Instagram memalui aplikasi yang satu ini.

7. FishEyeVideo

FishEyeVideo

Sebenarnya ini adalah versi berbayarnya dari aplikasi FishEyeVideo Free sebelumnya. Ya, FishEyeVideo ini bisa Anda beli dengan harga Rp 26.688. Tentu saja berbeda dari aplikasi gratisnya, FishEyeVideo versi premium ini jelas tidak akan ada iklan yang mengganggu.

Juga, tidak ada batasan bagi Anda yang ingin menggunakan efek ataupun batasan pembuatan video di FishEyeVideo. Yang bagusnya lagi, di versi premium FishEyeVideo ini punya fitur autosave yang tidak hadir di versi gratis.

 

8. Cameringo Lite

cameringo lite

Cameringo Lite bukanlah aplikasi yang khusus dibuat untuk foto fisheye, namun aplikasi ini tetap memiliki efek fisheye yang cukup menarik. Terdapat berbagai macam pilihan efek lensa cembung yang bisa Anda pilih sesuai dengan hasil foto yang Anda inginkan.

Selain fisheye, filter lainnya yang terdapat pada aplikasi ini di antaranya adalah Lomo & Lo-Fi, artistic painting, cartoon & paper styles, retro & vintage, FAUX HDR, analog, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan aplikasi ini menawarkan lebih dari 200 macam filter foto yang sangat menarik.

Dengan aplikasi Cameringo Lite ini Anda juga dapat merekam animasi GIF secara langsung. Animasi GIF tersebut juga dapat diatur kecepatannya. Bahkan, Anda juga dapat membuatnya dalam reverse mode sehingga animasi GIF tersebut berjalan terbalik.

Bagi Anda yang suka berfoto selfie, maka aplikasi ini juga menghadirkan lampu flash virtual untuk kamera depan. Lampu flash virtual tersebut akan membantu Anda ketika melakukan foto di tempat yang minim cahaya sehingga hasil fotonya tidak gelap dan buram.

9. Magix Image Editor

magix image editor

Aplikasi yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Karena Magix Image Editor tidak hanya menyediakan efek fisheye saja, tetapi ada pula efek LOMO, kartun, dan sketsa. Bisa dibilang Magix Image Editor adalah sebuah paket lengkap bagi Anda yang ingin mencari aplikasi pintar untuk editing foto.

Selain itu, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, kontras, dan HDR pada foto dengan menggunakan aplikasi ini. Bahkan, aplikasi yang juga dikembangkan oleh Wise Shark Software ini mengklaim bahwa efek fisheye yang ditawarkannya adalah yang terbaik di antara aplikasi sejenis lainnya. Satu hal yang paling penting, Magix Image Editor bisa didownload secara gratis.

10. InstaFishEye for Instagram

InstaFishEye for Instagram

Aplikasi kamera fisheye untuk Android yang selanjutnya adalah InstaFishEye for Instagram. Dari nama yang diusungnya sudah jelas jika aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengunggah foto di akun Instagram. Aplikasi ini dapat langsung membagikan foto Anda ke Instagram ataupun sosial media lainnya seperti Facebook dan Twitter.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah efek lensa 170 degree wide-angle fisheye. Terdapat 4 pilihan lensa yang bisa Anda coba untuk menghasilkan foto yang berbeda-beda. Foto tersebut bisa diambil dari kamera belakang ataupun kamera depan.

Tidak hanya efek fisheye saja, aplikasi ini juga menghadirkan banyak efek lainnya yang bisa Anda kombinasikan dengan fisheye tersebut. Beberapa di antaranya adalah lomo, Cross process, push process, Black & White, old Photo, Vintage, Sepia, Rusty, Polaroid, Paper, Dreams, dan Film.

Nah itulah 10 aplikasi kamera fisheye untuk Android terbaik yang bisa Anda coba saat ini. selain dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda juga dapat membuatnya dengan menggunakan aplikasi editing foto yang telah kami bahas di artikel ini. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram