Carisinyal / Aplikasi Desain / 10 Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik di Android 2019

10 Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik di Android 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

GIF atau Graphics Interchange Format merupakan salah satu format gambar digital yang memiliki animasi di dalamnya. Tidak seperti format gambar JPEG atau PNG yang hanya menyuguhkan gambar statis, Anda dapat melihat sebuah gambar bergerak dalam file GIF layaknya sebuah video.

Karena keunikannya tersebut saat ini animasi GIF sudah mulai populer di kalangan pengguna smartphone Android. Ada yang mengunggahnya ke berbagai media sosial seperti Google Plus, Twitter, Facebook, dan lainnya, serta ada juga yang menjadikannya sebagai display picture (DP) BlackBerry Messenger (BBM).

Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat animasi GIF tersebut. Cara yang paling tradisional adalah dengan menggunakan aplikasi editing gambar di komputer seperti Photoshop dan lainnya. Sedangkan cara yang paling mudah adalah dengan aplikasi pembuat animasi GIF khusus di Android.

Nah, kali Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk membuat animasi GIF secara mudah dan juga cepat. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

10 Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik di Android

1. Video2me

Video2me

Membuat GIF di handphone berbasis Android? Mudah saja. Anda hanya cukup install dan download aplikasi pembuat animasi GIF terbaik satu ini dan bisa langsung kreasikan GIF Anda. aplikasi ini tidka hanya mengandalkan fungsi utama sebagai pembuat GIF, namun penggunanya dapat memanfaatkan beragam fitur untuk mengedit GIF.

Anda bisa melakukan collage untuk beberapa GIF yang telah Anda buat. Bahkan, Anda bisa menyematkan beragam stiker unik dan menarik. Tentu Anda bisa membuat sebuah GIF yang lebih kekinian dan lebih Instagram-able. Mau mencobanya? Klik di sini untuk download aplikasinya.

2. PicsArt Animator

PicsArt Animator

PicsArt bukan hanya punya aplikasi edit foto terbaik saja, karena ada PicsArt Animator sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat animasi, baik berupa video ataupun GIF. Dalam aplikasinya ini, PicsArt Animator memberikan banyak tools yang menarik untuk dicoba satu-persatu.

Beberapa fitur yang favorit di PicsArt Animator adalah menambahkan animasi berupa sticker ataupun teks. Tidak hanya itu saja, bahkan PicsArt Animator punya banyak frame untuk membuat tampilan GIF lebih menarik. Kalau Anda kurang cocok dengan animasi yang tersedia di aplikasi, maka Anda bisa menggambar animasinya sendiri dengan mengandalkan fitur draw. Apapun animasinya, segera download aplikasinya di sini.

3. GIF Mob

GIFMob

GIF Mob merupakan aplikasi pembuat animasi GIF yang memiliki tampilan antarmuka sederhana namun tetap dibekali dengan aneka macam fitur. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat animasi GIF secara mudah dan cepat untuk kemudian dibagikan melalui sosial media.

Aplikasi GIF Mob ini mendukung pembuatan animasi dengan pola portrait ataupun landscape. Aplikasi ini juga dapat langsung mengambil gambar dengan menggunakan kamera belakang ataupun kamera depan pada perangkat Android Anda.

4. StickDraw – Animation Maker

StickDraw - Animation Maker

Masih mencari cara untuk membuat animasi GIF? Cobalah untuk menggunakan StickDraw – Animation Maker. Pasalnya, ini adalah aplikasi sederhana yang memampukan Anda untuk membuat gambar animasi sendiri. Tak hanya itu saja, pengguna StickDraw berhak memilih hendak convert gambar ke dalam format MP4 atau GIF.

Tentu saja StickDraw sangat layak berada dalam jajaran aplikasi pembuat animasi GIF. Aplikasi yang sudah diinstall lebih dari 1 juta kali oleh pengguna Google Play Store. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bingzer ini memang salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk membuat gambar animasi dalam format GIF. Klik di sini untuk download aplikasinya.

5. GIF Studio

GIF Studio

Berikutnya, ada sebuah aplikasi pembuat gambar GIF yang sangat easy-to-use. Bagaimana tidak, Anda bisa menambahkan watermark atau menambahkan gambar berformat GIF lainnya di gambar JPG Anda. GIF Studio adalah aplikasi yang masih tergolong baru. Akan tetapi, karena aplikasi ini sangat mudah dipakai, maka tak heran jika GIF Studio memiliki begitu banyak peminat.

Ciptakan gambar animasi GIF dengan foto yang tersedia di gallery atau langsung rekam gambar dengan kamera smartphone Anda. Sesudah Anda selesai membuat gambar animasi GIF, bagikan hasil karya Anda tersebut melalui WeChat, Google+, dan micro-blog. Membuat gambar animasi GIF terasa lebih mudah dengan keberadaan GIF Studio.

6. Gif Me! Camera

Gif Me Camera

Jika Anda familiar dengan fitur filter foto yang ada pada aplikasi Instagram, maka Anda juga bisa mengaplikasikannya pada animasi GIF dengan aplikasi Gif Me! Camera. Ya, animasi yang Anda buat dapat diberi berbagai macam filter yang akan membuatnya semakin menarik.

Selain itu aplikasi Gif Me! Camera ini juga dapat membuat animasi GIF yang cukup panjang hingga sekitar 14 detik. Waktu tersebut sangatlah cukup untuk membuat cerita animasi yang lengkap seperti layaknya video stop motion.

7. GIF Maker, GIF Editor, Video Maker, Video to GIF

GIF Maker, GIF Editor, Video Maker, Video to GIF

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang punya fungsi yang sangat lengkap, yakni membuat GIF, mengedit GIF, membuat video, bahkan mampu untuk mengubah video menjadi GIF. Saat Anda mengedit GIF, aplikasi ini juga memanjakannya dengan beragam fitur, seperti combine, record, corp, resize, trim, filter, hand writing, bahkan bisa juga menyematkan emote-emote lucu di GIF.

Tidak hanya sebatas itu saja, karena di GIF Maker, GIF Editor, Video Maker, Video to GIF Anda juga bisa mengompres GIF jika dirasa ukurannya terlalu besar. Yang menariknya lagi, Anda juga bisa mengubah background dari GIF yang dibuat dengan gambar apapun. Sangat lengkap dan canggih, kan? Jika tertarik menggunakannya, silakan klik di sini untuk mengunduh aplikasinya.

8. GIF Maker – GIF Editor

GIF Maker - GIF Editor

Sudah hampir 80.000 kali pengguna Android mendownload aplikasi GIF Maker – GIF Editor untuk membuat GIF dengan mudah dan cepat. Dalam aplikasinya, GIF Maker – GIF Editor ini menyuguhkan fitur berupa cut and crop video.

Selain itu juga, GIF Maker – GIF Editor memiliki beragam pilihan teks, lengkap dengan warnanya yang bisa Anda pilih sesuai selera. Uniknya lagi, GIF Maker – GIF Editor ini memiliki beragam pilihan stiker yang unyu dan menarik lho. 

9. DU GIF Maker

DU GIF Maker

Sebelumnya, ada aplikasi perekam layar bernama DU Recorder, aplikasi DU GIF Maker ini juga merupakan satu besutan dengan DU Recorder, developer Screen Recorder & Video Editor. Sesuai dengan nama aplikasinya, DU GIF Maker tentu bisa membantu Anda dalam pembuatan GIF.

Aplikasi ini mampu melakukan convert dari video ke GIF, dari gambar ke GIF, bahkan merekam video untuk dibuat menjadi GIF. Istimewanya lagi, Anda bisa langsung mengedit hasil GIF yang sudah dibuat dengan DU GIF Maker. Belum lagi beragam tools yang bisa dikatakan cukup lengkap untuk keperluan pembuatan GIF. Penasaran? Anda bisa unduh di sini, gratis.

10. Gif Maker

GIF Maker

Membuat GIF termudah lainnya ditawarkan oleh dalah satu aplikasi pembuat GIF yakni GIF Maker. Anda hanya perlu mengambil gambar lewat kamera dan jadilah GIF. Anda bisa membuat GIF dengan kurun waktu antara 5 sampai maksimal 25 detik dalam satu GIF.

High-Resolution pun terpasang untuk lebih menghasilkan kualitas GIF yang terbaik. Anda juga bisa mengedit GIF yang telah dibuat dengan berbagai macam fitur di dalam aplikasinya. Anda tertarik membuat GIF dengan aplikasi ini? Download aplikasinya di sini.

Selain sepuluh aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kami masih memiliki beberapa aplikasi pembuat GIF terbaik untuk Android. Sayangnya, aplikasi yang kami rekomendasikan ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore.

11. Legend

aplikasi pembuat animasi Legend

Selanjutnya, ada aplikasi Legend, sebuah aplikasi terbaik pilihan para editor PlayStore. Dengan Legend, Anda bisa membuat GIF dengan mudah, cepat, menarik, dan pastinya kekinian. Anda bisa membuat tulisan-tulisan yang estetik dengan gerakan-gerakan layaknya GIF yang menarik.

Bukan hanya tulisan, Anda juga bisa memasang foto dan menambahkan tulisan sesuai dengan selera Anda, dan tulisan tersebut akan bergerak-gerak sesuai dengan keinginan Anda. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak tersedia di Playstore.

12. GIF Maker

GIF Maker

Seperti nama yang diusungnya, GIF Maker merupakan aplikasi yang dapat membuat animasi GIF dari gambar yang ada di perangkat Android Anda. Gambar tersebut dapat diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah animasi yang menarik untuk dilihat.

Anda dapat menambahkan berbagai macam item untuk animasi yang sedang dibuat seperti ikon, emoticon, dan lainnya. Dengan aplikasi ini Anda benar-benar dapat mengekspresikan kreativitas Anda dalam sebuah gambar GIF.

Jika Anda menginginkan kumpulan DP BBM bergerak yang sudah jadi, maka Anda dapat men-download-nya secara langsung di link ini. Apabila Anda ingin membuat animasi serupa namun dalam bentuk stop motion, maka Anda bisa memilih berbagai aplikasi untuk membuatnya di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

4 pemikiran pada “10 Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik di Android 2019”

  1. Kak, yang video2me itu kalau sudah mbuat gifnya, nyimpan file nya kemana yha?
    Kok saya cari nggaada

  2. Blog nya menarik,tapi sayang juga, Apps Bumble Gk ada manfaat di ulas & iklankan di blog anda,krna Apps Bumble Gk tersedia di instal di lokasi Indonesia. Thank

  3. Blog nya menarik,tapi sayang juga, Apps Bumble Gk ada manfaat di ulas & iklankan di blog anda,krna Apps Bumble Gk tersedia di instal di lokasi Indonesia. Knpa harus begini dan begitu Thank

Tinggalkan komentar