carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Radio Online Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Bagi Anda yang memiliki smartphone yang tidak dilengkapi dengan radio built-in, Anda tak perlu kecewa karena Anda tetap dapat streaming radio melalui beberapa aplikasi.

Berikut ini tim Carisinyal akan merangkum daftar aplikasi radio online yang bisa diunduh di smartphone untuk memungkinkan Anda agar bisa mendengarkan siaran radio di mana saja.

1. Radio Garden

radio garden 1-side_

Aplikasi Radio Garden ini sangat populer di TikTok. Banyak yang menggunakannya sebagai bahan konten untuk seru-seruan, maupun menambah wawasan. Radio Garden hadir dengan user interface unik. Ada bola dunia luas yang dapat Anda putar ke berbagai arah. 

Tap pada bagian wilayah yang diinginkan, dan Radio Garden akan memutar siaran radio dari negara atau wilayah yang dipilih. Tim Carisinyal memilih wilayah secara random dan kami mendapat siaran radio dari Tiongkok. Stasiun radio ini memutar lagu-lagu barat klasik.

Kalau tak ingin repot mencari, Anda bisa andalkan berbagai daftar putar yang dihadirkan Radio Garden. Anda pun dapat memasukkan stasiun radio tertentu ke daftar favorit.

Layanan Radio Garden bisa diakses gratis. Namun, ada iklan gambar yang tampil. Iklannya tidak begitu mengganggu, kok. Yuk, unduh Radio Garden di Google Play Store untuk mulai mendengarkan siaran radio unik.

2. Heart

heart -side_

Salah satu solusi aplikasi radio yang pastinya akan menemani Anda ke mana saja adalah iHeart yang kini dikenal dengan nama Heart saja. Ada banyak pilihan stasiun radio yang tersedia di aplikasi ini, termasuk stasiun radio FM. 

Uniknya, Anda akan menemukan playlist dengan genre musik yang Anda sukai. Bahkan, iHeart juga menyediakan playlist stasiun radio yang memutar lagu-lagu untuk musim dan tahun tertentu. Sebut saja seperti musik-musik tahun 70-90an, musik natal, serta lagu-lagu paling up-to-date.

Tim Carisinyal menyukai kanal khusus musik country: Smooth Country. Kami makin menikmati siaran radio di sini dengan hadirnya opsi audio berkualitas HD yang dapat diatur di menu settings.

Lantas, berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan iHeartRadio? Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Unduh Heart di Google Play Store.

3. BBCSounds

bbc sounds 2-side_

Tidak ada yang tak mengenal BBC Radio, bukan? Layanan siaran radio mereka bisa Anda nikmati di aplikasi BBC Sounds. Di sini, tersedia hampir seluruh saluran stasiun radio dari BBC. Baik dari negara asalnya di Inggris, maupun siaran radio dari kanal global.

Kami sempat mendengarkan siaran radio Lisa McCormick di BBC Radio 5. Pemutar siaran radionya mirip dengan aplikasi-aplikasi streaming musik kekinian Ada tombol play, tombol start, live dan forward. Hadir pula tombol untuk membagikan siaran lewat Chromecast.

Oh iya, kualitas suara dari tiap siarannya tak usah diragukan lagi. Namun, pastikan Anda punya koneksi internet yang lancar. 

Agar semakin mudah, BBC Sounds menyajikan jadwal siaran yang lengkap. Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Unduh BBC Sounds di Google Play Store.

4. myTuner

mytuner_

Mau dengarkan siaran radio dari berbagai negara? Unduh saja aplikasi myTuner. Tim Carisinyal coba memakai aplikasi ini untuk mendengarkan siaran radio lokal. 

Menariknya, stasiun radio yang ada di sini tidak terbatas pada satu lokasi saja. Kami bahkan bisa dengarkan siaran radio dari berbagai kota lainnya.

Tak hanya itu, myTuner pun menyuguhkan sistem pencarian yang memudahkan kami untuk menemukan siaran-siaran radio dari negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, bahkan Tiongkok. 

myTuner menghadirkan layanan gratis, tapi menghadirkan cukup banyak iklan. Nah, jika merasa terganggu, Anda bisa coba langganan layanan premiumnya. Unduh myTuner di Google Play Store.

5. WOW FM

wow radio 2-side_

WOW FM menyajikan siaran radio yang lengkap. Kami coba dengarkan siaran BBC News di aplikasi ini. Hebatnya, ada banyak episode-episode siaran radio dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa kami dengarkan. Selain itu, kami juga bisa mengunduh siaran radio tertentu dengan bebas. 

Tampilan antarmuka WOW FM juga mirip dengan pemutar musik modern. Jadi, kami bisa mengakses setiap episodenya dengan mudah. Oh iya, kebanyakan, stasiun radio yang dihadirkan di aplikasi ini berasal dari negara-negara di Afrika.

WOW FM dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, ada pula opsi berlangganan untuk akses konten dan fitur tertentu. Mau coba? Unduh WOW FM di Google Play Store.

6. Simple Radio

simple radio_

Adalah Simple Radio, di mana Anda bisa memilih berbagai siaran radio yang ingin Anda dengarkan. Anda bisa memilihnya berdasarkan list radionya, negara, ataupun kota. 

Tapi, tidak semua stasiun radio bisa diakses di sini. Misalnya, untuk BBC Radio saja, hanya ada beberapa yang bisa kami akses. Sementara itu, khusus stasiun radio lokal, hampir seluruhnya tersedia di Simple Radio.

Layanan Simple Radio dapat diakses tanpa membayar biaya sepeserpun. Namun, tersedia opsi untuk berlangganan premium. Dengan berlangganan paket ini, Anda akan terbebas dari iklan, ada fitur sleep timer dan menjadikan Anda sebagai member prioritas.

7. TuneIn

tunein radio_

Aplikasi ini menyediakan stasiun radio dari segala genre musik, olahraga, komedi, berita, dan masih banyak lagi. TuneIn Radio versi gratis sudah menyediakan 100.000 stasiun dengan beberapa juta podcast

Menariknya, saat kami coba, ada fitur yang mirip dengan Radio Garden. Anda bisa menjelajah peta dunia dan menemukan saluran-saluran radio, bahkan yang berasal dari negara jauh sekalipun.

TuneIn hadir dengan user interface modern. Hadirnya kategori genre memudahkan kami untuk mencari stasiun radio dengan lebih spesifik. Selain itu, pemutar audionya juga kaya akan fitur. Fitur unggulan seperti sleep timer bisa didapatkan secara cuma-cuma di sini. 

Aplikasi radio di Android ini menyediakan tarif langganan khusus untuk layanan premium. Layanan ini menghadirkan siaran radio olahraga seperti ESPN, NASCAR, dan NFL. Mau mencoba? Unduh langsung TuneIn di Google Play Store.

8. Replaio Radio

replaio_

Replaio Radio juga bisa jadi pilihan untuk Anda. Terlebih, bila Anda mencari aplikasi radio di Android dengan fitur yang cukup lengkap. Selain bisa mendengarkan radio lokal, ada pula stasiun radio luar negeri yang tersedia di sini. Bahkan, stasiun radio BBC pun lengkap sekali.

Ada lagi, Replaio Radio menghadirkan stasiun radio khusus untuk mendengarkan musik. Di sini, kategorinya dipisahkan berdasarkan tahun dan genre. Fitur pencariannya membuat kami dapat menemukan kanal khusus dengan mudah.

Seperti biasa, Replaio Radio pun menghadirkan layanan premium. Yang menarik, di layanan berbayarnya ada fitur Car Mode yang dikhususkan untuk memutar radio dengan fitur-fitur Replaio di mobil Anda.

Cukup bayar satu kali saja, berbagai fitur unggulan di layanan premium Replaio sudah bisa Anda dapatkan. Tertarik? Coba unduh Replaio Radio di Google Play Store.

9. RadioFM

RadioFM_

Aplikasi ini memampukan Anda untuk mendengarkan siaran radio FM di tempat Anda berada. Radio FM sangat bermanfaat untuk Anda yang gemar mendengarkan siaran radio tertentu. Termasuk siaran radio dari berbagai negara.

Tim Carisinyal menemukan banyak stasiun radio populer di Amerika Serikat, Korea Selatan, bahkan Spanyol. Semuanya bisa Anda dengarkan di aplikasi ini tanpa membayar biaya sepeserpun.

Siaran-siaran radio ini bisa Anda tambahkan ke dalam daftar di tab “Library”. Ada pula opsi untuk mengunduh episode-episode dari siaran radio favorit Anda. Selain siaran radio, ada banyak juga daftar podcast yang dapat Anda dengarkan di aplikasi RadioFM ini.

Aplikasinya memisahkan kategori siaran berdasarkan genre, jaringan, negara dan bahasa. Anda bisa gunakan fitur pencarian yang lebih advanced ini sesuai dengan kebutuhan. Oh iya, aplikasi Radio FM ini menghadirkan iklan, ya. Unduh RadioFM di Google Play Store.

10. Jango Radio

jango 2-side_

Kami juga rekomendasikan aplikasi Jango Radio untuk Anda yang suka mendengarkan radio online. Aplikasinya hadir untuk mendengarkan stasiun radio yang memutar berbagai macam genre musik.

Kami mencari genre musik khusus Valentine, misalnya. Jango akan langsung memutar stasiun radio yang menyajikan lagu-lagu cinta. Nah, kalau ingin mencari secara spesifik, ada tab “Station” yang bisa Anda eksplor lebih jauh.

Selain itu, di Jango Radio ada juga fitur untuk mengakses lagu-lagu yang di-banned. Hanya saja, ketika kami coba, fitur ini tak menyajikan apapun. Sedikit tips, agar aplikasi berjalan dengan baik, matikan mode hemat baterai di HP Anda, ya.

Anda dijamin tidak membayar sepeserpun untuk menikmati setiap fitur dan lagu yang ada di Jango Radio. Unduh aplikasinya di Google Play Store.

Mendengarkan radio bisa dilakukan di mana saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet. Jadi, meskipun smartphone Anda tidak memiliki aplikasi radio bawaan, Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi radio online yang disarankan oleh tim Carisinyal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram