10 Aplikasi Radio Online Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini

Jika dahulu Anda hanya bisa mendengarkan siaran radio melalui tape, radio portable, dan radio di dalam mobil, kini karena perkembangan zaman yang demikian pesat Anda bisa mendengarkan radio melalui smartphone. Hampir sebagian besar smartphone sudah dilengkapi dengan radio built-in, tetapi sayangnya masih ada pula beberapa smartphone yang tidak memiliki radio bawaan.

Bagi Anda yang memiliki smartphone yang tidak dilengkapi dengan radio built-in, Anda tak perlu kecewa karena Anda tetap dapat streaming radio melalui beberapa aplikasi. Berikut ini Carisinyal akan merangkum daftar aplikasi radio online yang bisa diunduh di smartphone untuk memungkinkan Anda agar bisa mendengarkan siaran radio di mana saja.

10 Aplikasi Radio Online Terbaik

1. Apple Music

Apple music

Bukankah Apple Music adalah aplikasi radio online untuk iOS? Ya, memang benar Apple Music adalah aplikasi untuk perangkat iOS, tetapi kini Apple Music juga tersedia untuk Android di Google Play Store. Aplikasi ini terkoneksi dengan Beats One, yakni stasiun radion 24/7 yang memiliki live DJ, live host, berbagai genre musik, dan terkadang ada pula live music dari musisi-musisi terkenal.

Namun, untuk dapat menggunakan fasilitas radio yang disediakan Apple Music, Anda harus berlangganan aplikasi ini dengan biaya USD $9,99 per bulan. Tak hanya memberikan layanan streaming radio saja, dengan Apple Music Anda juga dapat streaming musik favorit Anda.

2. Google Play Music

Google Play Music

Bagi pengguna Android yang mencari aplikasi streaming musik dan radio yang kompeten, Google Play Music adalah sebuah pilihan yang tepat. Google Play Music memberikan pilihan stasiun radio berdasarkan genre musik favorit Anda. Jadi, Anda bisa benar-benar memanfaatkan aplikasi ini untuk mendengarkan musik kesayangan Anda.

Apabila Anda menggunakan Google Play Music versi gratis, Anda bisa mendengarkan radio melalui aplikasi ini. Namun, jika Anda menginginkan fasilitas untuk streaming musik, maka Anda harus berlangganan dengan biaya USD $9,99 per bulan.

3. iHeartRadio

iHeartRadio

Salah satu solusi aplikasi radio yang pastinya akan menemani Anda ke mana saja adalah iHeartRadio. Ada banyak pilihan stasiun radio yang tersedia di aplikasi ini, termasuk stasiun radio FM. Uniknya, Anda akan menemukan playlist dengan genre musik yang Anda sukai. Bahkan, iHeartRadio juga menyediakan playlist stasiun radio yang memutar lagu-lagu untuk musim tertentu, seperti Natal atau liburan.

Lantas, berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan iHeartRadio? Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, karena semua orang bisa mengunduh dan menggunakan iHeartRadio secara gratis. Aplikasi ini juga mendukung Chromecast dan Android Wear.

4. Pandora Music

Pandora Music

Aplikasi yang satu ini juga dikenal sebagai aplikasi streaming musik. Ya, Pandora Music menjadi terkenal karena menawarkan playlist musik mainstream yang random. Alih-alih berfokus pada stasiun radio tertentu, Pandora Music justru memungkinkan penggunanya untuk membuat stasiun radio sendiri berdasarkan kepentingan, musisi favorit, dan genre yang disukai masing-masing penggunanya.

Pandora memang menawarkan playlist untuk streaming musik, tetapi sebagian besar penggunanya memilih untuk membuat playlist sendiri. Bila Anda berlangganan Pandora Music versi Premium, Anda bisa menghapus iklan yang biasanya mengganggu Anda saat sedang streaming.

5. Radio Online - PCRADIO

aplikasi Radio terbaik Online - PCRADIO

Sesuai dengan namanya, aplikasi Radio Online - PCRADIO ini bisa memutarkan siaran radio favorit Anda dengan dukungan dari koneksi internet. Radio Online - PCRADIO menyediakan ratusan stasiun radio dengan berbagai jenis konten yang bisa langsung Anda dengarkan ketika Anda melakukan streaming.

Radio Online - PCRADIO menyediakan penyiar yang akan memandu acara radio baik live maupun tidak. Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa stasiun radio FM yang menyediakan layanan streaming.

Jika Anda menggunakan Radio Online - PCRADIO versi Pro, Anda bisa merekam siaran radio live. Ini adalah aplikasi yang sangat bermanfaat jika Anda benar-benar gemar mendengarkan radio di mana saja.

6. SiriusXM

sirius xm

SiriusXM adalah satelit radio yang benar-benar melampaui standar radio AM dan FM. Pasalnya, aplikasi ini memiliki lebih dari 150 saluran, termasuk saluran musik, olahraga, sampai dengan acara Howard Stern Show.

SiriusXM juga menyediakan tiga varian berlangganan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih SiriusXM versi berbayar, Anda bisa memilih jenis konten yang ingin didengarkan. Seiring berjalannya waktu, kualitas aplikasi ini menjadi lebih baik dan stabil.

7. Spotify

Spotify

Selain menjadi aplikasi streaming musik, Spotify juga cukup serius untuk mengembangkan layanan streaming radio selama beberapa tahun terakhir ini. Stasiun radio yang tersedia di Spotify bisa dipilih sesuai genre, mood, atau musisi favorit Anda.

Keunggulan Spotify dibandingkan aplikasi sejenis lainnya adalah lagu-lagunya yang sangat lengkap dan ketersediaan playlist khusus, seperti “Worldwide Top 50” yang berisi lagu-lagu terkini. Dengan versi gratis Anda sudah bisa mendengarkan radio dari Spotify. Akan tetapi, jika Anda menggunakan versi premium dengan biaya Rp 50.000 per bulan Anda bisa mendengarkan radio tanpa iklan.

8. TuneIn Radio

TuneIn Radio

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram