carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi untuk Menggabungkan Foto Menjadi Video di PC

10 Aplikasi untuk Menggabungkan Foto Menjadi Video di PC

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 20 Mei 2021

Foto memang format visual yang menarik untuk mengabadikan momen-momen menyenangkan. Tapi jika foto-foto tersebut dibentuk menjadi format audiovisual, pasti lebih menarik dilihat setiap saat.

Nah, itu artinya Anda memerlukan aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi video di PC dengan fitur mendukung dan mudah dalam pengoperasiannya.

Agar tak salah install, pada bahasan kali ini ada 10 nama aplikasi terekomendasi yang mungkin dapat menjadi referensi Anda. Berkualitas dan sangat mendukung kebutuhan Anda yang bervariasi. Apa saja?

1. Filmora

Banyak yang menganggap Filmora tampak serupa dengan Adobe Premiere Pro. Namun, tentunya aplikasi ini jauh lebih sederhana dan ramah untuk editor pemula. Karena itulah proses menggabungkan foto ke video tergolong lebih mudah.  

Setelah tampil beranda utama, Anda bisa tempatkan foto-foto pilihan ke dalam bilah timeline. Setiap foto nantinya membentuk blok terpisah yang bisa dipindah. Durasi per fotonya pun bisa diatur berikut dengan transisi dari satu scene ke scene yang lain.

Tambahkan juga dengan template musik dan teks yang bisa anda ambil secara bebas dari menunya. Untuk kebutuhan membuat video dari foto menu dan tools Filmora sudah sangat lengkap dan mumpuni. Aplikasi originalnya bisa Anda unduh melalui website resmi Wondershare Filmora.

Oh iya, karena ini aplikasi freemium, maka Anda bisa merasakan versi gratisan namun dengan fitur yang terbatas. Anda bisa beli software ini seharga $69.99 atau berlangganan tahunan $39.99 per tahun. Berminat? Yuk kunjungi laman resminya sekarang juga!

2. Windows Movie Maker

Di antara banyak aplikasi video editing ternama, boleh jadi hanya Windows Movie Maker yang berbobot paling ringan. Berkat kapasitas inilah fasilitasnya cukup sekali untuk membuat dan meng-edit video sederhana, termasuk menggabungkan foto.

Sama sekali tidak memerlukan keahlian tingkat lanjut untuk mengoperasikan aplikasi ini. Foto-foto yang Anda inginkan dapat langsung disusun secara pararel sekaligus dengan musik favorit. Jika ingin mengubah durasi, cukup drag tepian foto lalu geser ke arah yang Anda maksud.

Dengan tampilan interface yang sangat familiar ala program Windows tentu memudahkan anda mendapatkan fitur yang dituju. Video slideshow pun jadi cepat selesai! Untuk memilikinya, tinggal perlu kunjungi Windows Store dan ketikkan kata kunci "movie maker" di mesin pencariannya, atu klik di sini. Aplikasi tersedia secara gratis, lho!

3. AVS Video Editor

Aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi video di PC selanjutnya adalah AVS Video Editor. Terutama bagi Anda yang ingin membuat video lebih semarak, aplikasi ini cukup direkomendasikan karena berbagai tools-nya.

Yang membuat aplikasi ini cukup berbeda saat editing foto ke bentuk video ada pada penggunaan teknologi video cache. Sistem inilah yang membuat hasil video lebih jernih berstandar Full HD bahkan hingga 4K dan pastinya video bebas macet.

Bagi kebutuhan editing sederhana, menu dalam aplikasi ini tidak akan sulit dipahami. Terlebih bilah layar timeline-nya sangat memudahkan Anda memindah dan menambahkan elemen dalam video, seperti kumpulan gambar, transisi, ataupun lagu. Yuk, kunjungi laman resminya aplikasinya di sini!

4. Camtasia

camtasia

Dari layar antar mukanya saja sudah bisa terlihat aplikasi ini mampu menyajikan tampilan yang simple tapi juga lengkap secara bersamaan. Fitur-fiturnya cukup sekali mendukung editing foto ke video berikut dengan tambahan lainnya.

Ada berbagai menu-menu dasar yang bisa Anda pilih pada sisi kiri layar. Mulai dari memberikan efek transisi, efek suara, efek visual gambar sampai menambahkan anotasi.

Aplikasi jadi lebih lengkap dengan fitur screen recorder yang bisa sekaligus anda aktifkan saat melakukan penyuntingan. Meskipun kelihatannya pintar menyelesaikan banyak kerja, bobotnya tetap tergolong ringan aman untuk spek laptop sedang.

Cukup kunjungi laman resmi, Camtasia pun bisa Anda coba secara free trial. Mau miliki aplikasinya secara full? Beli saja seharga $249.99 atau sekitar Rp3,5 juta. Mahal? Mungkin saja, tapi merupakan investasi yang worth it terlebih jika Anda memang sering edit video.

5. Avidemux

Masih mencari aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi video di PC yang kompatibel untuk Mac dan Windows? Avidemux bisa jadi solusi yang anda cari. Aplikasi ini menyediakan berbagai alternatif tampilan dan animasi yang membuat hasil video lebih maksimal.

Efek-efek musik dan teks juga dihadirkan tanpa harus kesulitan saat menambahkannya. Secara keseluruhan, layar editing aplikasi hampir mirip dengan deretan aplikasi sebelumnya. Namun, yang paling membuatnya berbeda adalah tombol opsi penyuntingan yang cukup besar dan sangat dasar.

Dengan begitu, membuat video dari potongan foto jadi tidak perlu kesulitan dan pastinya selesai dalam waktu singkat. Kabar bagusnya lagi, aplikasi Avidemux bisa diunduh secara cuma-cuma! Klik tautan ini untuk mengunduhnya.

6. Pinnacle Studio

Mau coba menyunting video tapi spek PC hanya sebatas 1GB saja? Aplikasi inilah yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ukurannya cukup ringan sehingga tidak perlu khawatir akan membebani ruang PC. Hanya perlu memori tambahan untuk menyimpan hasilnya.

Walau begitu, Anda tetap bisa menikmati kualitas HD video. Dan supaya rangkaian foto dalam video tidak terlihat begitu amatiran, Anda juga bisa sesuaikan 2000 stok efek menariknya.

Aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi video di PC ini memberikan banyak pilihan file output. Seperti MP4, AVI, MPEG, dan berbagai ekstensi lainnya. Akan tetapi, Anda perlu menyiapkan sedikit kocek karena aplikasi ini berbayar. Tenang, harganya cukup terjangkau, kok! Hanya dibanderol $49,95 atau sekitar Rp700 ribuan. Klik di sini untuk kunjungi laman pemesanannya.

7. Sony Vegas Pro

Jika skill Anda bukan lagi terhitung sebagai pemula, Sony Vegas Pro bisa menjadi alternatif untuk menyatukan foto ke bentuk video. Dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, layar interface aplikasi jauh lebih interaktif dengan menu dan tools yang cukup kompleks. Bilah timeline-nya juga sangat pas untuk penyuntingan menggunakan banyak layer.

Aplikasi rilisan brand Sony ini mendukung Anda mengedit dan memoles video dengan berbagai fitur efek serta transisinya. Ada lebih dari 300 macam efek video dan juga lebih dari 30 pilihan efek audio yang dapat anda pilih.

Karena itulah, spek PC yang Anda butuhkan juga perlu sepadan. Setidaknya dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB juga 2 GHz Multi-core processor. Aplikasi ini bisa dibeli dan juga disewa. Untuk harga belinya, Anda harus keluarkan kocek $399 alias sekitar Rp5,7 jutaan. Untuk penyewaan, cukup bayar $15.99 atau sekitar Rp230 ribuan. Klik di sini untuk info selengkapnya.

8. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro memang terkenal menjadi andalannya para video editor. Jadi, pas sekali bagi Anda yang memang sudah cukup mahir mengoperasikan fitur rumit untuk menyatukan foto menjadi video.

Bantuan fitur-fitur super lengkapnya tentu akan membuat hasil video Anda jauh lebih sempurna dari sekedar potongan foto didampingi musik. Maka tak heran jika Anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk mengaksesnya.

Setelah proses pembuatan selesai, output video bisa Anda saksikan dengan nyaman anti buram lewat resolusi 4K, lho! Meskipun ada harga yang harus dibayar, hasilnya betul-betul menjanjikan, kan? Apalagi menyandang nama Adobe, dijamin harga yang dibayarkan sesuai dengan kualitas. Anda bisa berlangganan per bulan sebesar Rp283 ribuan. Klik di sini.

9. Corel VideoStudio

Bukan hanya merilis aplikasi desain grafis saja, Corel juga punya aplikasi jagoan untuk soal video editing. Inilah Corel VideoStudio yang sangat membantu dalam membuat video dari foto-foto favorit.

Anda dapat coba sesuaikan berbagai fiturnya yang selevel dengan aplikasi profesional, seperti motion tracking hingga audio editing yang mumpuni. Untuk ukurannya sendiri tergolong tidak begitu besar sehingga kompatibel untuk berbagai PC berspek sedang sekali pun.

Bila Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, sediakan juga sejumlah dana agar bisa diunduh. Dan pastikan skill Anda cukup mencapai level middle supaya lebih mudah mengoperasikannya. Oh iya, harganya lumayan terjangkau hanya di kisaran $79.99 alias Rp1 jutaan saja (bayar sekali seumur hidup). Klik di sini untuk laman resminya.

10. Lightworks

Satu lagi aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi video di PC yang kiranya cocok untuk Anda adalah Lightworks. Secara tampilan layar kerja, aplikasi ini memang tampak sedikit rumit. Sekilas akan ada 3 bilah pada bagian atas dan satu bidang kerja pada bagian bawah layar.

Setiap elemennya akan membentuk blok terpisah yang hanya bisa ditempatkan pada bagian tersendiri sesuai bentuknya. Dengan pembagian seperti ini, menggeser, mengganti atau memotong tidak akan terasa kesulitan.

Lightworks sangat kompatibel bagi sistem operasi Windows, Mac, ataupun Linux. Versi terbarunya bisa Anda dapatkan langsung di website resminya. Dan jangan lupa ini merupakan aplikasi freemium, ya. Tersedia secara gratis namun dengan pilihan resolusi output yang terbatas.

Untuk versi Pro, aplikasi bisa dibeli seharga $437.99 atau setara dengan Rp6,3 jutaan. Ini adalah untuk pembelian sekali seumur hidup. Sedangkan jika Anda ingin berlangganan bulanan, hanya perlu membayar $24.99 per bulan atau sekitar Rp360 ribuan.

Kurang lebih itulah berbagai aplikasi yang punya fitur dan spesifikasi menarik sesuai dengan level kesulitannya. Tentu saja masih ada beberapa nama brand lainnya yang tak kalah mendukung Anda membuat video.

Tapi, kesepuluh di atas termasuk yang terbaik dari segi fitur dan antarmukanya. Semoga artikel ini membantu Anda memilih lebih baik sebelum yakin meng-install. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram