Carisinyal / Virtual Reality / 10 Aplikasi untuk Perangkat VR Box Terbaik di Android 2020

10 Aplikasi untuk Perangkat VR Box Terbaik di Android 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semakin canggih teknologi, semakin nyata juga ketika Anda bermain game. Maksudnya? Artinya, seiring dengan perkembangan zaman seperti saat ini Anda bisa menonton Video, bahkan bermain game layaknya Anda masuk ke dalam game dengan sebuah alat VR. Tentu VR bisa Anda gunakan di smartphone Android. Namun Anda juga membutuhkan aplikasi untuk perangkat VR.

Nah, maka dari itulah sebelum Anda puas untuk bermain game atau menonton video 360° dengan VR, Anda harus memiliki aplikasi VR Box terlebih dahulu. Berikut Carisinyal akan membahas 10 aplikasi untuk perangkat VR Box terbaik di Android. Penasaran?

10 Aplikasi untuk Perangkat VR Box Terbaik di Android

Menyadari berbagai potensi dari kacamata VR, pengembang aplikasi pun telah banyak meyediakan aplikasi VR dengan jenis, fungsi, serta fitur yang bervariasi – seperti yang terlihat pada daftar di bawah ini.

1. Cardboard

aplikasi untuk perangkat VR Cardboard

Cardboard, sebuah aplikasi untuk perangkat VR ini datang dari kreator Google. Cardboard akan menunjang teknologi VR pada smartphone Android Anda. Selain sebagai aplikasi untuk perangkat VR, Cardboard melengkapi aplikasinya dengan berbagai macam video yang bisa Anda nikmati lho.

Anda bisa merasakan menonton video 360° yang disediakan oleh Cardboard. Selain itu juga, para penggunanya dapat meng-capture gambar melalui VR yang telah terpasang aplikasi Cardboard ini. Aplikasi besutan Google ini pun mengizinkan Anda untuk terbang dengan peta yang disesuaikan oleh Google Earth.

Anda siap merasakan sensasi seperti layaknya masuk ke dalam sebuah video atau bahkan masuk ke dalam game 360°? Jika Anda cocok dengan aplikasi Cardboard, Anda bisa mendownloadnya secara langsung dan gratis di sini.

2. YouTube VR

YouTube-VR

Kehadiran kacamata VR membuat aktivitas normal bisa menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan, termasuk saat menonton YouTube. Ya, perusahaan Google tentu tidak mau ketinggalan untuk melibatkan aspek VR pada salah satu platform raksasanya.

Dengan menghubungkan VR pada perangkat Android, Anda bisa merasakan antarmuka yang immersive saat memilih video. Terlebih dari itu, menonton video pun akan terasa sangat berbeda. Lihatlah sekeliling Anda untuk melihat subjek-subjek pada video secara “nyata”, seolah Anda terjun langsung ke dalam klip yang sedang Anda tonton. Nikmati pengalaman YouTube dalam dunia VR dengan mendownload aplikasinya di sini.

3. Google Expeditions

Google-Expeditions

Tidak hanya sebagai sarana entertainment, Google Cardboard juga mampu meningkatkan pengalaman belajar dengan cara yang menyenangkan. Contohnya seperti Google Expeditions yang mampu membawa Anda menjelajahi landmark bersejarah yang tersebar di seluruh dunia.

Aplikasi ini tidak hanya mengizinkan Anda menjelajahi dunia secara VR, melainkan juga mampu menghadirkan berbagai objek secara AR seperti volkano, globe, dan sebagainya. Dengan begini, murid di kelas pun bisa memahami subjek dengan cara mengataminya secara langsung. Silakan klik link ini untuk mendownload aplikasi VR ini.

4. Sisters

Sisters

Sisters merupakan aplikasi VR lainnya yang layak Anda coba, terutama jika Anda pecinta game dan film horor. Ceritanya, Anda akan berada di sebuah ruangan keluarga dengan nuansa dan atmosfir yang mencekam. Anda bisa melihat ke sekeliling hingga sudut 360 derajat, dan pemandangan yang dilihat pun akan turut memberikan reaksi terhadap penglihatan Anda.

Sungguh menawarkan pengalaman yang berbeda. Tidak seperti saat menonton film – kali ini Anda benar-benar akan merasakan sendiri pengalaman horor seolah benar-benar berada di ruangan tersebut. Jangan lupa pakai headset saat memainkannya supaya semakin terasa nyata! Tertarik? Yuk download aplikasi Sisters di sini.

5. Fulldive VR – Virtual Reality

Fulldive

Fulldive, sebuah aplikasi untuk perangkat VR yang bisa Anda gunakan untuk menunjang teknologi VR Anda pada smartphone Android. Tak jauh berbeda dari aplikasi untuk perangkat VR lainnya. Aplikasi ini menyodorkan berbagai macam fitur dalam aplikasi Fulldive VR.

Pengguna Fulldive VR ini dapat menikmati video yang ada di YouTube secara langsung menggunakan VR dan aplikasi Fulldive. Selain itu juga, Anda bisa langsung browsing di internet dengan menggunakan VR. Bahkan Anda juga dapat mengakses VR Market dimana penggunanya dapat langsung mengakses segala aplikasi VR yang terdapat di smartphone Android. Berminat? Klik di sini untuk mendownload aplikasi.

6. Netflix VR

Netflix-VR

Siapa yang tidak tahu Netflix? Media streaming film dan series ini menawarkan berbagai koleksi judul dari berbagai macam genre. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Netflix, salah satunya tentu dapat membuat Anda menonton tayangan film luar negeri tanpa harus download bajakannya. Jika Anda termasuk yang hobinya binge-watching, gunakanlah kacamata VR supaya pengalaman menonton semakin seru!

Soalnya, Anda jadi bisa menonton film seolah dengan latar yang berbeda. Latar ini pun bisa terbilang sangat cozy – dengan sofa merah panjang, TV LCD, dan juga beberapa aksen yang membuatnya terasa sangat homy.

Meski begitu, sayangnya Anda tidak bisa mengganti latar ini. Tidak tersedia juga pemutaran video secara 360 derajat jadi dari segi immersion, aplikasi ini kurang cukup mengoptimalkan potensi yang ada dari kacamata VR. Jika tertarik, silakan download Netflix VR di sini.

7. Google Daydream

Google-Daydream

Inilah satu aplikasi yang mampu menyuguhkan pengalaman VR yang memukau. Google Daydream memiliki antarmuka yang berguna untuk menyediakan koleksi game serta aplikasi VR. Koleksi ini akan senantiasa dikembangkan dengan konten-konten VR yang baru dari waktu ke waktu.


Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada HP yang mendukung Daydream seperti Google Pixel dan Samsung Galaxy. Untuk melihat daftar HP yang mendukung aplikasi ini, silakan klik di sini. Apakah HP Anda termasuk salah satunya? Jika iya, silakan download aplikasi Google Daydream di sini.

8. Orbulus

Orbulus

Untuk Anda yang ingin jalan-jalan hanya untuk merasakan suasana sebuah tempat, Orbulus bisa jadi solusi yang tepat. Dengan begini, Anda bahkan tidak perlu sampai keluar uang untuk ke luar negeri – aplikasi Orbulus ini memiliki banyak pilihan tempat di seluruh dunia dan bahkan planet Mars sekalipun.

Supaya semakin memudahkan Anda, semua aktivitas yang dilakukan pada aplikasi ini bisa dikontrol hanya dengan penglihatan. Ingin bersantai di pantai? Mengunjungi gurun pasir? Atau penasaran dengan suasana pelabuhan? Banyak variasi latar yang bisa diperlihatkan dengan sudut 360 derajat dan suara spatial. Ayo nikmati pengalaman VR yang menyenangkan dengan mendownload aplikasinya di sini.

9. VR Crazy Swing

VR-Crazy-Swing

Jika Anda termasuk salah satu adrenaline junkies, VR Crazy Swing adalah aplikasi VR yang cocok untuk Anda. Bagaimana tidak? Aplikasi ini bisa membuat Anda menaiki ayunan dengan putaran yang sangat kencang. Alhasil, Anda pun bisa terdorong hingga tinggi sekali dan melihat pemandangan kota dari atas.

Latar yang diusungnya adalah kota metropolitan yang penuh dengan gedung pencakar langit pada malam hari. Niscaya, aplikasi ini bisa membuat Anda seolah sedang menaiki wahana di Dufan. Seperti kebanyakan aplikasi VR, Anda pun bisa melihat ke sekeliling lingkungan dengan sudut 360 derajat. VR Crazy Swing adalah aplikasi freemium yang menyediakan free trial. Silakan download aplikasinya pada link ini untuk mencobanya.

10. VR Cinema

VR-Cinema

Melihat nama dari aplikasi ini, pasti Anda sudah bisa menebak fungsinya untuk apa. Yap! Aplikasi ini dapat mengubah video apapun seolah-olah sedang ditonton di bioskop. Lucunya, imitasi dari pengalaman menonton bioskop ini sungguh realistis di mana Anda bisa memilih nomor tempat duduk.

Cukup mengesankan, mengingat pemutar video VR lainnya agak jarang yang menyediakan fitur seat selection secara gratis. Dengan pemilihan tempat duduk, otomatis Anda pun bisa merasakan menonton film dari sudut yang berbeda-beda. Jika layar terasa kebesaran, Anda bisa memilih deretan kursi di belakang atau sebaliknya. Apakah Anda tertarik? Yuk download aplikasinya di link ini!

Nah itulah 10 rekomendasi aplikasi untuk perangkat VR terbaik di Android versi Carisinyal. Jadi, manakah aplikasi yang menjadi favorit Anda?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. A long way, you can finish step by step, and then you can’t reach without a foot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *