Carisinyal / Virtual Reality / 10 Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik di Tahun 2019

10 Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik di Tahun 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Kacamata 3-Dimensi sempat menjadi tren di tahun 90an. Seiring berjalannya waktu, temuan tersebut terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi mutakhir, seperti kacamata virtual reality. Perbedaan signifikan antara kacamata 3D biasa dengan virtual reality terletak pada efek yang dihasilkan dari kedua kacamata tersebut.

Kacamata 3D hanya membuat tampilan visual nampak lebih dekat dan tidak terlalu ‘nyata’. Sementara kacamata virtual reality menawarkan pengalaman yang mendalam untuk membawa penggunanya merasakan berada di lingkungan virtual (maya) secara lebih nyata.

Kacamata virtual reality bertugas untuk menangkap gerakan kepala dan mata penggunanya untuk larut dalam virtual world yang ditampilkan. Dengan menggunakan kacamata ini akan akan benar-benar merasa seperti sedang berada di dunia lain.

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki kacamata berteknologi mutakhir ini, berikut adalah beberapa list kacamata virtual reality terbaik versi Carisinyal. Beberapa kacamata ini sudah ada yang tersedia di online store di Indonesia.

10 Kacamata Virtual Reality Terbaik

1. Sony Playstation VR

Sony Playstation VR

Project Morpheus adalah nama kacamata virtual reality besutan Sony yang mendukung Playstation 4. Rencananya, kacamata ini akan dirilis di awal tahun 2016. GDC 2015 menuturkan bahwa kacamata ini menggunakan layar LCD 5 inch yang terbuat dari prototipe asli. Ditambah dengan OLED 5.7 inch untuk memperluas sudut pandang pengguna dan meminimalisir tampilan yang blur.

Sony juga menawarkan kemampuan refresh rate 120Hz untuk membuat game playstation 120fps tampak lebih nyata. Selain itu, kacamata ini juga menjanjikan latency yang super rendah, yakni kurang dari 18ms. Teknologi yang disematkan pada Sony Playstation VR ini akan semakin memberikan rasa nyaman untuk penggunanya. Anda bisa membeli perangkat ini lewat Bukalapak di link ini.

2. Samsung Gear VR

Samsung Gear VR

Kehadiran Samsung dalam dunia teknologi virtual reality nampak memberi warna baru pada pasar teknologi modern. Gear VR adalah kacamata virtual reality terbaik yang kompatibel dengan smartphone Samsung Galaxy paling mutakhir, seperti Note 4 dan S6. Di depan slot lensa terdapat tempat micro USB. Samsung juga mengusung layar super AMOLED untuk Gear VR.

Beberapa review dari masyarakat yang sudah mencoba Samsung Gear VR menuturkan bahwa kacamata ini cukup mengagumkan untuk memberikan tampilan visual yang sangat nyata. Disamping itu, Samsung Gear VR juga cukup menjanjikan untuk digunakan bermain game atau sekedar menonton film. Anda bisa membelinya lewat Bukalapak di link ini.

3. LG 360 VR

LG 360 VR

LG merilis sebuah kacamata virtual reality terbaik yang bentuknya menyerupai Google Cardboard. LG 360 VR ini bisa dipakai dengan smartphone LG G3. Dewasa ini, LG sedang mempersiapkan versi terbaru dari 360 VR ini agar kompatibel kepada smartphone yang juga akan segera dirilis di masa mendatang, yakni LG G5.

Satu hal yang menarik dari LG 360 VR seri terbaru ini, Anda tidak perlu meletakkan ponsel di depan kacamata seperti pada LG VR atau Gear VR. Karena smartphone Anda akan terhubung dengan kacamata ini melalui konektivitas USB-C. Tertarik untuk memiliki LG 360 VR ini?

4. Homido VR

Homido VR

Kacamata virtual reality yang satu ini dirancang untuk kompatibel pada iPhone maupun perangkat Android. Homido VR adalah kacamata VR dengan harga yang terjangkau. Hampir semua aplikasi virtual reality yang tersedia di Google Play Store bisa dipakai dengan Homido VR.

Lantas, jenis smartphone Android apa yang bisa digunakan untuk kacamata ini? Bila Anda memiliki smartphone Samsung mutakhir, seperti Samsung Galaxy S7, maka handset tersebut bisa digunakan pada Homido VR.

Kacamata ini juga menawarkan sudut pandang 100 derajat dengan tiga pengaturan alternatif yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda, yakni far-sighted, near-sighted, dan normal.

5. Razer OSVR

Razer OSVR

Razer juga turut merilis sebuah kacamata virtual reality terbaik yang patut untuk dipertimbangkan. Razer OZVR adalah kacamata VR yang bisa bekerja di beberapa sistem operasi, baik itu Android, Linux, atau Windows. Banyak platform game yang juga bekerja dengan baik jika dimainkan dengan Razer OZVR.

Sebagai salah satu brand penyedia peralatan gaming, maka kualitas yang ditawarkan oleh Razer melalui OZVR ini memang tidak sembarangan. Bahkan, beberapa game virtual reality yang dulunya hanya bisa dimainkan di SteamVR, seperti Half-Life 2 atau Team Fortress 2, kini bisa juga dimainkan di Razer OZVR. Ini adalah kacamata VR terbaik untuk Anda yang sangat fanatik terhadap produk besutan dari Razer.

6. Oculus Rift

kacamata virtual reality terbaik Oculus Rift

Kacamata ini menawarkan visual yang lebih realistis. Kacamata yang dikembangkan oleh Palmer Luckey ini sempat didanai oleh Kickstarter, kemudian dibeli oleh Facebook dengan harga yang lumayan fantastis yakni USD 2 Milyar. Kacamata ini bisa Anda beli di Bukalapak lewat link ini.

Kacamata ini dapat dihubungkan ke DVI dan port USB pada laptop/PC Anda. Kemudian, Oculus Rift akan melacak gerakan kepala Anda untuk dihubungkan ke dalam citra 3D dan menyalurkan audio secara lebih jelas. Tak hanya itu saja, Oculus Rift juga didesain dengan optik yang tepat sehingga mata Anda bisa lebih fokus pada tampilan yang nampak lebih nyata tersebut.

Kebanyakan teknologi serupa tidak bisa mengatasi masalah yang dialami penggunanya, seperti pusing dan mual saat menggunakan kacamata virtual reality.  Namun, sensor dan LCD Zero Latency yang terdapat pada Oculus Rift, mampu membuat penggunanya merasa berada di dalam dunia virtual secara lebih alami dan tidak mengakibatkan masalah seperti pusing dan mual.

7. HTC Vive

HTC Vive

HTC Viva adalah sebuah headset virtual reality garapan dari HTC dan Valve di MWC 2015. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, kacamata ini hanya dirilis dalam jumlah yang terbatas. Vive bisa dihubungkan ke PC dan sangat kompatibel dengan game berkapasitas besar.

Selain itu, kacamata yang juga memiliki nama lain SteamVR ini juga menawarkan 70 sensor dan head-tracking sampai 360 derajat. Artinya, Anda dapat berputar-putar di dunia maya tersebut selayaknya ketika Anda berada di dunia nyata.

Refresh state yang ditawarkan kacamata ini memang tidak sebesar Sony Playstation VR, karena hanya 90Hz. Namun, SteamVR juga menawarkan latency yang rendah dan context aware controller yang memungkinkan Anda untuk menembak, bergerak dan melakukan interaksi dengan semua elemen yang terdapat pada dunia virtual tersebut. Perangkat ini bisa dibeli lewat Bukalapak di link ini.

8. Microsoft HoloLens

Microsoft HoloLens

Ini merupakan sebuah perangkat yang mengkombinasikan unsur-unsur dunia nyata dengan tampilan maya yang bersifat hologram. Microsoft HoloLens menawarkan sensasi melihat dunia Minecraft hanya dari ruang tamu Anda atau berjalan di permukaan Planet Mars dalam kamar tidur Anda.

HoloLens mengusung teknologi Kinect-Style untuk mengenali gerakan tubuh dan perintah audio dari penggunanya. Kacamata ini memiliki visi yang dapat bergerak 120 derajat di kedua sumbunya sehingga Anda memperoleh tampilan visual yang berdifinisi tinggi.

Kacamata yang mungkin akan dirilis pada tahun 2016 mendatang ini tidak bisa terkoneksi ke PC dan mengandalkan sistem operasi Windows 10 sepenuhnya. Namun bukan tidak mungkin akan ada perubahan spesifikasi ke depannya. Microsoft HoloLens ini tersedia di Bukalapak lewat link ini.

9. Fove VR

Fove VR

Jauh berbeda dari Oculus Rift maupun Sony Playstation VR, Fove VR memiliki teknologi eye-tracking yang sangat interaktif. Terdapat sensor inframerah yang dapat terhubung dengan pandangan mata penggunanya. Tak cukup sampai disitu, Fove VR juga menawarkan metode kontrol yang sangat baik dan unggul diantar kompetitornya.

Saat menggunakan Fove VR, Anda merasa berada di simulasi virtual yang nyata dan mengetahui persis detail kondisi dari lingkungan virtual tersebut. Kacamata yang dibandrol dengan harga USD$349 ini menggunakan platform perangkat lunak dari Wear VR.

10. Glyph Avegant

Glyph Avegant

Jika kacamata virtual reality lainnya berukuran besar dan cukup berat, Glyph Avegant menawarkan kacamata dengan desain yang ramping dan ringan. Ukuran yang minimalis ini dikarenakan kacamata ini mengusung tampilan layar seperti smartphone untuk menyajikan citra dan mencerminkan tampilan secara langsung ke retina penggunanya.

Seperti dikutip dari wareable.com, kacamata yang dipasarkan dengan harga USD$499 ini memiliki resolusi 1280 x 720 untuk setiap bola mata Anda. Namun, salah satu headset virtual reality terbaik ini hanya menawarkan sudut pandang 45 derajat.

Akan tetapi, cermin mikro yang terdapat pada Glyph Avegant ini mampu membuat Anda terhindar dari pusing atau mata lelah saat menggunakan kacamata super canggih ini. Dengan begitu, Anda bisa tetap nyaman menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Ingin membelinya? Kunjungi Bukalapak lewat link ini.

Nah itulah 10 kacamata virtual reality terbaik yang bisa Anda pilih saat ini. Berbagai kacamata tersebut akan menawarkan pengalaman yang berbeda ketika Anda bermain game. Untuk daftar gamenya sendiri, silahkan simak artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik di Tahun 2019”

Tinggalkan komentar