Carisinyal / Virtual Reality / 10 Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik di Tahun 2020

10 Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik di Tahun 2021

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kacamata 3-Dimensi sempat menjadi tren di tahun 90an. Seiring berjalannya waktu, temuan tersebut terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi mutakhir, seperti kacamata virtual reality. Perbedaan signifikan antara kacamata 3D biasa dengan virtual reality terletak pada efek yang dihasilkan dari kedua kacamata tersebut.

Kacamata 3D hanya membuat tampilan visual nampak lebih dekat dan tidak terlalu ‘nyata’. Sementara kacamata virtual reality menawarkan pengalaman yang mendalam untuk membawa penggunanya merasakan berada di lingkungan virtual (maya) secara lebih nyata.

Kacamata virtual reality bertugas untuk menangkap gerakan kepala dan mata penggunanya untuk larut dalam virtual world yang ditampilkan. Dengan menggunakan kacamata ini akan akan benar-benar merasa seperti sedang berada di dunia lain.

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki kacamata berteknologi mutakhir ini, berikut adalah beberapa list kacamata virtual reality terbaik versi Carisinyal. Beberapa kacamata ini sudah ada yang tersedia di online store di Indonesia.

1. Sony Playstation VR

Sony Playstation VR

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Project Morpheus adalah nama kacamata virtual reality besutan Sony yang mendukung Playstation 4. Rencananya, kacamata ini akan dirilis di awal tahun 2016. GDC 2015 menuturkan bahwa kacamata ini menggunakan layar LCD 5 inch yang terbuat dari prototipe asli. Ditambah dengan OLED 5.7 inch untuk memperluas sudut pandang pengguna dan meminimalisir tampilan yang blur.

Sony juga menawarkan kemampuan refresh rate 120Hz untuk membuat game playstation 120fps tampak lebih nyata. Selain itu, kacamata ini juga menjanjikan latency yang super rendah, yakni kurang dari 18ms. Teknologi yang disematkan pada Sony Playstation VR ini akan semakin memberikan rasa nyaman untuk penggunanya.

2. Samsung Gear VR

Samsung Gear VR

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kehadiran Samsung dalam dunia teknologi virtual reality nampak memberi warna baru pada pasar teknologi modern. Gear VR adalah kacamata virtual reality terbaik yang kompatibel dengan smartphone Samsung Galaxy paling mutakhir, seperti Note 4 dan S6. Di depan slot lensa terdapat tempat micro USB. Samsung juga mengusung layar super AMOLED untuk Gear VR.

Beberapa review dari masyarakat yang sudah mencoba Samsung Gear VR menuturkan bahwa kacamata ini cukup mengagumkan untuk memberikan tampilan visual yang sangat nyata. Disamping itu, Samsung Gear VR juga cukup menjanjikan untuk digunakan bermain game atau sekedar menonton film.

3. LG 360 VR

LG 360 VR

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

LG merilis sebuah kacamata virtual reality terbaik yang bentuknya menyerupai Google Cardboard. LG 360 VR ini bisa dipakai dengan smartphone LG G3. Dewasa ini, LG sedang mempersiapkan versi terbaru dari 360 VR ini agar kompatibel kepada smartphone yang juga akan segera dirilis di masa mendatang, yakni LG G5.

Satu hal yang menarik dari LG 360 VR seri terbaru ini, Anda tidak perlu meletakkan ponsel di depan kacamata seperti pada LG VR atau Gear VR. Karena smartphone Anda akan terhubung dengan kacamata ini melalui konektivitas USB-C. Tertarik untuk memiliki LG 360 VR ini?

4. Nintendo Labo Kit

Nintendo-Labo-Kit

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah kacamata VR keluaran Nintendo untuk salah satu konsol terbaiknya, yakni Nintendo Switch. Bukan Nintendo namanya kalau tidak terdapat inovasi unik pada produknya, hal ini juga tercermin jelas pada Nintendo Labo Kit. Ia merupakan sebuah set alat virtual reality yang bisa dibongkar-pasang sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika Anda bermain game shooter, Anda bisa merakit VR-nya menjadi Toy-Con Blaster – VR dengan tambahan rakitan cardboard berupa pistol. Beberapa jenis Toy-Con lainnya juga hadir seperti Toy-Con Camera, Toy-Con Elephant, Toy-Con Wind Pedal, Toy-Con Bird, dan Toy-Con VR Goggles.

Berbagai game Nintendo Switch seperti Mario Odyssey, Breath of The Wild, dan Super Smash Bros. Ultimate juga sangat cocok dimainkan menggunakan VR ini. Anda seolah berada di kursi paling depan saat menonton pertandingan Super Smash Bros.

Untuk pertama kalinya, Anda pun bisa menelusuri setiap stage-nya secara 3D hanya dengan menggerakkan kepala. Sungguh sebuah pengalaman bermain game yang immersive dan sayang untuk dilewatkan.

5. Razer OSVR

Razer OSVR

Razer juga turut merilis sebuah kacamata virtual reality terbaik yang patut untuk dipertimbangkan. Razer OZVR adalah kacamata VR yang bisa bekerja di beberapa sistem operasi, baik itu Android, Linux, atau Windows. Banyak platform game yang juga bekerja dengan baik jika dimainkan dengan Razer OZVR.

Sebagai salah satu brand penyedia peralatan gaming, maka kualitas yang ditawarkan oleh Razer melalui OZVR ini memang tidak sembarangan. Bahkan, beberapa game virtual reality yang dulunya hanya bisa dimainkan di SteamVR, seperti Half-Life 2 atau Team Fortress 2, kini bisa juga dimainkan di Razer OZVR. Ini adalah kacamata VR terbaik untuk Anda yang sangat fanatik terhadap produk besutan dari Razer.

6. Oculus Rift S

Oculus-Rift-S

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah salah satu kacamata VR terbaik untuk PC yang bisa Anda gunakan. Oculus merupakan perusahaan pembuat VR yang sudah cukup terkenal dan telah memiliki ratusan game VR eksklusif yang bisa didapatkan melalui Oculus store.


Lensa LCD-nya yang berkualitas memiliki resolusi 2560×1440  dengan refresh rate 80 Hz. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kejernihan visualnya. Ia menggabungkan kekuatan hardware dan software yang prima untuk menampilkan gameplay mutakhir. Desainnya yang ergonomis juga nyaman di kepala karena menggunakan headband dari Halo yang memiliki distribusi berat yang baik dan nyaman dipakai.

7. HTC Vive Cosmos

HTC-Vive-Cosmos

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di saat Anda menggunakan VR, tentu menginginkan atmosfir paling immersive yang bisa Anda dapatkan. Kacamata VR HTC Vive Cosmos dapat menjawab permintaan Anda dengan enam sensor kamera dan optimisasi software yang diusungnya. Berkat adanya sensor-sensor ini, HTC Vive Cosmos mampu menghadirkan fitur six-degree-of-freedom (6DoF).

6DoF ini artinya perangkat bisa mendeteksi lokasi pemakai di ruangan. Saat Anda berlari, duduk, merangkak, dan sebagainya, kacamata VR ini akan mengikuti gerakan Anda. Panel LCD beresolusikan 2880 x 1700 piksel juga memungkinkan Anda menikmati kualitas grafis yang memukau, serta mengurangi efek screen-door (efek yang membuat Anda melihat garis-garis kotak saat bermain).

8. Oculus Quest

Oculus-Quest

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda tidak memiliki gaming PC atau pun konsol, tapi tetap ingin merasakan pengalaman VR gaming yang menakjubkan, jangan khawatir. Oculus Quest memungkinkan Anda bermain meski tanpa PC. Artinya, Anda bisa menikmati pengalaman bermain VR tanpa kabel yang bisa membatasi pergerakan Anda.

Sayangnya, jumlah game pada seri Quest ini lumayan terbatas jika dipakai secara wireless. Sejatinya, VR Oculus seri Rift dan Quest memiliki koleksi game yang berbeda, tapi untungnya Quest masih bisa mengakses game Rift dengan mencolokkannya ke PC dan menggunakan fitur Oculus Link.

Untuk bisa memainkan game SteamVR juga bisa, namun dengan beberapa tahapan yang mungkin terasa sulit bagi orang awam (menggunakan VRidge). Meski begitu, secara keseluruhan kacamata VR ini menawarkan pengalaman gaming yang tak terlupakan, terlihat dari segi kualitas grafis dan kemampuan 6DoF-nya.

9. Samsung Odyssey+

Samsung-Odyssey+

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Karena berasal dari merk Samsung, sudah dipastikan produk VR ini tidak akan mengecewakan. Dengan Samsung Odyssey+. Anda bisa merasakan immersion yang terasa seperti dunia nyata dengan grafis yang ditampilkan pada dua layar AMOLED. Kedua layar ini memiliki total resolusi sebesar 2.880 x 1,.600 dengan refresh rate 60 dan 90 Hz.

Kacamata VR ini berjalan pada sistem operasi Windows Mixed Reality yang mampu memainkan game dari Microsoft Store dan SteamVR library. Selain itu, Samsung Odyssey+ memiliki sudut penglihatan sebesar 110 derajat dengan spatial sound yang terdengar dari seluruh sisi (360 derajat).

Terdapat juga mic bawaan untuk mengontrol PC menggunakan Cortana atau untuk berkomunikasi dengan pemain lain. Intinya, Anda dapat merasakan pengalaman gaming yang memuaskan dengan produk Samsung ini.

10. Oculus Go

oculus-go

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk VR lainnya dari Oculus. Mirip dengan Oculus Quest, Oculus Go juga bisa dipakai tanpa dicolok ke PC. Meski begitu, ia lebih dikhususkan untuk aktivitas menonton film. Soalnya, perangkat VR ini hanya mengusung teknologi 3DoF dan tidak bisa melacak posisi pemakainya.

Dipakai main game masih bisa sih, tapi hanya terbatas pada game yang tidak membutuhkan penerapan room-scaling. Anda hanya bisa berpindah posisi pada game menggunakan kontroler.

Meski tidak memiliki layar OLED, grafis yang ditampilkan pada layar LCD beresolusi 2560 x 1440 ini juga masih sangat layak untuk memberikan pengalaman menonton yang solid.

Nah, itulah 10 kacamata virtual reality terbaik yang bisa Anda pilih saat ini. Berbagai kacamata tersebut akan menawarkan pengalaman yang berbeda ketika Anda bermain game. Untuk daftar gamenya sendiri, silahkan simak artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *