carisinyal web banner retina

Inilah Cara Mudah Membuat Podcast dengan Aplikasi Anchor

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 7 Januari 2022

Popularitas podcast di era digital seperti sekarang ini, tentu banyak dimanfaatkan oleh beberapa content creator. Dengan podcast, semua orang bisa melakukan siaran langsung layaknya siaran radio. Sebenarnya kehadiran podcast sudah ada sejak tahun 2021, namun baru-baru ini podcast kembali menjadi tren di kalangan milenial serta industri kreatif. 

Konten berbasis siaran radio ini pada awalnya hanya dirancang untuk platform tertentu dan hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone atau iPad. Namun kini podcast bisa dinikmati oleh pengguna Android, kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa mendengarkan podcast melalui Spotify, Apple Podcast, serta iTunes secara gratis atau cuma-cuma. 

Untuk bisa mendengarkan siaran podcast, kamu tidak perlu khawatir akan koneksi yang terputus-putus, karena kamu bisa men-download siaran podcast-mu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkan podcast kapanpun yang kamu mau. 

Biasanya sebuah podcast berisi topik-topik menarik yang sedang banyak diperbincangkan. Selain mengandalkan  konten audio, podcast juga bisa disiarkan dalam bentuk video. Sering kita jumpai beberapa konten podcast yang berseliweran di YouTube. 

Jadi, kita bisa menyiarkan podcast di berbagai platform. Baik menggunakan audio mau pun video. Bagi para content creator, tentu kehadiran podcast sangat menguntungkan. Itulah salah satu alasan mengapa podcast banyak diminati. 

Lantas, bagaimana caranya jika kita ingin membuat sebuah podcast? Karena kehadirannya yang semakin populer dan banyak diminati, tentu untuk membuat sebuah podcast sangatlah mudah! Bagi kamu pemula yang ingin belajar membuat podcast, kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak peralatan, bahkan kamu bisa membuat podcast hanya bermodalkan smartphone saja, loh.

Cara Membuat Podcast Menggunakan Anchor 

Melalui aplikasi Anchor, kamu bisa membuat podcast hanya dengan menggunakan smartphone. Ingin tahu apa saja langkah-langkahnya? Berikut ini cara mudah membuat podcast dengan Anchor. Yuk, kita simak! 

cara membuat podcast menggunakan anchor 1
  • Daftarkan akun Google-mu, atau tekan ikon Continue with Google.
cara membuat podcast menggunakan anchor 2
  • Pilih menu I want to make a new podcast.
  • Tap tombol Record untuk mulai merekam. 
cara membuat podcast menggunakan anchor 4
  • Jika terdapat kesalahan atau noise pada saat proses recording, kamu bisa tap tulisan Tambahkan penanda atau Add flag. Menu ini berfungsi untuk mempermudah penandaan pada saat proses editing. 
  • Lalu, jika podcast sudah selesai direkam, tekan tombol Berhenti.
cara membuat podcast menggunakan anchor 5
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat judul segmen yang sudah kamu buat. Lalu, klik Tambahkan rekaman ke episode, tunggu beberapa detik hingga rekaman berhasil diproses. 
cara membuat podcast menggunakan anchor 6
  • Tambahkan musik latar atau backsound pada menu opsi Segmen.
cara membuat podcast menggunakan anchor 7
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa backsound yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu menekan tanda Plus pada backsound tersebut. 
  • Setelah backsound sudah berhasil ditambahkan, silakan tekan tombol Save.
cara membuat podcast menggunakan anchor 8
  • Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini dan kamu diharuskan mengisi judul podcast-mu terlebih dahulu. Jika sudah, pilih Add recording to episode atau Tambahkan rekaman ke episode.
cara membuat podcast menggunakan anchor 9
  • Berikut langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk mempublikasikan podcast. Silakan tekan tombol Terbitkan sekarang atau Publish now. Jangan lupa tulis judul episode serta deskripsi atau keterangan di kolom yang ada di bagian atas. 
CARA MEMBUAT PODCAST DENGAN ANCHOR 10

Selesai! Podcast kamu akan disiarkan secara langsung, sesuai dengan opsi platfrom yang kamu pilih. Biasanya untuk bisa ditemukan di Spotify, dibutuhkan waktu beberapa menit setelah draft di publish dari Anchor. Untuk mencarinya di Spotify, kamu hanya perlu menulis nama podcast-mu atau judul podcast yang sudah kamu buat di kolom pencarian. 

Tips Agar Podcast Banyak Didengar

Setelah berhasil membuat konten podcast, tentunya kamu ingin podcast-mu jadi bermanfaat dan didengar banyak orang, kan? Walau pun di Indonesia podcast belum bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah, namun pasti kamu akan senang jika podcast yang kamu buat banyak diminati oleh pendengar. 

Lagi pula, jika kamu seorang influencer atau content creator, kamu bisa mem-publish podcast melalui YouTube. Jadi, kamu bisa menggunakan dua platform sekaligus. Upload versi audionya melalui Anchor, dan upload juga versi video melalui YouTube. 

Jika kamu hanya memiliki rekaman versi audionya saja, kamu juga masih bisa mengunggahnya ke YouTube dengan cara membuat animasi waveform atau audiogram di YouTube. Jadi, kamu bisa tetap produktif berkarya dan juga bisa menghasilkan Rupiah melalui YouTube! Sangat menguntungkan, bukan? 

Lantas, bagaimana cara membuat podcast kita menjadi menarik dan banyak didengar? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian audiens. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tingkatkan Audio yang Berkualitas

Karena podcast mengandalkan audio, tentu audio menjadi peran yang sangat penting bagi kualitas podcast. Jika audio yang kamu gunakan masih terdapat noise atau kurang jelas kejernihannya, pendengar pun akan merasa terganggu dan bosan. 

Untuk itu, jika kamu benar-benar serius di bidang podcast dan ingin meningkatkan pendengar podcast-mu, ada baiknya gunakanlah audio yang berkualitas. Dengan menyiapkan beberapa peralatan tertentu seperti, mikrofon, earphone dan peralatan pendukung lainnya. Dengan begitu kualitas audio podcast-mu akan jauh lebih baik.

2. Pilih Topik yang Relatable dengan Audience

Salah satu alasan seseorang mendengarkan podcast adalah karena mereka merasa topik atau tema yang dibahas di dalam podcast tersebut sangat sesuai dengan apa yang sedang mereka alami atau rasakan. Tentunya, bukan hal yang mudah agar podcast kita bisa relate dengan banyak orang. 


Namun, hal yang harus kamu lakukan adalah, cobalah untuk mengaitkan kondisi yang paling sering dialami oleh banyak orang dan kamu juga juga mengalami hal tersebut. Atau, kamu juga bisa mengangkat topik podcast yang bersumber dari kegelisahan apa yang sedang kamu rasakan saat ini. 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengungkapkannya karena itu adalah pengalaman pribadi. Biasanya, tanpa kita sadari banyak juga orang yang merasakan hal tersebut.

3. Pilih Narasumber yang Menarik dan Relevan

Untuk meningkatkan engagement dengan pendengar, ada baiknya undanglah narasumber yang menarik dan juga ahli, atau relevan dengan topik yang ingin dibahas. Sehingga podcast-mu akan lebih menarik untuk pendengar, karena mereka bisa melihat dari dua perspektif atau sudut pandang yang berbeda.

4. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi 

Sebagian besar orang tentu memiliki media sosial. Salah satu media sosial yang sedang menjadi tren sekarang adalah TikTok. Kamu bisa memanfaatkan TikTok sebagai sarana promosi, atau bisa juga melalui Instagram, karena kedua media sosial ini umumnya banyak digunakan oleh kalangan milenial. Dengan begitu, orang akan tertarik untuk mendengarkan podcast-mu.

5. Berinteraksi dengan Audience 

Selain memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, ada baiknya kamu juga harus pandai berinteraksi dengan audience. Contohnya, kamu bisa meminta pendapat mereka mengenai topik podcast apa yang ingin dibahas, atau bahkan mengajak audience untuk berkolaborasi. Dengan begitu, audience akan merasa dianggap ada, serta berperan dalam pembuatan podcast-mu. 

Nah, itulah beberapa langkah mudah membuat podcast menggunakan Anchor, serta tips dan trik agar podcast banyak diminati pendengar. Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa langsung ikuti beberapa langkah di atas, ya! Atau, jika kamu punya beberapa cara dan tips lain seputar cara membuat podcast, jangan lupa tulis di kolom komentar. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram