Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Android merupakan salah satu basis smartphone yang cukup tenar dan banyak diminati oleh para pengguna ponsel pintar. Selain aksesnya yang mudah, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh Android pun cukup menarik. Salah satu fasilitas yang banyak digunakan yaitu aplikasi PlayStore.

Pengguna smartphone Android pasti sangat sering menggunakan aplikasi PlayStore ini. Aplikasi PlayStore ini memungkinkan para penggunanya untuk mendownload aplikasi penunjang yang dibutuhkan oleh pengguna Android. Namun, tak jarang juga para pengguna Android mendownload aplikasi bukan melalui PlayStore melainkan melalui website tertentu atau link-link tertentu.

Dengan begitu, tidak jarang juga para pengguna Android terkadang mengalami masalah aplikasi tidak dapat terdownload atau terinstall atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia “tidak terpasang.” Masalah seperti ini kerap membuat para pengguna Android kesal.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Carisinyal memiliki solusi yang tepat untuk cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang. Banyak hal yang membuat aplikasi tersebut tidak dapat terpasang pada Android Anda, apa saja itu?

Penyebab aplikasi tidak terpasang

2

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa aplikasi yang Anda download tidak terpasang oleh beberapa kasus atau penyebab. Ada beberapa kemungkinan yang membuat aplikasi tidak terpasang di Android Anda. Berikut beberapa penyebab aplikasi tidak terpasang.

  • Insufficient storage space

Penyebab pertamanya biasanya adalah penuhnya kapasitas memory yang ada di smartphone Anda. Ini kemungkinan Anda memiliki banyak aplikasi dan memiliki banyak data yang ada di Smartphone Anda dan hal ini juga yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang di Android Anda.

  • Corrupted apk or apk file

Masalah kedua dan juga masalah yang cukup sering dijumpai oleh para pengguna Android adalah rusaknya aplikasi yang Anda download. Hal ini basanya terjadi ketika Anda mendownload aplikasi tidak melalui aplikasi PlayStore Google yang disediakan pada Android Anda.

Tidak jarang para pengguna Android merasa penasaran terhadap suatu aplikasi, sehingga para pengguna Android kerap kali mendownload aplikasi tersebut melalui browser di website-website tertentu. Dan tidak jarang juga bahwa aplikasi yang didownload adalah aplikasi yang corrupted atau rusak. Sehingga masalahnya adalah aplikasi yang sudah didownload menjadi tidak dapat dipasang atau tidak dapat terpasang di Android Anda.

  • Incorrect apk install location

3

Smartphone Android biasanya memiliki dua tempat penyimpanan / storage, tempat penyimpanan pertama adalah berada di Memory Phone dan yang kedua di SD Card. Beberapa aplikasi terkadang dapat didownload dan disimpan di Memory phone.

Namun, tak jarang juga beberapa aplikasi didownload dan disimpan harus di SD card. Jadi, sebelum Anda mendownload dan menginstall sebuah aplikasi pilihlah salah satu tempat penyimpanan yang sesuai. Jika anda tidak mengetahui tempat penyimpanan untuk sebuah aplikasi, coba saja untuk disimpan di kedua tempat penyimpanan tersebut.

  • Installation on a mounted SD card

Masalah ini artinya Anda tidak dapat memasang aplikasi di memory phone dan Anda harus memasangnya di SD Card. Dan masalahnya adalah SD Card tersebut tidak dapat diakses oleh Anda. Biasanya SD Card sedang Anda gunakan di laptop atau di PC Anda, cobalah untuk mengecek ulang SD Card yang ada di Android Anda.

  • Corrupted storage both SD Card and Memory Phone

4

Hal yang juga sering menjadi masalah penyebab tidak terpasangnya sebuah aplikasi di Android Anda adalah tempat penyimpanan yang korup atau error.

Hal ini bisa saja terjadi pada Android Anda. Jika memang tempat penyimpanan yang ada di Android Anda memiliki masalah atau corrupted, artinya Anda tidak dapat memasang aplikasi apapun, bukan hanya satu aplikasi saja yang tidak dapat terpasang.

  • Apk signature/certificate clash

hal ini biasanya terjadi ketika Anda mendownload dan menginstall aplikasi yang tidak resmi. Contohnya ketika Anda ingin menggunakan aplikasi adobe di Android, namun aplikasi Adobe tersebut tidak resmi. Maka hal seperti ini bisa saja terjadi dan menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat terpasang di Android Anda.

  • Error

Penyebab terakhir yang umum dialami ketika aplikasi tidak terpasang adalah adanya error pada aplikasi. Selain itu juga terkadang OS yang kita gunakan memiliki gangguan untuk sementara waktu. Nah, ini juga yang bisa menyebabkan aplikasi tidak dapat terpasang lho.

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

5

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang pada Android Anda, kali ini adalah tips dan trik cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada Android Anda. Tips dan trik ini bisa Anda gunakan ketika Anda memiliki masalah aplikasi tidak terpasang, berikut beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android:

  • Reboot the phone

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang pertama yaitu cobalah Anda mematikan smartphone Anda terlebih dahulu. Cobalah restart ulang smartphone Anda. Atau jika perlu atau jika memungkinkan cobalah lepaskan batrai smartphone Anda dan kemudian nyalakan kembali Android Anda.

Biasanya cara seperti ini membantu Anda dalam mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang. Setelah Anda sudah melakukan reboot atau restart cobalah pasang aplikasi yang Anda inginkan di Android Anda.

  • Uninstal aplikasi yang tidak digunakan

Jika cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang pertama itu tidak berhasil, maka cobalah cek aplikasi-aplikasi yang sudah tidak anda gunakan kembali. Seperti yang sudah diberitahukan bahwa salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang yaitu tempat penyimpanan yang penuh.

Jadi cobalah untuk menghapus atau melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Mungkin memory phone ataupun SD Card Anda sudah penuh dan tidak dapat menampung aplikasi lainnya.

  • Cek versi aplikasinya

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang ketiga adalah cek last version dari aplikasi yang ingin Anda pasang. Mungkin Anda sudah menginstall aplikasi yang Anda inginkan namun berbeda versi. Jadi lebih baik Anda pilih salah satu versi saja.

Biasanya aplikasi tidak dapat terpasang ketika sudah ada aplikasi yang sama di dalam Android Anda. Jadi lakukanlah uninstall terhadap salah satu aplikasi yang sama. Simpanlah salah satu aplikasi yang sama, Anda tidak pelru menyimpan dua aplikasi yang sama dengan berbeda versi. Hal tersebut akan membuat tempat penyimpanan Anda penuh.

  • Pastikan aplikasinya tidak error

6

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android yang ketiga, Anda cobalah melakukan cek ulang terhadap aplikasi yang ingin Anda install. Pastikan bahwa aplikasi yang akan Anda install tidak memiliki masalah apapun.

Pastikan juga bahwa aplikasi yang akan Anda install tidak memiliki error ataupun corrupted file. Dan juga Anda harus cek, apakah Anda sudah benar melakukan instalasi untuk aplikasi tersebut atau belum. Cek ulang ketika Anda melakukan copy paste pada saat Anda melakukan download dan pemasangan aplikasi di Android. Mungkin ada satu karakter yang tidak tertera pada saat Anda melakukan copy paste.

  • Cara kelima, Anda bisa melakukan reset untuk app permissions. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan klik setting à apps à all à menu key à reset application permission atau Reset app preferences.
  • Solusi selanjutnya, Anda bisa mengganti pengaturan atau setting di Android Anda dengan cara mengganti pengaturan app installation location menjadi Biarkan sistem yang ada di Android memilih lokasi atau tempat penyimpanan untuk aplikasi yang akan Anda pasang.
  • Solusi lainnya, Anda harus memastikan bahwa tempat penyimpanan SD Card Anda sedang tidak terhubung dengan komputer atau perangkat lainnya.
  • Solusi yang satu ini mungkin menjadi salah satu solusi terburuk yang bisa Anda lakukan. Namun, solusi ini mungkin menjadi salah satu solusi yang paling efektif. Anda mungkin harus melakukan format ulang terhadap SD Card atau tempat penyimpanan aplikasi lainnya.

Sebelum Anda melakukan format ulang atau melakukan penghapusan seluruh data yang ada di tempat penyimpanan, lebih baik Anda backup atau simpan dan pindahkan file-file Anda yang ada di Smartphone Anda. Melakukan format ulang terhadap SD Card membuat data-data atau file-file yang Anda miliki akan terhapus secara otomatis.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di Android Anda. Jadi, pastikan dulu aplikasi yang akan Anda pasang, jika menemukan masalah tidak terpasang, Anda bisa mencoba salah stau solusi di atas. Bagaimana menurut kalian?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan sumber gambar:

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

5 Comments

  1. amaly at - Reply

    terima kasih. sangat membantu.

  2. Gt Tamvans at - Reply

    Kak klo sdh terpasang gimana.kan apknya sdh terpasang trs diapain

  3. Muklis Sulaiman at - Reply

    gan kalau mau install aplikasi di luar goggle play store gimana caranya? kok saya masih belum bisa install yah?

  4. lusia inca at - Reply

    hp saya j2 prime…ketika saya mendownload app whatsapp…lalu tidak bisa instal..muncul tulisan di layar no installed app found…dan di bagian atasnya hapus file media di setelan perangkat….itu gimna caranya?mohon bantuannya tkd

  5. muklas adi at - Reply

    Gimana gan caranya kx aq gk bisai

Leave A Comment