carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Inilah 3 Cara Mudah Update Play Store ke Versi Terbaru

Inilah 3 Cara Mudah Update Play Store ke Versi Terbaru

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store. Itu karena setiap ponsel berbasis Android harus mempunyai layanan Google Play agar aplikasi bisa berjalan. Google Play pada Android adalah sebuah pintu gerbang untuk mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia untuk Android.

Sama seperti aplikasi pada umumnya, Google Play pun perlu diperbarui secara rutin agar ia dapat memberikan fitur-fitur terbaru dari toko digitalnya, kestabilan perkembangan aplikasi dan perubahan visual. Nah, ada beberapa cara yang disarankan untuk mengupdate Google Play. Di dalam artikel akan dipaparkan lebih jelas. Yuk, simak informasinya!

Apa Itu Google Play Store?

Sumber: Wikimedia Commons

Google Play dulu disebut dengan Android Market. Ini merupakan sebuah layanan resmi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan raksasa multinasional yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahan ini kini mengembangkan produknya lebih jauh.

Dilihat dari sudut pandang perangkatnya Google Play Store adalah sebuah aplikasi meskipun sebetulnya ia adalah sebuah platform. Google Play bukan cuma rumah dan gudangnya bagi aplikasi dan game, tapi juga beberapa konten digital.

Di samping aplikasi, mereka kini telah menawarkan konten digital buku, film, majalah dan musik kepada pengguna Android. Google menawarkan koleksi musik digital yang banyak dari seluruh dunia, meskipun harus berlangganan atau bayar satu kali ketika kamu membeli produknya.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apakah kita harus selalu mengunduh aplikasi, game, buku atau musik dari Google Play? Jawabannya adalah Google merekomendasikan untuk mengunduh aplikasi dari platform mereka ini.

Alasan tersebut didorong oleh keyakinan mereka bahwa aplikasi yang terdaftar pada platform mereka bebas malware. Tentu hal ini akan membuat perangkat pengguna aman untuk dipasangi berbagai macam aplikasi yang diinginkan.

Walaupun sebenarnya Google bukanlah satu-satunya sumber platform yang menyediakan aplikasi bagi ponsel Android. Namun, mengingat keamanan yang mereka tekankan, rasanya tidak ada alasan untuk tidak menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google ini.

Berbicara tentang update Google Play Store, seperti telah disinggung di atas bahwa layanan toko digital Google perlu diperbarui agar ia bisa lebih maksimal dalam memberikan layanannya. Pembaruan layanan ini bisa kamu lakukan kapan pun kamu inginkan.

Pasalnya Google tidak memberikan pilihan notifikasi langsung untuk Play Store untuk diperbarui. Google Play Store bisa otomatis memperbarui di belakang layar. Tetapi, terkadang karena beberapa alasan, Play Store dapat berhenti beroperasi dan tidak bisa memperbarui otomatis.

Ini bisa jadi disebabkan karena aplikasi tidak akan mengunduh karena Google Play Store yang telah kadaluarsa.
Agar tidak terjadi demikian, kamu perlu mengupdate Google Play secara manual atau memasangnya mencari update terbaru.

Cara Update Play Store

Nah, kalau kamu masih bingung dengan cara mengupdate Play Store, kamu bisa langsung ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Mengupdate Google Play dari Pengaturan Play Store

Rasanya pasti kesal sekali ketika kita akan membuka Google Play Store tetapi ia tidak merespon dengan baik alias Google Play Store tidak bisa dibuka. Tentu kita tidak bisa memperbarui aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat. Ini adalah salah satu hal yang terjadi ketika Google Play Store belum diperbarui ke versi terbaru.

Kita semua tahu bahwa Google Play Store memperbarui sendiri secara otomatis. Tetapi kamu juga bisa bisa mencari sendiri update dengan pergi ke menu pengaturan Google Play Store. Ikuti angkah-langkah di bawah ini untuk memperbaruinya.

  • Buka ponselmu. Cari ikon Google Play Store.
  • Buka aplikasi Play Store dari ponselmu. Ketuk bagian profil, lalu cari menu Pengaturan.
  • Pada halaman Pengaturan pilih Tentang.
  • Kemudian ketuk Versi Play Store. Jika ada update terbaru, Play Store akan memperbarui secara otomatis. Jika Play Storemu sudah diperbarui kamu akan menerima notifikasi popup yang memberitahukan bahwa versi Play Store yang kamu gunakan adalah yang terbaru.

2. Update Google Play dengan Membersihkan Data Penyimpanan

Cara lain untuk memaksa Play Store otomatis adalah dengan membersihkan data. Saat kamu melakukannya, Google akan secara otomatis memeriksa update terbaru. Untuk membersihkan data pada Play Store, ikuti langka-langkah ini:

  • Buka menu Pengaturan ponsel.
  • Pada bagian Umum atau General, pilih Apps & notifikasi, lalu pilih App info. Atau ketuk pencarian dan ketik app info. Jika hasilnya muncul langsung ketuk.
  • Gulir ke bawah dan temukan aplikasi Google Play Store dan ketuk.
  • Pada halaman informasi aplikasi, pilih opsi Clear data.
  • Restart ponselmu dan tunggu 2-3 menit untuk membiarkan Google Play Store mengupdate secara otomatis.

Jika kamu mengalami masalah dengan Google Play Store, coba gunakan cara bersihkan data ini. Untuk melakukannya, langkah-langkahnya sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

3. Menggunakan Apk

Jika dua cara mengupdate Google Play Store di atas tidak berhasil, gunakan cara lainnya. Kamu bisa memanfaatkan file apk untuk mengupdate Google Play.

Sebelumnya, pastikan pengaturan sudah berada pada opsi Give Permission to Install Unknown Apps. Karena kita akan mengupdate Google Play dari sebuah sumber eksternal, perangkat Android membutuhkan izin khusus untuk melakukan update ini. Ini demi alasan keamanan.

Langkah-langkah mengupdate dengan cara ini akan berbeda tergantung pada perangkat pra-Oreo dan pasca-Oreo. Kami akan jelaskan dua langkah yang berbeda di bawah ini.

Untuk mengupdate Google Play dengan apk pada perangkat Android pra-Oreo seperti Marshmallow, Nougat dan lain-lain, ini yang harus kamu lakukan.

  • Ketuk menu Setting pada perangkat dan pilih Security/Privacy.
  • Kemudian, pada layar selanjutnya cari Unknown Source.
  • Pilih opsi Enable dan konfirmasikan pada popup.

Sementara itu, untuk perangkat Oreo dan Android P, cara install apk-nya adalah seperti ini.

  • Pada perangkat, ketuk menu Setting dan pilih App & Notifications.
  • Pada opsi App & Notifications, ketuk Special App Access.
  • Ketuk opsi Install Unknown Apps.
  • Ketuk Chrome untuk mengunduh file apk dari mesin pencarian. Lalu, ketuk pada mesin pencarian yang kamu gunakan tersebut.
  • Pada layar selanjutnya nyalakan kotak pilihan untuk Allow From This Source.

Ketika langkah-langkah untuk mengizinkan aplikasi terinstal pada perangkat sudah selesai, sekarang saatnya mencari apk untuk Google Play terbaru. Kamu bisa gunakan APKMirror untuk mengupdate Google Play Store-mu dengan sistem yang lebih baru.

Apk ini terus dikembangkan oleh perusahaan pengembangnya dengan menambahkan fitur dan koleksi file teranyar. Buka tautan tersebut kemudian klik pada versi terbarunya. Kemudian pada halaman selanjutnya, gulirkan ke bawah dan di bawah Download Section, pilih dan unduh file yang tepat untuk perangkatmu.

Tuntaskan langkah ini dengan menginstal apk yang sudah kamu unduh. Setelah file diunduh dan beri izin pada beberapa perizinan yang dibutuhkan. Terakhir, ketuk file apk tersebut dan kamu tinggal menunggu apk melakukan tugasnya mengupdate Google Play Store-mu.

Mudah ya? Itu dia beberapa cara mengupdate Google Play Store yang berhasil kami rangkum. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan untuk kamu ya. Setelah update terbaru kamu bisa membuka dan mengakses Google Play Store tanpa ada gangguan apa pun.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram