Carisinyal / Play Store / 5 Cara Memperbaiki Play Store Tidak Ada Sambungan

5 Cara Memperbaiki Play Store Tidak Ada Sambungan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda pengguna smartphone Android? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Play Store. Ya, Play Store adalah pusat aplikasi, game, buku, dan film resmi yang dikembangkan oleh Google khusus untuk perangkat Android.

Anda bisa mendownload berbagai macam aplikasi, membeli buku online, dan membeli game-game terbaru melalui Play Store. Dengan kata lain Play Store merupakan bagian penting dari smartphone atau tablet Android.

Tak ada Play Store sama dengan tidak ada kehidupan di smartphone Android Anda. Pasalnya, Anda tidak bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan dan tidak dapat mengikuti update terbaru dari aplikasi yang sudah terinstall di smartphone Anda.

Bisa saja Anda mengunduh aplikasi dari situs-situs tertentu, tapi itu tidak resmi. Aplikasi yang tidak resmi umumnya rawan dengan virus dan malware. Jika perangkat Anda terinfeksi virus dan malware, maka perangkat tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada Play Store Anda, salah satunya tidak ada sambungan (No Internet Connection). Masalah ini kerap kali terjadi meskipun koneksi internet Anda baik-baik saja. Nah, bagaimana cara memperbaiki Play Store tidak ada sambungan agar dapat digunakan kembali?

cara mengatasi play store tidak ada sambungan

Pertama, pastikan internet Anda sudah bekerja dengan baik. Cara paling tepat untuk memastikan bahwa internet Anda lancar adalah mencoba menggunakan aplikasi chatting serta browsing di Chrome atau browser default di smartphone Anda.

Apabila Anda tidak bisa browsing atau terhubung ke internet, maka koneksi internet Anda sedang bermasalah. Solusinya, hubungi pihak ISP (Internet Service Provider) atau operator Anda untuk menanyakan perihal koneksi internet yang bermasalah ini.

Namun, bila koneksi internet Anda baik-baik saja, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat pada aplikasi Google Play Store tersebut. Nah, cobalah untuk memperbaiki Play Store tidak ada sambungan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Set Ulang Waktu dan Tanggal Smartphone

pengaturan waktu android

Percaya atau tidak, bila waktu dan tanggal di smartphone Anda salah, maka itu akan berpengaruh terhadap Play Store. Ketika Anda sudah mengecek bahwa internet Anda dapat berfungsi dengan baik, coba cek pula apakah waktu dan tanggal di smartphone Anda sudah benar.

Jika ternyata tanggal dan waktu yang tertera berbeda dengan waktu saat ini, silahkan set ulang waktu dan tanggal dengan tepat. Agar lebih mudah, silahkan ceklis opsi pengaturan otomatis dari operator. Setelah itu restart smartphone Anda dan coba kembali membuka Play Store.

  1. Hapus Cache Play Store

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara. Setiap aplikasi tentu memiliki cache, begitu pun dengan Play Store. Cache yang dibiarkan hingga penuh akan menghambat kinerja Play Store. Masalah inilah yang menyebabkan Play Store nampak seperti tidak terkoneksi dengan internet, padahal sambungan internet Anda dapat berjalan seperti biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menghapus cache Play Store. Masuk ke Settings > Applications > Play Store > Pilih Menu ‘Clear Cache’ Cache yang terlalu banyak dapat membuat aplikasi menjadi lambat.

  1. Gunakan VPN

Solusi lain untuk masalah ‘tidak ada sambungan di Play Store’ adalah dengan menggunakan VPN. Ada banyak VPN untuk Android. Namun, Anda tidak mengunduhnya melalui Play Store, karena itu Play Store Anda sedang tidak berfungsi.

Caranya, masuklah ke browser dan kunjungi situs resmi Download Hotspot for Android. Nah, setelah aplikasi sudah terinstall di smartphone Anda dan menghubungkannya dengan VPN, kini Anda bisa mencoba membuka Play Store.

  1. Hapus Google Account yang Digunakan

Untuk memperbaiki Play Store tidak ada sambungan, Anda bisa menghapus Google Account yang Anda gunakan untuk log in ke Play Store. Hapus dengan cara log out terlebih dahulu. Kemudian, restart smartphone Anda dan tunggu hingga menyala kembali.

mengahpus akun google

Nah, setelah itu Anda bisa mencoba log in kembali ke Play Store dengan menggunakan Google Account yang sama. Pada umumnya, cara ini cukup efektif untuk mengatasi hampir semua masalah yang terjadi pada Play Store, termasuk masalah Play Store yang tidak ada sambungan.

  1. Format Perangkat Secara Keseluruhan

Jika semua cara sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, maka Anda perlu mencoba untuk format perangkat Anda. Cara ini mungkin akan menghilangkan semua data dan aplikasi di smartphone Anda. Akan tetapi, Anda dapat melakukan back up terlebih dahulu.


Mengembalikan setting smartphone ke pengaturan awal adalah cara yang terbaik untuk memperbaiki Play Store yang tidak terkoneksi dengan internet. Pasalnya, semua pengaturan akan dikembalikan seperti semula layaknya Anda membeli sebuah smartphone baru.

factory reset android

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, pastikan baterai Anda sudah terisi penuh untuk menyelesaikan proses format perangkat ini. Apabila proses format sudah selesai, cobalah untuk masuk ke Play Store dan log in kembali dengan Google Account Anda.

Ketika Play Store rusak, mungkin Anda akan panik menghadapinya. Pasalnya, Play Store merupakan pusat penyedia aplikasi yang memang sangat dibutuhkan oleh pengguna Android. Tak ada Play Store sama saja tidak ada artinya memiliki sebuah smartphone.

Sebaiknya, bila Anda mengalami masalah Play Store yang tidak terkoneksi dengan internet, Anda tidak perlu panik. Secara umum masalah ini bisa diatasi hanya dengan melakukan restart perangkat saja. Namun, terkadang restart saja tidaklah cukup. Anda perlu melakukan beberapa cara di atas untuk membuat Play Store dapat berfungsi kembali.

Cara memperbaiki Play Store tidak ada sambungan dari Carisinyal ini akan membantu Anda membuat Play Store dapat digunakan kembali. Cara ini dapat dilakukan secara personal tanpa memerlukan bantuan lain.

Akan tetapi, jika semua cara sudah dilakukan dan Play Store tetap tidak dapat berfungsi dengan benar, maka kami sarankan Anda untuk membawa smartphone ke customer service khusus untuk merk smartphone yang Anda gunakan. Atau Anda dapat mengunjungi customer service ISP atau provider telepon selular yang Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

10 Responses

  1. Terima kasih tipsnya, akhirnya setelah mencoba langkah ke 1, playstore lngsung berfungsi

  2. tidak sama antara pesan/tulisan yg anda sebutkan dengan yang ada di selular android. jadi nungu dech

  3. maksudnya.. step-stepnya tidak sama dengan apa yg di contohkan.. jadi bingung dech

  4. kesuon
    infone
    ☆☆☆☆☆☆

    1. segho pecel indonesia berkata:

      apakah anda penjual pecel
      klo iya pesen donk
      5 bungkus

      hehehe..

  5. chorme ngk bisa di update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *