Carisinyal / Play Store / 10 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

10 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pengguna Android tentu sudah akrab dengan Google Play Store. Pasalnya, Play Store adalah penyedia aplikasi yang berlisensi resmi dari Google untuk semua jenis perangkat Android. Jadi, dapat dipastikan bahwa aplikasi yang disediakan Play Store semuanya aman dan bebas dari virus.

Akan tetapi, Play Store bisa saja mengalami masalah, seperti tidak bisa dibuka. Kenapa Play Store tidak bisa dibuka? Nah, permasalahan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari pengaturan yang salah hingga adanya aplikasi yang bermasalah.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Apapun perangkat Android yang Anda gunakan, baik Samsung, Xiaomi, Sony, atau Asus, permasalahan Play Store yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan cara yang sama. Yuk, simak cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka berikut ini.

1. Hentikan Semua Mode yang Berjalan Pada Perangkat

cara mengatasi play store tidak bisa dibuka

Google Play Store yang tidak bisa dibuka sangat erat kaitannya dengan mode atau sambungan internet yang Anda gunakan. Karena untuk dapat menggunakan Play Store, Anda harus terkoneksi dengan internet. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghentikan semua mode yang sedang berjalan di perangkat Anda:

  • Google Play Store: Buka Settings > Manage Apps > All > Google Play Store > Pilih Menu ‘Force Stop’. Setelah menghentikan Play Store, Anda bisa melanjutkan dengan menghapus data dan cache di Play Store. Pilih ‘Clear Data’ dan ‘Clear Cache’ untuk menghapus tumpukan data dan cache pada Play Store.

Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

  • Wi-Fi: Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi untuk membuka Play Store, maka matikan Wi-Fi Anda terlebih dahulu, tunggu beberapa saat baru kemudian dinyalakan kembali.

Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

  • Aiplane Mode: Mengaktifkan mode pesawat terbang ini ternyata dapat memperbaiki kinerja Play Store. Caranya sama seperti di atas, aktifkan airplane mode, tunggu beberapa saat, lalu matikan kembali.

Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

  • Perangkat Anda: Setelah melakukan ketiga cara di atas, kini saatnya Anda mematikan atau merestart perangkat Anda. Matikan perangkat selama 5 menit, kemudian nyalakan kembali dan coba Play Store Anda.

2. Non-aktifkan Beberapa Aplikasi

force stop aplikasi

Aplikasi yang menggunakan cache dan data yang besar dapat mempengaruhi kinerja Play Store. Perangkat Anda harus bekerja lebih keras untuk menjalankan beberapa aplikasi ‘besar’ sehingga tidak bisa membuka Play Store. Oleh karenanya, matikan beberapa aplikasi yang Anda anggap terlalu besar dan menghabiskan ruang RAM lebih banyak.

Cara untuk mematikan beberapa aplikasi tersebut adalah Buka Settings > Manage Apps > All > Pilih beberapa aplikasi yang besar dan menggunakan RAM lebih banyak > Pilih Menu ‘Force Stop’ di dalam aplikasi yang hendak dihentikan.

3. Bersihkan Perangkat Anda

Google Carrier Services 

Tidak hanya cache dan data dari aplikasi lain yang menyebabkan Play Store tidak bisa dibuka, tetapi junk dan file-file besar lain juga bisa mempengaruhi kinerja Play Store dan perangkat Anda. Solusinya adalah dengan melakukan kegiatan ‘bersih-bersih’ di perangkat Anda.

Mulailah membersihkan cache dan data dari semua aplikasi yang terinstall di perangkat dengan cara Buka Settings > Manage Apps > All > Buka semua aplikasi satu persatu dan pilih menu ‘Clear Data’ di masing-masing aplikasi. Jika tidak ingin repot, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Clean master untuk melakukannya.

Cara ini mungkin membuat aplikasi Anda kembali ke pengaturan awal, namun cara ini cukup ampuh untuk membuat Play Store dapat dibuka kembali. Di samping itu, bersihkan junk dan file-file yang tidak terpakai. Hapus foto, musik, atau video yang Anda rasa tidak diperlukan untuk meringankan kinerja perangkat.

4. Hapus Google Account Anda

cara menghapus akun google di android

Bila semua cara di atas tidak dapat membuat Play Store berfungsi kembali, maka Anda harus menghapus Google Account yang digunakan untuk log in di Play Store. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk memperbaiki masalah di Play Store.

Cara menghapus Google Account bisa mengikuti langkah berikut.

  • Buka Settings, kemudian pilih Accounts

cara menghapus akun google di android

  • Setelah itu, pilih akun Google. Nantinya bakal muncul alamat email yang jadi akun Google Anda.

cara menghapus akun google di android

  • Pilih akun Gmail yang akan Anda hapus, kemudian gulir ke bawah sampai menemukan pilihan “hapus” ataun “delete”

cara menghapus akun google di android

  • Jika akun Google Anda ada banyak, hapus satu persatu.
  • Restart perangkat Anda dan buka kembali Play Store. Kemudian, Anda bisa mulai log in kembali dengan Google Account Anda.

5. Uninstall dan Install Ulang Google Play Store

google play store

* sumber: www.small-screen.co.uk

Salah satu cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka adalah melakukan uninstall. Ya, untuk sementara waktu Play Store akan dihapus dari perangkat Anda. Namun Anda tidak usah khawatir karena setelah itu Google Play akan kembali terinstall.

Cara yang tepat untuk uninstall Play Store adalah sebagai berikut.

  • Buka Settings.
  • Pilih  Apps atau Apps Management

Uninstall Google Play Store

  • Cari Google Play Store. Jika tidak ada, cari di “Show All Apps” atau “Show System Process”

Uninstall Google Play Store

  • Jika sudah ditemukan, buka Google Play Store

Uninstall Google Play Store

  • Pilih ‘Uninstall Updates’.
  • Selanjutnya, restart perangkat Anda
  • Lalu masuk ulangi lagi cara di atas dan install ulang versi terbaru dari Google Play Store.
  • Jika tidak, Anda bisa mencari Google Play Store dari pihak ketiga. Misalnya dari toko aplikasi APKPure.

6. Membersihkan Cache Google Play Service

google play services

Google Play Service bisa juga jadi salah satu alasan kenapa layanan Google Play Store tidak bisa dibuka. Karena itu, cara ini bisa jadi solusi dari masalah Play Store tidak bisa dibuka. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Settings.
  • Pilih  Apps atau Apps Management

Uninstall Google Play Store

  • Cari Google Play Service. Jika tidak ada, cari di “Show All Apps” atau “Show System Process”
  • Jika sudah ditemukan, buka Google Play Service, buka kemudian pilih “Storage”

Google Play Service

  • Selanjutnya pilih  “Clear cache” dan “Clear data”.
  • Setelah itu, silakan restart perangkat Anda kemudian coba buka kembali Google Play Store.

7. Non-aktifkan Proxy dan VPN

FREEDOME VPN

Mungkin Anda tidak sengaja sudah mengaktifkan proxy dan VPN di perangkat Anda. Segera non-aktifkan keduanya dengan cara: Buka Wireless and Networks > More > VPN. Sedangkan untuk menemukan proxy, Anda bisa Masuk ke Wi-Fi > Advanced.

8. Reset Data Perangkat

Reset Data Android

Cara ini terbilang sedikit ekstrem, karena risikonya dapat menghilangkan semua data di perangkat Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika sudah melakukan back up pada semua data perangkat Anda di microSD atau komputer.

Pertama-tama, back up data dengan cara Buka Settings > Backup & Reset > Pastikan menu ‘Back up my data’ sudah aktif > Pilih akun untuk menyimpan data. Kemudian, ulangi langkah di atas tetapi pilih ‘Factory Data Reset’. Pastikan baterai Anda terisi penuh karena cara ini akan memakan waktu yang cukup lama.

9. Mengecek Memori Eksternal

Cara lainnya untuk mengatasi masalah Play Store tidak bisa dibuka adalah dengan mengecek memori eksternal seperti microSD. Jika ponsel Android Anda menggunakan memori eksternal, sebaiknya keluarkan terlebih dahulu. Setelah dikeluarkan baru dimasukan kembali. Hal ini bisa saja terjadi mengingat microSD bisa saja tidak cukup pas masuk.

10. Perbarui Sistem Operasi

samsung-galaxy-m31-android10

* sumber: www.smartprix.com

Solusi lainnya untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan memperbarui sistem operasi. Karena itu, cobalah untuk memperbarui sistem operasi jika memang ponsel ini mendapatkan pembaruan sistem.

Mengatasi Play Store tidak bisa dibuka bukanlah cara yang rumit, bukan? Jadi, Anda tidak perlu panik bila mengalami peristiwa dimana Play Store tidak bisa dibuka. Cobalah cara-cara di atas ini untuk memulihkan kembali Play Store Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

23 Responses

  1. gan mau tanya..

    Play store di Samsung note 1 saya gak bisa kebuka..

    Sudah reset pabrik masih gitu juga,,pas buka play store muncul tulisan item tidak ditemukan..

    Mohon pencerahannya

    1. Coba diupgrade software (sistem operasi) ponselnya. Kemudian uninstall Play Store, lalu install kembali. Jika belum bisa, silakan dibawa ke Samsung Service Center untuk dibantu langsung oleh customer service di sana. Semoga membantu 🙂

  2. Gan, punya saya klu pakai wifi, play store kok gak kebuka ya, tolong beri tahu!

  3. Sulis Sri Handayani berkata:

    Hai …punya sy playstorenya lama kebuka.keluar putih2 gt..apa emng gabisa dibuka atau sy kurang sabar nunggunya?
    Gmn dong..hum..

  4. gan..hp aku kmren d root dg aplikasi kingroot.. sealam 4 hr baik baik saja,, trus saat mau dowload game kok gk bisa buka playstor,, karna pusing aku setel ualng pabrik..
    eeeh stelah itu smua aplikasi googleku gk bisa,, kterngan kesalahan server dan masuk lgi beberapa saat,, itu gmn solusinya tks

    1. gan play store saya ga bisa di buka sama sekali biar di pencet seribu kali apakah ini sudah ga bisa dibuka lagi atau gimana gan

  5. Play store sya kok gak bisa dibuka,ketika dibuka sbntar doang sih,tpi langsung ke menu gitu,kalo dihormati yg lain fk bisa kalo dihormati samsung note 3 kok gk bisa ya kak,dicoba semua caranya kk:v

  6. Mau tanya gan,hp saya asus laser 2 ze500kl,setelah saya reset ke setelan pabrik,sinyal ok tpi buat download ke playstore gx bisabisa knp ya,pdhl 4g
    Mohon bantuan nya

  7. gan mau tannya flay store di hp samsung saya gak bisa di buka setelah saya melakukan rest data pabrik
    tolong di bantu gan solusinya

  8. Gan numpanh nanya kalau saya ketika masuk playstore tulisannya checking info trus gan nggk kelar2,mau di daftarin emailnya ke playstore tpi chacking info nya nggk kelar2 kenapa ya?

  9. Kenapa play store ku nggak bisa kebuka

  10. Gan play store q kog gx bisa.dh tx msukan email ma pin tetep adja coba lagi.

  11. Gan di z2 playstore ane gx bisa dibka pdhl ane dah reset beberapa x ttp aja gx bsa dibka tolong msknya

  12. Gan gimana caranya pasang play store di blackberry 10

  13. gan mau numpang nanya,hp saya oppo f1 biasa tpi play stornya ,youtube ,keep dll tdk bisa dibuka itu kenapa ya gan ?

  14. Thank you gan saya pakai cara no 5 berhasil sip lah

  15. Terimakasih gan saya pakai cara no 5 berhasil sip lah

  16. Muhammad Aerlangga berkata:

    Aku punya handphone anak saya. Nah, kejadiannya sama. Tak bisa buka playstore. Tapi saat aku pakai semua cara di atas tetap tidak berhasil. Oh, ya. Handphone anak saya adalah android versi 2.1 an. Kenapa tidak berhasil? Ada yang bisa kasih saran? Handphone punyaku tidak ada masalah.

  17. Muhammad Aerlangga berkata:

    Aku punya handphone anak saya. Nah, kejadiannya sama. Tak bisa buka playstore. Tapi saat aku pakai semua cara di atas tetap tidak berhasil. Oh, ya. Handphone anak saya adalah android versi 2.1 an. Kenapa tidak ada yang berhasil? Ada yang bisa kasih saran? Handphone punyaku tidak ada masalah.

  18. Kanapa play setore saya gak bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *