carisinyal web banner retina

Inilah 6 Cara Mengecas HP Xiaomi Dengan Cepat dan Aman

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Baterai menjadi salah satu sektor yang sering kali terkena masalah di dalam sebuah HP. Masalah-masalah yang dialaminya juga cukup beragam, mulai dari daya baterai boros, proses pengisian menjadi lambat, baterai bocor, hingga tidak bisa lagi diisi atau dicas meskipun menggunakan charger original.

Hal-hal tersebut biasanya sering terjadi akibat kelalaian para pengguna dalam menjaga atau merawat kesehatan baterai tersebut. Tidak jarang HP sekelas Xiaomi pun mengalami hal tersebut jika penggunanya lalai dalam merawatnya, terutama dalam hal pengisian daya.

Kini, sudah banyak HP Xiaomi terbaru yang telah dibekali fitur fast charging yang memungkinkan HP melakukan pengecasan secara cepat. Anda bisa dengan mudah menemukan fitur fast charging tersebut di HP Xiaomi bahkan untuk HP yang dibanderol mulai dari Rp2 jutaan saja.

Meskipun sudah didukung oleh pengecasan cepat, bukan berarti Anda bisa dengan bebas mengganggu atau menggunakan HP ketika sedang dicas. Sebab, proses pengecasan pada HP tetap akan terganggu dan justru akan merusak kinerja charger ke depannya.

Fitur fast charging pada sebuah HP sudah menjadi keunggulan yang cukup menarik mengingat kebutuhan pemakaian HP yang semakin tinggi. Dengan adanya fitur tersebut, proses pengecasan akan cepat selesai dan HP bisa digunakan kembali.

Namun, jika HP Xiaomi Anda belum mendukung fitur fast charging, tidak perlu khawatir. Sebagai sesama pengguna Xiaomi, penulis akan memaparkan beberapa cara yang bisa dilakukan agar proses pengisian daya semakin cepat dan tetap aman bagi kesehatan baterai. Cara ini juga bisa dilakukan untuk HP Xiaomi yang memiliki fitur fast charging agar bisa semakin mempercepat proses pengisian dayanya dan tetap aman dilakukan.

Cara Mengecas HP Xiaomi dengan Cepat dan Aman

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecas HP Xiaomi dengan cepat dan aman. Ketika mencobanya, penulis menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 10s yang telah mendukung fitur fast charging 33 W. Namun, ketika mencoba menerapkannya, proses pengisian daya terasa semakin lebih cepat dari biasanya.

1. Menggunakan Charger Original

cara ngecas HP xiaomi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan charger atau casan ori atau bawaan dengan merek yang sama. Sebab, casan asli atau bawaan tersebut biasanya sudah diatur sedemikian rupa, mulai dari tegangan daya, arus ampere, dan sebagainya dan disesuaikan dengan HP Xiaomi Anda.

Sebenarnya, menggunakan charger dengan merek lain tidak terlalu berdampak buruk, tetapi jika terlalu sering maka efeknya akan semakin terasa. Jika memang terpaksa, Anda mesti perhatikan kualitas charger yang akan digunakan seperti voltase atau arus ampere di bagian kepala charger karena pasti terdapat perbedaan pada kinerja charger yang digunakan.

Namun balik lagi, proses pengisian daya sangat disarankan menggunakan charger ori atau bawaan, meskipun chargernya tidak memiliki fast charging atau kecepatan yang mumpuni, setidaknya baterai HP Anda akan menjadi lebih awet dan aman dibanding menggunakan charger yang lain.

2. Mengecas Pada Persentase yang Wajar

cara ngecas HP xiaomi

Selain menggunakan charger ori, hal lain yang penting diperhatikan juga adalah mengecas pada persentase yang wajar. Maksudnya, mengecas HP ketika daya baterai belum benar-benar habis hingga membuat HP menjadi mati total.

Persentase daya baterai yang wajar dan dianjurkan untuk memulai proses pengecasan berada di kisaran 20 hingga 30 persen. Dengan kata lain, usahakan HP tidak berada di bawah 20 persen atau hingga 0 persen. Sebab, hal itu akan sangat memengaruhi kesehatan dan kinerja baterai ke depannya.

Tidak hanya waktu untuk memulai pengecasan yang perlu diperhatikan, pencabutan charger juga tidak boleh sembarangan atau sesuka hati. Maksudnya, melakukan pencabutan berulang kali di tengah jalan ketika sedang proses pengecasan sangat tidak dianjurkan karena akan mengganggu prosesnya dan merusak kesehatan baterai.

Sebagian orang juga ada yang mengatakan bahwa waktu yang pas untuk mencabut charger adalah ketika baterai berada di kisaran 80 hingga 90 persen. da juga yang mengatakan harus menunggu sampai 100 persen baru boleh dicabut.

Nah, agar lebih aman, Anda bisa melepasnya ketika sudah berada di kisaran 85 hingga 95 persen saja. Dengan begitu, kesehatan baterai akan tetap terjaga dan awet ketika HP digunakan setelahnya.

3. Jangan Gunakan HP Secara Berlebihan

cara ngecas HP xiaomi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar proses pengecasan menjadi lebih cepat adalah tentu saja dengan mendiamkan HP dan tidak dimainkan atau digunakan secara berlebihan. Menggunakan HP secara berlebihan ketika sedang dicas sama saja membuat HP tetap bekerja dan mengeluarkan daya secara bersamaan, pengisian yang dilakukan akan sia-sia.

Perlu diingat, menggunakan HP secara berlebihan seperti membuka banyak aplikasi, menonton atau mendengarkan musik saja tidak dianjurkan, apalagi bermain game. Nah, khusus bagi Anda yang gemar bermain game, jangan pernah mencoba untuk tetap bermain game ketika HP sedang dicas.

Bukan hanya akan memperlambat proses pengisian daya, HP juga akan menjadi lebih panas dan baterai akan menjadi cepat rusak dengan munculnya masalah yang telah disebutkan sebelumnya.

Jadi, agar proses pengisian daya semakin cepat, usahakan HP jangan digunakan dan biarkan hingga proses pengisian daya selesai. Setelah itu, Anda bebas menggunakan HP Xiaomi Anda untuk melakukan apa saja.

4. Matikan Jaringan atau Hidupkan Mode Pesawat

cara ngecas HP xiaomi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan HP ketika sedang dicas itu tidak terlalu dianjurkan. Jika Anda tidak diharuskan online atau berada dalam jaringan, akan lebih baik jika Anda mematikan jaringan seluler agar proses pengisian daya bisa lebih cepat.

Selain mematikan jaringan seluler, Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat agar jaringan di HP Xiaomi Anda benar-benar terputus. Setelah itu, HP Xiaomi Anda akan bisa melakukan proses pengisian daya dengan optimal.

Namun, hal ini kembali lagi kepada diri masing-masing, sebab dengan tidak memainkan HP ketika dicas saja sudah membuat HP bisa mengisi daya secara optimal. Jadi, mematikan data seluler atau mengaktifkan mode pesawat hanya menjadi sebuah pilihan yang tidak ada salahnya jika dilakukan.

5. Jauhkan Dari Tempat yang Menyebabkan Panas

cara ngecas HP xiaomi

Ketika proses pengisian daya sedang berlangsung, meningkatnya suhu pada HP menjadi hal yang wajar, terlebih lagi jika Anda mengecas menggunakan charger yang sudah mendukung fast charging. Sebab daya yang masuk ke HP juga lebih besar dari biasanya.

Namun, suhu HP yang meningkat tersebut biasanya akan kembali normal secara otomatis ketika didiamkan atau disimpan di ruangan yang memiliki suhu normal.

Selain itu, yang mesti diperhatikan ketika mengecas adalah tempat menyimpan HP Anda. Misalnya, ketika sedang mengecas, usahakan jangan menyimpan HP di atas kasur, bantal, atau yang memiliki tekstur serupa. Karena HP akan menjadi lebih panas dan berisiko merusak kesehatan baterai.

Nah, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menyimpan HP di tempat yang memiliki permukaan kokoh seperti meja, lantai, atau buku. Dengan begitu, suhu HP Anda akan berada pada suhu normal dan proses pengisian daya menjadi lebih stabil.

6. Hindari Mengecas Melalui Port USB PC atau Power Bank

cara ngecas HP xiaomi

Terkadang, ada beberapa orang yang justru mengecas HP-nya melalui USB Port yang disambungkan ke PC karena beberapa alasan. Mulai dari lupa membawa kepala charger, jauh dari stop kontak atau terminal colokan listrik, dan alasan lainnya. Sebenarnya boleh-boleh saja, asal hanya dalam keadaan darurat dan tidak terlalu sering dilakukan.

Sama halnya ketika mengecas melalui Port USB yang disambungkan ke Power Bank. Biasanya hal ini dilakukan jika benar-benar jauh dari stop kontak. Namun, menggunakan Power Bank juga tidak terlalu dianjurkan untuk dilakukan berulang kali, loh.

Jika Anda sering melakukan hal ini, sebaiknya hentikan mulai sekarang, sebab efeknya akan dirasakan nanti pada kinerja HP dan proses pengisian daya atau pengecasan di waktu yang akan datang. Hal ini dikarenakan oleh arus daya yang diberikan oleh PC atau Power Bank tidak stabil dan bisa saja berbeda dari kapasitas yang bisa diterima oleh HP.

Jika memungkinkan menggunakan charger, silakan gunakan charger tersebut agar pengisian daya bisa lebih cepat dan aman bagi kesehatan baterai.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses pengisian daya pada HP Xiaomi serta tetap aman untuk dilakukan. Selain itu, terdapat juga anjuran yang mesti diperhatikan baik yang harus dilakukan atau tidak dilakukan demi menjaga kesehatan baterai HP ke depannya.

Jika Anda memiliki saran lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses pengisian daya atau menjaga agar baterai HP tetap sehat, silakan bagikan kepada kami di kolom komentar, ya. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram