carisinyal web banner retina

Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah sebuah jenis layar monitor yang menggunakan kristal cair sebagai media refleksinya. Saat ini monitor-monitor seperti TV, laptop, kamera, dan ponsel banyak menggunakan layar LCD.

LCD lebih hemat daya. Itulah kenapa jenis monitor ini dipilih sebagai layar penampil sebuah perangkat. Terlepas dari sebagai kelebihan LCD, layar kristal ini tetap harus dirawat agar tidak terkena jamur.

Ketika suatu layar LCD terkena jamur maka akan penampilan. Layar akan terlihat kusam dan menutupi pandangan kita terhadap suatu program atau pengoperasian.

Umumnya jamur yang menyebabkan layar kotor muncul karena debu yang masuk dan menempel pada layar. Faktor lain yang menyebabkan layar kotor karena jamur adalah kelembaban.

Layar berjamur dan kotor bisa pula disebabkan karena adanya serangga yang mati terjepit pada celah layar monitor. Berhati-hatilah sebab faktor-faktor yang dijelaskan di atas dapat mengundang tumbuhnya jamur pada layar monitor.

Cara Membersihkan Jamur pada Layar Laptop

Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD 1
Sumber: https://www.noobie.com

LCD adalah sebuah komponen yang penting dari sebuah komputer. Melalui sebuah layar LCD kita dapat melihat hasil komputerisasi yang dilakukan. Terkadang LCD mengalami masalah yang ditandai dengan munculnya bintik atau spot.

Jika kamu melihat hal tersebut pada layar laptopmu, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya ini bukanlah tanda-tanda kerusakan awal pada piksel. Hal tersebut muncul karena adanya jamur yang menempel. Ada cara untuk membersihkannya. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

  • Lepaskan sumber daya yang terkoneksi pada laptop. Pastikan laptop benar-benar sudah terlepas dari sumber listrik.
  • Jika laptop sudah aman dari sumber listrik, perhatikan dengan seksama area monitor mana saja yang terkena jamur.
  • Saat semua spot atau flek jamur sudah ditemukan, persiapkan alat untuk membersihkannya. Misalnya, kain microfiber, air bersih dan cairan khusus pembersih layar.
  • Mulai tahapan membersihkan. Basahilah kain microfiber dengan cairan khusus pembersih layar monitor dalam jumlah kecil. Pastikan kain cukup dibasahi agar mudah mengangkat jamur-jamur yang menempel pada layar.
  • Usapkan kain tersebut pada layar yang ditumbuhi jamur. Usap perlahan jangan ditekan dan digosok terlalu kasar agar layar tidak rusak.
  • Jika kain microfiber sudah mengering, semprotkan kembali cairan pembersih ke kain tersebut dan lanjutkan kembali tahapan membersihkan layar.
  • Untuk bagian pinggir dan celah yang sulit dijangkau dengan kain microfiber, kamu bisa gunakan cotton bud untuk menjangkau celah tersebut. Basahi cotton bud dengan cairan pembersih layar.
  • Biarkan layar mengering sendiri. Atau simpan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Ini akan membuat cairan mengering terkena angin.
  • Setelah layar benar-benar kering, hubungkan kembali laptop dengan sumber listrik dan baterai.

Cara Membersihkan Jamur ada Layar PC Desktop

Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD 3
Sumber: www.youtube.com/DigitalInnovate/

Membersihkan layar laptop dan komputer desktop sedikit berbeda. Layar monitor harus dilepaskan dari CPU dan komponen lainnya yang terkoneksi pada monitor. Langkah selanjutnya adalah:

  • Matikan layar komputer dan pastikan semua kabel sumber listrik yang terkoneksi pada layar komputer sudah terputus.
  • Cabut kabel penghubung LCD dengan CPU. Ini akan mempermudah proses membersihkan layar monitor komputer.
  • Siapkan kain microfiber atau kain yang bertekstur halus seperti kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Kamu bisa gunakan kuas atau karet blower untuk membersihkan debu-debu halus pada celah monitor komputer.
  • Lihat apakah jamur hanya dapat dibersihkan dengan cara tersebut atau jamur tersebut masih menempel pada layar monitor.
  • Jika jamur masih menempel pada layar, siapkan peralatan untuk membersihkannya. Misalnya saja, kain microfiber dan cairan khusus pembersih monitor LCD.
  • Bersihkan layar dengan gerakan memutar searah jarum jam. Jangan ditekan terlalu keras. Layar monitor cukup sensitif, oleh sebab itu kamu harus menggosoknya perlahan. Mungkin akan memakan waktu, tapi cara ini lebih efektif untuk membersihkan layar dari jamur yang menempel.
  • Setelah jamur sudah terangkat, diamkan layar monitor sampai mengering.
  • Kembalikan layar seperti semula. Hubungkan kembali layar dengan sumber listrik, kabel CPU dan kabel lain-lain.

Cara Membersihkan Jamur pada LCD Kamera

Satu lagi perangkat yang sering ditumbuhi jamur adalah kamera. Perangkat satu ini terbilang rentan ditumbuhi jamur pada bagian monitor dan lensa. Pada lensa dan layar LCD kamera, saat terkena jamur maka ia akan sangat mengganggu ketika digunakan.

Merawat kamera agar bebas dari jamur perlu dilakukan secara rutin. Jangan biarkan kamera tanpa dibersihkan dalam waktu lama. Misalnya saja dibiarkan tergeletak begitu saja di lemari atau meja. Namun, jika layar LCD kamera terlanjur terkena jamur, lakukan cara-cara berikut ini.

  • Gunakan Tisu Khusus Kamera
Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD 5
JD.ID

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah mengelap layar monitor dengan tisu khusus kamera. Sebenarnya bisa saja kita gunakan tisu wajah biasa. Hanya saja hasilnya tidak akan sesempurna menggunakan tisu khusus.

Tisu wajah biasa, meskipun lembut, akan tetap meninggalkan serat dan partikel debu tisu yang tertinggal pada layar. Kamu akan membutuhkan karet blower pembersih kamera untuk menghilangkan serat-serat yang tertinggal.

Usapkan perlahan tisu tersebut dan jangan ditekan. Gunakan kekuatan yang lembut saat membersihkan layar kamera. Perhatikan apakah jamur atau bekas sidik jari pada kamera sudah hilang atau masih tertinggal.

  • Buka Panel LCD Kamera
Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD 7
Sumber: https://www.shutterstock.com

Jika kamu mempunyai peralatan untuk membersihkan kamera yang lengkap dan cukup berani untuk membuka LCD kamera, kamu bisa coba membuka panel LCD dan membersihkan bagian yang terkena jamur tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa cara ini sangat efektif, namun di satu sisi sangat rentan pula. Sebab membuka panel LCD kamera perlu ketelitian dan kamu sudah harus hafal bagian-bagian komponen kamera. Jika salah membuka kamera akan rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

  • Beri Pelindung Layar
Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Monitor LCD 9
Sumber: https://in.canon/en/

Bagi sebuah layar kamera, pelindung layar adalah salah satu benda yang dibutuhkan agar layar LCD tidak tergores dan mudah kotor. Ketika layar sudah dibersihkan dan jamur sudah tidak lagi menempel pada layar LCD kamera, kamu bisa pasangkan pelindung layar kamera. Lapisan tipis ini kini sudah banyak dijual di toko-toko kamera dan aksesoris kamera.


Itulah cara menghilangkan jamur di monitor LCD yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Pada dasarnya monitor adalah sebuah komponen yang sangat penting untuk komputer. Oleh sebab itu, kebersihan layar LCD-nya harus tetap dijaga.

Gunakan cairan pembersih khusus yang terbuat dari campuran air dan isopropyl alkohol. Ini sangat membantu proses pembersihan dengan lebih cepat. Jangan gunakan sabun dan detergen untuk membersihkan sebab amonia dan bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya akan merusak lapisan anti cahaya dan meninggalkan bercak pada layar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram