carisinyal web banner retina

Cara Mudah Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Infinix

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Sebagai merek HP yang sedang naik daun dengan mendapatkan kepopulerannya, terutama di pasar Indonesia. Infinix selalu berusaha menawarkan HP menarik yang canggih dan terjangkau. Hal ini terlihat dari pembaruan sistem antarmuka yang menampilkan banyak fitur menarik.

Salah satu fitur menarik yang ada di HP Infinix ini adalah soal sistem navigasi. Secara default, HP Infinix akan menggunakan sistem navigasi berupa tombol yaitu recent, home, dan back. Tahukah Anda bahwa navigasi tombol di HP Infinix ini bisa dihilangkan? Benar, terdapat sistem navigasi kedua yang bisa digunakan yaitu navigasi gestur.

Dengan hilangnya sistem navigasi tombol, layar HP Infinix Anda menjadi terlihat lebih luas. Selain itu, jika Anda memilih sistem navigasi gestur ini, penggunaan HP menjadi lebih dinamis dalam menavigasi. Anda tidak perlu lagi terpaku pada tiga tombol yang ada di bawah, tetapi lebih bebas dengan melakukan gerakan khusus.

Sebagai pengguna HP Infinix, apakah Anda tertarik untuk mencoba sistem navigasi gestur ini? Jika belum tahu bagaimana cara mengubahnya, tidak perlu khawatir. Kali ini, tim Carisinyal akan membahas bagaimana cara menghilangkan tombol navigasi dan menggunakan sistem navigasi gestur. Nah, silakan simak sampai habis artikel ini, ya.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Infinix

Infinix hot 12i

Jika Anda ingin mencoba sistem navigasi gestur di HP Infinix, tidak perlu khawatir. Sebab, cara yang harus dilakukan cukup mudah. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka “Settings” terlebih dahulu.
mematikan autocorrect hp infinix
  • Anda bisa membukanya melalui bar notifikasi atau aplikasinya langsung.
mematikan autocorrect hp infinix
  • Setelah itu, gulir hingga ujung paling bawah dan pilih menu “System”.
menghilangkan tombol navigasi infinix
  • Kemudian, pilih menu “System navigation” untuk membuka opsi navigasinya.
menghilangkan tombol navigasi infinix
  • Untuk mengubahnya ke sistem navigasi gestur, silakan tekan “Gesture navigation” hingga bulatan di sebelahnya berwarna hijau.
  • Tunggu beberapa saat hingga tombol navigasi menghilang. Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakan sistem navigasi gestur pada HP Infinix Anda.

Sekilas Tentang Sistem Gesture Navigation di HP Infinix

review Infinix Hot 12i cover

Secara sederhana, sistem gesture navigation atau navigasi gestur memungkinkan Anda mengoperasikan HP dengan gerakan. Sebab, tiga tombol navigasi yaitu recent, home, dan back sudah tidak ada lagi. Jika sebelumnya Anda menggunakan tombol navigasi, mungkin harus sedikit terbiasa lebih dulu dengan gerakannya.

Nah, agar tidak bingung, berikut gerakan-gerakan yang digunakan pada sistem navigasi gestur.

Back to the previous level; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol back. Anda bisa kembali ke halaman atau jendela sebelumnya dengan menggeser ke arah dalam dari tepi kiri atau kanan. Anda bisa melakukannya dari tepi kiri atau kanan bagian atas hingga bawah.

Open the recent apps screen; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol recent apps. Biasanya, tombol tersebut memiliki ikon bentuk kotak atau tiga garis yang ditumpuk. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggeser ke atas dari tepi bagian bawah layar, kemudian tahan atau berhenti sejenak di bagian tengah layar.

Tunggu hingga beberapa aplikasi sebelumnya muncul atau terlihat. Setelah itu, Anda bisa dengan bebas memilih aplikasi seperti biasa.

Back to home; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol home pada tombol navigasi. Gerakan yang harus dilakukan mirip seperti gerakan untuk membuka aplikasi terbaru. Namun, untuk kembali ke halaman awal, Anda hanya perlu menggeser ke atas dari tepi bagian bawah layar dengan sedikit lebih cepat atau tanpa ditahan.

Switch apps; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuka aplikasi terbaru. Namun, gerakan ini bisa dibilang lebih cepat dan praktis jika aplikasi yang terbuka hanya dua atau bersebelahan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggeser ke kanan atau kiri di tepi bagian bawah layar.

Active voice assistant; Gerakan ini memiliki fungsi untuk membuka Google Assistant. Anda hanya perlu menggeser ke atas dari sudut kiri atau sudut kanan. Setelah Google Assistant terbuka, Anda bisa memberikan perintah atau pertanyaan dengan suara seperti biasa.

Gerakan-gerakan yang dilakukan untuk sistem navigasi gestur ini sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, butuh beberapa waktu untuk membiasakan gerakan-gerakan tersebut. Apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakan sistem navigasi tombol. Mungkin Anda akan tetap mencari tiga tombol yang ada di bagian bawah layar jika belum terbiasa.

Sistem navigasi gestur ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman penggunaan HP yang lebih menarik. Sebab, Anda tidak harus mengarahkan jari Anda ke arah tombol tersebut.

Namun, tidak semua pengguna HP, termasuk Infinix menyukai fitur ini. Alasannya bisa beragam, mulai dari sudah terbiasa dengan tombol, dianggap lebih sulit dengan gerakan, dan sebagainya. Jika Anda ingin mengubahnya kembali ke sistem navigasi tombol, Anda bisa mengikuti cara di atas dan pilih navigasi tombol atau Three-button navigation.

Sebagai informasi, HP yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah Infinix HOT 12i. HP ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka XOS Dolphin v7.6.0. Jika Anda menggunakan HP Infinix model lain, cara yang harus dilakukan tidak jauh berbeda.

Jika Anda menggunakan HP merek lain selain Infinix, kami juga memiliki beberapa artikel yang terkait. Mulai dari cara menyembunyikan foto atau video di HP Xiaomi, cara restart HP OPPO, cara menyembunyikan aplikasi di HP vivo, dan sebagainya. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram