carisinyal web banner retina

Cara Menambah RAM di HP Infinix agar Performa Tidak Menurun

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Beberapa dari kalian mungkin pernah merasakan performa yang semakin menurun pada sebuah HP, termasuk HP Infinix. Penurunan performa yang sering terjadi biasanya berupa lag yang sering terjadi, lemot, bahkan aplikasi yang sering berhenti dengan sendirinya.

Nah, biasanya, salah satu penyebab dari penurunan performa tersebut adalah karena kapasitas RAM pada HP Infinix Anda sudah melebihi daya tampungnya. Terlebih lagi jika RAM HP yang digunakan itu memiliki kapasitas yang kecil sehingga kemungkinan hal tersebut akan lebih sering terjadi.

Dalam artikel ini, saya sudah menyiapkan cara mudah yang bisa dilakukan untuk menambah RAM di HP Infinix. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur penggunaan RAM dengan memanfaatkan fitur developer options. Jika penasaran, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Menambah RAM Menggunakan Fitur MemFusion

cara menambah ram hp infinix

MemFusion atau Memory Fusion menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh antarmuka XOS milik Infinix. Fitur ini bisa digunakan untuk menambah kapasitas RAM HP Infinix Anda jika merasa kurang.

Cara kerjanya juga cukup sederhana yaitu dengan meminjam ruang dari memori internal dan menjadikannya sebagai RAM virtual. Nah, kira-kira bagaimana caranya? Silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, silakan buka “Settings” melalui aplikasinya langsung atau bar notifikasi di atas.
cara menambah ram hp infinix
  • Setelah itu gulir ke bawah dan pilih menu “Storage”.
cara menambah ram hp infinix
  • Pilih menu “MemFusion” untuk menambah kapasitas RAM.
cara menambah ram hp infinix
  • Klik toggle di samping tulisan “MemFusion” sampai berwarna hijau untuk mengaktifkannya. Anda juga bisa menentukan kapasitas yang Anda inginkan dengan memilih menu “Set virtual RAM”
cara menambah ram hp infinix
  • Anda bisa memiliki kapasitas yang diinginkan mulai dari 1 GB, 2 GB, atau 3 GB.
  • Jika sudah berhasil disimpan, silakan restart HP Infinix Anda untuk menyegarkan perubahan dan RAM HP Anda akan otomatis bertambah.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan RAM dengan Developer Options

infinix hot 12i

Selain dengan menambah kapasitas RAM, Anda juga bisa menggunakan opsi pengembang untuk mengoptimalkan performa HP Anda. Dengan menggunakan opsi pengembang, Anda bisa membatasi proses latar belakang dari suatu aplikasi sehingga RAM bisa bekerja lebih optimal.

Cara ini memang sedikit berbeda dan tidak bisa menambah kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP Infinix Anda. Namun, dengan melakukan cara ini, kapasitas RAM yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa berkurang. Dengan begitu, performa RAM akan menjadi lebih baik dan lag atau lemot akan jarang terjadi.

Namun sebelum itu, Anda harus mengaktifkan fitur developer options terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Simak lengkap langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke “Settings” terlebih dahulu melalui aplikasinya langsung atau bar notifikasi.
cara menambah ram hp infinix
  • Setelah itu, pilih menu “My phone” yang ada di bagian paling atas.
cara menambah ram hp infinix
  • Klik beberapa kali (sekitar tujuh kali) pada pilihan “Build number” hingga muncul tulisan bahwa Anda sudah menjadi pengembang.
cara menambah ram hp infinix
  • Setelah berhasil menjadi pengembang, kembali ke halaman awal Pengaturan dan gulir hingga ujung bawah dan pilih “System”.
cara menambah ram hp infinix
  • Setelah itu, pilih menu “Developer options” yang sudah muncul di bagian bawah.
cara menambah ram hp infinix
  • Di dalam opsi pengembang akan ada banyak sekali menu yang bisa dipilih. Namun, Anda bisa mengabaikannya dan gulir menuju menu mengenai APPS di bagian bawah.
  • Kemudian, silakan pilih menu “Background process limit”.
cara menambah ram hp infinix
  • Terakhir, silakan pilih “No background processes” untuk membatasi proses latar belakang suatu aplikasi.

Nah, itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah dan mengoptimalkan performa RAM di HP Infinix Anda. Semoga Anda bisa menjaga kapasitas RAM HP milik Anda agar performa yang dihasilkan tetap stabil dan terhindar dari masalah penurunan performa seperti lag atau lemot.

Sebagai informasi, HP Infinix yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah Infinix HOT 12i. HP ini berbasis pada sistem operasi Android 11 dengan antarmuka XOS Dolphin v7.6.0.

Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan cara-cara tersebut di model HP Infinix lainnya. Pasalnya langkah yang harus dilakukan tidak akan jauh berbeda. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram