carisinyal web banner retina

Ini Cara Menyembunyikan File di HP realme Semua Tipe

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Sampai saat ini, kemampuan sebuah HP sudah menjadi semakin tinggi berkat berbagai fitur menarik di dalamnya. realme, sebagai sub-brand dari OPPO pun tidak ingin kalah. Setiap produknya, realme selalu menyematkan berbagai fitur menarik dan berguna untuk penggunaan sehari-hari.

realme juga sangat memperhatikan keamanan bagi para penggunanya, salah satunya adalah dengan meningkatkan fitur-fitur keamanan terutama dalam hal privasi. Sama seperti HP merek lainnya, realme juga memiliki fitur untuk menyembunyikan file, foto, video, dan sebagainya yang diberi nama Private Safe.

Dengan menggunakan fitur Private Safe ini, Anda bisa menyembunyikan berbagai file agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Fitur bawaan ini juga memiliki keamanan yang cukup baik. Untuk mengakses file-file tersebut membutuhkan tiga tingkat keamanan mulai dari password, fingerprint, bahkan menggunakan pendeteksi wajah.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika HP dipinjam oleh teman atau orang lain. Sebab, file atau data-data penting lain yang bersifat pribadi dan rahasia sudah disembunyikan di tempat yang lebih aman.

Meskipun fitur ini memiliki fungsi yang sangat berguna, nyatanya masih ada sebagian orang yang belum mengetahui caranya. Nah, dalam artikel ini, Carisinyal akan menjelaskan cara menyembunyikan file foto atau video di HP realme menggunakan fitur Private Safe. Simak penjelasannya sampai akhir, ya.

Cara Menyembunyikan File di HP realme

Cara menyembunyikan file di HP realme sebenarnya cukup mudah tidak terlalu rumit. Selain itu, fitur ini juga sudah dipastikan aman karena merupakan fitur bawaan langsung dari realme.

Sebagai informasi, penulis menggunakan HP realme narzo 50 5G dengan antarmuka ketika membuat tutorial ini. Namun, jika Anda menggunakan HP realme lain, tidak masalah. Sebab, cara yang harus dilakukan tidak akan jauh berbeda, terlebih lagi jika menggunakan antarmuka realme UI 3 atau yang berdekatan.

Nah, agar lebih jelas, berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan file di HP realme.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasuki aplikasi “Settings” yang ada di HP realme Anda.
cara menyembunyikan aplikasi hp realme
  • Kemudian cari dan pilih menu “Privacy”.
cara menyembunyikan file hp realme
  • Setelah itu, silakan pilih “Private Safe” untuk mulai menyembunyikan file di HP realme Anda.
  • Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan fitur ini, Anda akan diminta untuk memasukkan password atau fingerprint sebagai kunci akses menggunakan fitur ini.
  • Jika telah selesai membuat password dan sebagainya, Anda akan diarahkan untuk masuk ke ruang Private Safe tersebut.
  • Di dalamnya terdapat beberapa kategori yang bisa digunakan yaitu folder foto dan video, audio, dokumen, dan file lainnya.
  • Silakan pilih salah satu folder yang akan digunakan.
  • Untuk menambahkan file tertentu, silakan tekan tombol “Add” atau tanda “+” yang berada di sebelah kanan layar.
  • Setelah itu, Anda bisa dengan bebas memilih file yang akan disembunyikan sesuai kategori atau folder yang telah ditentukan.
  • Setelah memilih, silakan tekan tombol “Set as private” untuk menyembunyikan file tersebut.

Selain menambahkan file melalui ruang Private Safe, Anda juga bisa menyembunyikan file melalui aplikasi My File di HP realme Anda. Cara yang harus dilakukan juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi”My File” terlebih dahulu.
cara menyembunyikan file hp realme
  • Setelah terbuka, Anda bisa menentukan file apa yang akan disembunyikan, mulai dari foto, video, audio, dokumen, dan file lainnya.
cara menyembunyikan file hp realme
  • Silakan pilih satu atau beberapa file sekaligus yang ingin disembunyikan.
  • Setelah itu tekan tanda titik tiga bertuliskan “More” di bawah kanan.
  • Untuk menyembunyikan file tersebut, silakan pilih “Set as private”.
  • Setelah itu, file yang dipilih tadi akan secara otomatis menghilang dan masuk ke ruang Private Safe sebagai file tersembunyi.

Cara Mengakses File Tersembunyi di HP realme

Setelah berhasil menyembunyikan berbagai file (foto, video, audio, dokumen, dan file lainnya), file-file tersebut tidak akan muncul lagi di galeri utama. Nah, untuk mengaksesnya, Anda harus masuk ke ruang Private Safe terlebih dahulu. Caranya juga cukup mudah, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama adalah tentu saja dengan membuka “Settings” di HP realme Anda.
cara mengunci aplikasi hp realme
  • Selanjutnya cari dan pilih menu “Privacy”.
cara menyembunyikan file hp realme
  • Untuk bisa mengakses file tersembunyi tadi, silakan masuk ke “Private Safe”.
  • Anda akan diminta memasukkan password yang telah dibuat sebelumnya.
  • Setelah berhasil terbuka, semua file tersembunyi Anda berada di situ dengan aman.
  • Jika sewaktu-waktu Anda ingin mengembalikan file tersembunyi tersebut ke galeri, Anda hanya perlu menyetel file tersebut menjadi set as public.

Nah, itulah cara menyembunyikan file di HP realme yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, file-file tersebut tentunya akan aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain selain Anda. Hal itu disebabkan karena Private Safe merupakan fitur bawaan dari realme.

Setelah ini, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika ada teman atau orang lain yang meminjam HP realme Anda. Sebab, semua file-file penting dan rahasia sudah tersembunyi dengan baik. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram