Carisinyal / USB OTG / 7 Manfaat dan Fungsi USB OTG yang Harus Anda Ketahui

7 Manfaat dan Fungsi USB OTG yang Harus Anda Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat penting dan dibutuhkan banyak orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari. HP tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi melalui SMS atau telepon seperti saat awal kemunculannya, melainkan bisa dipakai untuk memotret, bermain game hingga merekam video.

Namun, menyimpan file berupa foto atau video bahkan game memerlukan HP yang memiliki penyimpanan internal yang besar.

Nah, menurut survey yang dilakukan Western Digital dan Deka Marketing Research, kebanyakan dari kita, masyarakat Indonesia, memakai ponsel dengan kapasitas memori 16-32 GB. Umumnya, kita menyimpan file berupa musik, foto, video hingga dokumen dalam ponsel dan kapasitas memori internal di HP kita hanya tersisa sekitar 1-3 GB saja.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu. Tak jarang kita harus menghapus file di dalam ponsel agar penyimpanan internalnya tidak penuh. Terlebih, bila HP yang kita pakai tak memiliki slot microSD. Lalu, adakah solusi lain yang ampuh untuk mengatasi memori internal yang terlalu penuh? Tentu ada.

Anda bisa mengandalkan USB On-The-Go flash drive untuk mengatasi memori ponsel yang penuh. Nah, selain bisa membantu mengatasi kepenuhan memori internal pada HP, USB On-The-Go juga punya beberapa fungsi dan manfaat lainnya, lho. Ingin tahu apa saja manfaat serta fungsi dari USB OTG? Simak langsung saja pembahasan dari Carisinyal berikut ini.

1. Mencetak Dokumen Langsung dari Printer

fungsi usb otg Printer Inkjet Rumahan

 

Ya, selain bisa digunakan untuk menyimpan data atau file dari ponsel Anda, USB On-The-Go atau OTG juga dapat Anda pakai untuk mencetak dokumen secara langsung dari printer tanpa menyambungkannya ke PC. Penggunaan USB On-The-Go tentu bisa membantu Anda untuk menghemat banyak waktu.

2. Menghubungkan Game Controller

fungsi usb otg Logitech Wireless F710 merk joystick pc terbaik

 

Fungsi USB OTG lainnya adalah dapat digunakan untuk menghubungkan game controller atau joystick. Buat Anda yang menggunakan ponsel berbasis Android 9.0 (Pie),  berbahagialah karena Anda dapat menyambungkan game controller ke HP.

Game controller yang bisa digunakan di antaranya game controller Xbox One dan PlayStation 2. Nah, khusus untuk PlayStation 2, Anda harus melakukan proses root terlebih dulu pada ponsel agar Anda bisa bermain game menggunakan controller yang disambungkan dengan USB On-The-Go.

3. Menyambungkan Kamera DSLR

Nikon D3500 DSLR Camera

Dengan menggunakan USB On-The-Go, Anda juga dapat menyambungkan kamera DSLR yang Anda miliki dengan ponsel Android, lho. Jadi, Anda dapat mengontrol kamera dengan lebih baik lewat tampilan layar yang lebih besar, sehingga foto yang dihasilkan juga bisa lebih memuaskan.

Oh ya, untuk bisa mengontrol atau menyambungkan kamera DSLR dengan layar ponsel Anda, Anda harus menggunakan aplikasi DSLR Controller yang bisa di download di Google PlayStore. Tertarik untuk mencoba?

4. Menghubungkan Keyboard dan Mouse dengan Perangkat Elektronik Berbasis Android

mouse wireless

Ingin menjadikan ponsel atau tablet layaknya perangkat komputer? Gunakan saja USB On-The-Go. Ya, jika Anda menggunakan tablet atau HP sebagai alat yang menunjang produktivitas pekerjaan, Ya, salah satu fungsi USB OTG adalah untuk menyambungkan alat periferal berupa mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard yang bisa disambungkan dengan ponsel Android Anda adalah mouse dan keyboard wireless atau yang tak memiliki kabel.

5. Membaca File dari Harddisk Eksternal

Samsung M3 hardisk eksternal terbaik

Fungsi USB OTG  tidak hanya memindahkan data dari ponsel, menghubungkan mouse dengan keyboard hingga mencetak dokumen tanpa bantuan PC secara langsung. Fungsi USB OTG lebih dari itu. Funsi USB OTG juga bisa membantu membaca file atau data milik Anda yang disimpan dalam harddisk eksternal dengan mudah.

6. Membuat HP Menjadi Powerbank

 

Aukey PB-T10 20.000 mAh Powerbank

Saat kita mendapati baterai HP habis memang menyebalkan. Terlebih, bila kita sedang berada di luar rumah atau kantor dan tak mendapati adanya colokan atau bahkan kita lupa membawa powerbank yang kita punya.

Tenang, Anda bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk membuat HP milik teman atau keluarga Anda sebagai powerbank. Jadi, kalau powerbank Anda ketinggalan atau Anda sulit menemukan colokan, sambungkan saja HP lain ke HP Anda melalui USB On-The-Go untuk membantu mengisi daya baterai. Sangat mudah dan praktis, bukan?

7. Mem-back Up Konten Media Sosial

akun yang lagi hits di instagram video masak

Tahukah Anda, dengan memakai USB On-The-Go, Anda juga bisa melakukan back up konten media sosial yang Anda miliki, lho. Jika sewaktu-waktu Anda terpaksa harus menutup akun sosial media namun tak mau kehilangan konten yang ada di dalamnya, Anda bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk mengamankan konten atau file yang Anda punya.

Ya, dengan menggunakan USB On-The-Go dari SanDisk seperti SanDisk Dual Drive (Android) atau SanDisk iXpand Drive (iOs) misalnya, Anda bisa menyimpan dan mem-back up semua konten dari akun sosial media Anda dengan mudah.

Untuk Anda pengguna HP atau ponsel dengan sistem operasi berbasis Android, Anda bisa menggunakan aplikasi dari SanDisk, yakni SanDisk Memory Zone. Dan khusus pengguna ponsel besutan Apple dengan sistem operasi iOs, Anda bisa memakai aplikasi iXpand Drive.

Caranya mudah, Anda tinggal mengunduh kedua aplikasi tersebut melalui Google PlayStore atau App Store di iOs, lalu install aplikasinya. Kemudian sambungkan USB On-The-Go ke HP Anda. Dan Anda bisa langsung melakukan back up konten media sosial dengan cara log-in ke akun media sosial Anda langsung dari aplikasi SanDisk Memory Zone atau iXpand Drive.

Oh ya, Anda bisa menyambungkan dan mengamankan atau mem-back up semua jenis konten dari media sosial seperti Instagram, Facebook dan Google Photos (Picasa).

Dengan aplikasi dari SanDisk ini, Anda juga bisa mem-back up file berupa foto, video dan musik dari HP secara langsung ke USB On-The-Go, sehingga Anda bisa menyisakan banyak ruang di memori internal yang ada di HP untuk menyimpan file-file penting lainnya.

Anda juga bisa mengamankan kontak dan juga kalender yang ada di HP dengan menggunakan aplikasi besutan SanDisk ini, lho. Jadi, jika HP Anda hilang atau rusak, Anda tak perlu takut akan kehilangan kontak atau data dalam kalender serta file lainnya yang disimpan dalam ponsel karena semua sudah di back-up dengan aman menggunakan USB On-The-GO.

Selain USB On-The-Go, Anda yang hobi bermain game berat seperti PUBG Mobile juga bisa mengandalkan kartu microSD khusus seperti SanDisk Extreme MicroSD yang mampu menyuguhkan kapasitas memori yang lebih luas dan memberikan kenyamanan lebih pada penggunanya.

Nah, itulah ketujuh manfaat dan fungsi USB OTG atau USB On-The-Go yang harus Anda ketahui. Bagaimana, sekarang Anda sudah tak takut kehilangan data atau file, hingga memori HP penuh akibat terlalu banyak file yang disimpan di dalamnya?

Ya, jika Anda tidak mau repot-repot memindahkan data dari HP ke komputer atau laptop, cukup gunakan USB On-The-Go yang lebih praktis. Hayo, Anda tertarik untuk mencoba menggunakan USB On-The-Go?

Jika Anda memiliki pengalaman atau pendapat mengenai penggunaan USB On-The-Go, silahkan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar