Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 8 yang Wajib Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 8 yang Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 September 2018

Nokia 8 adalah HP Nokia terbaru yang resmi masuk Indonesia. HP ini merupakan salah satu flagship dari Nokia yang ditawarkan dengan harga yang menarik. Kehadiran Nokia 8 di Indonesia juga cukup direspon dengan baik, mengingat Nokia pernah jaya di Indonesia.

Lalu, apakah Nokia 8 yang sekarang coba bangkit lagi dan tergolong menarik untuk dilirik? Pertanyaan ini barangkali terbesit di benak Anda, terutama Anda yang memang berencana membeli Nokia 8.

Sebagai sebuah HP flagship, Nokia 8 ini punya banyak fitur yang memang seharusnya ada di HP kelas flagship seperti fast charging (Qualcomm Quick Charge 3.0), NFC, USB Type C, serta Bluetooth 5.0.

Fitur-fitur tersebut memang harusnya wajar hadir di sebuah ponsel pintar kelas atas. Karena itu, fitur-fitur tersebut tidak akan dibahas lebih lanjut. Sudah sewajarnya memang HP kelas atas punya fitur yang lebih lengkap dibanding HP di kelas harga bawah.

Lalu apa yang akan dibahas pada Nokia 8? Tentu saja tentang kelebihan dari Nokia 8 yang bisa jadi daya tarik untuk Anda lirik. Sementara kekurangan HP ini berkaitan dengan hal-hal yang membuat HP ini jadi kurang menarik.

Oh yah judul artikel ini di bahas 10 poin, tapi khusus Nokia 8 ada 12 poin yang dibahas, 8 poin kelebihan dan 4 kekurangan. Anggap saja 2 poin lagi bonus. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan kelebihan dan kekurangan Nokia 8 berikut ini. Tapi sebelumnya, mari simak spesifikasi detail dari Nokia 8.

Spesifikasi Nokia 8

Nokia 8

 

  • Rilis: September 2017
  • Layar: IPS LCD 5.3 inches
  • Resolusi Layar: 1440 x 2560 pixels
  • Chipset: Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
  • CPU: Octa-core (4×2.5 GHz Kryo & 4×1.8 GHz Kryo)
  • GPU: Adreno 540
  • Memori Internal:  64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (hybrid)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection & laser autofocus, Carl Zeiss optics, OIS, dual-LED dual-tone flash,
  • Kamera Depan: 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), 2160p, PDAF
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3090 mAh

Kelebihan Nokia 8

1. Performa Kelas Atas

nokia 8 performance

* sumber: www.trustedreviews.com

Nokia 8 adalah salah satu HP kelas flagship yang ditenagai oleh Snapdragon 835. Kehadiran Nokia 8 ini membuat pengguna di Indonesia tentu antusias, mengingat hanya sedikit ponsel kelas flagship yang masuk ke Indonesia secara resmi. Dan juga, kehadiran Nokia 8 bisa jadi pembanding smartphone flagship lain yang menggunakan chipset Exynos seperti halnya Samsung Galaxy S9+.

Snadpragon 835 sendiri merupakan chipset yang performanya memang kelas atas. Karena itu, Nokia 8 ini tak perlu diragukan lagi dalam hal performa. Dengan dukungan RAM 4 GB, Nokia 8 mampu menjalankan game dan aplikasi dengan baik. Untuk multitasking juga tergolong baik.

Performa yang baik dari Nokia 8 bukan hanya sekadar angka. Berdasarkan perbandingan yang dilakukan Kimovil, Nokia 8 tergolong unggul untuk skor Antutu dibandingkan LG V30. Untuk diketahui, LG V30 juga memakai chipset Snapdragon 835 dengan RAM 4 GB.

Skor Antutu yang didapatkan Nokia 8 adalah 181.000. Angka tersebut agak lumayan jauh selisihnya dengan LG V30 yang punya skor Antutu 160.289. Sementara Expertreviews melakukan pengujian Geekbench untuk single core dan multicore. Skor yang didapatkan tergolong baik dan cukup bersaing dengan Samsung Galaxy S8.

Kinerja Nokia 8 juga sudah sangat mumpuni untuk main game, Techradar mengamini hal ini. Menurut ulasan mereka, Nokia 8 merupakan ponsel yang punya kinerja grafis terbaik dalam memainkan games. Adreno 540 pada Nokia 8 bisa menjalankan game berat kelas atas dan membuat Nokia tidak mengalami kesulitan dalam memainkan berbagai game tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, sudah jelas kalau Snapdraon 835 pada Nokia 8 memang terbilang unggul. Kinerja HP ini tergolong baik untuk memainkan game maupun menjalankan aplikasi berat.

2. Desain Bodi yang Kokoh dan Cantik

nokia 8 copper back

Ciri khas Nokia yang punya bodi kokoh tak pernah hilang di seri Nokia terbaru, termasuk Nokia 8. Desain bodi HP ini tergolong kokoh karena dibangun dengan satu blok aluminium yang di-carving menjadi lebih kuat. Tidak hanya kokoh, desain bodi Nokia 8 juga tampak cantik dengan balutan ketebalan yang hanya 7,3 mm.

Nokia 8 scratch test

* sumber: www.youtube.com

Jangan lupakan juga bagian sisi desain Nokia 8 yang melengkung. Sisi desain melengkung ini membuat HP terasa lebih nyaman digenggam. Yang membuat Nokia 8 sangat kokoh adalah bodinya yang memang durabilitas yang sangat baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh JerryRigEverything lewat video Youtube di channel miliknya berikut ini.

Pada video tersebut, ditunjukan berbagai tes ketahanan terhadap Nokia 8. Hasilnya, Nokia 8 memiliki ketahanan yang baik bahkan dalam tes untuk membelokan sekalipun. Ketahanan atau durabilitas inilah yang jadi kelebihan tersendiri dari Nokia 8.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Nokia 8 Body

* sumber: www.trustedreviews.com

Nokia 8 dibekali baterai 3.090 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong di atas rata-rata di kelasnya. Kemampuan baterainya tergolong baik, terlebih baterainya sudah mendukung Quick Charging 3.0. Dalam pengujian GSMArena, Nokia 8 ini mampu mendapatkan daya 48% selama 30 menit, pengisian dilakukan dari 0% tentunya.

GSMArena juga menguji daya tahan baterai ini yang mampu mencapai waktu 78 jam. Hasil yang didapatkan tersebut tergolong baik. Pujian serupa juga diungkap oleh Expertreviews.

Expertreviews menyatakan kalau daya tahan baterai pada Nokia 8 termasuk memiliki daya tahan yang cukup panjang. Hal ini dipengaruhi oleh build design Nokia 8 yang mampu merancang desain bodi untuk melindungi penyebaran panas dari Snapdragon 835.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Nokia 8 tidak cepat panas saat digunakan untuk memainkan games. Desain bodi dan teknologi “advanced heat management solution” di Nokia 8 mampu menimilasir tingkat panas yang tentunya akan berpengaruh pada masa pakai baterai yang lebin panjang. Dan ini membuktikan kalau daya tahan baterai Nokia 8 merupakan salah satu kelebihan tersendiri

4. Tampilan Layar QHD yang Cantik

display nokia 8

* sumber: www.trustedreviews.com

Kelebihan lain dari Nokia 8 adalah tampilan layarnya. Layar Nokia 8 yang mengusung layar 5,3 inch IPS LCD memiliki tingkat kecerahan 700+ nits yang membuat tampilan layar HP ini menjadi salah satu layar terbaik. GSMArena menyebutkan bahwa tampilan layar Nokia 8 memiliki kontras yang luar biasa dan bahkan membuatnya lebih baik dibanding layar iPhone 7 / 7Plus.

Selain GSMArena, banyak juga yang memuji tampilan layar Nokia 8 yang punya resolusi QHD 2.560 x 1.440 piksel ini. Salah satunya adalah Telegraph.co.uk yang menyatakan bahwa tampilan layar Nokia 8 sangat jelas, bahkan lebih terang dibanding pesaing di kelas harga yang sama. Karena alasan inilah, tampilan layar QHD Nokia 8 adalah salah satu yang jadi nilai lebih.

5. Dual Camera Carl Zeiss

Nokia Dual Carl Zeis

* sumber: www.techradar.com

Nokia 8 dibekali dengan dual lensa 13 MP dari Carl Zeiss di bagian belakang. Lensa Carl Zeiss ini memang selalu hadir di perangkat Nokia, bahkan sebelum Nokia mengusung OS Android dengan dual kamera pada bagian belakang ini, Nokia 8 mampu menangkap gambar dengan kualitas baik dan bisa menghasilkan foto efek bokeh. Berikut beberapa tangkapan dari kamera utama Nokia 8.

kamera nokia 8 light

* sumber: www.trustedreviews.com

kamera nokia 8 low light

* sumber: www.techradar.com

GSMArena sendiri menyatakan kalau kamera utama HP ini tergolong bagus dan punya dinamyc range yang tinggi. Kontrasnya juga tergolong baik. Sayangnya, terdapat masalah pada autofocus.

Sebenarnya, secara keseluruhan, hasil kamera Nokia 8 memang baik, tapi untuk sekelas HP premium, hasilnya tidak terlalu wah. Trustedreviews salah satu yang menyatakan kalau kamera Nokia 8 ini mengecewakan.

Terlepas dari itu, fitur kamera Nokia 8 tergolong baik, semisal hadirnya fitur monochrome atau penggunaan rekaman video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang suka nge-vlog.

kamera nokia 8 both

* sumber: www.techradar.com

Lantas kesimpulannya apakah kamera Nokia 8 kurang begitu sempurna? Kehadiran lensa Carl Zeiss, fitur monochrome, bokeh, dan juga fitur merekam bersamaan (depan belakang) jadi nilai utama dari kamera ini. Tangkapan kameranya juga sudah baik. Sayangnya, kameranya kurang maksimal untuk detail pengalaman penggunaan.

Secara keseluruhan, masih dibilang baik tapi tidak cukup baik untuk ukuran HP kelas atas. Dibilang buruk pun tak begitu mengecewakan karena banyak fitur yang tergolong bagus dan menjanjikan.

6. Stock Android dan Dijanjikan Update

Nokia 8 android stock os

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Nokia 8 tak neko-neko membuat tampilan antarmuka sendiri seperti kebanyakan vendor. Nokia lebih percaya kepada sistem operasi Android murni pada perangkat mereka, termasuk Nokia 8 yang mengusung Android 7.1.1 Nougat. Tak ada perubahan apapun pada tampilan OS di Nokia 8. Semuanya serba mirip dengan OS Android yang tersemat pada Google Pixel.

Yang menarik, Nokia 8 langsung menghadirkan update Android 8.0 Oreo saat dinyalakan pertama kali. Ini jadi kelebihan tersendiri dari Nokia 8. Bisa dibilang, HMD selaku pemilik lisensi Nokia 8 mengerti akan kebutuhan pengguna untuk pembaruan sistem operasi Androdi terbaru yang cepat.

Kabarnya, setelah mendapatkan Oreo, kemungkinan besar juga Nokia 8 dapat update Android selanjutnya yakni Android P. Jadi buat Anda yang butuh HP Nokia dengan fitur dukungan sistem operasi Android murni, Nokia 8 adalah pilihan terbaik.

7. Rekaman Audio yang Baik

Nokia 8 dibekali dengan teknologi OZO Audio. Teknologi ini memungkinkan Nokia 8 bisa merekam suara dengan sangat baik. Lebih baik dibanding HP lainnnya, termasuk HP kelas high-end. Sebelum dijelaskan, coba dengarkan suara pada video di atas. Gunakan headset/earphone agar bisa merasakan perbedaannya.

Setelah menonton video tersebut, apa yang Anda pikirkan? Saya yakin Anda akan terkagum dengan kualitas rekaman audio pada Nokia 8 yang mampu merekam suara dengan baik, bahkan saat Anda mendengarnya, Anda bisa tahu arah suara berasal.

Teknologi rekaman suara yang baik ini disebut sebagai OZO Audio. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik, HMD menyematkan tiga mic pada Nokia 8. Tiga buah mic ini terdiri dari satu mic pada bagian bawah dekat dengan port USB Type C, satu pada bagian belakang dekat dengan kamera, dan satu lagi ada di bagian atas layar, tepatnya speaker kuping.

Berkat teknologi ini, Nokia 8 mampu merekam spatial 360 derajat. Dengan teknologi ini, Anda jadi lebih tahu sumber suara dari arah mana. Kehadiran fitur ini tergolong menarik dan cocok untuk Anda yang suka menunjukan musik lewat video, sering merekam konser, atau bahkan digunakan untuk nge-vlog.

8. Smartphone High-End Terjangkau

harga nokia 8

Kelebihan lain dari Nokia 8 adalah harganya yang tidak terlalu mahal. Nokia 8 yang dijual di Indonesia, harganya terrgolong murah jika menilik harga aslinya di luaran. Nokia 8 dibanderol 6 juta. Untuk ukuran HP kelas atas, harga tersebut termasuk terjangkau. Bandingkan dengan LG V30+ dengan chipset yang sama harganya bisa sampai 9 jutaan ke atas.

Apa yang dilakukan HMD terhadap harga Nokia 8 di Indonesia adalah langkah baik. Pasalnya, banyak vendor yang tak mau memasukan smartphone high-end mereka ke Indonesia lantaran harganya yang tinggi dan kurang bisa diminati oleh orang Indonesia.

HMD justru percaya diri dengan tetap menghadirkan HP Nokia kelas atas tapi dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan kelas harga ini, Anda tinggal memilih mau pilih ponsel kelas menengah dari brand lain atau kelas atas dari Nokia?

Kekurangan Nokia 8

1. Tidak Sepenuhnya Tahan Air

nokia 8 tes tahan air

* sumber: www.youtube.com

Nokia 8 adalah HP yang tidak tahan air sepenuhnya. HP ini masih bisa berjalan jika kena cipratan atau siraman air. Tentunya hal ini berkat serifikasi IP54 yang dimiliki HP ini. Untuk ukuran HP kelas atas, seharusnya Nokia 8 punya sertiifkasi tahan air yang lebih baik. Paling tidak, sertifikasi IP67, jika sertifikasi IP68 terlalu tinggi.

HP papan atas lainnya sudah mengantongi IP68 yang membuat mereka cukup ketat bersaing. Ketidakhadiran IP68 ini membuat Nokia 8 kehilangan nilai lebihnya. Jadi, jika Anda butuh HP flagship yang tahan air dan debu, Nokia 8 bukanlah pilihan terbaik.

2. Layar Masih Rasio 16:9

Nokia 8 vs Samsung S8

* sumber: www.youtube.com

Layar Nokia 8 harus diakui memiliki tingkat kecerahan dan visualisasi yang baik. Sayangnya, layar Nokia 8 masih mengusung rasio 16:9. Di tengah era HP flagship yang sudah mengusung rasio baru yang lebih panjang seperti 18:9 atau 18,5:9, tentunya layar Nokia 8 masih ketinggalan.

Coba lihat pada foto di atas, perbandingan layar Nokia 8 dengan Samsung Galaxy S8. Tampak kalau layar Samsung Galaxy S8 lebih memanjang dan tampak lebih luas. Terlebih bodinya memiliki bezel yang lebih tipis. Jika, Nokia 8 mengusung rasio yang lebih memanjang, tentu saja daya tariknya akan bertambah.

3. Ukuran Sensor Fingerprint yang Kecil

Nokia 8 fingerprint sensor

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Bodi Nokia 8 yang lebih solid dengan lengkungan dan nyaman digenggam membuatnya jadi salah satu HP yang punya tingkat ergonomis yang baik. Sayangnya, kenyamanan HP ini terganggu dengan posisi sensor sidik jari pada HP ini, lebih tepatnya ukuran sensor sidik jari pada HP ini.

Sensor sidik jari atau fingerprint di Nokia 8 berada di posisi belakang, posisinya sejajar dengan dual kamera pada bagian bawah. Terlihat ada lingkaran berwarna putih sebagai sensor sidik jari.

Ukuran sensor sidik jari ini tergolong kecil sehingga membuat Anda yang punya ukuran jari lebih besar akan sedikit kesulitan. Inilah salah satu kekurangan lain dari Nokia 8 yang membuat user experience HP ini manjadi berkurang.

4. Tak Ada Fitur Menarik

* sumber: www.techradar.com

Sebagai HP flagship, Nokia 8 memang punya fitur menarik semacam OZO Audio serta fitur pada bagian kameranya, contohnya monochrome dan twin. Sayangnya, untuk ukuran HP flagship, Nokia 8 miskin fitur. Tidak ada fitur yang menjadi pembeda antara HP ini dibandingkan smartphone kelas atas lainnya.

Akan sangat menarik jika Nokia 8 menyematkan fitur tambahan lain yang membuat HP ini akan semakin kaya fitur. Dengan adanya fitur menarik lainnya, tentu akan membuat Nokia 8 semakin memiliki daya tarik.

Simpulan

Nokia 8 adalah HP yang punya keunggulan di sektor performa, bodi desain yang kokoh, tampilan visual layar yang baik, baterai, dan audio OZO. Menilik keunggulan yang ada, HP ini tergolong cocok digunakan untuk Anda yang fokus pada konten multitmedia atau Anda para pembuat kreator di Youtube.

Kameranya memang tidak sefantastis HP flagship kelas atas pada umumnya, tapi masih cukup layak digunakan. Terlebih dengan mengusung OS Android murni dan harga yang lebih bersahabat, membuat Nokia 8 punya nilai lebih. Anda yang butuh HP flagship kelas atas dengan harga terjangkau, layak memilih Nokia 8.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

One Comment

  1. Eca November 4, 2018 at 3:04 am - Reply

    Itu kekurangan point 3 salah, fingerprint berada di depan. Dan yang berwarna Putih di belakang adalah LED flash. Terima kasih.

Leave A Comment