Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika menyebut HP Samsung, seri Samsung Galaxy S series dan Note series sering dianggap sebagai HP Samsung kelas atas yang menawarkan fitur terbaik. Namun, ternyata tidak hanya kedua series tersebut, ada juga HP Samsung Galaxy A series yang menawarkan fitur dan spesifikasi mumpuni.

Umumnya, Samsung Galaxy A series yang menawarkan spesifikasi adalah seri A teratas, seperti Samsung Galaxy A80 contohnya. HP yang satu ini berbeda dengan keluarga A series lainnya. Salah satu pembedanya adalah karena HP ini menawarkan layar yang benar-benar penuh, tanpa notch atau punch hole display. 

Samsung Galaxy A80 sendiri berada di kelas menengah ke atas. Artinya HP ini tidak bisa dikatakan ada di kelas menengah tetapi juga harganya tidak bisa disebut sebagai flagship mengingat ada HP Samsung lain yang lebih mahal.

Lantas seperti Samsung Galaxy A80 ini? Adakah kelebihan dan kekurangannya? Tentu saja ada, karena itu yuk simak 10 poin yang terdiri dari 5 kelebihan dan 5 kekurangan dari HP ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

 

[aps_product_specs id="45075"]

Kelebihan Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 ini termasuk HP yang memiliki banyak kelebihan. Apa sajakah kelebihan dari HP Samsung ini? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Berkualitas Tinggi

Samsung Galaxy A80 memiliki dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm dan beratnya 220 gram. Bodi HP-nya sendiri dibuat dengan kualitas rancang bangun yang baik. Betapa tidak, frame yang digunakan oleh HP ini adalah metal.

Selain itu, HP ini memiliki balutan pelindung Corning Gorilla Glass 6 di bagian belakang. Hal ini jelas membuat bodi bagian belakang HP ini terlindungi dengan baik. Penggunaan Corning Gorilla Glass 6 di bagian belakang bodi ini justru adalah langkah bagus mengingat HP ini menawarkan kamera putar.

Yap, salah teknologi dari HP ini yang patut dipuji adalah kamera putarnya. Samsung mampu menghadirkan HP dengan build quality baik, kamera putar, serta pelindung yang baik. Hal ini jelas membuat HP ini memiliki desain rancang bangun berkualitas tinggi.

2. Fast Charging 25W

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 ini hadir dengan teknologi pengisian yang tergolong cepat. Teknologi pengisian cepat di HP ini adalah fast charging 25W. Teknologi ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Redmi K20 yang hanya 18W saja.

Dengan fast charging 25W, HP ini dapat terisi dayanya mencapai 50% dalam waktu 30 menit. Channel Youtube Gadgetbyte, mengatakan hal tersebut. Menurut pengalaman mereka juga, agar HP terisi penuh,  dibutuhkan waktu 1 jam lebih beberapa menit. Hasil ini jelas menunjukan kalau HP ini memiliki pengisian daya yang cepat.

3. Layar AMOLED dengan sRGB yang Akurat

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 menawarkan layar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED. Panel layar Super AMOLED yang ditawarkan HP ini benar-benar bagus. Terlebih karena kini HP ini hadir dengan layar yang penuh, bezel tipis, tanpa notch. Benar-benar infinity display. 

Layar HP ini menawarkan resolusi 1080 x2400 piksel, rasio 20:9, dengan kerapatan layar 393 ppi. Layar HP ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Bukan yang terbaru tetapi setidaknya layarnya memiliki pelindung.

Layarnya sendiri mampu menghadirkan tampilan yang bagus. Kalau menurut GSMArena, tampilan layar HP ini memiliki kecerahan layar yang baik di luar ruangan. Selain itu, layarnya memiliki sRGB dengan tingkat akurasi yang bagus.

Channel Youtube Gadgetbyte, juga memuji kualitas layar dari HP ini yang dibilang sebagai tampilan layar yang excellent alias luar biasa. Terlebih tingkat kecerahan layar HP ini juga bagus, bahkan, dengan tingkat kecerahan layar yang minim pun masih terlihat jelas.

4. Software dan UI yang Bagus

UI Samsung Galaxy A80

* sumber: www.gsmarena.com

Salah satu karya besar Samsung di pengembangan sistem operasi adalah OneUI. OneUI ini adalah antarmuka dari Samsung yang menarik dan memiliki pengembanga yang lebih baik dibandingkan Samsung Experience UI yang sebelumnya hadir di HP Samsung.

OneUI hadir di Samsung Galaxy A80 dengan berbasis Android 9.0 Pie. OneUI ini menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih baik dan bersahabat dengan pengguna. Beberapa fitur menarik dari OneUI di HP ini adalah Dark Mode, home screen yang berwarna, gesture navigation, tiga pilihan power mode, dan sebagainya.

Fitur menarik lainnya adalah aplikasi Galeri khusus dari Samsung untuk foto dan video, game launcher, dan juga Bixby asisten (tanpa tombol khusus tentunya). Fitur-fitur inilah yang membuat OneUI tergolong menarik dan bakal bikin betah penggunanya.

5. Mekanisme Kamera Putar

Samsung Galaxy A80 menawarkan kombinasi tiga kamera. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera TOF 3D. Ketiga kamera ini juga berfungsi sebagai kamera depan karena HP ini menawarkan sistem kamera putar, mirip seperti Asus Zenfone 6.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram