Kuy, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada banyak HP Samsung seri A yang menarik untuk dipilih. Dari mulai yang murah sampai yang cukup mahal. Ada juga Samsung seri A yang harganya ada di tengah-tengah, yakni Samsung Galaxy A70.

Samsung Galaxy A70 ini dijual dengan harga Rp5 jutaan saja. Tentu itu adalah harga awal karena biasanya HP Samsung bakal mengalami penurunan harga. Bisa jadi dalam waktu dekat harga HP ini dibawh Rp5 juta.

Dengan harga tersebut, apa yang menarik dari Samsung Galaxy A70 ini? Simak saja langsung ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A70 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A70

[aps_product_specs id="43646"]

Kelebihan Samsung Galaxy A70

Tertarik membeli HP Samsung Galaxy A70? Kalau begitu, Anda juga perlu tahu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh HP besutan Korea Selatan ini, ya.

1. Performa Lebih dari yang Diharapkan

performa galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Samsung Galaxy A70 dibekali Snapdragon 675, chipset kelas menengah dari Qualcomm. Namun kemampuan chipset ini sebenarnya mendekati kelas atas, bahkan cenderung lebih baik jika dibandingkan Oppo R17 Pro atau Realme 3 Pro yang memakai Snapdragon 710.

Snapdragon 675 sendiri terdiri dari dua kluster. Kluster pertama adalah Kryo 460 Gold  yang merupakan kluster performance dengan dual core 2.0 GHz. Kluster kedua adalah Kryo 460 Silver yang merupakan kluster untuk efisiensi daya.

Dengan Snapdragon 675 ini, Samsung Galaxy A70 dapat menjalankan gim dengan baik. Menurut AndroidAuthority, performa Samsung Galaxy A70 ini tergolong baik untuk main gim maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Terlebih faktor penggunaan One UI 1.1, yang merupakan UI Samsung berbasis Android Pie, membuat HP ini memiliki performa yang lebih baik. One UI yang ada di HP ini bahkan cenderung mirip dengan apa yang ada di Samsung Galaxy S10.

One UI 1.1 ini adalah UI yang mudah digunakan. Selain itu, UI ini juga mendukung navigasi gesture meski ada pilihan juga untuk menggunakan navigasi tiga tombol klasik.

Dengan sokongan Snapdragon 675 dan optimalisasi One UI, membuat performa HP ini cenderung apik. Terlebih nilai benchmark HP ini juga tergolong baik di kelas menengah. Seperti terlihat di gambar berikut ini kalau Antutu dari Snapdragon 675 memiliki nilai 167.644.

antutu dan 3d mark galaxy a70

* sumber: www.androidauthority.com

Selain itu, pada pengujian 3D Mark, HP ini ternyata mendapat skor 1063 untuk Sling Shot Extreme Vulkan dan 975 untuk Sling Shot Extreme OpenGL. Bagaimana dengan nilai Geekbench? Untuk Geekbench, terlihat seperti gambar di bawah ini, bahwa Geekbench single core HP ini adalah 2391 dan multi-core mencapai skor 6584.

Geekbench samsung galaxy a70

* sumber: www.gsmarena.com

Geekbench samsung galaxy a70

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik data benchmark tersebut, terlihat kalau Samsung Galaxy A70 memiliki performa yang cukup sebenarnya. Tentu performa Hp ini tidak sebanding dengan HP yang memiliki Snapdragon 845 atau Snapdragon 855. Tetapi di kelasnya sudah mumpuni.

AndroidAuthority misalnya menguji gim PUBG di Samsung Galaxy A70. Gim populer ini ternyata bisa dimainkan di Samsung Galaxy A70 dengan pengaturan grafis ultra. Ada peringatan penurunan frame rate tetapi secara keseluruhan, gim berjalan lancar dan baik.

GSMArena juga tampak setuju kalau Samsung Galaxy A70 memiliki performa yang bagus di kelasnya. Performa HP ini tampak memiliki kekuatan yang baik di kelas harganya. GSMArena juga sependapat dengan AndroidAuthority  yang menyatakan kalau OneUI jadi faktor yang membuat HP ini bisa berjalan dengan baik.

2. Tampilan Layar yang Bagus

layar galaxy a70 2

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

AndroidAuthority menyebut layar di HP sebagai "Great Display". Hal ini berarti layar yang ditawarkan oleh HP ini cenderung bagus. Dan memang harus diakui kalau layar HP ini memiliki tampilan layar yang baik.

Layarnya sendiri mengusung dimensi 6,7 inci Full HD+. Layarnya memiliki bezel tipis dan ada notch berbentuk Infinity-U. Bezel layar HP ini tergolong tipis, termasuk bagian dagunya tipis. Hal ini berpengaruh pada keseluruhan layar yang tampak penuh.

layar galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Hal menarik dari layar HP ini adalah rasio layarnya yang mengusung 20:9. Menurut Gadgetbyte, rasio layar ini bagus karena bakal membuat HP mampu menampilkan video lebih sinematik. Hanya saja masalahnya belum banyak konten video dengan rasio 20:9.

Tentu tidak ketinggalan untuk memuji panel layar HP ini. Panel layar Galaxy A70 memakai panel Super AMOLED yang sudah diakui kualitas tampilan layarnya yang mampu menampilkan warna yang baik dan warna hitam yang pekat.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai galaxy a70

Samsung Galaxy A70 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar dan mampu membuat HP ini bisa bertahan lama. Kalau menurut AndroidAuthority, daya tahan baterai ini bisa mencapai 2 harian. Dengan penggunaan yang cukup sering, daya tahannya bisa seharian lebih sedikit.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram