carisinyal web banner retina

Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G Ini Sebelum Checkout!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Debut iQOO di Indonesia ditandai dengan datangnya ponsel flagship iQOO 11 5G pada Desember 2022. Perjalanan iQOO pun berlanjut setelah dua ponsel baru mengisi portofolio produk mereka. Dua ponsel baru yang meluncur pada April 2023 itu adalah iQOO Z7 dan iQOO Z7x.

Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah iQOO Z7 5G. Smartphone tersebut menarik perhatian karena memakai SoC Snapdragon 782G, yang merupakan penerus chipset fenomenal Snapdragon 778G. Hal ini menjadi indikasi bahwa iQOO Z7 5G menawarkan performa yang baik.

Namun demikian, HP ini ternyata tidak cuma jualan performa. Ada banyak aspek menarik yang ditonjolkan iQOO Z7 5G. Apa saja itu? Anda bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain permukaan matte
Bodi lumayan berat
Layar yang oke plus speaker stereo
Kamera Depan kurang Sip, tidak ada kamera ultrawide
Performa gaming yang mengesankan
Tak punya slot microSD
Kemampuan kamera utama bagus
Daya tahan baterai luar biasa, ngecasnya cepat
Ada NFC, audio jack, dan infrared
Dukungan software 3 tahun
Paket penjualan lengkap

Jika tabel di atas kurang jelas, silakan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai. Anda akan menemukan penjelasan tiap poin kelebihan dan kekurangannya secara mendetail.

Spesifikasi iQOO Z7 5G

iQOO Z7 5G
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 782G
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan iQOO Z7 5G

iQOO Z7 5G fokus pada performa, sesuai dengan ciri khas HP iQOO lainnya. Namun, aspek lain dari HP ini tidak lantas dibiarkan seadanya. Beberapa poin di bawah ini menjelaskan apa saja aspek yang menjadi keunggulan sang ponsel.

1. Desain Permukaan Matte

iQOO Z7 5G

Desain iQOO Z7 5G tampaknya terinspirasi dari flasgship vivo X70 Pro. Penampilan bagian belakangnya sederhana dengan modul kamera berbentuk persegi panjang. Dua lensa kamera ditata secara vertikal, sedangkan lampu flash berada di sisi luar modul.

Beberapa hal menarik dari desain HP ini adalah permukaan penutup belakangnya yang matte dan punya sisi lengkung. Permukaan matte menjaga minyak dan noda sidik jari tidak mudah menempel, sehingga bodi ponsel tidak gampang kotor.

Sisi lengkung yang ada di penutup belakang dapat menciptakan impresi bodi ponsel enak digenggam. Sisi menarik lagi dari desain iQOO Z7 5G adalah layarnya yang sudah mengadopsi gaya punch hole. Artinya, lubang kamera depan ditempatkan di sisi tengah dan tidak menyatu dengan bezel atas.

Bagi sebagian orang, model layar tersebut terlihat lebih menarik. Adapun iQOO Z7 5G tersedia dalam dua varian warna yakni Matrix Blue dan Metallic Grey.

2. Layar yang Oke Plus Speaker Stereo

iqoo z5 5g

Layar yang digunakan iQOO Z7 5G berbasis panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2388). Diagonalnya adalah 6,64 inci yang cukup lebar. Layar tersebut mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Dengan refresh rate dan touch sampling rate tinggi, layar HP ini bisa sajikan visual yang mulus dan responsif mengeksekusi perintah jari. Di sisi lain, iQOO menyediakan fitur untuk mengatur refresh rate si ponsel. Anda bisa membatasi refresh rate HP ini di angka 60 Hz, 90 Hz, atau menguncinya di 120 Hz.

Kalau tak mau ribet, pilih saja opsi Smart Switch di menu pengaturan. Maka ponsel dapat menyesuaikan refresh rate berdasarkan aktivitas pengguna.

Sebagian dari Anda mungkin bakal menyayangkan mengapa layar HP ini tak menggunakan panel keluarga OLED. Namun, ini adalah salah satu bagian dari strategi iQOO untuk dapat menggenjot aspek lain yang lebih ditonjolkan.

Warna yang ditampilkan layar iQOO Z7 5G memang tidak sepekat layar HP lain dengan panel OLED. Meski demikian, kualitasnya tidaklah buruk. Setidaknya layar si ponsel sudah mendukung Widevine L1, sehingga bisa memutar film dari bioskop online (seperti Netflix) hingga resolusi tertinggi.

Selain itu, layar iQOO Z7 5G juga bisa memutar konten HDR yang ada di YouTube hingga resolusi 4K 60 fps. Layar HP ini juga diklaim sudah mendukung gamut warna DCI-P3, minim emisi cahaya biru, dan minim kedipan saat disetel pada kecerahan rendah.

Menurut David Brendi dalam kanal YouTube Gadgetin, layar IPS iQOO Z7 5G bukan IPS "kaleng-kaleng". Tampilan visualnya enak dilihat karena warnanya keluar dan cukup terang. Layar iQOO Z7 5G juga dikatakan responsif.

Layar IPS sang ponsel pun disandingkan dengan speaker stereo alias speaker ganda. Speaker utama ada di sisi bawah, sedangkan speaker sekundernya menyatu dengan earpiece. Dengan speaker ganda, pengalaman yang nda rasakan saat menonton video dan main game jadi lebih mengena.

3. Performa Gaming yang Mengesankan

iQOO Z7 5G

SoC Snapdragon 782G dari Qualcomm yang dipakai iQOO Z7 5G memakai rancang bangun serupa seperti Snapdragon 778G. Hanya saja, clockspeed CPU-nya kini naik.

Satu core super Kryo 670 Prime di SoC ini punya clockspeed 2,7 GHz, dari yang semula 2,4 GHz di Snapdragon 778G. Tiga core performa Kryo 670 Gold-nya masih sama di 2,2 GHz. Sementara itu, empat core efisiensi Kryo 670 Silver-nya naik tipis dari 1,8 GHz menjadi 1,9 GHz.

Untuk diketahui, Kryo 670 Prime dan Kryo 670 Gold memiliki basis Cortex A78, sedangkan Kryo 670 Silver dirancang dari mikroarsitektur asli Cortex A55. Adapun Snapdragon 782G dibikin dengan proses manufaktur 6 nm oleh TSMC. SoC ini mendukung jaringan 5G dan punya unit pengolah grafis Adreno 642L.

Dalam dapur pacu iQOO Z7 5G, Snapdragon 782G dibantu oleh RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Pilihan lain yang tersedia adalah RAM 12 GB dengan penyimpanan 256 GB.

Untuk penggunaan sehari-hari, HP ini mampu menyuguhkan performa yang lancar. RAM besar membuat kemampuan multitasking-nya bisa diandalkan. Intinya, tak perlu ragukan kebolehan HP ini untuk urusan sederhana.

Lantas bagaimana dengan kemampuannya saat digunakan untuk main game? Dalam pengujian yang dilakukan Jagat Review, iQOO Z7 5G dapat melibas game berat Genshin Impact dengan lancar. Tak peduli setelah grafisnya "Lowest 60 fps" atau "Highest 60 fps", dengan kipas atau tanpa kipas.

Frame rate yang diperoleh di setelan "Highest 60 fps" tanpa kipas ada di kisaran 37-46 fps yang tergolong stabil. Menariknya lagi, temperatur HP ini tidak panas saat menjalankan Genshin Impact.

Hal ini membuktikan bahwa sistem termal iQOO Z7 5G dapat bekerja dengan baik. iQOO menyebut HP ini memakai sistem pendinginan 10 lapis yang dapat menurunkan temperatur CPU hingga 15 derajat Celsius. Total area pendinginannya disebut mencapai 20.087 mm persegi.

Pengalaman main game di HP ini makin mengasyikkan karena punya sensor giroskop fisik, dan sudah menggunakan motor getar linier sumbu X seperti ponsel-ponsel flagship. Getaran yang ditimbulkan akurat dengan respons cepat.

Sebagai informasi tambahan skor AnTuTu 9 iQOO Z7 ada di kisaran 570 ribuan. Untuk GeekBench 5, skor yang diperoleh sekitar 870-an di skenario single-core, serta 2900-an di skenario multi-core.

4. Kemampuan Kamera Utama Bagus

Terdapat satu kamera fungsional yang ada di sisi belakang iQOO Z7 5G. Kamera itu adalah kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.79. Sang kamera utama dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization).

OIS efektif digunakan untuk meminimalisir guncangan saat memotret dengan shutter speed lama. Fitur ini sangat berguna khususnya ketika mengambil gambar di kondisi low light. Sementara itu, EIS berfungsi untuk meredam guncangan ketika kamera merekam video.

Yang menarik, OIS dan EIS di HP ini bisa bekerja secara bersamaan saat merekam video. Adapun kamera utama iQOO Z7 5G didampingi sensor kedalaman 2 MP (f/2.4) untuk membantu foto bokeh. Untuk kamera depan, resolusi kameranya ada di angka 16 MP dengan bukaan f/2.45.

Sejumlah reviewer mengaku terkesan dengan kualitas tangkapan kamera utama iQOO Z7 5G. Foto memiliki warna natural, tajam, dan punya rentang dinamis yang oke di kondisi cahaya yang cukup. Kemampuan low light-nya pun sangat bersaing dengan HP di kelas harganya.

Apresiasi tinggi perlu diberikan pada kemampuan perekaman videonya. Pasalnya, dalam sampel video yang diperlihatkan kanal YouTube Kuliah Sore, kamera utama sang ponsel mampu hasilkan video yang stabil di seluruh resolusi.

Video yang stabil di resolusi 1080p 30 fps, 1080p 60 fps, dan 4K 30 fps, dapat diperoleh dengan mengaktifkan fitur stabilisasi. Rekaman suaranya juga lumayan karena jumlah mikrofonnya ada dua.

Adapun untuk kamera depan iQOO Z7 5G dapat menghasilkan foto yang cukup baik. Kamera tersebut dapat merekam video hingga resolusi 1080p 30 fps.

5. Daya Tahan Baterai Luar Biasa, Ngecasnya Cepat

iqoo z5 5g

iQOO mengeklaim baterai 5000 mAh HP ini dapat bertahan hingga 18,06 jam saat dipakai streaming video. Pada skenario lain seperti main Facebook, ketahanannya mampu mencapai 24,47 jam. Berdasarkan klaim tersebut, daya tahan baterai iQOO Z7 5G luar biasa.

Jagat Review pun membuktikannya. Dalam pengujian mereka, sang ponsel dapat bertahan sampai 24 jam 40 menit untuk skenario pemutaran video lokal 1080p. Daya tahan baterai iQOO Z7 5G masuk kategori luar biasa karena ponsel lain dengan kapasitas baterai sama jarang ada yang tembus 24 jam.

Tak cuma itu, mengecas baterai iQOO Z7 5G juga cepat berkat dukungan fast charging 120W. Charger 120W ada dalam paket penjualan. Menurut Jagat Review, mengecas dari kondisi 1% sampai 100% butuh waktu 34 menit saat fitur fast charging dinonaktifkan.

Pengisian baterainya lebih singkat lagi ketika fitur fast charging aktif. Sebab waktu yang diperlukan hanya 28 menit. Sebagai informasi ekstra, iQOO Z7 5G mendukung fitur pengisian balik lewat kabel. Artinya, HP ini dapat mengecas perangkat lain dengan daya hingga 7,5W.

6. Ada NFC, Audio Jack, dan Infrared

iqoo z5 5g

iQOO Z7 5G mendukung konektivitas yang modern. Sebut saja jaringan seluler 5G, WiFi 6, dan Bluetooth 5.2. Ia juga mendukung NFC multifungsi yang kegunaannya tidak cuma untuk transaksi non-tunai. NFC model ini dapat dipakai untuk mengemulasi kartu akses, misalnya kartu akses lift di hotel.

Masih di sektor konektivitas, iQOO Z7 5G ternyata punya Infrared yang jarang dijumpai (kecuali Xiaomi). Dengan begitu, HP ini dapat menggantikan tugas remote untuk mengoperasikan televisi, AC, dan beragam alat elektronik lain.

Fitur lain yang kini jarang ditemui di HP kelas menengah dan kelas atas yakni adanya audio jack 3,5 mm. Kehadiran audio jack menjadi solusi bagi mereka yang kurang puas dengan speaker sang ponsel. Headset kabel yang dicolokkan via audio jack memiliki latensi jauh lebih rendah ketimbang TWS.

Hal itu penting bagi gamers yang tidak menginginkan delay suara saat berkomunikasi dengan rekannya.

7. Dukungan Software 3 Tahun

iQOO Z7 5G

iQOO Z7 5G langsung mengadopsi sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Funtouch OS 13. Fakta tersebut jadi kabar baik bagi Anda yang menaruh perhatian tinggi pada kebaruan sistem operasi. Maklum, di kelas 4 jutaan, masih ada HP keluaran 2023 yang masih menggunakan Android 12.

iQOO juga menjamin HP ini mendapat dukungan software selama tiga tahun. Rinciannya adalah peningkatan versi Android sebanyak dua kali dan pembaruan sistem keamanan hingga tahun ketiga. Berarti iQOO Z7 5G diproyeksikan mencicipi Android 15, dan terus didukung software-nya sampai tahun 2026.

8. Paket Penjualan Lengkap

Ada banyak aksesori yang Anda dapatkan saat membeli iQOO Z7 5G. Aksesori yang disertakan mencakup charger 120W, kabel USB C, SIM ejector, soft case, dan screen protector yang sudah terpasang di layar ponsel. Maka bisa dibilang paket penjualan HP ini lengkap.

Anda tak perlu keluar duit lagi untuk membeli aksesori yang sifatnya penting. Paling-paling Anda mesti beli headset jika belum punya. Selain itu, jika ingin layarnya lebih tahan, Anda harus mengganti screen protector dengan tempered glass.

Kekurangan iQOO Z7 5G

Akan selalu ada yang dikorbankan saat produsen menciptakan ponsel kelas menengah. Biaya produksi yang terbatas mesti difokuskan pada aspek-aspek yang paling dibutuhkan pengguna. Beberapa hal di bawah ini adalah aspek yang tampaknya dikorbankan pada iQOO Z7 5G.

1. Bodi Lumayan Berat

iQOO Z7 5G

Kenyamanan genggam bukanlah sebuah masalah dari desain iQOO Z7 5G. Sisi lengkung yang ada di penutup belakang si ponsel menjamin ponsel lebih enak digenggam. Impresi genggamnya pun jadi tidak terlalu penuh, kendati ketebalan HP ini agak tinggi di angka 8,75 mm.

Meski begitu, bobot HP ini lumayan berat karena sudah tembus 201,5 gram. Buat yang terbiasa dengan HP berbobot 190 gram ke bawah, Anda mesti melakukan penyesuaian supaya tidak terkejut.

Perihal lain yang perlu Anda ketahui dari iQOO Z7 5G adalah belum punya sertifikasi ketahanan semacam IP54. Oleh sebab itu, tidak ada jaminan bahwa HP ini akan baik-baik saja saat kemasukan debu atau kena percikan air.

2. Kamera Depan Kurang Sip, Tidak Ada Kamera Ultrawide

iqoo z5 5g

Kamera depan 16 MP iQOO Z7 5G sebenarnya sudah bisa menghasilkan gambar yang oke. Hanya, saat digunakan untuk merekam video, kualitasnya sangat jomplang dengan kamera utama.

Alasannya adalah karena kamera depan sang ponsel belum bisa merekam video dengan frame rate 60 fps dan tidak punya fitur stabilisasi. Akibat yang dihasilkan adalah video kurang mulus kalau diunggah untuk Instastory dan serasa "gempa bumi".

Catatan lain yang perlu Anda perhatikan adalah iQOO Z7 5G tidak punya kamera pendamping yang layak buat kamera utamanya. Benar, HP ini tak punya kamera ultrawide dan kamera tele. Lagi-lagi hal ini bisa dipahami sebagai strategi iQOO untuk menekan harga jual sang ponsel supaya tidak terlalu tinggi.

3. Tak Punya Slot microSD

iQOO Z7 5G tak punya slot microSD sebagai solusi untuk menambah kapasitas ruang simpan. Pasalnya, slot dual SIM yang dipakainya cuma bisa menampung kartu SIM. Hal ini mesti jadi perhatian, terlebih jika Anda hendak membeli varian 8/128 GB.

Pastikan terlebih dahulu apakah memori internal 128 GB cukup untuk Anda. Jika tidak, sangat disarankan untuk mengambil varian 12/256 GB. Varian yang lebih mahal itu merupakan pilihan aman bagi Anda yang hobi menyimpan foto, video, dan mengoleksi banyak aplikasi serta game.

Simpulan

iQOO Z7 5G dirilis dengan harga Rp4.299.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp4.899.000 buat varian 8/256 GB. Ada potongan harga Rp200 ribu jika Anda membelinya lewat pre-order pada periode 3-9 April 2023.

Jika melihat apa yang ditawarkan, iQOO Z7 5G sangat-sangat layak dihargai Rp4 jutaan. Ia menjadi solusi bagi gamers yang punya bujet terbatas untuk bisa rasakan pengalaman main game lancar pada game kelas kakap.

Layar IPS yang mumpuni, speaker stereo, dan baterai awet semakin menegaskan bahwa ia memang dirancang sebagai HP gaming. Tak dinyana, kemampuan kamera utama sang ponsel juga baik. Cocok bagi Anda yang suka hunting foto dan bikin konten video.

Hanya saja, iQOO Z7 5G bukanlah perangkat yang tepat bagi mereka yang suka dengan HP ringkas. Harganya yang cukup terjangkau juga menjadi alasan mengapa kamera ultrawide di HP ini absen. Bagaimanapun, kehadiran iQOO Z7 5G mampu memanaskan persaingan HP 4 jutaan yang cukup sengit di Indonesia.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram