Carisinyal / Asus 2020 / Kelebihan Laptop ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Powerful dan Stylish!

Kelebihan Laptop ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Powerful dan Stylish!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) adalah laptop gaming terbaru yang punya banyak keunggulan. Laptop gaming dengan layar 14 inci ini punya performa yang gahar. Tidak hanya soal performanya saja, ROG Zephyrus G14 juga punya desain yang inovatif dimana bodinya sangat ringkas dan juga stylish.

Hal yang paling menarik di laptop ini adalah kehadiran fitur AniMe Matrix Display. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk memajang gambar animasi bergerak pada bagian belakang layar. Lantas bagaimana dengan konektivitasnya? Sekeren apa sih fitur AniMe Matrix ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Performa Kencang dengan AMD Ryzen 4000 Series

Performa Kencang dengan AMD Ryzen 4000 Series

ASUS bekerjsama dengan AMD untuk jajaran laptop terbarunya, salah satunya ROG Zephyrus G14. Laptop ini ditenagai dengan AMD Ryzen 4000 Series berteknologi fabrikasi 7nm. Selain itu, performa laptop ROG Zephyrus G14 dibekali dengan memori DDR4-3200, memori paling kencang untuk saat ini. Jadi, laptop ini sangat cocok untuk memainkan game berat bahkan melakukan tugas berat lainnya.

Ada tiga pilihan spesifikasi yang bisa dipilih, mulai dari Ryzen 5 hingga Ryzen 9. Ketiga varian tersebut juga dibekali dengan GPU, RAM, dan storage yang berbeda. Berikut daftar spesifikasinya.

CPU:

  • AMD Ryzen™ 9 4900HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.3 GHz Max Boost)
  • AMD Ryzen™ 7 4800HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost)
  • AMD Ryzen™ 5 4600HS Mobile Processor (6C/12T, 11MB Cache, 4.0 GHz Max Boost)

GPU:

  • NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
  • NVIDIA GeForce GTX 1660Ti 6GB GDDR6 VRAM
  • NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM

RAM:

  • 16GB DDR4 3200MHz RAM
  • 8GB DDR4 3200MHz RAM

Storage:

  • 1TB NVMe PCIe SSD
  • 512GB NVMe PCIe SSD

Meskipun punya variasi spesifikasi yang berbeda-beda, namun semua variasi tersebut sudah dibekali dengan OS Windows 10.

2. Grafis yang Mumpuni

Grafis yang Mumpuni

Ada tiga variasi GPU yang ditawarkan pada laptop ini, salah satunya adalah NVIDIA® GeForce RTX™ 2060. Pada varian tersebut, GPU-nya mampu berjalan di daya 65W dengan kecepatan 1298MHz. Yang menariknya, Discrete GPU dengan arsitektur Turing terbaru ini hadir dengan Tensor Core dengan proses grafis modern, seperti real-time ray tracing.

Sehingga, ASUS ROG Zephyrus G14 ini diklaim bisa menjalankan semua game AAA modern dengan tampilan grafis yang berkualitas baik. Berkat grafis ini juga ROG Zephyrus G14 dapat digunakan untuk melakukan 3D modelling dan deep learning.

Bahkan, grafis ini juga dilengkapi dengan teknologi dedicated video encoder. Dengan teknologi tersebut, kamu bisa menjalankan game sambil melakukan live streaming tanpa lag.

3. AniMe Matrix

AniMe Matrix

Hal yang paling mencolok di laptop ROG Zephyrus G14 ini adalah fitur AniMe Matrix. Fitur ini bisa menampilkan grafis, animasi, dan berbagai efek animasi lainnya di bagian belakang layar.

AniMe Matrix ini menggunakan 1.215 mini LED dengan tingkat pencahayaan sampai 256. Selain itu, di bagian layar tersebut juga dibekali dengan efek music equalizer yang tersinkronisasi dengan sistem audio di ROG Zephyrus G14 ini.

Tidak perlu khawatir terlalu terang atau suhu terlalu panas, karena cahaya LED-nya didesain secara khusus agar pencahayaannya pas. Bahkan, ASUS juga mengklaim fitur AniMe Matrix ini bisa meminimalisir panas serta tidak terlalu banyak menghabiskan daya. ASUS juga memastikan setiap LED ditempatkan pada posisi yang tepat.

4. Layar Khusus Gamer dan Profesional

Layar Khusus Gamer dan Profesional

Ada dua pilihan jenis layar, pertama ada layar yang fokus pada refresh rate. Opsi ini cocok untuk gamers yang mementingkan refresh rate dengan resolusi Full HD hingga 120Hz. Pilihan kedua adalah WQHD. Untuk yang satu ini ditujukan untuk pengguna yang lebih mementingkan resolusi.

Nah, kedua jenis pilihan layar ini dibuat secara khusus untuk menghadirkan layar 14 inci dengan refresh rate tertinggi. Bahkan, layarnya dibekali dengan teknologi AMD FreeSync. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa disinkronisasi antara refresh rate dan frame rate. Tujuannya agar tidak ada lagi yang namanya tearing dan suttering saat bermain game.

Bukan hanya untuk sekedar main game, layar ROG Zephyrus G14 ini juga cocok untuk digunakan para professional kreatif. Pasalnya, layarnya ini mampu memreproduksi warna secara akurat. Menariknya, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated dan telah dikalibrasi untuk kebutuhan professional.

Untuk layarnya sendiri dikatakan sudah mampu menampilkan warna pada color space sRGB dengan tingkat reproduksi hingga 100%. Bahkan layar tersebut juga disematkan dengan bazel yang tipis dengan screen-to-body ratio hingga 85%.

5. Sistem Pendingin

Sistem Pendingin

Bukan hanya soal performa dan desain saja, ASUS ROG Zephyrus G14 ini juga dibekali dengan sistem pendingin yang optimal. Sebagai laptop gaming dengan bodi ringkas, ruang untuk sistem pendingin pun sangat terbatas. Tapi, ASUS bisa mengatasi hal tersebut dengan sistem yang lebih baik.

ASUS ROG Zephyrus G14 ini punya fitur untuk mengatur penggunaan daya secara otomatis sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan daya tersebut selalu dipantau dan sistem pendinginnya akan menyesuaikan suhu secara otomatis. Dengan begitu, performa laptop bisa lebih optimal.

Tidak hanya itu saja, kehadiran fitur ErgoLift Design ini juga sangat membantu dalam sistem pendinginnya. Pasalnya, fitur tersebut membuat badan bagian belakang laptop agak terangkat sehingga menghasilkan rongga udara. Nah, rongga udara tersebut juga membantu aliran udara lebih lancar.


Kelebihan lainnya, ROG Zephyrus G14 ini punya desain terbaru dengan membagi exhaust-nya menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk membuang udara dari sudut yang lebih tinggi dan bagian keduanya mampu mengeluarkan udara dengan sudut yang lebih rendah.

Agar saluran udaranya lebih lancar, ASUS juga menggunakan heatsink ultra-thin copper fin dengan ketebalan 0,15mm. Penggunaan heatsink yang tipis ini diklaim mampu mengalirkan dan menyebarkan udara secara optimal karena permukaannya lebih besar. Jadi, kalau ditotal laptop ini punya 209 heatsink fin dan luar permukaan hingga 68.868mm2

Belum cukup sampai di situ, ada juga kipas n-Blade yang dirancang untuk laptop ultraslim. Kipas tersebut dibuat dengan bahan liquid crystal polymer. Bahkan kipas tersebut dirancang agar tidak berubah bentuk ketika diputar dengan RPM yang tinggi.

Oh iya, bilah kipasnya ini punya panjang yang berbeda, antara 50mm dan 51,2mm. Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan tingkat turbulensi agar tidak terlalu bising saat mengaktifkan Turbo Mode.  

6. Laptop Ringan dengan Konektivitas Mumpuni

Laptop Ringan dengan Konektivitas Mumpuni

Tidak selamanya laptop gaming itu punya bobot yang berat. ROG Zephyrus G14 membuktikan sebagai laptop gaming yang punya bobot ringan, ringkas, dan juga stylish. Untuk beratnya, ROG Zephyrus G14 yang versi regular hanya seberat 1,6kg saja. Sedangkan untuk variasi AniMe Matrix-nya punya bobot 1,7kg.

Untuk ketebalannya, ROG Zephyrus G14 versi regular punya dimensi 32.4(W) x 22.2(D) x 1.79(H) cm. Sedangkan ROG Zephyrus G14 versi AniMe Matrix punya dimensi sedikit lebih tebal, yaitu 32.4(W) x 22.2(D) x 1.99(H) cm.

Meskipun punya bobot dan ketebalan yang berbeda, semua variasi laptop ROG Zephyrus G14 ini dibekali dengan konektivitas Wi-Fi 6 (Gig+) dan Bluetooth 5.0. Lalu, ada juga sebuah USB 3.2 Gen2 (Type-C) with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, satu buah USB 3.2 Gen2 (Type-C), dan dua buah USB 3.2 Gen1 (Type-A). Bahkan, laptop ini juga bisa dicas menggunakan USB Type-C!

Laptop ASUS terbaru ROG Zephyrus G14 ini memang ditujukan untuk para gamers. Namun, kemampuannya bukan hanya untuk sekedar main game karena kamu bisa melakukan tugas berat lainnya, baik itu multitasking atau pun untuk membuat konten.

Bagi yang berminat untuk beli laptop ini bisa memilih dua warna menarik, Eclipse Gray atau Moonlight White. Semua variasi warna tersebut punya harga yang berbeda tergantung dengan spesifikasinya. Berikut daftar harganya:

Non-AniMe Matrix

  • Rp18.299.000 (R5-4600HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)

AniMe Matrix

  • Rp23.999.000 (R7-4800HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)
  • Rp28.999.000 (R7-4800HS/GTX1660Ti/8G/512G PCIe/FHD)
  • Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/FHD)
  • Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/WQHD)

Dari semua varian laptop ASUS ROG Zephyrus G14 ini, kira-kira variasi mana yang ingin kamu beli? Tapi, kalau butuh referensi laptop ASUS lainnya, bisa cek di link ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *