Carisinyal / Asus 2020 / 5 Perbedaan ROG Phone 2 dan ROG Phone 3 yang Perlu Diketahui

5 Perbedaan ROG Phone 2 dan ROG Phone 3 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

ROG Phone disambut baik kehadirannya oleh konsumen. Terlebih karena ponsel ini fokus mengusung jati diri sebagai “ponsel gaming“. Karena itu, tiap seri ponsel ini hadir selalu dinantikan dan menantikan hal-hal baru yang menarik yang ditawarkan oleh ponsel ini.

ROG Phone generasi pertama hadir pada 2018 kemudian dilanjutkan tongkat estafetnya oleh ROG Phone II. Seri ini sukses di pasaran Indonesia apalagi ASUS sebagai produsen ponsel ini menghadirkan ROG Phone II dengan harga termurah sekitar Rp8 jutaan.

Tahun 2020, jelas orang menantikan seri ketiga dari ROG Phone. Maka hadirlah ROG Phone 3, tanpa memakai angka romawi. Padahal penamaan memakai angka romawi tergolong unik dan beda. ROG Phone III atau kedepannya ROG Phone IV, ROG Phone V, dan seterusnya terlihat beda.

Tapi kali ini jelas bukan soal nama seri yang dipermasalahkan. Yang bakal dibahas adalah soal apa yang menjadi perbedaan antara ASUS ROG Phone 3 dengan ROG Phone 2? Apakah seri terbarunya ini mengalami peningkatan? Mari simak spesifikasi kedua ponsel ini.

Spesifikasi ASUS ROG Phone II

Asus ROG Phone II

  • Layar: AMOLED 6,59 inci
  • Resolusi Layar: 1080 x 2340 pixels
  • Chipset: Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
  • GPU: Adreno 640 (700 MHz)
  • Memori Internal: 128 GB 8 GB RAM, 512 GB 12 GB RAM
  • Memori Eksternal: No
  • Kamera Belakang: Dual 48 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: 24MP, f/2.2, 0.9µm
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

asus rog phone 3

  • Layar: AMOLED, 6.59 inches
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×3.1 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB, 12 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128/8 GB, 128/12 GB, 256/12 GB, 512/12 GB, 512/16 GB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 24 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan ASUS ROG Phone II dan ROG Phone 3

Apa sebenarnya yang membedakan ASUS ROG Phone II dengan ROG Phone 3? Untuk mengetahuinya lebih detail, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain dan Fitur Layar

asus rog phone 3 (2)

Garis desain ROG Phone II dan ROG Phone 3 sebenarnya tidak terlalu jauh. Konsep desain yang diusung masih sama. Garis desainnya masih tegas dan menarik. Apalagi logo ROG menyala yang ada di bagian tengah belakang bodi kedua ponsel.

Meskipun cenderung mirip, akan sangat mudah membedakan keduanya. Pasalnya, ROG Phone 3 memiliki space untuk kamera yang lebih panjang. Hadirnya tiga kamera di belakang membuat tempat untuk kamera jadi terlihat lebih persegi panjang.

Sementara ROG Phone II yang punya dua kamera, hadir dengan bentuk yang sebenarnya lebih unik. Shape untuk kameranya tampak lebih tegas dibandingkan hanya persegi panjang di ROG Phone 3.

Kedua ponsel sama-sama memiliki bobot 240 gram. Bobotnya yang berat ini lantaran keduanya sama-sama menawarkan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Namun, menariknya dimensi kedua ponsel sedikit berbeda.

ROG Phone II  datang dengan dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm. Sementara ROG Phone 3 hadir dengan dimensi 171 x 78 x 9.9 mm. Angka ketiga di bagian dimensi ini menunjukan ukuran tebal ponsel. Yang berarti ROG Phone 3 ternyata sedikit lebih tebal dibandingkan ROG Phone II.

Di sektor layar, ROG Phone II dan ROG Phone 3 menawarkan tipe layar yang sama. Keduanya hadir dengan layar 6,59 inci dengan panel AMOLED. Layarnya menawarkan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Yang membedakan fitur layar di kedua ponsel. ROG Phone 3 sudah dilengkapi dengan dukungan HDR10+ dan refresh rate 144 Hz. Sementara ROG Phone II hanya menawarkan fitur HDR10 biasa dan refresh rate 120 Hz. Masih sama-sama tinggi sebenarnya, hanya secara angka, ROG Phone 3 jelas lebih baik.

2. Snapdragon 855+ vs Snapdragon 865+

chipset snapdragon 865 plus asus rog phone 3

ROG Phone II dan ROG Phone 3 sama-sama memakai chipset Qualcomm Snapdragon. Keduanya menggunakan chipset kelas atas yang merupakan overclock dari versi yang sudah ada yang pada dasarnya juga sudah kencang.

ROG Phone II menawarkan Snapdragon 855+, chipset yang berbasis Snapdragon 855 dengan clock speed lebih tinggi. Sementara ROG Phone 3 hadir dengan Snapdragon 865+ yang merupakan versi peningkatan dari Snapdragon 865+.

Keduanya sama-sama menawarkan performa kencang. Hanya saja, tentu ROG Phone 3 memiliki performa yang lebih baik karena chipset generasi yang lebih baru. Selain itu, ROG Phone 3 pada dasarnya sudah mendukung jaringan 5G mengingat chipset Snapdragon 865+ sudah dilengkapi dengan modem 5G.

3. Konfigurasi Kamera

Kamera Asus ROG Phone 2

Seperti yang sudah dibahas di poin desain, ROG Phone II memiliki dua kamera di bagian belakang. Sementara ROG Phone 3 hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Penambahan kamera ketiga di ROG Phone 3 ini jadi ciri pembeda dengan ROG Phone II dari sisi desain yang gampang dikenali

ROG Phone II memiliki kombinasi kamera utama 48 MP dan kamera ultra-wide 13 MP. Sementara ROG Phone 3 hadir dengan kamera 64 MP, kamera ultra-wide 13 MP, dan kamera makro 5 MP.


Hadirnya kamera makro 5 MP sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Tetapi penggunaan sensor kamera 64 MP jelas menarik. Terlebih karena kualitas kamera belakang ROG Phone 3, jika menilik pengujian GSMArena, termasuk bagus, bahkan untuk foto low-light. 

Kualitas kamera belakang ROG Phone II sebenarnya sudah dikenal bagus. Kualitas kamera ROG Phone II jadi nilai plus mengingat statusnya yang hadir sebagai ponsel untuk main gim. Hal yang sama tampaknya berlaku untuk ROG Phone 3.

Untuk kamera depan, ROG Phone II dan ROG Phone 3 sama-sama menggunakan sensor 24 MP. Bedanya, ROG Phone II memakai bukaan f/2.2 sementara ROG Phone 3 sensor 24 MP memakai bukaan yang lebih kecil, yakni f/2.0.

4. Konektivitas

ROG AeroActive Cooler II

Sektor konektivitas menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan di kedua ponsel. Kedua ponsel memiliki konektivitas dan sensor yang memang seharusnya ada di ponsel kelas atas. Hanya saja terdapat perbedaan diantara keduanya.

Contohnya, ROG Phone II sudah mendukung banyak tipe wifi kecuali WiFi-6 atau WiFi ax. Dukungan WiFi-6 baru hadir di ROG Phone 3. ROG Phone 3 pun telah mendukung Bluetooth 5.1. Sementara ROG Phone II hanya Bluetooth 5.0.

ROG Phone II hadir dengan FM Radio dan jack audio 3,5 MM. Sementara ROG Phone 3 menghilangkan dua hal tersebut dan menggantinya dengan kehadiran port USB Type-C tambahan di bagian samping. Port USB Type-C utama hadir dengan tipe USB 2.0. Sementara yang ada di bagian samping merupakan tipe 3.1 yang jelas kecepatannya lebih baik.

Kehadiran port USB di samping ini untuk mewadahi kebutuhan penggunaan aksesoris pendukung ROG Phone. Selain itu, penggunaan dongle jack audio juga bisa dimanfaatkan di bagian ini, apalagi ketika digunakan bermain gim.

Ngomong-ngomong soal aksesoris, ROG Phone 3 kompatibel dengan aksesoris pendukung ROG Phone II. Itu artinya, bagi mereka yang sebelumnya memakai ROG Phone II tidak perlu repot membeli aksesoris lagi jika sudah memiliki aksesoris pendukung ROG Phone II. Cukup ganti seri ponselnya ke ROG Phone 3.

5. Tipe Memori dan RAM  yang Ditawarkan

Performa Asus ROG Phone 2

Di Indonesia, ROG Phone II hadir dengan berbagai varian. Varian termurahnya adalah RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Varian termahalnya adalah RAM 12 GB dengan memori internal 512 GB.

ROG Phone 3 juga hadir dengan varian terkecil, yakni 12 GB / 128 GB. Hanya saja kali ini, ROG Phone 3 juga menawarkan varian RAM 16 GB dengan penyimpanan internal 512 GB. Menariknya, tipe internal yang digunakan ROG Phone 3 adalah UFS 3.1 dan tipe RAM yang digunakan adalah LPDDR5.

Tipe tersebut lebih kencang dibandingkan ROG Phone II yang hanya memakai UFS 3.0. Tapi perbedaan kecepatannya sebenarnya tidak terlalu jauh karena sama-sama tipe UFS bukan eMMC.

Sayangnya, saat artikel ini dibuat, belum ada informasi soal kedatangan ROG Phone 3. Jelas harganya bakal lebih tinggi dari ROG Phone II, tinggal masalahnya varian RAM mana yang bakal hadir resmi di Indonesia?

Demikianlah 5 perbedaan ROG Phone II dan ROG Phone 3. Kehadiran ROG Phone 3 dengan spesifikasi yang lebih baik jelas pantas ditunggu. Terlebih aksesoris ROG Phone dari generasi sebelumnya yang kompatibel jadi nilai tambah tersendiri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *