carisinyal web banner retina
Carisinyal / Laptop / 8 Laptop ASUS Terbaru yang Hadir di Acara CES 2021

8 Laptop ASUS Terbaru yang Hadir di Acara CES 2021

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 21 Januari 2021

Tanggal 13 Januari 2021, ASUS memamerkan produk-produk terbarunya melalui acara CES 2021. Dalam acara tersebut, ASUS mengenalkan beberapa laptop terbaiknya yang akan hadir di tahun 2021 ini, ada laptop ROG, TUF, Zenbook, ExpertBook, hingga VivoBook.

Semua lini laptop yang diperkenalkan ASUS ini memiliki inovasi terbaru, terutama soal spesifikasinya. Namun, ASUS tidak hanya terpatok pada spesifikasi saja karena setiap laptop terbarunya ini akan terus dikembangkan sebagai bentuk passion dari seluruh timnya. Untuk mengetahui lebih lanjut soal laptop terbaru dari ASUS ini, berikut Carisinyal akan mengulasnya di bawah ini.

Laptop Gaming ASUS

Seperti yang diketahui, lini ROG menjadi laptop primadona di ASUS. Banyak tipe laptop ROG yang siap memanjakan para gamers untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih asyik dan menarik.

Berangkat dari hal tersebut, ASUS pun tidak tanggung-tanggung mengeluarkan produk ROG terbarunya yang dipamerkan lewat acara CES 2021.Tidak hanya ROG, ada juga laptop TUF yang lebih gahar dibandingkan sebelumnya. Berikut beberapa laptop gaming ASUS terbaru di tahun 2021:

1. ROG Flow X13

rog flow x13

Sebelumnya, tidak ada laptop ROG yang menawarkan desain convertible yang mana layarnya bisa diputar hingga 360 derajat. Namun kali ini, ASUS memberikan inovasi terbaru lewat ROG Flow X13 dengan layar 360 derajatnya sebagai laptop multifungsi.

Disebut multifungsi karena ROG Flow X13 tidak hanya untuk main game, tapi nyaman untuk digunakan kerja dan aktivitas luar ruangan. Layarnya sudah dibekali dengan fitur touchscreen dengan panel FHD 120Hz. Tidak hanya itu saja, bahkan layar di laptopnya ini sudah mengusung resolusi 4K yang makin membuat pengguna nyaman memaksimalkan layarnya.

Terlepas dari itu, ASUS juga memikirkan soal sistem pendinginnya dimana mereka merancang dan mengoptimalkan sistem tersebut agar performanya lebih kencang. Ada liquid metal sebagai thermal compound-nya dan Flow X13 ini menggunakan tiga heatsink untuk melepaskan udara panas yang lebih efisien.

Yang lebih menariknya lagi, sistem pendingin tersebut didukung dengan kipas Arc Flow terbaru. Dengan demikian, kipas tersebut dinyatakan mampu mengalirkan udara 15% lebih baik dibanding kipas biasa. Kelebihan lainnya adalah ROG Flow X13 ini mengusung yang namanya self-cleaning thermal module. Artinya, laptop ini bisa membuang debu dan partikel lewat ‘terowongan’ khusus sehingga performa bisa bekerja lebih optimal.

Di sisi spesifikasi, ROG Flow X13 tentu dibekali dengan performa yang gahar. Berdasarkan presentasi pihak ASUS di CES 2021, mereka memberikan prosesor AMD Ryzen 9 5980HS dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Jika kekuatan grafisnya terasa kurang kencang, ASUS memberikan opsi sebuah perangkat GPU eksternal (ROG XG Mobile) yang menggunakan NVDIA GeForce RTX 3080 terbaru.

Untuk GPU eksternalnya ini, pengguna hanya perlu menggunakan Thunderbolt yang nanti dihubungkan ke ROG XG Mobile. Menariknya, ROG XG Mobile ini juga dilengkapi dengan adapter dengan daya 280W yang mana adapternya bisa digunakan ke ROG Flow X13 juga.

Berbicara soal adapter, ada satu lagi adapter khusus untuk kegiatan di luar, yakni menggunakan adapter USB Type-C 100W. Adapter tersebut diklaim bisa mengecas baterai dari 0% ke 60% dengan waktu hanya 39 menit saja. Sudah mulai tertarik dengan laptopnya?

2. ROG Zephyrus Duo 15 SE

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Meski terlihat sama dengan Zephyrus Duo sebelumnya, tapi di ROG Zephyrus Duo 15 SE ini ada inovasi baru yang ditawarkan ASUS. Pertama, layar kedua atau yang disebut ScreendPad Plus di laptop ini bisa difungsikan untuk bermacam-macam kebutuhan, seperti mengontrol aplikasi streaming, dijadikan ‘kanvas’ untuk menggambar, hingga melihat walkthrough saat sedang bermain game.

Selain layar kedua, di ROG Zephyrus Duo 15 SE juga punya pilihan prosesor terbaru hingga AMD Ryzen 9 5900HX dengan GPU NVDIA RTX 3080. Lalu, ASUS juga menawarkan dua pilihan layar, yakni panel FHD 360Hz dengan color gamut sRGB 100% atau panel 4K 120Hz dengan color gamut Adobe RGB 100%. Meski punya panel berbeda, tapi keduanya sama-sama sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

3. ROG Strix SCAR 17

ROG Strix SCAR 17

ROG Strix SCAR 17 menjadi penutup pengenalan laptop ASUS ROG di CES 2021. Sama seperti sebelumnya, di laptop ini juga memiliki performa yang tak kalah ‘gahar’ dengan ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX. Selain itu, ia juga menggunakan GPU NVDIA GeForce RTX 3080. Menariknya, laptop ini bahkan dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 64GB.

Sebagai laptop yang dikhususkan untuk para gamers esports maka ROG Strix SCAR 17 ini melengkapi layarnya dengan resolusi FHD, refresh rate hingga 360Hz dan response time 3ms. Untuk desainnya sendiri, ROG Strix punya bazel tergolong lebih tipis lengkap dengan dukungan teknologi Adaptive Sync.

Bukan cuma bazel yang lebih tipis karena Strix terbaru juga punya peningkatan di lini audionya dimana ASUS menggunakan audio Dolby Atmos untuk pengalaman suara yang lebih lancar. Bahkan, audionya ini punya empat speaker dengan klaim detail suara dan efek surround sound yang lebih baik.

Tidak hanya soal sound, ASUS juga memikirkan tentang laptop gaming yang mudah dibawa kemana pun. Maka dari itu, ROG Strix SCAR 17 ini punya adapter kedua yang lebih ringkas dengan fitur USB Type-C Power Delivery.

4. TUF Dash F15

TUF Dash F15

Segmen gaming ASUS bukan hanya ROG saja, ada juga laptop TUF gaming yang sama-sama dibekali dengan performa gahar. Adalah TUF Dash F15 dengan prosesor 11th Gen Intel Core dan GPU hingga NVDIA GeForce RTX3070 membuat laptop ini menjadi salah satu laptop gaming yang powerful untuk main game juga bekerja.


Untuk memberikan kenyamanan aktivitas penggunanya, TUF Dash F15 ini punya layar 240Hz dan 3ms, cocok untuk para gamers esport dan AAA. Menariknya lagi, TUF Dash F15 juga bisa dihubungkan ke GPU eksternal melalui konektivitas Thunderbolt 4 sehingga pengguna bisa main game di performa yang lebih kencang.

Kelebihan lain yang ada di laptop ini adalah baterainya yang tergolong sangat besar dan awet. Dinyatakan, baterai TUF Dash F15 bisa bertahan hingga 16,5 jam saat digunakan menonton video. Jika baterai laptopnya habis, pengguna tidak perlu repot membawa adapter besar khas laptop gaming karena di TUF Dash F15 juga mengusung adapter ringkas yang bisa dicas menggunakan port USB Type-C.

Kenyamanan untuk bermain game pun ditambahkan dengan fitur lainnya, salah satunya adalah teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling. Dengan teknologi tersebut, ada fitur machine learning dimana akan meredam suara bising di background noise, jadi tidak ada gangguan komunikasi saat sedang main game online bersama teman-teman.

Laptop ASUS Zenbook

Selain punya inovasi terbaru di laptop gaming, ASUS juga memberikan beberapa hal baru untuk laptop di lini ZenBook. Biasanya, laptop ZenBook ini lebih fokus untuk yang lebih aktif di luar ruangan. Maka dari itu, laptop ZenBook fungsinya agak sedikit berbeda dengan ROG namun masih dibekali dengan spesifikasi memuaskan. Inilah deretan laptop ZenBook terbaru di CES 2021.

1. ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

zenbook 14 & 15

Sama seperti Zephyrus Duo sebelumnya, di sini juga menawarkan layar kedua yang dinamakan ScreenPad Plus resolusi 4K lengkap dengan teknologi touchscreen. Fungsi layarnya ini adalah untuk memudahkan aktivitas harian penggunanya.

Di bagian layar keduanya ini akan terangkat dan membentuk sudut 9,5 derajat. Tujuan dari mekanisme tersebut adalah untuk rongga udara ekstra sehingga sirkulasi udara di laptop bisa berjalan lebih optimal. Selain itu, layar yang terangkat akan menghindari efek silau yang mengganggu aktivitas.

Sedangkan untuk layar utama, ASUS menjanjikan tampilan yang lebih baik dan akurat berkat kehadiran sertifikasi PANTONE Validated. Bahkan, mereka juga menyebutkan bahwa Zenbook Pro Duo 15 OLED (UX582) ini mampu menampilkan warna hitam yang sempurna dan diakui dengan mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 500.

Di sisi performa, ASUS membekali laptop ini dengan prosesor Intel Core i9 High Performance yang berdampingan dengan GPU NVDIA GeForxe RTX 3070. Untuk para pegiat konten, laptop ini bisa jadi opsi yang tepat karena sudah tervalidasi sebagai laptop NVDIA Studio.

2. ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

asus zenbook duo 14 15

Tidak jauh berbeda dengan versi 15 incinya, di ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) juga memiliki layar kedua (ScreendPad Plus). Layar keduanya ini juga sudah dibekali dengan fitur touchscreen untuk penggunaan multitasking yang lebih efektif. Selain itu, dari desain bodinya, laptop ini lebih ringkas dan lebih nyaman untuk mobilitas.

Meski terkesan ‘kecil’ dibandingkan versi 15 inci, tapi spesifikasinya tetap juara dimana ASUS mentenagainya dengan prosesor 11th Gen Intel Core dan GPU NVDIA GeForce MX450 atau Intel X Graphics terbaru. Jadi, laptop ini tergolong ‘kuat’ untuk pegiat konten.

Oh iya, kelebihan lain dari laptop ini adalah adanya sertifikasi PANTONE Validated dengan kemampuan reproduksi warna color gamut sRGB hingga 100%. Lalu, ada juga sertifikasi TUF Rheiland untuk low blue light yang diklaim aman untuk kesehatan mata karena ada pancaran gelombang biru yang lebih rendah dibanding laptop sebelumnya.

ExpertBook B9 (B9400 vPro)

ASUS memang mengerti kebutuhan konsumennya. Selain meluncurkan laptop gaming, mereka juga memperkenalkan laptop khusus para pebisnis, namanya adalah ExpertBook B9 (B9400 vPro). Laptop ini dirancang dengan desain yang ringan, bahkan klaimnya pun “paling ringan di dunia.” Bobotnya hanya 880gram saja, memang cocok untuk pebisnis dengan mobilitas tinggi.

Meski ringan, namun laptopnya punya ‘kekuatan’ yang mumpuni. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya verifikasi sebagai laptop yang didukung platform Intel EVO. Artinya, ExpertBook B9 ini punya fitur keamanan kelas enterprise, durabilitas terbaik, performa mumpuni serta daya tahan baterai paling awet di kelasnya.

Tidak cukup sampai di sana, laptop ini bahkan sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H yang tahan banting. Di sisi spesifikasi, ASUS memberikan prosesor 11th Gen Intel Core yang terintegrasi dengan GPU Intel Xᵉ Graphics. Untuk ruang penyimpanannya juga sangat luas, ada kapasitas 2TB yang bisa dikonfigurasikan secara RAID 0 dan RAID 1.

VivoBook S14 (S435)

vivobook

Sebagai penutup, ASUS menawarkan produk VivoBook S14 (S435) yang tidak kalah menariknya dengan laptop sebelumnya karena laptop ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Intel EVO. Selain itu, ASUS juga mengatakan bahwa seri VivoBook kali ini punya performa lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga cocok untuk yang suka multitasking dan juga para content creator.

Ada prosesor 11th Gen Intel Core dengan GPU Intel Xᵉ Graphics, lengkap dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB. Lebih mengesankannya lagi, di sini juga ada dukungan Intel Optane Memory H10.

Oh iya, laptop ini juga tergolong nyaman untuk dibawa bepergian karena hanya memiliki bobot 1.3kg dengan ketebalan 15,9mm saja. Yang lebih pentingnya lagi, VivoBook S14 (S435) ini dibekali dengan konektivitas yang lengkap, seperti Thunderbolt 4 USB-C dengan dukungan teknologi Power Delivery dan fast charging.

Di awal tahun 2021, ASUS membawa angin segar untuk semua konsumennya dari berbagai kalangan, mulai dari gamers, content creator, hingga pebisnis. Terbukti dengan semua laptopnya yang diperkenalkan di CES 2021 ini menarik untuk dilirik. Bahkan semua lini laptopnya punya inovasi terbaru yang membuat penggunanya lebih optimal untuk melakukan aktivitasnya. Adakah salah satu laptop yang ingin kamu pinang?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram