carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 22 September 2021

OPPO memiliki seri perangkat yang dikhususkan untuk pasar kelas entry-level. Seri ini disebut dengan OPPO A Series. Tujuan dari OPPO A Series tentunya untuk memberikan appeal atau daya tarik pada masyarakat yang membutuhkan ponsel sederhana, namun tetap layak untuk menunjang kebutuhan harian mereka.

Nah, pada pertengahan Juli 2021, lahirlah OPPO A16 yang menyuguhkan spesifikasi unggul pada kelas harga Rp1 jutaan. Ini sekaligus menjadi generasi lanjutan dari OPPO A15 yang telah dirilis setahun sebelumnya, tepatnya pada bulan Oktober 2020.

Mengingat betapa pesatnya perkembangan teknologi smartphone dari tahun ke tahun, tidak ada salahnya lho mencari tahu tentang perbedaan antara OPPO A16 dan OPPO A15. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda akan jadi punya gambaran standar kelayakan pada HP entry-level tahun 2020 dan tahun 2021, khususnya untuk OPPO A Series. Yuk, langsung disimak saja artikel ini!

Spesifikasi OPPO A15

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 1
  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4230 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO A16

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 3
  • Rilis: Juli, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16

Anda yang menanti-nanti kehadiran OPPO A16 dari dulu pasti akan excited melihat perbandingannya dengan OPPO A15. Nah, apa sajakah itu? Cari tahu pada poin-poin perbedaan berikut, ya!

1. MediaTek Helio P35 vs Helio G35

helio g35

Siapa nih yang punya hobi bermain game di HP? Ada kabar bagus untuk Anda yang mengincar HP 1 jutaan dari OPPO. Pasalnya, OPPO A16 sudah dihadirkan dengan peningkatan chipset ketimbang OPPO A15. Ya, OPPO A16 diotaki dengan MediaTek Helio G35, lebih gahar dari OPPO A15 yang hanya mengandalkan SoC MediaTek Helio P35.

Seberapa jauh perbedaan performa di antara kedua chipset tersebut? Pertama-tama, mari selami spesifikasi teknisnya. MediaTek Helio G35 dan Helio P35 sama-sama dihadirkan dengan proses manufaktur 12 nm. Malahan, keduanya pun sama-sama memakai GPU terintegrasi berupa PowerVR GE8320.

Keduanya menggunakan kombinasi octa-core yang serupa tapi tak sama. Pada Helio P35 (OPPO A15), tersemat 4 inti ARM Cortex A55 yang beroperasi pada frekuensi 2,35 GHz, serta 4 inti ARM Cortex A55 pada clock speed 1,8 GHz.

Sedangkan pada Helio G35 yang dimiliki OPPO A16, perbedaan terletak pada high performance core ARM Cortex A55 yang memiliki clock speed 2,3 GHz saja alih-alih 2,35 GHz. Ya, perbedaan yang tipis sekali, bukan?

Satu hal yang pasti, Helio G series merupakan seri chipset yang lebih dikhususkan untuk gaming. Jadi, performanya tentu lebih baik daripada Helio P35 yang dirancang untuk kebutuhan harian saja.

Berdasarkan hasil uji performa benchmark AnTuTu v8 yang dilansir dari NanoReview, Helio G35 memiliki skor yang 11% lebih tinggi dibanding Helio P35, perbandingannya antara 109.000 dengan 99.000.

Oke, noted. Jadi Helio G35 punya performa lebih tinggi. Tapi apakah chipset tersebut sudah layak memainkan game-game berat? Jawabannya, sayang sekali: belum.

Skor AnTuTu 100 ribuan pada HP 1 jutaan terbilang masih rendah. Masih banyak kok HP-HP lain yang menawarkan spek lebih canggih dengan harga sama. Contohnya saja Helio G85 pada Infinix Note 10, atau Helio G80 pada Redmi 9, dan masih banyak lagi.

Mungkin masih bisa digunakan untuk bermain PUBG M, tapi itupun pada pengaturan yang rendah serta dengan frame rate yang kurang menyenangkan. Kembali lagi ke kebutuhan, sih. Kalau Anda hanya memainkan game-game ringan saja, OPPO A16 sudah terbilang cukup.

2. Side-Mounted vs Rear-Mounted Fingerprint Scanner

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 6

Fitur pembukaan kunci layar yang praktis selain Face ID adalah sensor sidik jari. Terkadang, fitur Face ID tidak sepenuhnya reliable karena tidak dapat mendeteksi wajah yang sedang mengenakan masker. Oleh karena itu, OPPO A15 dan OPPO A16 sama-sama dihadirkan dengan sensor sidik jari ini.

Bedanya, OPPO A16 meletakkan sensor sidik jari tersebut pada samping bodi (menyatu dengan tombol Power), sedangkan OPPO A15 punya sensor sidik jari di bagian belakang. Nah, pilihan bergantung pada Anda. Lebih suka yang mana?

Keuntungan dari sensor sidik jari di samping adalah bagian belakang bodi akan terlihat mulus, tanpa ada penampakkan sensor sama sekali. Lebih cocok bagi Anda yang mementingkan estetika.

Kekurangannya, sensor sidik jari punya ukuran permukaan yang lebih kecil sehingga hanya menangkap sebagian dari sidik jari Anda. Ada sedikit kemungkinan sensor ini akan salah dalam mendeteksi dan membiarkan orang lain yang bukan Anda untuk membuka kunci layar.

3. microUSB vs USB Type-C

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 8

Port yang ada di bawah bodi HP tidak hanya berfungsi sebagai pengisian daya, tapi juga untuk memindahkan data antara HP dan PC. OPPO A15 yang merupakan HP keluaran 2020 hanya dibekali dengan port berjenis microUSB, sedangkan OPPO A16 memiliki port USB Type-C.

Perbedaan keduanya terbilang kecil tapi cukup signifikan pada praktek sehari-hari. Karena bentuk colokan microUSB yang tidak simetris, Anda akan kesulitan untuk mencolokkan kabel ke port dengan benar. Sedangkan pada USB Type C yang simetris, kabel akan berhasil masuk ke port sekalipun pada posisi yang "terbalik".

4. Ketebalan dan Bobot Bodi

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 10

OPPO A15 memang tidak sebaik OPPO A16 pada beberapa aspek. Akan tetapi, bodinya yang lebih slim dan ringan membuatnya lebih nyaman untuk digenggam, Sebagai catatan, OPPO A15 memiliki berat sebesar 175 gram sedangkan OPPO A16 lebih berat lagi di angka 190 gram.

OPPO A15 juga hanya memiliki tingkat ketebalan yang tidak begitu besar yakni hanya 7,9 mm, sehingga akan lebih mudah dimasukkan ke kantong dan sungguh terasa pas di tangan. Di balik itu juga, OPPO A16 rupanya mengusung ketebalan 8,4 mm yang sudah tidak lagi termasuk dalam kategori tipis.

5. Kapasitas Baterai

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 12

Tidak ingin selalu bergantung pada stop kontak ataupun power bank? Dalam hal ini, OPPO A16 akan lebih cocok untuk Anda ketimbang OPPO A15. Mengapa? Karena OPPO A16 memang menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar, yakni Li-Po 5.000 mAh.

OPPO A15 juga punya baterai yang terbilang besar, namun kapasitasnya yang sebesar 4.230 mAh tentu tidak seawet OPPO A16. Keduanya sama-sama dibekali fitur Super Power Saving Mode yang dapat membuat HP bertahan hingga berjam-jam nelepon kendati sisa baterai tinggal 5% lagi.

Untuk kemampuan pengisian dayanya, cukup disayangkan keduanya hanya mengusung pengecasan 10 W saja tanpa fast charging. Menurut informasi dari laman resminya, OPPO A15 diklaim dapat bertahan selama 16 jam pada kegiatan menonton film HD online.

Sedangkan pada OPPO A16, durasi streaming video bisa berlangsung lebih lama lagi, yakni sekitar 21 jam dalam sekali cas. Tentu durasi tersebut terbilang baik pada HP 1 jutaan.

6. Resolusi Kamera Selfie

Yuk, Ketahui 7 Perbedaan OPPO A15 dan OPPO A16 Ini! 14

Baik OPPO A15 maupun OPPO A16 dihadirkan dengan resolusi kamera belakang yang sama yakni sensor wide-angle 13 MP, kamera makro 2 MP, serta lensa depth berkekuatan 2 MP. Kombinasi Triple Camera ini dipercaya mampu menunjang kebutuhan fotografi harian dengan baik.

Akan tetapi, keduanya punya perbedaan resolusi pada kamera depannya yang berbentuk waterdrop notch. Sementara OPPO A15 dibekali dengan sensor 5 MP, resolusi ini menjadi 8 MP pada OPPO A16.

Fitur-fitur kamera pada kedua ponsel ini cukup beragam, mulai dari AI Beautification yang bisa mempercantik foto selfie Anda, Dazzling Mode yang bisa membuat reproduksi warna jadi lebih hidup, hingga Filter Bokeh untuk memberikan efek background blur yang berestetika tinggi.

7. Harga

Oppo A15 A15s Cover (2)

Per Juli 2021 saat OPPO A16 dirilis, ponsel tersebut dilepas dengan harga ritel Rp1.999.000,- alias dua juta kurang seribu rupiah. Pada timeline yang sama (akhir Juli 2021), OPPO A15 dihadirkan dengan harga ritel Rp1.799.000,-.

Seperti yang bisa ditebak dari ponsel entry-level, baik OPPO A16 dan OPPO A15 sama-sama hadirkan bargain yang menarik. Kendati harganya yang tidak mencapai 2 juta, OPPO masih membekali keduanya dengan fitur-fitur yang masih oke di beberapa bagian.

Simpulan

Punya ponsel dengan harga terjangkau dari OPPO tentu sungguh menarik. OPPO A Series memang mengetahui apa yang diingkan oleh konsumennya, yakni kemampuan fotografi mumpuni, desain bodi ciamik, serta layar yang lebar.

OPPO A15 dan OPPO A16 sama-sama layak mendapatkan apresiasi dari Anda, walaupun keduanya memiliki kualitas performa yang tertinggal dari pesaingnya. Ini karena fokus utama OPPO A Series memang bukan pada performa, melainkan penggunaan all-around yang seimbang dari semua sisi. Jadi, manakah yang ingin Anda miliki?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram