15 HP OPPO dengan RAM 3 GB Terbaru (Januari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Smartphone Android memang terkenal cukup "rakus" terhadap RAM. Dulu, RAM sebesar 2 GB masih cukup untuk menunjang performanya, kini rasanya smartphone Android sudah butuh lebih dari itu. Maka dari itulah, OPPO, vendor asal Tiongkok selalu merilis HP dengan RAM yang ukurannya tergolong lebih gede.

Nah kali ini, Carisinyal akan mengulas daftar HP OPPO RAM 3 GB terbaru. Selain RAM yang besar, HP OPPO juga tentu punya keunggulan di sektor kamera selfienya dan tentu juga sektor lainnya. Berikut daftar lengkapnya.

1. OPPO A17K

OPPO A17k
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika sedang mencari ponsel OPPO Rp1 jutaan yang pakai RAM 3 GB, OPPO A17K merupakan pilihan menarik. RAM 3 GB milik HO mengusung tipe LPDDR4x, berjalan pada kecepatan 1600 MHz.

Jika RAM dirasa kurang besar, ponsel dapat menambahkan RAM secara virtual hingga 4 GB. Jadi, total keseluruhan RAM bisa mencapai 7 GB.

OPPO A17K hadir sebagai salah satu ponsel entry-level yang layak dipertimbangkan. Ponsel ini punya keunggulan utama di sisi desain bodi, menawarkan tampilan kamera yang khas dan beda dari yang lain. Bulatan lensa besar diletakkan dalam elemen visual berbentuk pil (lonjong) yang memiliki tekstur bergaris.

Karena sensor pemindai sidik jari diletakkan di samping, bodi belakang pun jadi terlihat lebih bersih. OPPO memang merupakan salah satu brand yang selalu memerhatikan sisi desain, dan ini sungguh tercermin dalam OPPO A17K.

Bodi ponsel juga mengusung sertifikasi tahan debu dan air, yakni IPX4. Artinya, HP cenderung tidak mudah rusak meski terkena tetesan air dari semua penjuru arah.

Hal ini membuatnya cocok digunakan oleh penggiat alam, sopir ojek daring, atau profesi yang sering berkutat dengan lapangan. Oh ya, layar ponsel juga dilapisi dengan pelindung Panda Glass sehingga lebih tahan terhadap goresan.

OPPO A17K juga memiliki kejutan menarik di sisi konektivitasnya. Di saat mayoritas HP lain di kelasnya masih gunakan Bluetooth 5.0 (atau bahkan Bluetooth 4.2), OPPO A17K sudah menghadirkan Bluetooth 5.3 yang lebih canggih.

Dengan Bluetooth 5.3 tersebut, aksesoris nirkabel seperti TWS, mouse, dan keyboard akan memiliki respons lebih cepat (minim lag). Jarak pendeteksian juga menjadi lebih luas.

Tapi sayangnya, ponsel hanya menggunakan chipset Helio G35 yang hanya cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari.

Absennya mikroarsitektur Cortex A7x series membuat chipset ini kurang oke untuk memainkan gim berat sekelas PUBG Mobile, apalagi Genshin Impact. Tapi jangan khawatir, ponsel masih bisa memainkan Mobile Legends dengan lancar, kok.

Jika Anda memerlukan ponsel terjangkau dengan desain bodi yang menarik dan tahan air, HP ini sungguh menarik untuk dilirik. OPPO A17K dibanderol dengan harga rilis Rp1,7 juta. Berminat?

2. OPPO A16e

oppo a16e
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

OPPO A16e rilis sebagai model baru di OPPO A series dan memiliki harga yang lebih terjangkau daripada model OPPO A16e. Karena HP yang dimiliki HP ini lebih terjangkau, maka tentu akan ada penyesuaian pada bagian spesifikasi agar setara dengan harganya. Namun, OPPO A16e juga melakukan peningkatan pada bagian lain agar seimbang dan tetap menarik perhatian.

OPPO A16e resmi rilis dengan dibekali kapasitas RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Jika pengguna masih kurang, pengguna bisa memanfaatkan slot tambahan untuk microSD yang akan memperluas kapasitas memori hingga 1 TB. Selain itu, OPPO A16e telah ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 sebagai perpaduan dari kapasitas memori yang dimilikinya.

Sedangkan bagian yang memiliki peningkatan pada HP OPPO A16e adalah bagian kamera. Sektor ini hadir dengan satu kamera belakang yang memiliki resolusi 13 MP dengan dukungan AI yang lebih baik. Kemudian pada bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

3. OPPO A16

OPPO A16
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

OPPO A16 dirilis di Indonesia dengan varian termurah seharga Rp1,9 jutaan. Varian itu memakai memori internal 32 GB dan 3 GB, cukup untuk kegiatan multitasking dan menyimpan beberapa aplikasi penting. Posisi HP ini jelas, membidik pasar kelas ponsel terjangkau. Cocok buat teman belajar siswa-siswi yang sedang menjalani belajar secara daring.

Terlebih layarnya cukup lebar, 6,52 inci, dan punya baterai tergolong besar: 5000 mAh. Orang dewasa yang demen dengan HP untuk pemakaian standar juga layak meminang OPPO A16. Desainnya yang kalem membuat Anda tidak akan malu saat memamerkan HP ini di hadapan rekan kerja.

Kendati harganya murah meriah, OPPO A16 membawa segudang fitur yang sangat berguna. Misalnya, kemampuan menangkap sinyal WiFi 5 GHz, dukungan USB OTG, hingga sensor sidik jari dan sensor kompas. Kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP rasanya sudah cukup untuk menangkap berbagai ekspresi dan aksi.

4. OPPO A15

OPPO A15
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Untungnya HP OPPO dengan RAM 3 GB masih banyak yang murah-murah. Seperti OPPO A15 ini contohnya yang dirilis di Indonesia dengan harga Rp1.999.000,- pada November 2020. RAM 3 GB ini menggunakan tipe memori LPDDR4x Dual Channel dengan frekuensi 1866 MHz, didampingi dengan memori internal 32 GB eMMC 5.1.

Selain RAM yang cukup besar di kelas harganya, OPPO A15 juga bisa menjelma sebagai alat fotografi yang cukup handal berkat konfigurasi Triple Read Cameranya, serta memiliki performa yang cukup untuk kegiatan sehari-hari menggunakan chipset Helio P35.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram