10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16e yang Wajib Dicermati

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Anda sedang mencari HP OPPO di bawah 2 juta? OPPO A16e ini bisa Anda pertimbangkan karena banderol harganya hanya Rp1 jutaan. OPPO merilis HP kelas entri ini pada Maret 2022. OPPO A16e diposisikan sebagai versi penyegar dari OPPO A16 yang dirilis pada Juli 2021.

Sebagai ponsel kelas entri, OPPO A16e ditujukan kepada mereka yang membutuhkan smartphone dasar untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Aktivitas sehari-hari itu seperti browsing, berkirim pesan, hingga menonton video.

Meski statusnya ponsel kelas entri, bukan berarti OPPO A16e tak punya sesuatu yang istimewa. Melalui artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A16e ini, Carisinyal akan coba memaparkan sisi menarik dari si ponsel beserta hal-hal lain yang mesti diperhatikan. Simak pemaparannya sampai habis!

Spesifikasi OPPO A16e

OPPO A16e
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A16e

OPPO bukanlah merek kemarin sore di dunia smartphone. Jenama ini cukup dewasa dan punya pengalaman dalam merancang HP yang menarik di berbagai kelas. Berikut ini sisi-sisi menarik dari HP kelas entri OPPO A16e.

1. Desain

oppo a16e

Semua ponsel masa kini terlihat sama saja, bukan begitu? Hal ini dapat dilihat dari perbedaan desain antarponsel yang hanya terdapat pada bagian tertentu. Bagian tertentu itu yakni bentuk kamera depan, bentuk modul kamera belakang, bentuk rangka, dan polesan penutup belakang.

Bukannya produsen malas menciptakan desain yang benar-benar baru. Akan tetapi, memang sulit untuk mengutak-atik desain ponsel zaman sekarang yang punya form factor slate (batu sabak).

Daripada pusing memikirkan seperti apa smartphone dibentuk, produsen akhirnya fokus terhadap sisi yang esensial dari suatu desain: kenyamanan. OPPO pun mendesain OPPO A16e agar bisa nyaman dioperasikan dengan satu tangan saja.

Kenyamanan HP ini diperoleh dari rangka berbentuk melengkung dengan ketebalan hanya 7,85 mm. Bukan cuma tipis, OPPO A16e juga tergolong ringan karena bobotnya 175 gram saja. Menenteng ponsel ini dalam waktu lama tak akan membuat tangan terasa pegal.

Selain nyaman dipakai, OPPO A16e juga dirancang untuk siap menghadapi cuaca yang tak menentu. Pasalnya, HP ini memiliki sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air dari segala arah. Anda pun tak perlu khawatir saat HP ini terkena tetesan air hujan.

Yang menarik lagi, OPPO A16e telah melewati serangkaian tes pengendalian mutu. Tes yang dilakukan sebelum produk dilepas ke pasar tersebut menjadi syarat kelayakan pemakaian jangka panjang.

Tes tersebut meliputi tes cabut-colok pada port microUSB si ponsel (sebanyak 10 ribu kali), tes memencet tombol volume (100 ribu kali), tes memencet tombol power (100 ribu kali), dan tes-tes penting lain. Adapun OPPO A16e tersedia dalam pilihan warna Biru dan Midnight Black.

2. Tampilan

oppo a16e

OPPO menyematkan layar berpanel IPS LCD dengan bentang 6.52 inci pada sektor tampilan OPPO A16e. Layar ini sudah cukup besar buat standar masa kini dan cukup nyaman dipakai menonton film.

Resolusinya memang masih HD+ (1600 x 720 piksel) dengan kepadatan piksel 269 ppi. Namun, resolusi HD+ justru merupakan sebuah keuntungan. Alasannya karena resolusi yang rendah membuat beban kerja chipset jadi ringan, sehingga konsumsi daya lebih irit.

Visibilitas layar OPPO A16e pun masih oke, mengingat tingkat kecerahannya mencapai 480 nit. Artinya, pemakaian di luar ruangan masih memungkinkan.

OPPO tidak lupa menyematkan fitur Eye-care pada ponsel ini guna menjaga kesehatan mata pengguna. Fitur ini dapat mengurangi emisi cahaya biru dengan cara mengubah temperatur warna layar.

Adapun layar OPPO A16e mendukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz. Layar HP ini memiliki rentang warna 71% NTSC. Layar OPPO A16e sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 3 supaya tahan goresan.

3. Baterai

oppo a16e

OPPO A16e menggendong baterai dengan kapasitas yang sudah lumayan besar, yakni 4230 mAh. Dengan gaya pemakaian standar, baterai ini mampu menjaga si ponsel untuk bisa menyala sehari penuh.

Baterai tersebut didukung dengan teknologi pengisian daya 10W. Memang tidak kencang, tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan mengecas HP ini pada malam hari menjelang tidur.

Lantas, apakah tidak berbahaya mengecas HP ini semalaman? Tentu saja tidak karena OPPO A16e memiliki fitur Optimized Night Charging. Cara kerja fitur ini sederhana. Ia memanfaatkan AI (kecerdasan buatan) untuk mengamati kebiasaan pengguna saat mengecas baterai HP.

Fitur tersebut kemudian akan membiarkan listrik dari charger mengalir ke ponsel, sampai baterai terisi 80%. Pengecasan pun diputus sementara meski charger tetap tertancap ke sumber listrik.

Pengecasan kemudian dilanjutkan sampai 100% sesaat sebelum pengguna bangun tidur. Insiden overcharged pun bisa dihindari. Alhasil, baterai si ponsel akan memiliki usia yang lebih panjang.

4. Slot

oppo a16e

Sampai artikel ini ditulis, OPPO A16e yang dijual di Indonesia hanya memiliki varian memori 3/32 GB. OPPO belum memberi sinyal apakah akan merilis varian 4/64 GB atau tidak.

RAM 3 GB sebetulnya sudah cukup untuk memperlancar aktivitas multitasking. Namun, memori internal 32 GB agak mepet. Beruntung OPPO A16e dibekali tiga slot yang bisa menampung dua kartu SIM dan satu kartu microSD sekaligus.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram