carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16e yang Wajib Dicermati

Anda sedang mencari HP OPPO di bawah 2 juta? OPPO A16e ini bisa Anda pertimbangkan karena banderol harganya hanya Rp1 jutaan. OPPO merilis HP kelas entri ini pada Maret 2022. OPPO A16e diposisikan sebagai versi penyegar dari OPPO A16 yang dirilis pada Juli 2021.

Sebagai ponsel kelas entri, OPPO A16e ditujukan kepada mereka yang membutuhkan smartphone dasar untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Aktivitas sehari-hari itu seperti browsing, berkirim pesan, hingga menonton video.

Meski statusnya ponsel kelas entri, bukan berarti OPPO A16e tak punya sesuatu yang istimewa. Melalui artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A16e ini, Carisinyal akan coba memaparkan sisi menarik dari si ponsel beserta hal-hal lain yang mesti diperhatikan. Simak pemaparannya sampai habis!

Spesifikasi OPPO A16e

OPPO A16e
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A16e

OPPO bukanlah merek kemarin sore di dunia smartphone. Jenama ini cukup dewasa dan punya pengalaman dalam merancang HP yang menarik di berbagai kelas. Berikut ini sisi-sisi menarik dari HP kelas entri OPPO A16e.

1. Desain

oppo a16e

Semua ponsel masa kini terlihat sama saja, bukan begitu? Hal ini dapat dilihat dari perbedaan desain antarponsel yang hanya terdapat pada bagian tertentu. Bagian tertentu itu yakni bentuk kamera depan, bentuk modul kamera belakang, bentuk rangka, dan polesan penutup belakang.

Bukannya produsen malas menciptakan desain yang benar-benar baru. Akan tetapi, memang sulit untuk mengutak-atik desain ponsel zaman sekarang yang punya form factor slate (batu sabak).

Daripada pusing memikirkan seperti apa smartphone dibentuk, produsen akhirnya fokus terhadap sisi yang esensial dari suatu desain: kenyamanan. OPPO pun mendesain OPPO A16e agar bisa nyaman dioperasikan dengan satu tangan saja.

Kenyamanan HP ini diperoleh dari rangka berbentuk melengkung dengan ketebalan hanya 7,85 mm. Bukan cuma tipis, OPPO A16e juga tergolong ringan karena bobotnya 175 gram saja. Menenteng ponsel ini dalam waktu lama tak akan membuat tangan terasa pegal.

Selain nyaman dipakai, OPPO A16e juga dirancang untuk siap menghadapi cuaca yang tak menentu. Pasalnya, HP ini memiliki sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air dari segala arah. Anda pun tak perlu khawatir saat HP ini terkena tetesan air hujan.

Yang menarik lagi, OPPO A16e telah melewati serangkaian tes pengendalian mutu. Tes yang dilakukan sebelum produk dilepas ke pasar tersebut menjadi syarat kelayakan pemakaian jangka panjang.

Tes tersebut meliputi tes cabut-colok pada port microUSB si ponsel (sebanyak 10 ribu kali), tes memencet tombol volume (100 ribu kali), tes memencet tombol power (100 ribu kali), dan tes-tes penting lain. Adapun OPPO A16e tersedia dalam pilihan warna Biru dan Midnight Black.

2. Tampilan

oppo a16e

OPPO menyematkan layar berpanel IPS LCD dengan bentang 6.52 inci pada sektor tampilan OPPO A16e. Layar ini sudah cukup besar buat standar masa kini dan cukup nyaman dipakai menonton film.

Resolusinya memang masih HD+ (1600 x 720 piksel) dengan kepadatan piksel 269 ppi. Namun, resolusi HD+ justru merupakan sebuah keuntungan. Alasannya karena resolusi yang rendah membuat beban kerja chipset jadi ringan, sehingga konsumsi daya lebih irit.

Visibilitas layar OPPO A16e pun masih oke, mengingat tingkat kecerahannya mencapai 480 nit. Artinya, pemakaian di luar ruangan masih memungkinkan.

OPPO tidak lupa menyematkan fitur Eye-care pada ponsel ini guna menjaga kesehatan mata pengguna. Fitur ini dapat mengurangi emisi cahaya biru dengan cara mengubah temperatur warna layar.

Adapun layar OPPO A16e mendukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz. Layar HP ini memiliki rentang warna 71% NTSC. Layar OPPO A16e sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 3 supaya tahan goresan.

3. Baterai

oppo a16e

OPPO A16e menggendong baterai dengan kapasitas yang sudah lumayan besar, yakni 4230 mAh. Dengan gaya pemakaian standar, baterai ini mampu menjaga si ponsel untuk bisa menyala sehari penuh.

Baterai tersebut didukung dengan teknologi pengisian daya 10W. Memang tidak kencang, tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan mengecas HP ini pada malam hari menjelang tidur.

Lantas, apakah tidak berbahaya mengecas HP ini semalaman? Tentu saja tidak karena OPPO A16e memiliki fitur Optimized Night Charging. Cara kerja fitur ini sederhana. Ia memanfaatkan AI (kecerdasan buatan) untuk mengamati kebiasaan pengguna saat mengecas baterai HP.

Fitur tersebut kemudian akan membiarkan listrik dari charger mengalir ke ponsel, sampai baterai terisi 80%. Pengecasan pun diputus sementara meski charger tetap tertancap ke sumber listrik.

Pengecasan kemudian dilanjutkan sampai 100% sesaat sebelum pengguna bangun tidur. Insiden overcharged pun bisa dihindari. Alhasil, baterai si ponsel akan memiliki usia yang lebih panjang.

4. Slot

oppo a16e

Sampai artikel ini ditulis, OPPO A16e yang dijual di Indonesia hanya memiliki varian memori 3/32 GB. OPPO belum memberi sinyal apakah akan merilis varian 4/64 GB atau tidak.

RAM 3 GB sebetulnya sudah cukup untuk memperlancar aktivitas multitasking. Namun, memori internal 32 GB agak mepet. Beruntung OPPO A16e dibekali tiga slot yang bisa menampung dua kartu SIM dan satu kartu microSD sekaligus.

Nah, adanya ruang khusus untuk kartu microSD membuat memori internal bisa lebih lega. Anda tinggal memasang microSD guna menampung file selain aplikasi dan game. microSD yang bisa dipasang maksimal 1TB.

Dengan demikian, Anda bisa mendedikasikan memori internal 32 GB di HP ini untuk meng-install aplikasi dan game.

5. Sensor

oppo a16e

Tak disangka OPPO A16e memiliki sensor yang cukup lengkap. Kelengkapan sensor merupakan hal yang cukup istimewa bagi smartphone Rp1 jutaan. Sensor-sensor esensial yang dimiliki HP ini mencakup sensor akselerometer, proksimitas, cahaya, dan kompas.

Keberadaan sensor cahaya membuat OPPO A16e mampu melakukan penyesuaian tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Sementara itu, seperti namanya, sensor kompas berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin.

6. Konektivitas

oppo a16e

OPPO A16e tidak mendukung konektivitas 5G. Itu benar dan sangat wajar buat HP di kelas harga Rp1 jutaan. Namun, konektivitas HP ini sudah cukup memadai. Ia jelas mendukung kenektivitas 4G LTE.

Selain itu, ada Bluetooth 5.0, WiFi 5, dan jack audio 3,5 mm. Bluetooth 5.0 tergolong baru dan oke digunakan buat yang suka mendengarkan musik via TWS. Bluetooth generasi ini sudah hemat daya dengan latensi yang rendah.

Kemudian, dukungan WiFi 5 membuat HP ini bisa tersambung ke jaringan WiFi dengan frekuensi 5 GHz. WiFi 5 memliki kecepatan 6 kali lebih kencang ketimbang WiFi 4 (2,4 Ghz). Kecepatan koneksi WiFi 5 disebut bisa tembus 3,5 Gbps.

Adapun audio jack 3,5 mm berguna bagi Anda yang lebih menyukai mendengarkan musik dengan headset kabel. Audio jack 3,5 mm kini menjadi hal yang langka lantaran mulai ditinggalkan oleh ponsel kelas atas dan kelas menengah.

Kekurangan OPPO A16e

OPPO A16e memang ponsel yang menarik. Namun demikian, HP ini bukanlah ponsel yang akan cocok buat semua orang. Terutama apabila Anda tidak bisa menoleransi beberapa hal berikut.

1. Performa

MediaTek Helio P22

OPPO A16e ditenagai SoC atau chipset MediaTek Helio P22. SoC ini memiliki konfigurasi delapan inti CPU yang seluruhnya dirancang dengan arsitektur Cortex A53 (2,0 GHz). Helio P22 juga mengandung GPU PowerVR GE8320 (650 MHz) untuk urusan pemrosesan grafis.

SoC dengan fabrikasi 12 nm ini masuk kategori uzur karena sudah diperkenalkan sejak 2018. Helio P22 juga bukan SoC yang kencang. Penyebabnya ada dua: tidak ada Cortex A7x pada barisan CPU dan GPU-nya jadul.

Skor-skor benchmark sintetis yang dicatat nanoreview memberi indikasi bahwa Helio P22 memang bukan SoC dengan performa tinggi. Skor AnTuTu 9 SoC ini hanya 101.845. Sementara itu, skor single-core dan multi-core-nya pada GeekBench 5 adalah 156 dan 744.

Helio P22 plus RAM 3 GB pada dapur pacu OPPO A16e jelas tidak akan menggigit jika dipakai buat main gim. Khususnya gim-gim populer dengan tingkat kerumitan grafis yang tinggi. Namun, performa untuk pemakaian sehari-hari masih cukup lancar.

2. Colokan

oppo a16eSumber: Tech 612

Sayang sekali OPPO A16e belum dipasangi colokan USB C. Ia masih memakai colokan microUSB yang ketinggalan zaman. Tidak adanya colokan USB C membuat HP ini kehilangan satu manfaat krusial.

Manfaat itu adalah keluwesan untuk mencolokkan kabel USB, mau terbalik atau tidak sama saja. Hal yang seperti itu tentu tidak bisa dilakukan oleh microUSB. Anda harus memperhatikan dengan cermat mana bagian atas dan mana bagian bawah agar tidak salah colok.

3. Fitur Keamanan

fitur keamanan oppo a16e

OPPO A16e memang punya sensor-sensor esensial yang lengkap. Hanya saja, ia sensor pemindai sidik jari masih absen. Praktis Anda hanya bisa memanfaatkan pin angka dan sandi pola sebagai pengaman kunci ponsel.

Selain itu, ada juga pemindai wajah. Fitur yang satu ini memang cukup instan untuk membuka kunci ponsel. Namun, pemindai wajah tak bisa beroperasi saat digunakan di lingkungan yang gelap.

4. Kamera

oppo a16e

OPPO sebetulnya sudah tepat dengan tidak membekali kamera gimmick pada HP ini. Ya, OPPO A16e tidak punya kamera makro dan sensor kedalaman. Kamera belakangnya hanya satu biji, yakni kamera utama autofokus 13 MP dengan bukaan f/2.2.

Sementara itu, kamera depan fixed focus-nya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.4. Baik kamera belakang dan depan mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. OPPO membekali kamera HP ini dengan dua fitur yang cukup berguna.

Fitur itu adalah Backlight HDR dan filter malam hari. Fitur yang pertama berfungsi untuk menjaga wajah tetap tampil jelas dalam foto.

Utamanya ketika foto diambil pada kondisi pencahayaan ruangan yang minim, atau di lingkungan outdoor yang rawan backlight. Sedangkan filter malam hari berfungsi untuk mempercantik tone warna foto pada malam hari.

Nah, apa yang kurang dari sektor kamera HP ini? Benar, tidak ada kamera dengan lensa ultra-wide. Oleh sebab itu, pengguna tidak bisa mengambil foto dengan sudut pengambilan lebar.

Meski begitu, ketiadaan kamera ultra-wide masih bisa dimaklumi. Menghilangkan kamera ultra-wide jelas merupakan salah satu upaya OPPO agar bisa membanderol HP ini dengan harga semurah mungkin. Berikut contoh jepretan kamera OPPO A16e yang bisa Anda nilai sendiri:

jepretan kamera oppo a16eSumber: Tech 612
jepretan kamera oppo a16eSumber: Tech 612
jepretan kamera oppo a16eSumber: Tech 612

Simpulan

Tidak semua orang membutuhkan smartphone berkemampuan tinggi untuk pekerjaan berat. Itu jelas, karena ada juga orang yang memerlukan smartphone sekadar sebagai alat komunikasi. OPPO A16e pun memenuhi akan hal itu.

Walau demikian, HP ini tidak dibikin seadanya. Beberapa fitur yang esensial disuntikkan OPPO agar ponsel ini punya nilai plus di kelas Rp1 jutaan. Misalnya seperti sertifikasi IPX4, proteksi Gorilla Glass 3, teknologi Optimized Night Charging, dan sensor kompas.

Sementara itu, gaming dan fotografi memang bukan pekerjaan yang bisa ditangani dengan baik oleh ponsel yang satu ini. Akan tetapi, untuk menunjang aktivitas sehari-hari, OPPO A16e sudah memadai.

OPPO A16e pun masih layak dipertimbangkan oleh orang dengan berbagai macam latar belakang. Mulai dari pelajar yang membutuhkan perangkat untuk belajar online, hingga driver ojek online yang perlu HP tahan cipratan air hujan. Bagaimana, tertarik dengan HP ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram