Yuk, Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

OPPO Indonesia selalu rajin merilis ponsel seri A setelah ponsel jagoan mereka dirilis lebih dulu. Contohnya seri A16 ini yang diumumkan kehadirannya setelah kemunculan OPPO Reno6 di Indonesia pada Juli 2021. Rencannya, OPPO A16 rilis di pasaran akhir Juli 2021 dan kemungkinan sudah berbedar di pasaran.

OPPO A16 sendiri merupakan ponsel yang jadi penerus OPPO A15. Seri OPPO A15 sebenarnya punya penerus lain, yakni OPPO A15s. Namun, tentu saja seri tambahan tersebut biasanya berupa variasi dari seri sebelumnya.

Di pasaran, OPPO A16 dijual pada rentang harga di bawah Rp2 juta,. Dengan banderol harga tersebut, apakah cukup menarik untuk membeli OPPO A16? Sebelum membeli, ada baiknya melihat ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO A16 berikut ini.

Ulasan ini dapat diadikan referensi untuk memberikan penilaian atau jadi landasan sebelum meminang si ponsel. Namun, ulasan bukan sesuatu yang mutlak karena semuanya kembali kepada pembeli. Sebelum ke pembahasan, yuk simak spesifikasi singkat OPPO A16 sebagai berikut:

Spesifikasi OPPO A16

OPPO A16
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A16

Kelebihan adalah alasan utama mengapa ponsel dinilai baik dan layak untuk dibeli. Beberapa poin di bawah ini akan menggambarkan kelebihan OPPO A16 ditinjau dari berbagai sisi. Mari simak satu per satu!

1. Desain Terlihat Bagus

OPPO A16 bIsa dibilang merupakan ponsel yang menarik dari sisi desain. OPPO menghadirkan ponsel ini dengan ketebalan 8,4 mm saja. Sementara untuk dimensi, ponsel ini hadir dengan dimensi 163,8 x 75,6 x 8,4 mm dengan bobot 190 g. Sedikit mirip dengan dimensi bodi OPPO A54 yang punya dimensi 163,6 x 75,7 x 8,4 mm dengan bobot 192 g.

Meski demikian, desain bodi ponsel ini menarik karena OPPO mengklaim desainnya tampak berkilau dan metalik. Bodinya punya lengkungan 3D sehingga membuat ponsel ini tampak stylish. Warna yang ditawarkan juga menarik. Ada Crystal Black yang hadirkan warna hitam yang mengklipa di bawah lampu. Ada Space Silver yang merupakan desain warna memsona, futuristik, dan diklaim anti sidik jari.

Kanal Youtube Julian Pratama menyatakan kalau desain OPPO A16 sangat sempurna. Desainnya membuat seri ini berbeda dibandingkan seri A lainnya. Selain itu, menurutnya, desainnya tampak lebih mewah. Terlebih kameranya punya modul persegi yang menarik.

2. Layar HD+ Eye Care

OPPO A16

OPPO A16 dibekali dengan layar berukuran cukup besar untuk standar zaman sekarang. Yakni 6,51 yang berpanel IPS LCD. Layarnya hadir dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Panel IPS di ponsel ini jelas bukan sesuatu yang perlu dikritisi. Jangan minta AMOLED tentunya untuk kelas harga di bawah Rp2 jutaan.

Layarnya sendiri tergolong cukup baik berkat dukungan Eye Care. Teknologi ini akan membuat mata nyaman untuk menatap layar dalam jangka waktu lama. Oh yah, layarnya sendiri hanya 60 Hz.

Layar di ponsel ini tampak serupa dengan OPPO A54. OPPO A54 sendiri punya bentukan layar yang serupa. Ia juga punya fitur untuk membuat mata lebih sehat. hanya saja fitur perlindungan di OPPO A54 lebih lengkap, yakni Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan Eye Comfort Mode.

Untuk diketahui, efek burn-in singkatnya adalah munculnya bayangan atau perbedaan warna tampilan, seiring umur pemakaian. Sektor tampilan ponsel ini pun tergolong oke untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari, apalagi OPPO menyematkan tiga fitur tepat guna.

Karena harga OPPO A54 lebih mahal, jelas fitur perlindungan mata di OPPO A16 yang hanya satu saja masih bisa dimaklumi. Tentu akan lebih baik jika teknologi pelindung layarnya lebih banyak.

3. Android 11 dan ColorOS 11.1

OPPO A16

Hal yang patut diapresiasi dari ponsel ini adalah kehadiran Android 11. Sebuah ponsel dari OPPO hadir dengan kemasan Android 11 tentu patut diapresiasi. Sebelumnya, OPPO sempat rilis OPPO A54 yang saat meluncur tidak menawarkan Android 11. Padahal, Android 11 sudah diumumkan.

Selain dukungan Android 11, ponsel ini juga sudah memakai ColorOS 11.1 yang kaya fitur. Fitur seperti mode gelap untuk tampilan antarmuka, saat menonton Youtube, atau saat mendengarkan musik. Ada juga fitur praktis menerjemahkan hanya dengan tiga jari saja.

Selain itu, ada juga fitur keamanan untuk pengisian daya. Menurut OPPO, pengisian daya di ponsel ini sudah teruji ama. Namun untuk menunjang optimalisasi pengisian yang lebih baik, OPPO hadirkan AI Optimized Night Charge untuk melindungi perangkat OPPO A16 dari pengisian daya, sementara kontrol temperatur pengisian mampu membuat ponsel tetap dingin.

4. Peningkatan Kamera Depan

OPPO A16

OPPO A16 hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini punya fitur HDR dan dukungan rekaman video 1080 piksel 30 fps. Kamera depannya ini patut diapresiasi karena punya peningkatan dibandingkan OPPO A15 yang hanya 5 MP saja.

Selain itu, OPPO mengklaim jika kamera depan ponsel ini punya 8 juta megapiksel yang dapat menghasilkan foto selfie sejernih kristal. Kamera depannya dioptimalkan agar foto punya kualitas yang lebih jernih. Terlebih kamera depannya juga dilengkapi kamera AI Beautification yang punya kemampuan meningkatkan warna kulit sekaligus mempertahankan detail terbaik Anda.

5. Baterai Mumpuni

OPPO A16

Kalau dilihat dari ukurannya yang tidak begitu besar, OPPO A16 ini dapatkan dikatakan mengandung baterai yang biasa-biasa saja. Ternyata ukuran baterai disematkan cukup besar, lho. Benar, baterai litium polimer yang ada di dalam bodi OPPO A16 punya kapasitas 5.000 mAh.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram