carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 5 Oktober 2021

OPPO Indonesia selalu rajin merilis ponsel seri A setelah ponsel jagoan mereka dirilis lebih dulu. Contohnya seri A16 ini yang diumumkan kehadirannya setelah kemunculan OPPO Reno6 di Indonesia pada Juli 2021. Rencannya, OPPO A16 rilis di pasaran akhir Juli 2021 dan kemungkinan sudah berbedar di pasaran.

OPPO A16 sendiri merupakan ponsel yang jadi penerus OPPO A15. Seri OPPO A15 sebenarnya punya penerus lain, yakni OPPO A15s. Namun, tentu saja seri tambahan tersebut biasanya berupa variasi dari seri sebelumnya.

Di pasaran, OPPO A16 dijual pada rentang harga di bawah Rp2 juta,. Dengan banderol harga tersebut, apakah cukup menarik untuk membeli OPPO A16? Sebelum membeli, ada baiknya melihat ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO A16 berikut ini.

Ulasan ini dapat diadikan referensi untuk memberikan penilaian atau jadi landasan sebelum meminang si ponsel. Namun, ulasan bukan sesuatu yang mutlak karena semuanya kembali kepada pembeli. Sebelum ke pembahasan, yuk simak spesifikasi singkat OPPO A16 sebagai berikut:

Spesifikasi OPPO A16

OPPO A16
  • Rilis: Juli, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,52 inci, HD+ (1600 x 720 piksel)
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB eMMC 5.1
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Kelebihan OPPO A16

Kelebihan adalah alasan utama mengapa ponsel dinilai baik dan layak untuk dibeli. Beberapa poin di bawah ini akan menggambarkan kelebihan OPPO A16 ditinjau dari berbagai sisi. Mari simak satu per satu!

1. Desain Terlihat Bagus

Yuk, Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16 2

OPPO A16 bIsa dibilang merupakan ponsel yang menarik dari sisi desain. OPPO menghadirkan ponsel ini dengan ketebalan 8,4 mm saja. Sementara untuk dimensi, ponsel ini hadir dengan dimensi 163,8 x 75,6 x 8,4 mm dengan bobot 190 g. Sedikit mirip dengan dimensi bodi OPPO A54 yang punya dimensi 163,6 x 75,7 x 8,4 mm dengan bobot 192 g.

Meski demikian, desain bodi ponsel ini menarik karena OPPO mengklaim desainnya tampak berkilau dan metalik. Bodinya punya lengkungan 3D sehingga membuat ponsel ini tampak stylish. Warna yang ditawarkan juga menarik. Ada Crystal Black yang hadirkan warna hitam yang mengklipa di bawah lampu. Ada Space Silver yang merupakan desain warna memsona, futuristik, dan diklaim anti sidik jari.

Kanal Youtube Julian Pratama menyatakan kalau desain OPPO A16 sangat sempurna. Desainnya membuat seri ini berbeda dibandingkan seri A lainnya. Selain itu, menurutnya, desainnya tampak lebih mewah. Terlebih kameranya punya modul persegi yang menarik.

2. Layar HD+ Eye Care

OPPO A16

OPPO A16 dibekali dengan layar berukuran cukup besar untuk standar zaman sekarang. Yakni 6,51 yang berpanel IPS LCD. Layarnya hadir dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Panel IPS di ponsel ini jelas bukan sesuatu yang perlu dikritisi. Jangan minta AMOLED tentunya untuk kelas harga di bawah Rp2 jutaan.

Layarnya sendiri tergolong cukup baik berkat dukungan Eye Care. Teknologi ini akan membuat mata nyaman untuk menatap layar dalam jangka waktu lama. Oh yah, layarnya sendiri hanya 60 Hz.

Layar di ponsel ini tampak serupa dengan OPPO A54. OPPO A54 sendiri punya bentukan layar yang serupa. Ia juga punya fitur untuk membuat mata lebih sehat. hanya saja fitur perlindungan di OPPO A54 lebih lengkap, yakni Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan Eye Comfort Mode.

Untuk diketahui, efek burn-in singkatnya adalah munculnya bayangan atau perbedaan warna tampilan, seiring umur pemakaian. Sektor tampilan ponsel ini pun tergolong oke untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari, apalagi OPPO menyematkan tiga fitur tepat guna.

Karena harga OPPO A54 lebih mahal, jelas fitur perlindungan mata di OPPO A16 yang hanya satu saja masih bisa dimaklumi. Tentu akan lebih baik jika teknologi pelindung layarnya lebih banyak.

3. Android 11 dan ColorOS 11.1

OPPO A16

Hal yang patut diapresiasi dari ponsel ini adalah kehadiran Android 11. Sebuah ponsel dari OPPO hadir dengan kemasan Android 11 tentu patut diapresiasi. Sebelumnya, OPPO sempat rilis OPPO A54 yang saat meluncur tidak menawarkan Android 11. Padahal, Android 11 sudah diumumkan.

Selain dukungan Android 11, ponsel ini juga sudah memakai ColorOS 11.1 yang kaya fitur. Fitur seperti mode gelap untuk tampilan antarmuka, saat menonton Youtube, atau saat mendengarkan musik. Ada juga fitur praktis menerjemahkan hanya dengan tiga jari saja.

Selain itu, ada juga fitur keamanan untuk pengisian daya. Menurut OPPO, pengisian daya di ponsel ini sudah teruji ama. Namun untuk menunjang optimalisasi pengisian yang lebih baik, OPPO hadirkan AI Optimized Night Charge untuk melindungi perangkat OPPO A16 dari pengisian daya, sementara kontrol temperatur pengisian mampu membuat ponsel tetap dingin.

4. Peningkatan Kamera Depan

OPPO A16

OPPO A16 hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini punya fitur HDR dan dukungan rekaman video 1080 piksel 30 fps. Kamera depannya ini patut diapresiasi karena punya peningkatan dibandingkan OPPO A15 yang hanya 5 MP saja.

Selain itu, OPPO mengklaim jika kamera depan ponsel ini punya 8 juta megapiksel yang dapat menghasilkan foto selfie sejernih kristal. Kamera depannya dioptimalkan agar foto punya kualitas yang lebih jernih. Terlebih kamera depannya juga dilengkapi kamera AI Beautification yang punya kemampuan meningkatkan warna kulit sekaligus mempertahankan detail terbaik Anda.

5. Baterai Mumpuni

OPPO A16

Kalau dilihat dari ukurannya yang tidak begitu besar, OPPO A16 ini dapatkan dikatakan mengandung baterai yang biasa-biasa saja. Ternyata ukuran baterai disematkan cukup besar, lho. Benar, baterai litium polimer yang ada di dalam bodi OPPO A16 punya kapasitas 5.000 mAh.

Di atas kertas, baterai 5.000 mAh dapat membuat OPPO A16 menemani penggunanya seharian penuh. Sesuatu yang memang tidak berlebihan mengingat resolusi layar OPPO A16 ini hanya HD+. Berdasarkan klaim OPPO, dalam kondisi baterai penuh, OPPO A16 dapat digunakan menikmati Youtube selama 21 jam. Baterai yang tersisa hanya 5% saja.

Selain itu, ada Super Power Saving Mode yang memungkinkan ponsel dapat digunakan menelepon di kondisi 5% dalam waktu 1 jam. Ada juga fitur Super Nighttime Standby Mode yang akan mengurangi konsumsi daya di malam hari sebesar 1,21 persen. Kanal Youtube Julian Pratama juga mengamini kalau daya tahan baterai posnel ini tergolong awet.

6. Sensor Sidik Jari Samping dan Kompas

OPPO A16

OPPO A16 memang dihadirkan untuk mengisi segmen ponsel kelas harga terjangkau. Meski ada di kelas murah, sensor-sensor yang dimilikinya tergolong lengkap, Ada sensor geomagnetik, akselerometer, cahaya, jarak, hingga kompas. Sensor giroskop saja yang belum ada di ponsel ini yang memang cukup umum.

Yang menarik, ponsel ini mendukung sensor sidik jari di bagian samping. Kehadiran sensor ini patut diapresiasi mengingat jarang sekali ponsel di kelas harga terjangkau punya sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power.

7. Mendukung Wi-FI AC dan Bluetooth 5.0

OPPO A16

OPPO A16 juga punya port USB Type C yang tentu jadi satu hal peningkatan yang patut diapresiasi. Pasalnya, OPPO A15 belum mendukung port ini. Selain itu, OPPO A16 sudah mendukung USB On-The Go. Selain itu, ponsel ini sudah mendukung Wi-Fi AC dan Bluetooth 5.O.

Sekadar informasi, umumnya jaringan internet yang disalurkan via Wi-Fi generasi 4 (2,4 GHz) memang sudah cukup kencang, maksimum 600 Mbps. Sayanngya, Wi-Fi sering mendapat ketidakstabilan ketika berada di kondisi perumahan atau lingkungan yang padat. Untuk mengatasi masalah tersebut, hadir Wi-Fi 5 yang punya 5 GHz. Wi-Fi ini juga sering disebut Wi-Fi ac.

Sementara Bluetooth 5.0 akan sangat berguna untuk laju transfer data yang tinggi, stabil, dan irit daya. Terlebih jika memakai ponsel ini dengan perangkat audio Bluetooth dengan versi yang sama. Hal ini akan membuat suara yang keluar tidak mengalami delay. Meskipun tentu, perangkat yang berbeda akan menghasilkan performa audio yang berbeda.

Kekurangan OPPO A16

OPPO A16 memang bukan ponsel yang sempurna. Pasalnya, ponsel yang satu ini memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan itu mungkin bisa kamu maklumi ataupun tidak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Hasil Foto Oke tapi Bukan yang Terbaik

OPPO A16

OPPO A16 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. Kamera belakangnya terdiri atas lensa utama 13 MP f/2.2, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 2 MP f/2.4. Sementara itu, ada satu lingkaran kamera depan 16 MP f/2.0 di pojok kiri yang membuat layar ponsel ini bergaya punch hole yang sudah dibahas di poin sebelumnya pada bagian kelebihan.

Hasil foto jepretan kamera OPPO A16 sendiri punya desain yang keren dengan persegi yang melingkupinya. Sementara untuk mode kameranya, ponsel ini punya berbagai mode kamera yang lengkap. Lantas, bagaimana dengan hasil fotonya?

Kanal Youtube Julian Pratama menyatakan jika hasil foto ponsel ini punya warna yang akurat. Namun, menurutnya hasil foto ponsel ini bukan yang terbaik. Selain itu, karena ada efek memperhalus foto, noise kamera cenderung buruk. Sesuatu yang sebenarnya bisa diperbaiki kedepannya.

2. Performa Kurang Bersaing

OPPO A16

Seluruh kekuatan yang dimiliki OPPO A16 dikendalikan oleh chipset MediaTek Helio G35. Chipset delapan inti ini dibikin dengan proses fabrikasi 12 nm. Helio P35 merupakan gabungan antara 8 CPU berarsitektur Cortex A53 yang berjalan di kecepatan 2,3 GHz, dengan GPU PowerVR GE8320 (680 GHz).

Chipset ini pada dasarnya cenderung mirip dengan Helio P35 yang tertanam di OPPO A15. Karena itu, sebenarnya performanya tidak terlalu jauh. Keduanya merupakan chipset yang kurang bertenaga karena tidak memiliki CPU atau core klaster kencang. Seluruh core berarsitektur Cortex A53 yang dimiliki chipset keluaran 2019 ini berkarakter hemat daya. Tidak ada core Cortex A7x di chipset ini.

Untuk bermain gim, jelas ini bukan chipset yang oke. Apalagi cuman punya dukungan RAM 3 GB. Namun, untuk pemakaian kasual seperti browsing, bermain aplikasi media sosial, menonton video, dan mendengarkan musik tergolong layak.

3. Berada di Segmen Pasar yang Ketat

OPPO A16

OPPO A16 berada di banderol harga Rp1,9 juta. Harga di online biasanya lebih murah. Namun yang pasti, OPPO A16 berada di pasar yang cenderung ketat. Di kelas harga ini, ada banyak ponsel menarik seperti realme Narzo 20, realme Narzo 20A, Redmi 9, POCO M3, dan lainnya. Bahkan, Advan GX juga ada di kelas harga ini.

Tentu saja setiap produk punya pasarnya sendiri. Bisa saja bagi sebagian orang, fitur-fitur yang ada di ponsel ini sangat dibutuhkan. Karena pada dasarnya tidak ada produk yang bena-benar sempurna.

Simpulan

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO A16. Ponsel ini memang bukan dihadirkan untuk mengakomodasi semua kalangan. Namun, dengan daya tarik seperti desain yang oke, baterai yang irit, dukungan fitur ColorOS dan dukungan Wi-Fi 5 jadi sesuatu hal yang menarik dari ponsel ini. Namun, sekali lagi, ponsel ini berada di kelas harga yang cukup ketat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram