carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17 Ini

Ditulis oleh Aris Wibowo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

OPPO A17 merupakan HP yang ditunjukkan untuk kelas entry-level. Untuk pasar ini, penggunaan ponsel biasanya tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi tetapi. Namun, jelas tidak boleh jelek-jelek amat.

Untuk itulah OPPO A17 dibekali spesifikasi yang tidak terlalu mewah. Walaupun demikian, OPPO menjanjikan fitur yang dihadirkan tetap berkualitas mendekati fitur di HP flagship

OPPO bahkan tetap menghadirkan kamera belakang baru, sehingga menghasilkan gambar yang lebih bagus. Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai OPPO A17 ini? Simak sneak-peak kelebihan kekurangan OPPO A17 pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain mewah meski kelas entry-level
Chipet biasa saja untuk kelas harganya
Layar IPS HD+ dengan kualitas yang masih bisa diterima
Refresh rate layar hanya 60 Hz
ColorOS 12 dengan sistem keamanan
Tanpa stereo speaker
Kamera 50 MP yang cukup oke untuk kelas harganya
5000 mAh tanpa fast charging
Kamera tanpa sensor ultra-wide
Masih microUSB

Pembahasan selengkapnya mengenai HP ini akan Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A17, setelah rincian spesifikasi HP-nya di bawah ini.

Spesifikasi OPPO A17

OPPO A17
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO A17

Ada empat poin kelebihan yang kami temukan pada HP satu ini. Poin-poin ini merupakan kekuatan utama dari OPPO A17. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Mewah Meski Kelas Entry-Level

oppo A17_

Mencoba menghadirkan ponsel yang nyaman, murah, namun tetap mewah, OPPO A17 hadir dengan desain yang berbeda jika dibandingkan OPPO A16 dan OPPO 15.

OPPO A17 hadir dengan desain retro ultra slim dengan bingkai tengah dan tepian datar. Desain ini membuat tampilan lebih ramping dan premium. Bodi belakangnya hadir dengan pemrosesan komposit yang membuat tampilan dan tekstur yang mirip kulit. Tekstur bagian dalam ini diembos dengan butiran kulit ringan dan bagian luarnya dilapisi lapisan UV.

Sementara itu, bagian bodi belakang ini juga nampak lebih bersih karena menggunakan modul kamera berbentuk lingkaran berjumlah 2 buah. Modul pertama berisi kamera utama berada di atas dan di bawahnya ada modul kedua berisi kamera depth dan LED Flash.

Untuk sidik jari, HP ini sudah menempatkan sensornya di bodi samping menyatu dengan tombol power. Penempatan sensor ini dianggap yang ideal untuk membuka secara cepat.

oppo a17 desain_

Beralih ke bagian depan, HP OPPO ini masih mengusung desain yang menyerupai seri sebelumnya. Sebagai ponsel entry-level, A17 masih menggunakan tipe poni model waterdrop. Ini memang sedikit mengecewakan karena di harga yang sama sudah ada produk Android murah dengan desain yang lebih kekinian.

Selain modul kamera dan bodi belakang yang unik, OPPO A17 juga nyaman digenggam. Bodi HP ini memiliki dimensi 164.2 x 75.6 x 8.3 mm berikut bobot 189 gram.

Terakhir, OPPO A17 sedikit lebih unggul dibanding ponsel murah lainnya karena sudah dilengkapi sertifikasi IPX4 yang membuat HP ini punya ketahanan terhadap cipratan air dari bagian sisi kanan kiri dan atas.

2. Layar IPS HD+ dengan Kualitas yang Masih Bisa Diterima

oppo A17 layar_

Mencoba menyasar pasar HP entry-level dengan serius, OPPO A17 dibekali spesifikasi layar yang tidak bisa diremehkan. Dalam HP ini terpasang layar panel IPS berukuran 6,56 inci. Layar ini memberikan visual yang cukup jelas berkat resolusi HD+.

Layar ini didukung dengan tingkat kecerahan yang pas, yakni 430 nit pada mode normal dan 600 nit pada mode kecerahan tinggi. Dengan tingkat kecerahan yang pas ini, Anda bisa melihat tampilan layar di HP OPPO dengan jelas meski berada di luar ruangan di siang hari.

Pemilihan panel IPS di HP ini mampu menampilkan warna yang cukup memuaskan mata. Keseimbangan warnanya juga mendekati akurat. Anda pun bisa nyaman menatap layar di luar ruangan karena kecerahan layar cukup ideal.

Tidak lupa, OPPO menambahkan fitur AI Eye Care. Fitur ini akan mengurangi rasa lelah dan iritasi mata akibat memandang layar dalam waktu lama. 

Dengan sejumlah fitur yang ada tersebut, jelas HP OPPO ini memiliki kualitas layar yang baik untuk penggunaan harian dan gaming. Sayangnya kedua HP tidak dibekali pelindung anti gores dari Gorilla Glass. OPPO hanya menghadirkan anti gores biasa di produk ini.

3. ColorOS 12 dengan Sistem Keamanan

android 12_

OPPO masih percaya diri menggunakan ColorOS. Bedanya, ColorOS yang dihadirkan kini merupakan generasi terbaru yang lebih ringan dan lebih aman. OPPO A17 memakai ColorOS 12.1 dengan basis Android 12. ColorOS 12.1 hadir dengan keunggulan sistem keamanan baru yang diklaim lebih baik dibanding sistem sebelumnya.

Dalam sistem ini, terdapat fitur permintaan kata sandi ketika perangkat akan dimuat ulang. Hal ini cukup membantu agar pencuri atau orang yang tidak bertanggung jawab me-reset HP Anda secara sembarangan.

4. Kamera 50 MP yang Cukup Oke untuk Kelas Harganya

oppo A17 kamera_

OPPO A series memang tidak dipersiapkan serius untuk fotografi. Walaupun demikian, OPPO berusaha menghadirkan sektor kamera yang lebih baik dari setiap serinya.

Sayangnya, dalam seri A17, OPPO menghadirkan konfigurasi kamera yang minimalis. Ponsel ini hanya memakai dua kamera yang terdiri atas kamera utama dan kamera depth.

Untuk bagian belakang, OPPO A17 dibekali kamera utama 50 MP dengan bukaan f/2.2 dan PDAF. Untuk kamera kedua hanya memiliki resolusi 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan hanya memakai kamera 5 MP f/2.2.

Hasil foto OPPO A17 _Sumber: youtube.com
Hasil foto OPPO A17
Hasil foto selfie OPPO A17_
Hasil foto selfie OPPO A17

Untuk hasil kamera, OPPO A17 memiliki hasil kamera yang cukup baik, warnanya cukup akurat dan detail. Sayangnya, untuk kamera depan, detailnya sedikit kurang akibat penggunaan resolusi yang hanya 5MP. Seperti yang diungkapkan YouTube Sesuai Harga, hasil foto A17 cukup bagus.

Gambarnya cukup tajam dan detail. Saturasi dan kecerahan warna juga cukup pas. Sayang, untuk foto selfie tampak biasa saja.

Kekurangan OPPO A17

Di samping empat kelebihan di atas, ada enam poin lain yang mesti Anda perhatikan terhadap ponsel OPPO ini. Berikut enam poin kekurangan yang dimaksud.

1. Chipet Biasa Saja untuk Kelas Harganya

OPPO A57 Helio G35

OPPO masih mempercayakan bagian dapur pacu pada chipset MediaTek Helio G35. Chipset ini sama seperti yang terpasang pada OPPO A16. Chipset ini dipilih karena menawarkan efisiensi konsumsi baterai, performa yang baik dan tentu saja konektivitas 4G. 

MediaTek Helio G35 dibuat dengan fabrikasi 12 nm. Selain itu, dalam chipset ini tersemat prosesor octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz untuk performa dan 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafis, SoC MediaTek ini memakai GPU PowerVR GE8320.

MediaTek Helio G35 ini menawarkan fitur HyperEngine guna menyuguhkan performa yang lancar, serta tingkat efisiensi daya yang tinggi. Selain itu, terdapat dan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB di HP ini.

Guna menambah pengalaman multitasking yang lebih lancar, OPPO juga menghadirkan RAM Extension hingga 4 GB sehingga total RAM 8 GB bisa didapat di OPPO A17. 

OPPO A17 Antutu_Sumber: youtube.com
Skor AnTuTu OPPO A17
OPPO A17 Benchmark_
Skor GeekBench 5 OPPO A17

Sementara itu, menurut laman YouTube Sesuai Harga, OPPO A17 mendapat skor AnTuTu 109.149. Untuk skor GeekBench 5 mendapat angka sebesar 167 (single-core) dan 899 (multicore). Untuk kelas harga 2 juta, tentu performa HP ini tergolong biasa saja.

2. Refresh Rate Layar Hanya 60 Hz

oppo a17 1_

Ponsel mid-range maupun flagship saat ini memang hadir dengan ukuran layar yang cukup lebar. Tidak hanya lebar, beberapa layar juga sudah dibekali sejumlah fitur untuk memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Salah satu fitur yang kini sering ditonjolkan ialah refresh rate. Beberapa HP keluaran terbaru saat ini sudah mulai menggunakan refresh rate yang tinggi, mulai 90Hz hingga 120 Hz. Sayangnya, untuk seri A17 ini hanya menggunakan refresh rate standar 60 Hz. Hal ini memang tidak berpengaruh untuk penggunaan harian.

Namun, untuk Anda yang gemar bermain game dan browsing, refresh rate yang tinggi sangat dibutuhkan agar tampilan animasi lebih halus dan lancar.

3. Tanpa Stereo Speaker

oppo a17 2_

OPPO seakan masih belum mau memaksimalkan seri A. Pasalnya sebagai HP untuk harian, HP ini tidak dibekali stereo speaker. Hal ini tentu cukup mengecewakan karena di kelas harga yang sama, sudah ada yang menggunakan stereo speaker.

Adanya stereo speaker akan membuat pengalaman menonton video maupun bermain game lebih seru dan menyenangkan. Suara speaker ganda juga lebih kencang dan lebih jernih dibanding speaker tunggal biasa. Hal yang tentu sangat disayangkan karena OPPO A17 tidak punya stereo speaker

4. 5000 mAh tanpa Fast Charging 

oppo A17 3_

OPPO memang sudah menghadirkan baterai 5000 mAh yang diklaim lebih tahan lama. Sayangnya baterai ini tidak dilengkapi fitur fast charging atau pengisian cepat sama sekali. Padahal fitur ini cukup berguna bagi pengguna yang tidak bisa lepas dari smartphone.

Dengan harga jual yang ditawarkan, seharusnya OPPO menghadirkan fitur pengisian cepat yang lebih baik seperti 18W atau 25W. Pasalnya di rentang harga yang sama, sudah ada produsen yang menghadirkan pengisian cepat 25W. 

5. Kamera Tanpa Sensor Ultra-wide

OPPO A17 5_

Meski dipasarkan untuk kelas entry-level, OPPO A17 mengalami peningkatan sektor kamera yang cukup baik. Sektor kamera yang dihadirkan cukup tajam dan detail. Sayangnya, lagi-lagi produsen tidak menghadirkan sensor ultra-wide dalam konfigurasi kamera belakang.

Hal ini memang cukup disayangkan karena sensor ini cukup berguna untuk memotret objek yang luas. Walaupun demikian, Anda masih bisa memotret ala ultra-wide menggunakan mode panorama, namun tentu lebih rumit dan butuh teknik lagi.

6. Masih MicroUSB 

OPPO a17 6_

Jenis konektivitas yang didukung ponsel 2 jutaan ini cukup lengkap. Jaringan seluler 4G, WiFi 5, dan FM Radio sudah didukung. Terdapat juga Bluetooth 5.2 yang memiliki sejumlah peningkatan dibanding versi sebelumnya. Peningkatan tersebut berupa keandalan, efisiensi energi dan pengalaman pengguna maupun pengalaman di aplikasi.

Nah, sayangnya untuk OPPO A17 kembali ke masa lalu dengan memakai port tipe microUSB. Hal ini sungguh disayangkan karena saat ini hampir sebagai besar HP entry-level sudah memakai USB Type C.

Alhasil banyak yang menganggap kehadiran port microUSB di OPPO A17 merupakan sebuah kemunduran teknologi demi menekan biaya penjualan. Pasalnya, USB Type C memiliki kecepatan transfer data dan daya lebih cepat.

Simpulan

Dipasarkan dengan harga Rp2 jutaan, OPPO A17 mencoba hadir sebagai ponsel harian yang berdesain mewah dengan kamera 50 MP dan sistem operasi baru. Apalagi, HP ini sudah memiliki fitur anti air, sehingga akan cocok digunakan beraktivitas di luar tanpa takut rusak kena air hujan atau tumpahan air minum saat kerja.

Memang penggunaan chipset MediaTek Helio G35 terasa kurang memuaskan karena sama dengan seri A sebelumnya. Untungnya, OPPO menghadirkan memori RAM yang lebih besar, sehingga performa terjaga.

Sayangnya, dibalik keunggulan, ada dua kelemahan fatal HP ini, yakni tidak adanya fitur pengisian cepat, baterai, dan penggunaan port microUSB yang terasa kurang optimal di era modern saat ini. 

Nah, Untuk Anda yang mencari HP entry-level dengan desain ala flagship dan sektor kamera mumpuni, HP OPPO A17 layak dimiliki. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram