carisinyal web banner retina

Mengenal Perbedaan HP Infinix Smart, Hot, Zero, dan GT

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Infinix Mobile menjadi salah satu brand HP yang berbasis di Hongkong. Infinix merupakan salah satu anak dari perusahaan besar bernama Transsion Holdings. Dua brand lainnya yang berada di bawah perusahaan tersebut adalah Tecno dan Itel. Sebenarnya, Infinix pertama kali dibuat sejak tahun 2013, tapi baru masuk ke pasar Indonesia tahun 2015.

Menariknya, Infinix ini memiliki perkembangan yang cukup menarik di pasar HP, termasuk di Indonesia. Bahkan, brand ini digadang-gadang menjadi salah satu pesaing berat bagi brand HP kenamaan lainnya seperti Xiaomi (terutama Redmi) dan realme. Hal ini terlihat dari keterkenalannya atau respons positif dari banyak negara, seperti Nigeria, Timur Tengah, Amerika, hingga Asia termasuk Indonesia.

Salah satu alasan kenapa Infinix menjadi pesaing kuat dari Redmi dan realme adalah kesamaan pasarnya. Kualitas spesifikasi yang disematkan oleh Infinix ini sering kali berada di atas rata-rata, atau setidaknya sedikit berada di atas harga yang ditawarkan, misalnya untuk kelas HP entrymid range.

Untuk membedakan kelasnya, Infinix juga membuat beberapa varian seri yang berbeda. Sampai per hari ini Infinix memiliki lima varian seri dari Infinix yaitu Infinix Smart Series, Hot Series, Note Series, Zero Series, dan GT Series. Tiap serinya ini memiliki perbedaan yang khas sesuai segmen yang dituju.

Nah, keberadaan varian seri dari Infinix ini bisa membantu Anda memilih HP yang cocok sesuai kebutuhan. Maka dari itu, Carisinyal sudah menyiapkan beberapa perbedaan antar varian Infinix Smart Series, Hot Series, Note Series, Zero Series, dan GT Series. Simak sampai habis, ya.

1. Smart Series

Infinix Smart 8

Seri pertama yang cukup menarik dari Infinix adalah Infinix Smart Series yang menyasar kelas HP entry. Untuk harganya tentu saja cukup terjangkau, bahkan bisa dibilang murah yaitu biasanya berada di kisaran Rp1–Rp1,5 jutaan saja.

Nilai atau valeu yang dimiliki oleh Infinix Smart Series ini bukan hanya soal harganya yang murah saja. Melainkan spesifikasi serta kemampuannya yang unik yang tidak seharusnya berada di kelas harganya. Namun, jangan berharap lebih seperti untuk penggunaan gaming, HP kelas ini biasanya lebih mengutamakan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Salah satu produk Infinix Smart Series yang paling direkomendasikan adalah Infinix Smart 8. Dengan harganya yang hanya Rp1 jutaan saja, HP ini menawarkan fitur unik yang disebut Magic Ring. Fitur ini memiliki fungsi seperti Dynamic Island pada iPhone. Tampilan desainnya juga sedikit banyak mirip dengan HP iPhone, cukup bergaya meski harganya murah.

2. Hot Series

infinix hot 40 pro

Jika diurutkan, Infinix Hot Series ini berada satu tingkat dibandingkan Infinix Smart Series. Dengan kata lain, harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi, tapi juga memiliki spesifikasi dan kemampuan yang berada di atasnya. Untuk harganya, Infinix Hot Series ini biasanya berada di kisaran harga Rp1,5–Rp2,5 jutaan.

Jika Infinix Smart Series masih kurang layak untuk bermain game, maka Infinix Hot Series ini sudah cukup bisa diandalkan. Salah satu produk yang paling direkomendasikan adalah Infinix Hot 40 Pro. Dengan harga Rp2 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan RAM 8 GB dengan memori internal berjenis UFS luas.

Menariknya, HP ini bahkan sudah ditenagai oleh chipset Helio G99. Chipset ini jadi salah satu yang paling tangguh untuk HP non 5G. Game populer favorit Anda sudah bisa dimainkan dengan lancar oleh HP ini.

Selain lebih tangguh untuk bermain game, Infinix Hot Series ini juga biasanya memiliki spesifikasi yang lebih lengkap. Misalnya dari sektor konektivitasnya yang sudah menyematkan fitur NFC, sensor lengkap, dan beberapa detail lainnya.

3. Note Series

Infinix Note 30

Sudah bukan kelas entry, Infinix Note Series ini berada di kelas mid-range. Tidak heran jika harga yang ditawarkan berada di atas Smart Series dan Hot Series. Biasanya, Infinix Note Series ini fokus untuk meningkatkan kualitas di sektor-sektor utamanya seperti kamera, layar, performa, hingga baterai.

Misalnya saja Infinix Note 12 VIP yang bahkan memiliki harga jual di angka Rp4 jutaan. HP ini menawarkan keunggulan di sektor utamanya seperti layar, kamera, desain hingga performa. Bahkan, HP ini dibekali fitur fast charging hingga 120 W.

Jika Anda mencari yang sedikit lebih terjangkau, ada Infinix Note 30 Series. Model regulernya yaitu Infinix Note 30 dijual mulai dari Rp2 jutaan saja. Namun, spesifikasi yang diunggulkan cukup lengkap, mulai dari layar hingga performa. Bahkan, HP ini dibekali fast charging 45 W dengan fitur bypass, artinya Anda bisa bermain game sambil mengecas dengan aman.

Kemudian untuk model tertingginya ada Infinix Note 30 Pro yang punya harga mulai dari Rp2,6 jutaan. Tentu saja kemampuannya berada di atas model regulernya, apalagi untuk urusan gaming atau penggunaan harian. Bahkan, HP ini dibekali fitur wireless charging dan reverse wireless charging yang biasanya hadir di HP harga Rp4–Rp6 jutaan.

4. Zero Series

infinix zero 30 5g featured image (1)_

Infinix tidak hanya fokus pada pasar HP kelas entry atau menengah saja, Ia juga ikut bersaing di kelas flagship dengan Infinix Zero Series. Dengan harga berada di kisaran Rp3–Rp6 jutaan, spesifikasi dan kemampuan yang ditawarkannya tentu lebih unggul dibandingkan seri lain sebelumnya.

Infinix Zero series pernah hadirkan Zero X series yang terdiri dari Zero X, Zero X Neo, dan Zero X Pro. Yang menarik, ketiganya hadir di kelas harga Rp4 sampai Rp6 jutan tetapi sudah menawarkan kamera telefoto periskop. +

Infinix Zero juga punya berbagai produk menarik yang banyak dibicarakan konsumen Indonesia, yakni Infinix Zero 30 Series. Di series ini, hadir Infinix Zero 30 versi 4G dan Infinix Zero 30 5G yang sama-sama punya kemampuan kamera unggul di kelasnya. Apalagi versi 5G yang sudah dilengkapi kamera ultrawide dan ada OIS (Optical Image Stabilization) di kamera utamanya.

Sebagai HP flagship, tidak hanya kamera yang jadi unggulannya. Hampir semua sektornya ini memiliki kelengkapan dan kualitas yang bagus, termasuk layar, konektivitas, sensor, baterai dan pengisian daya, hingga performa untuk bermain game.

5. GT Series

infinix gt 10 pro

Seri terakhir dari Infinix ini bisa dibilang memiliki fokus untuk penggunaan gaming yaitu Infinix GT Series. Performa, kemampuan layar, hingga baterai menjadi sektor yang paling diunggulkan untuk kebutuhan gaming yang lebih seru. Seri ini siap bersaing dengan HP seri gaming di brand lain seperti Xiaomi dengan BlackShark Series, realme dan POCO dengan GT Series miliknya.

Produk Infinix GT Series yang paling direkomendasikan adalah Infinix GT 10 Pro. Kemampuan gaming-nya disokong oleh chipset MediaTek 8050 yang tangguh dengan fitur pendukung lainnya. Misalnya Fitur HyperEngine 5.0, Z Axis Linear Motor, 4D Game Vibration, hingga tombol bahu L dan R yang bisa diatur fungsinya.

Kemampuan HP ini sudah tidak usah diragukan lagi. Bahkan, Infinix GT 10 Pro ini menjadi sponsor untuk turnamen PUBG Mobile paling bergengsi di dunia yaitu PMGC (PUBG Mobile Gaming Championship) tahun 2023. Tidak hanya jadi sponsor, pro player yang berlaga juga menggunakan Infinix GT 10 Pro ini sebagai device resminya, loh.

Simpulan

Nah, itulah beberapa seri HP yang dimiliki oleh Infinix yang menarik dipertimbangkan. Tiap serinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda untuk memilih seri yang ada.

Misalnya, jika Anda hanya membutuhkan HP dengan spesifikasi sederhana untuk penggunaan biasa sehari-hari, Anda bisa memilih Infinix Smart Series yang punya harga murah. Namun, jika akan digunakan untuk bermain game, Anda bisa memilih Infinix Hot Series yang masih punya harga murah.

Infinix Note Series menjadi seri yang berada di kelas menengah, artinya spesifikasi di setiap sektornya lebih seimbang. Kelengkapan serta kemampuannya bisa diandalkan untuk setiap aktivitas. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa memilih Infinix Zero Series yang punya kemampuan mumpuni di setiap sektornya.

Terakhir, jika Anda sering bermain game, bahkan ingin bisa bermain game seperti seorang pro, Anda bisa memilih Infinix GT Series. Hal ini sudah dibuktikan dengan digunakannya Infinix GT 10 Pro di turnamen PUBG Mobile kelas dunia. Jadi, performa yang ditawarkannya sudah tidak usah ditanyakan.

Setelah mengetahui beberapa perbedaannya, mana kira-kira seri yang paling menarik untuk Anda? Jangan lupa untuk sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak salah dalam memilih. Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram