Carisinyal / Xiaomi 2018 / Yuk, Cari Tahu Perbedaan HP Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A!

Yuk, Cari Tahu Perbedaan HP Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Membahas HP Xiaomi memang nggak bakal selesai, nih. Karena HP-HP besutan vendor asal Tiongkok ini selalu menarik untuk dibicarakan. Xiaomi memang berhasil merebut hati para pecinta gadget, tidak hanya di seluruh dunia, tetapi juga di Indonesia sendiri. Alasannya sih, karena HP Xiaomi ini dibanderol dengan harga yang murah, namun spesifikasi dan fiturnya tidak murahan.

Nggak cuma Pocophone F1 saja yang banyak dicari orang, bahkan Redmi 6 dan saudaranya, Redmi 6A saja masih bisa dikatakan memiliki banyak peminatnya. Nah, apakah Anda salah satunya?

Setelah sebelumnya membahas mengenai perbedaan Xiaomi seri Mi A2 dan A2 Lite, kali ini Carisinyal akan mengupas tuntas mengenai perbedaan Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A. Khususnya, untuk Anda yang bingung menentukan pilihan untuk membeli salah satunya. Bagaimana, Anda penasaran? Yuk, mari simak langsung saja pembahasan dari perbedaan Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 6

Xiaomi Redmi 6 Blue

  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Redmi 6A

xiaomi redmi 6a biru

  • Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 16 GB
  • Kamera: 13 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.299.000

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A

1. Dual vs Single Camera

perbedaan redmi 6 dan redmi 6A_gadgetren

* sumber: gadgetren.com

Perbedaan yang paling mudah ditemui dari HP Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A ada di sektor kameranya. Xiaomi Redmi 6 mengusung dua lensa kamera di bagian belakang bodinya yang berbahan plastik alias polikarbonat. Masing-masing lensanya berukuran 12 MP yang merupakan lensa kamera primer dan satu lagi, ada lensa sekunder berukuran 5 MP yang merupakan lensa depth sensor.

Lensa depth sensor sendiri berfungsi untuk memberikan efek bokeh alias background blur. Jadi, foto yang Anda ambil lebih terfokus pada objek, dan latarnya sendiri akan diblur atau diburamkan. Efek bokeh ini biasanya dapat dinikmati oleh para pengguna kamera DSLR, namun kini, HP dengan kamera yang bisa menciptakan efek bokeh pada foto sudah semakin menjamur di pasaran. Ya, salah satunya adalah HP Xiaomi Redmi 6 ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di muka, Xiaomi Redmi 6 punya lensa primer dengan resolusi 12 MP. Kamera utamanya ini dibekali dengan teknologi phase detection auto focus atau disingkat PDAF yang memiliki kemampuan untuk mengunci fokus pada objek foto dengan lebih baik. Selain phase detection auto focus, kamera utama dari Xiaomi Redmi 6 ini juga punya fitur-fitur seperti HDR dan Panorama. Ada pula LED Flash yang membuatnya semakin lengkap.

Sementara untuk kamera selfie-nya, Xiaomi Redmi 6 dibekali dengan lensa berukuran 5 MP yang tentu dapat diandalkan untuk mengambil foto selfie terbaik Anda. Kamera depannya sudah bisa melakukan perekaman video beresolusi [email protected]

Berdasarkan hasil tes kamera yang dilakukan oleh GontaGantiHape, kualitas foto dari kamera belakang Xiaomi Redmi 6 ini tak berbeda jauh dari Xiaomi Redmi 5 yang merupakan pendahulunya. Sementara kualitas gambar kamera depannya sudah lebih baik ketimbang Xiaomi Redmi 5. Hasil jepretan dari kamera HP Xiaomi Redmi 6 ini masih cocok untuk dipamerkan di laman sosial media Anda meski kualitasnya memang masih kalah jauh dari kamera HP-HP flagship.

Nah, jika Xiaomi Redmi 6 punya dual kamera di belakang bodinya, bagaimana dengan saudaranya, Xiaomi Redmi 6A? Hm karena HP ini merupakan versi lite dari Redmi 6, maka Xiaomi Redmi 6A hadir dengan satu lensa kamera saja. Yup, HP ini dibekali dengan lensa 13 MP yang dilengkapi teknologi phase detection auto focus dan fitur seperti LED Flash, panorama juga HDR.

Sedangkan untuk kamera selfie-nya, Xiaomi Redmi 6A juga mengusung resolusi 5 MP yang dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan swafoto. GontaGantiHape menyampaikan, hasil kamera dari HP Xiaomi Redmi 6A tak begitu istimewa, namun serupa dengan Xiaomi Redmi 6, hasil jepretannya masih terbilang bagus.

2. Chipset dengan Seri yang Berbeda

mediatek chipset

* sumber: dailysocial.id

Dari sektor kamera, kita beralih ke sektor dapur pacunya. Baik HP Xiaomi Redmi 6 maupun seri Redmi 6A sama-sama ditenagai dengan chipset besutan Mediatek. Meski begitu, seri dari chipset yang digunakan pada kedua HP ini berbeda. Xiaomi Redmi 6A sudah mengusung chipset Mediatek Helio P22, sementara Xiaomi Redmi 6A menggunakan chipset Mediatek Helio A22.

Performa dari HP ini memang tak semulus HP-HP lainnya yang sudah menggunakan chipset yang lebih mumpuni. Namun, baik Xiaomi Redmi 6 maupun seri 6A masih bisa memainkan game sekelas PUBG yang memang membutuhkan HP dengan spesifikasi tinggi untuk memainkannya.

Berdasarkan pengalaman dari GontaGantiHape, Xiaomi Redmi 6A masih mampu menjalankan game PUBG dengan setting grafis yang rendah. Begitu pula dengan Xiaomi Redmi 6, jika menggunakan pengaturan ‘rata kiri’, Anda dapat menikmati game populer ini. Namun tentu ada konsekuensinya tersendiri. Anda tak akan mengalami frame drop ketika memainkannya.

Yes, dari semua penjabaran di atas bisa diambil kesimpulan bahwa kedua HP ini kurang pas untuk gaming. Namun jika Anda menggunakannya untuk sekadar chatting atau aktif di sosial media seperti Twitter atau Instagram saja, tentu Anda bisa menikmati performa yang oke dari HP-HP ini.

3. Face Unlock vs Fingerprint Sensor

xiaomi redmi 6_gontagantihape

*Sumber: https://youtu.be/sPNFg_7s0fs

Baik HP Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A sama-sama dilengkapi dengan sensor biometrik untuk menjaga keamanan ponsel. Xiaomi Redmi 6 masih mengusung sensor sidik jari di bagian belakang bodinya. Fingerprint sensornya memiliki kecepatan yang cukup ngebut, nih.

Sementara saudara kembarnya, Xiaomi Redmi 6A tak memiliki sensor sidik jari. Tetapi, absennya sensor sidik jari dari HP ini tak akan menjadi masalah besar karena terdapat fitur face unlock sebagai penggantinya. Cocok, nih buat Anda yang kurang suka dengan kehadiran sensor sidik jari.

4. Varian RAM dan ROM

xiaomi redmi 6_1_gontagantihape

*Sumber: https://youtu.be/sPNFg_7s0fs

Perbedaan lain dari Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A ada pada varian kapasitas penyimpanan internal dan juga RAM-nya. Xiaomi Redmi 6 tersedia dalam varian RAM 2 GB dengan penyimpanan internal atau ROM 16 hingga 32 GB.

Sedangkan Xiaomi Redmi 6 lebih bervariasi lagi, ada varian RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB, ada pula varian RAM 4 GB dengan memori internal yang lebih besar lagi kapasitasnya, yakni 64 GB.

5. Harganya Berbeda

Price

* sumber: pixabay.com

Karena terdapat beberapa perbedaan pada Xiaomi Redmi 6 dan juga Redmi 6A, maka harga jual dari kedua unit HP besutan vendor asal Negeri Tirai Bambu ini juga tidaklah sama. Xiaomi Redmi 6A dengan versi RAM 2 GB dan ROM 16 GB dibanderol seharga 1.3 jutaan, sementara versi RAM 2 GB dan ROM 32 GB-nya dijual dengan kisaran harga 1.5 jutaan.

Nah, untuk Xiaomi Redmi 6 versi RAM 3 GB dengan ROM berkapasitas 32 GB dipasarkan dengan kisaran harga 1.6 jutaan. Sedangkan versi RAM 4 GB dengan ROM 64 GB harganya sedikit lebih mahal, yakni berada di kisaran harga 2 jutaan per unitnya.

Simpulan

Kalau Anda membutuhkan HP Xiaomi dengan spesifikasi yang tak begitu mumpuni dan ingin menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki, Anda dapat memilih salah satu dari kedua HP besutan Xiaomi ini.

Misalnya, jika Anda membutuhkan dual kamera, Anda dapat memilih Xiaomi Redmi 6. Namun, bila satu kamera saja sudah cukup, Anda dapat mengandalkan Xiaomi Redmi 6A. Atau kalau Anda lebih suka fitur face unlock daripada sensor sidik jari, maka Redmi 6A adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Nah, kalau belum puas, Anda bisa memilih HP dari vendor pesaing. Misalnya, kalau Anda ingin punya HP satu jutaan dengan notch atau poni agar dapat tampil kekinian, Anda bisa memilih Realme C1. Atau, kalau Anda ingin HP 2 jutaan tapi Redmi 6 masih dirasa kurang performanya, Anda bisa memilih Asus Max Pro M1 dengan chipset Snapdragon 636-nya.

Itulah pembahasan mengenai 5 perbedaan HP Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A. Sektor lainnya seperti sektor layar hingga kapasitas baterai dari HP ini masih sama. Bagaimana, Anda sudah memutuskan untuk memilih?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar