carisinyal web banner retina

10 Situs Jual Beli Tanah yang Recomended dan Terpercaya

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 3 Februari 2021

Perjalanan bisnis properti di Indonesia saat ini tengah memasuki laga yang cukup ketat. Hal ini dipicu karena kebutuhan individu atau kelompok akan properti yang terus meningkat disandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Tidak hanya itu, ruang atau lahan yang semakin minim menjadi faktor lain dari persaingan properti. Juga ini menyebabkan semakin melambungnya harga suatu properti. Tidak heran kebanyakan orang memutuskan untuk membeli tanah terlebih dahulu, lantas nanti mendirikan bangunan di atasnya.

Persaingan yang ketat di industri bisnis properti rupanya mendorong kemunculan banyaknya situs atau portal jual beli tanah di Internet. Kendati proses jual atau beli sekarang dapat diakses lewat internet, namun perlu diperhatikan bahwa urusan properti seperti ini tidak dapat dilakukan secara sembrono. Dengan demikian, kita harus mencari situs yang terpercaya. Gak mau kan kalau sampai kena tipu?

Nah, kali ini Carisinyal akan memaparkan beberapa situs jual beli tanah yang bisa membantumu untuk mencari atau membeli lahan tanah yang diinginkan. Yuk, dibaca sampai tuntas artikel berikut ini, yah!

1. Tanah Kavling Indonesia

Tanah Kavling Indonesia

*Sumber: https://www.tanahkavlingindonesia.com/

Rencana pemindahan ibukota baru Indonesia ke Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara telah digaungkan pada 2019. Ini tentunya menjadi peluang manis bagi para pemilik tanah di area tersebut untuk menjual tanahnya. Nah, buat kamu yang berminat untuk memiliki sepetak tanah di kawasan ibukota baru bisa mengunjungi situs Tanah Kavling Indonesia.

Situs besutan CV. Intan Mutiara Persada ini menyediakan berbagai kavling di beberapa daerah di pulau Kalimantan di antaranya yaitu Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser Utara. Meski daftar daerahnya masih sedikit tetapi kedepannya akan menampilkan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.

Tampilan dari situs Tanah Kavling Indonesia enak dipandang dan dijelajahi yang dilengkapi dengan beberapa menu seperti lokasi, informasi, jenis kavling, hingga kontak yang dapat dihubungi. Pada menu Informasi, kamu akan diajak dengan pilihan beberapa submenu mulai dari lokasi kavling, syarat dan ketentuan, mekanisme kepemilikan, dan konfirmasi pembayaran.

Kamu juga bisa melihat dan memilih tanah berta blok yang masih tersedia. Pemaparan mengenai ketersedian dan pembelian tanah di situs ini cukup lengkap dan jelas sehingga tidak akan membuat kamu pusing, kalau ada keraguan dan kebingungan terkait proses pembelian tanah kamu bisa langsung menghubungi lewat Hotline atau WhatsApp.

2. OLX

Beli Tanah OLX

*Sumber: https://www.olx.co.id/

Tentunya tidak asing lagi dengan OLX, salah satu platfotm jual beli online yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2005. Semenjak pendiriannya, OLX menjadi wadah bagi pembeli maupun penjual untuk bertransaksi barang-barang bekas. Namun, ternyata di situs ini juga tidak hanya fokus pada penjualan atau pembelian barang, lahan tanahpun bisa di jual/beli di sini.

Di situs ini kamu bisa mencari berbagai jenis lahan mulai dari kebun, sawah, tanah pekarangan, tanah kavling dan lain-lain yang ada di seluruh Indonesia. Kamu juga dapat mengatur fitur penyaringan atau Filter, jika ingin lebih mencari tanah yang diinginkan secara spesifik seperti harga tanah, sertifikasi, tipe, luas lahan, dan masih banyak lagi.

Di saat kamu mampir di sebuah toko, maka akan terpampang pula deskripsi penjualan tanah tersebut mulai dari harganya, info sekitar lokasi, hingga fasilitas. Di OLX juga kamu bisa berkomunikasi langsung dengan penjual lewat kolom "Chat dengan Penjual", jika ada hal yang ingin ditanyakan sebelum memutuskan untuk membeli.

Perlu diingat setiap toko tentunya memiliki deskripsi yang berbeda, yah!  Lalu, jika kamu ingin menjual lahan tanah milikmu atau keluargamu juga bisa memasarkannya di situs e-commerce ini.

3. Trovit

Rumah.trovit.co.id

*Sumber: https://rumah.trovit.co.id/

Trovit adalah salah satu mesin pencari vertikal untuk iklan baris yang berasal dari negeri Matador, Spanyol. Pada Maret 2012, situs ini menjadi mesin pencari terkemuka untuk iklan baris di Eropa dan Amerika Latin. Kemudian, pada 2016 ekspansinya mencapai ke 51 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Meski di situs ini hanya memiliki dua menu utama yaitu "Rumah dijual" dan "Rumah disewakan", akan tetapi tidak perlu khawatir lewat situs ini kamu bisa mencari properti lain mulai apartemen, kost, ruko, perumahan, villa, kontrakan, studio, kondominium, rukon, hingga lahan tanah.

Kamu dapat menemukan properti yang kamu inginkan khususnya tanah di seluruh provinsi di Indonesia pada situs ini. Selain itu, Torvit dilengkapi dengan fitur filter seperti info lokasi, luas, harga, sampai jenis properti. Nah, Bagi kamu yang ingin membeli, menjual atau menyewakan terlebih dahulu kamu harus membuat akun Trovit dulu ya!

4. Ray White

Ray White

*Sumber: https://www.raywhite.co.id/

Siapa yang tidak tahu Ray White? Dilansir dari portal resminya, Ray White merupakan agen properti terbaik yang telah berdiri selama 23 tahun di Indonesia, sekaligus menjadi agen properti terpercaya nomor satu di Tanah Air yang tercatat sebagai anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Ray White memiliki komitmen dalam menjawab setiap kebutuhan jual-beli-sewa-lelang properti serta penanganan dan pemasaran Projects & Property Management.

Jika, kamu berkunjung ke situs Ray White kamu akan bertemu dengan beberapa menu mulai dari Buy, Rent, Find A Specialist, hingga Careers. Namun, bila tujuanmu hanya ingin membeli properti khususnya tanah, maka kamu harus bertandang pada menu Buy. Nah, nanti akan muncul kolom pencarian yang bisa kamu pakai untuk mengetik kata kunci seperti tanah, rumah atau lainnya.

Di portal Ray White ini juga fitur "Loans Made Simple" yang bila diklik akan tersambung dengan situs peminjaman dana. Untuk kamu merasa ragu dan masih banyak pertanyaan, kamu bisa langsung mengunjungi kantor Ray White terdekat karena agen ini telah memiliki banyak cabang di beberapa daerah di Indonesia.

5. Property Leader

Property Leader Net

*Sumber: http://www.propertyleader.net/

Property Leader adalah sebuah layanan informasi yang dapat diakses secara gratis oleh para pemburu informasi mengenai properti. Selain itu, informasi yang disediakan tidak terbatas mengenai properti di Indonesia, tapi juga berkolaborasi dengan para agen properti di luar negeri.

Mungkin saat kamu mengunjungi portal Property Leader, tampilannya tampak jadul akan tetapi situs ini cukup lengkap dalam memberikan informasi jual beli tanah, lho! Lewat situs ini kamu bisa menemukan informasi dari beragam jenis properti rumah, villa, toko, pusat perbelanjaan, perkantoran, kawasan industri, dan tentunya tanah.

Kamu dapat mencari properti terutama tanah di seluruh wilayah Indonesia. Nantinya, setelah kamu memilih provinsi dan kabupaten maka ditampilkan jajaran kotak-kotak informasi mengenai penjualan properti. Di sana akan menjelaskan informasi mulai dari status, tanggal pasang iklan, tipe, nama lokasi, agen, harga, jumlah kamar (jika ada), luas tanah, serta alamat lengkap.

Adapun fitur "More Detail", saat mengkliknya kamu akan mendapatkan penjabaran properti secara rinci dan dilengkapi dengan nomor kontak yang dapat dihubungi. Kamu juga bisa menjual lahan tanahmu di situs ini dengan bergabung dan menjadi anggota terlebih dulu.

6. Lelang Bank Mandiri

Lelang Bank Mandiri

*Sumber: https://lelang.bankmandiri.co.id/

Pernahkah terbayangkan kalau sebuah bank punya situs properti? Seperti, Lelang.bankmandiri.co.id yang merupakan salah satu situs khusus besutan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk menampilkan properti/agunan siap jual baik melalui pelelangan ataupun penjualan sukarela.

Situs ini memiliki tanggung jawab yang signifikan dalam menjembatani antara keinginan calon pembeli atau investor dengan Bank Mandiri sebagai penjual properti lelang. Lelang.bankmandiri.co.id menawarkan kemudahan pada pengguna atau calon pembeli dalam informasi properti dan tata cara untuk mengikuti lelang agunannya.

Melalui situs ini, kamu bisa mencari properti yang ingin dibeli. Tidak hanya menjual tanah dan bangunan, tetapi moda transportasi (motor/mobil) juga bisa kamu temukan di situs ini. Oh, iya di sini juga kamu bisa mendaftarkan diri sebagai penjual mandiri. Buat yang masih bingung bisa langsung berkunjung ke laman situsnya di sini, karena mereka punya menu hubungi kontak dan FAQ.

7. Info Lelang BRI

Info Lelang BRI

*Sumber: https://infolelang.bri.co.id/

Bila kamu berkunjung ke situs Infolelang.bri.co.id, kamu akan disambut dengan tulisan "Selamat Datang" yang di bawahnya menjelaskan bahwa situs tersebut bertujuan untuk menyuguhkan informasi berbagai jenis aset yang akan dijual, baik dengan cara lelang maupun jual damai.

Jika kamu ingin mencari atau membeli aset di luar pulau Jawa, tentunya bisa dong! Sebab situs ini mencangkup seluruh daerah di Indonesia. Terdapat kolom pencarian lengkap dengan fitur filter, yang memudahkan kamu untuk menemukan aset dan lokasi yang diinginkan.

Kemudian, ada beberapa menu dalam situs ini seperti Home, Info Lelang (tanggal dan waktu lelang aset), Aset (daftar aset yang dilelang dan dijual dari berbagai daerah di Indonesia), Artikel, dan FAQ. Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan segala informasi jadwal lelang terdekat beserta aset yang akan dilelang via email bisa membuat akun terlebih dahulu, tentunya masih di situs Infolelang.bri.co.id.

8. Dot Property

Dot Property

*Sumber: https://www.dotproperty.id/

Diluncurkan pada Januari 2016, Dot Property Indonesia dengan cepat menjadi salah satu situs properti terkemuka dan terbesar di Asia. Dot Property Indonesia menjadi wadah bagi penyewa dan investor dengan penjual, pembeli properti, penyewa, agen real estate dan pengembang properti terbaik di Tanah Air.

Berdasarkan portal resminya, Dot Property menawarkan ribuan properti untuk memberikan pengguna informasi seperti berita, tips dan fitur. Kehadiran Dot Property bertujuan untuk menjadi media online terbaik yang lebih cepat dan praktis untuk membantu proses penjualan dan penyewaan properti.

Situs ini memiliki sebuah filter pencarian yang memungkinkan kamu untuk mencari berbagai jenis properti, mulai dari apartemen/kondominium, rumah, villa, apartemen, hingga lahan tanah. Selain itu, kamu bisa mengatur pencarian berdasarkan lokasi, kamar tidur (jika yang dibeli bangunan), dan harga.

Selain membeli properti lahan tanah dan lainnya yang berlokasi di Indonesia, hebatnya di situs Dot Property kamu bisa mencari dan membeli properti di luar negeri di antaranya, negara-negara ASEAN, Australia, Selandia Baru, Cina, Hongkong, Arab Saudi, Cyprus, Turki, Spanyol, Portugal, Estonia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Bila kamu ingin menjual properti tanah atau lainnya, kamu tinggal membuat akun dan menjadi anggota Dot Property. Tidak ada biaya pendaftaran untuk membuat akun, selain itu kamu akan memperoleh listing tanpa batas secara gratis dan bisa meng-upgrade akunmu kapan saja untuk meningkatkan volume leads. Wah, gokil kan?

9. 99.co

99.co

*Sumber: https://www.99.co/

Adapun 99.co yang dapat kamu kunjungi dan jelajahi situsnya untuk mencari informasi jual-beli properti mulai dari villa, ruko, apartemen, rumah, dan tentunya lahan tanah. Sedikit kilas balik ternyata 99.c0 adalah sebuah situs listing properti asal Singapura yang berdiri pada 2014.

Dilansir dari Daily Social, pada 2015 akhirnya situs listing ini meresmikan kehadirannya di Indonesia dengan meluncurkan situs konsumen dan aplikasi ponsel pintar untuk agen properti. Terdapat beberapa fitur yang dapat ditemukan pada situs konsumen seperti pencarian berdasarkan peta, perbandingan antara produk sejenis, dan live chat dengan concierge officer.

Berbeda dengan listing secondary property yang pada umumnya tidak menyertakan titik koordinat alamat lengkap di peta, 99.co memiliki fitur pencarian dengan peta yang jadi keunggulannya. Tidak hanya itu ada beberapa menu yang tersedia pada situs konsumen, seperti menu Dijual, Disewa, Proyek Hunian Baru, Berita Properti, hingga KPR.

Kamu juga dapat mencari properti di berbagai kota di Indonesia. Saat kamu mengunjungi salah satu kotak iklan properti, kamu akan ditampilkan mengenai deskripsi tanah/bangunan, simulasi KPR, gambar lokasi, hingga kontak penjual.  Sedangkan, bila kamu ingin menjual properti maka harus tergabung atau membuat akun 99.c0 terlebih dulu.

10. Lamudi

Lamudi

*Sumber: https://www.lamudi.co.id

Situs yang dimiliki oleh PT. Lamudi Classifieds Indonesia ini didirikan sejak tahun 2014. Meski masih terhitung baru "menetas", tetapi situs ini memiliki banyak pengikutnya terkhusus bagi mereka yang tertarik di industri properti. Dengan jargon "Teman Terpercaya Cari Properti", Lamudi masuk ke jajaran Rocket Internet yakni online venture builder yang paling tersohor di dunia.

Di situs ini kamu bisa mencari berbagai jenis properti mulai dari lahan tanah, rumah, apartemen, bangunan komersial baik untuk dijual maupun disewakan. Dilengkapi dengan "More Filter", sehingga kamu bisa menentukan sub kategori, luas bangunan, luas tanah, fasilitas, sampai foreclose.

Ada juga menu Proyek Baru dan Berita Properti, yang menyuguhkan informasi mengenai tren properti, kenaikan harga jual sewa tanah, lokasi termurah, kontak penjual, Newsletter, hingga simulasi KPR. Sementara, jika kamu ingin memasang iklan penjualan propertimu, maka terlebih dahulu harus membuat akun dan login di situs Lamudi.

Demikianlah bahasan mengenai daftar 10 situs jual beli tanah yang dapat kamu akses dan gunakan untuk membeli tanah atau mungkin lahan tanahmu. Gimana sekarang tertarik untuk memasarkan atau membeli tanah secara digital?

Untuk kamu yang hendak menjual atau membeli rumah bisa mampir ke artikel yang berjudul 10 Rekomendasi Situs Jual Beli Rumah yang Terpercaya, yah! Dijamin kamu akan disuguhkan banyak pilihan rumah dengan berbagai tipenya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram