Carisinyal / Wearable Terbaik / Ini Dia 10 Merk Smartwatch Terbaik di Dunia Tahun 2020

Ini Dia 10 Merk Smartwatch Terbaik di Dunia Tahun 2021

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jam tangan pintar tampaknya sudah mulai menjadi tren belakangan ini. Tidak hanya menawarkan desain yang unik, para produsennya juga berlomba-lomba menghadirkan fitur mutakhir di dalamnya, mulai dari navigasi GPS hingga sensor detak jantung.

Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk memiliki smartwatch, kali ini Carisinyal akan merekomendasikan 10 smartwatch terbaik di dunia pada tahun ini. Berbagai smartwatch ini datang dari produsen kelas dunia semacam Samsung, Sony, LG, hingga Apple.

1. Realme Watch S

realme-Watch-S

Cek Harga dan Spesifikasi Selengkapnya

Mari kenali berbagai fitur pintar yang bisa Anda dapatkan dari smartwatch terbaik. Adalah Realme Watch S yang  menghadirkan sensor PPG untuk mengukur dan memantau detak jantung pengguna dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tidak hanya detak jantung, Realme Watch S juga dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah sehingga Anda dapat memantau kesehatan fisik tanpa perlu menggunakan peralatan medis.

Berkat dukungan sensor cahaya, layar jam tangan pintar ini pun telah telah mendukung fitur auto brightness atau kecerahan otomatis sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuka hati. Selain itu, gabungan dari prosesor yang efisien dan baterai besar 390mAh yang tertanam dalam Realme Watch S, membuat jam pintar ini dapat bertahan sampai dengan 15 hari. Jadi, Anda tidak perlu seringbolak-bolak mengisi daya, bukan?

Berkaca pada fitur dan desain yang dimilikinya, tidak salah jika Realme Watch S ini disebut-sebut sebagai The Most Trendy Health Assistant yang pantas bersaing dan bersanding dengan smartwatch premium lainnya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penawaran harga spesial Rp 999.000 untuk 1 unit Realme Watch S, jangan lupa untuk ikuti event Realme 11.11 Salebration!

2. Apple Watch 5

Apple-Watch-5

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah jam tangan pintar dengan fitur-fitur yang unik dan beragam. Smartwatch keluaran Apple ini sudah dipastikan mampu menjadikan hari-hari Anda lebih termotivasi untuk bergerak dan berolahraga.

Berbagai keunggulan yang bisa dinikmati adalah sensor detak jantung yang juga akan memberikan peringatan jika detak jantung Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, fitur pelacakan siklus menstruasi, kompas yang juga bisa mendeteksi tingkat elevasi tanah, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang senang lari pagi, tidak akan seru kalau tanpa mendengarkan lagu. Itulah mengapa Apple Watch 5 menyediakan fitur pemutaran lagu melalui Apple Music dengan menggunakan earphone AirPod. Bisa dibilang, smartwatch ini hampir memiliki kemampuan selayaknya sebuah HP, karena Anda pun dapat mendownload berbagai aplikasi dengan mudah dari App Store.

Seperti yang bisa diekspektasikan dari produk keluaran Apple, tampilan desain bodi juga dijamin aesthetic dengan strap yang variatif serta bisa diganti. Tampilan pada jam pun sangat bermacan-macam – kurang lebih ada 100 tema yang bisa Anda gunakan untuk membuat smartwatch terasa “kamu banget“.

3. Samsung Galaxy Watch Active 2

Samsung-Galaxy-Watch-Active-2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk Anda yang menyukai jam tangan pintar dengan kustomisasi yang baik, Anda akan merasa puas dengan smartwatch besutan Samsung ini. Tersedia model 44 mm atau 40 mm dengan pilihan konektivitas Bluetooth atau LTE. Material bahannya pun bisa dipilih sesuai selera seperti stainless steel ataupun alumunium.

Mengusung border yang hampir tidak kelihatan, layarnya pun jadi terlihat sangat besar sehingga Anda dapat melihat berbagai informasi pada jam dengan nyaman – terlebih karena layarnya sudah mengusung Super AMOLED.

Tidak hanya dari segi penampilan, fitur fitness tracking-nya juga merupakan salah satu yang terbaik. Dengan 7 profil olahraga yang beragam, Anda bisa menikmati automatic tracking sehingga Anda hanya perlu berolahraga tanpa melakukan input apapun. Tersedia juga manual tracking jika jenis olahraga yang dilakukan tidak tersedia pada smartwatch.

Ia pun mengusung sensor NFC untuk Anda yang sering berpergian menggunakan jalan tol – mengisi saldo e-Toll tidak pernah semudah ini dengan menggunakan NFC. Spesifikasi yang diusungnya juga sangat mumpuni, ia memiliki ROM sebesar 4 GB, prosesor dual-core dengan kecepatan 1,15 Ghz, dan juga kapasitas baterai sebesar 340 mAh yang mampu bertahan hingga 60 jam saat pemakaian normal.

Berbicara soal baterai, pengisian daya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Terdapat casan nirkabel magnetik sehingga smartwatch hanya perlu ditempelkan dan daya pun otomatis terisi. Cukup praktis, bukan?

Perpaduan antara fitur, desain, spesifikasi, dan sensor yang diusungnya menjadikan Samsung Galaxy Watch Active 2 salah satu yang terbaik di dunia. Untuk harganya, Anda bisa membeli smartwatch canggih ini seharga Rp 4,5 jutaan.

4. Samsung Galaxy Watch

Galaxy Watch

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jam tangan pintar milik Samsung ini pertama kali diumumkan pada tanggal 9 Agustus 2018. Dapat dibilang kalau Galaxy Watch adalah salah satu smartwatch terbaik yang ada di pasaran saat ini. Samsung memberikan beberapa penyempurnaan pada perangkatnya ini seperti daya tahan baterai yang lebih lama dan fitur fitness tracking-nya yang sangat membantu.

Samsung Galaxy Watch datang dengan dua model, yaitu 46 mm dan 42 mm. Galaxy Watch 46 mm hadir dengan pilihan warna silver saja. Sedangkan yang 42 mm memiliki dua varian warna, yaitu midnight black dan rose gold. Selain ukuran tentunya, perbedaan lain dari kedua model ini ada pada kapasitas baterai di mana model 46 mm memiliki kapasitas 472 mAh dan model 42 mm memiliki kapasitas 270 mAh.


Galaxy Watch didukung oleh memori 1,5 GiB RAM (versi LTE) dan 768 MiB RAM (versi Bluetooth). Kedua versi itu memiliki ruang penyimpanan yang sama, yaitu 4 GiB flash memory. Fitur-fitur utama perangkat ini antara lain seperti NFC, water resistance 5 ATM + IP68, prosesor Exynos 9110 dual core 1.15 GHz, serta penggunaan Corning Gorilla Glass DX+.

Samsung Galaxy Watch sudah bisa kamu dapatkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp 4,6 juta (model 42 mm) dan Rp 4,9 juta (model 4,9 juta).

5. Apple Watch Series 4

Apple Watch Series 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jam tangan pintar ini dirilis satu bulan setelah Galaxy Watch. Datang dengan model 44 mm dan 40 mm, Apple Watch Series 4 adalah salah satu pilihan smartwatch terbaik saat ini, terutama untuk para pecinta Apple. Layar Apple Watch Series 4 adalah yang terbesar di antara keluarga jam tangan pintar Apple lainnya.

Dibanding pendahulunya, Apple Watch Series 4 ini membawa beberapa keunggulan seperti chipset Apple S4 yang lebih tinggi, Bluetooth versi 5.0, heart rate generasi kedua, teknologi GPS yang lebih baik, dan beberapa peningkatan lainnya. Apple Watch Series 4 dibanderol dengan harga Rp 8 juta untuk model 40 mm dan Rp 8,5 juta untuk model 44 mm.

6. Fossil Gen 5

Fossil-Gen-5

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa sangka merk fashion terkenal seperti Fossil juga merilis produk smartwatch? Anda pun akan cukup terkesima dengan semua kebolehan yang ditawarkan pada smartwatch trendy ini.

Contohnya saja, ia sudah dilengkapi lampu senter LED yang berguna untuk mencari benda dalam tas atau untuk menerangi jalan saat mati lampu. Tidak hanya itu, tersedia microfon yang berfungsi untuk memberikan berbagai perintah menggunakan voice control.

Dari segi desain, jam tangan pintar ini berbalutkan desain klasik seperti jam tangan pada umumnya. Sekilas, bahkan orang tidak akan menyadari kalau Anda menggunakan jam tangan pintar. Anda pun bisa memilih varian warna dan material yang berbeda seperti stainless steel berwarna emas, bahan silikon, kulit, dan masih banyak varian lainnya.

All in all, jam tangan ini cocok untuk Anda yang ingin tampil glamour tapi ingin mendapatkan berbagai kemudahan dari sebuah jam tangan modern. Tertarik memilikinya? Harganya sekitar Rp 4,5 jutaan.

7. Amazfit GTR

Amazfit-GTR

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagai sebuah jam tangan pintar, Amazfit GTR mengusung desain yang benar-benar mirip dengan jam tangan bundar biasa. Meski begitu, fitur-fitur di dalamnya tetap terbilang cukup baik. Ia hadir dengan berbagai keunggulan seperti mampu melacak detak jantung meski masih menggunakan sensor PPG, bukan sensor ECG seperti yang diusung Samsung Galaxy Active 2 atau Fossil Gen 5.

Selain itu, layar yang diusungnya adalah OLED dengan warna yang lebih beragam serta sensor luminans yang menjadikan layarnya cepat adaptasi dengan cahaya di luar ruangan.

Jika dibandingkan dengan mayoritas smartwatch pada list ini, mungkin fiturnya agak minim tapi hal ini tetap tidak menginvalidasi kelayakan Amazfit GTR pada daftar rekomendasi kami.

Bagaimanapun, ia tetap menyediakan fitur fitness tracking yang baik dan juga memiliki ketahanan baterai hingga 24 hari lamanya (untuk varian 47 mm dan pada pemakaian normal). Sementara untuk varian 42 mm ketahanan baterainya adalah 12 hari pada pemakaian normal.

Pada saat Anda akan melakukan aktivitas olahraga, smartwatch ini akan menampilkan waktu tracking yang akan dilakukan tergantung dari sisa baterai. Ada sekiranya 12 jenis olahraga termasuk berenang, skiingtreadmill, dan masih banyak lagi. Tertarik? Harganya juga cukup murah untuk fitur yang dimilikinya, yakni Rp 1,5 jutaan.

8. Fitbit Versa 2

Fitbit-Versa-2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan desain jam kotak yang terlihat compact, Fitbit Versa 2 mampu menyuguhkan berbagai kebolehan dalam ranah fitness tracking dan beberapa aspek lainnya. Contohnya saja, ia dihadirkan dengan layar AMOLED dengan warna cerah dan tampilan yang tajam.

Estetika memang menjadi salah satu unggulan utama pada smartwatch ini. Terdapat sekitar 8 varian perpaduan warna yang bisa dipilih seperti hitam, abu-abu, pink, ungu, dan lain-lain.

Ia pun dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti dukungan Alexa, pemantauan detak jantung selama 24/7, pemutaran lagu menggunakan Spotify, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, terdapat mikrofon yang bisa digunakan untuk membalas pesan menggunakan voice-to-text recognition. Entah itu Anda membeli Fitbit Versa 2 sebagai produk smartwatch pertama atau untuk mengganti smartwatch yang lama, Anda tidak akan dikecewakan dengan desain bodi, fitur, serta kenyamanan yang ditawarkan pada produk ini. Untuk membelinya, Anda perlu mengeluarkan sebesar Rp 2 jutaan.

9. Kate Spade Scallop 2

Kate-Spade-Scallop-2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Laki-laki atau perempuan, tidak ada salahnya mempertimbangkan jam tangan pintar ini. Jika Anda laki-laki, tentu produk ini bisa menjadi pilihan hadiah anniversary yang cocok untuk pasangan. Jika Anda perempuan, bersiaplah dengan berbagai fitur modern pada jam tangan yang modis ini. Mengusung ukuran layar 4,1 mm, tulisan tetap terbaca dengan nyaman tanpa mengorbankan estetika.

Dibekali dengan sistem operasi Wear OS, Anda juga dapat memberikan berbagai perintah dalam bentuk suara menggunakan Google Assistant dan juga mengaktifkan smartwatch via suara. Tentu saja fitur heart monitoring dan pemantauan aktivitas juga turut hadir pada produk fashion ini. Anda tetap dapat merasakan tampil modis dengan watch face yang bisa disesuaikan. Dapatkan smartwatch ini seharga Rp 5 jutaan.

10. Huawei Watch GT

Huawei Watch GT

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Smartwatch terbaik di daftar ini selanjutnya adalah Huawei Watch GT yang mempunyai dua varian, yaitu Sport dan Classic. Keduanya dijual dengan harga yang berbeda di mana yang Sport sekitar Rp 2,8 juta dan yang Classic Rp 3,2 juta. Lalu apa pembedanya? Huawei Watch GT Classic memiliki body berwarna silver sedangkan Huawei Watch GT Sport berbody hitam.

Selain harga yang terjangkau, kelebihan lain yang dimiliki Huawei Watch GT adalah desainnya yang solid dan daya tahan baterai yang cukup panjang. Kekurangan yang dimiliki smartwatch ini adalah terbatasnya aplikasi ponsel dan tidak ada akses untuk aplikasi pihak ketiga.

11. Apple Watch Series 3

Apple Watch Series 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Generasi ketiga Apple Watch ini merupakan salah satu pilihan smartwatch terbaik saat ini. Apple membekali jam tangan pintar ini dengan watchOS4 dan prosesor S2 dual-core. Bahkan, Apple Watch 3 juga hadir dengan varian yang sudah kompatibel di jaringan LTE. Terdapat dua pilihan kapasitas internal, yakni 8 GB dan 16 GB.

Sertifikasi IP67 yang melekat pada produk ini membuatnya menjadi salah satu smartwatch tahan air. Konektivitas yang melengkapi smartwatch ini antara lain adalah WiFi, Bluetooth, dan NFC. Hebatnya lagi, Apple Watch 3 membawa baterai yang lebih prima dibanding pendahulunya karena dapat bertahan hingga 18 jam.

Nah itulah 10 smartwatch terbaik di dunia yang bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menikmati berbagai fitur mutakhir dari jam tangan pintar saat ini. Akan tetapi jika Anda hanya memiliki budget pas-pasan, maka bisa juga memilih salah satu smartwatch murah yang pernah kami bahas di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *