advertisements

Sebuah smartphone yang rilis di kuartal ketiga tahun 2015 ini merupakan salah satu smartphone tipis andalan Samsung. Galaxy A8 adalah smartphone yang digadang-gadang sebagai penerus Galaxy A7 yang terbilang cukup sukses di pasaran.

Tak tanggung-tanggung, Samsung mengemas fitur dan spesifikasi yang mumpuni di dalam balutan body smartphone yang tipis. Untuk mencari tahu informasi mengenai smartphone ini, simak ulasan yang dirangkum dalam review Samsung Galaxy A8 berikut.

Spesifikasi

  • Layar: Super AMOLED 5.7 inch, 1080 x 1920 pixels (386 ppi)
  • Memori internal: 16/32 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 “64 bit”
  • CPU: Octa Core 1.5 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 16 MP, 5312 x 2988 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Autofocus, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Kamera depan: 5 MP, video recorder 1080p
  • Baterai: Li-ion 3050 mAh

Desain

advertisements

Body smartphone yang sangat tipis menjadi andalan Samsung Galaxy A8. Dimensinya adalah 158 x 76.8 x 5.9 mm. Dengan tebal 5.9 mm tersebut, tentu lebih tipis dari pendahulunya, A7. Smartphone dengan berat 151 gram ini juga sangat ringan dan nyaman dalam genggaman tangan.

review samsung galaxy a8

Samsung Galaxy A8 mengusung material metal sebagai body-nya. Material tersebut membuat A8 nampak sangat stylish dan elegan. Untuk pilihan warna, Anda bisa memilih warna Midnight Black, Champagne Gold atau Pearl White.

Layar

Layar berukuran 5.7 inch Galaxy A8 ini berjenis Super AMOLED Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna. Layar yang jernih ini juga didukung dengan resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan warna 386 ppi.

Resolusi Full HD yang digunakan pada layar Galaxy A8 ini membuat tampilan visual layar smartphone tersebut cerah dan kaya warna. Tak cukup sampai disitu, Samsung juga memproteksi layar A8 dengan mengunakan protector Corning Gorilla Glass 4.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a8

Dapur pacu A8 diisi dengan prosesor Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octa Core gabungan (Quad core 158 GHz Cortex-A53+ dan Quad Core 1.3 GHz Cortex-A53) yang sangat kuat. Ketangguhan dari prosesor tersebut juga diimbangi dengan dukungan dari GPU Adreno 405 juga semakin memperkuat sektor dapu pacu A8.

Dengan prosesor yang diusung oleh Galaxy A8 ini, Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar dan tanpa gangguan. Prosesor ini juga sangat menunjang aktivitas bermain game atau menonton video melalui ponsel pintar yang satu ini.

Memori

Semua orang tentu menginginkan sebuah smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Galaxy A8 akan membantu Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Pasalnya, smartphone ini menyediakan 2 pilihan kapasitas memori internal, yakni 16 dan 32 GB, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Smartphone dengan memori internal 16 GB tentu dibandrol dengan harga yang sedikit lebih murah dari 32 GB. Galaxy A8 juga menyediakan RAM dengan kapasitas lumayan, 2 GB. RAM inilah yang akan mengimbangi kekuatan dapur pacu sehingga smartphone ini tidak mudah lag.

Seperti smartphone-smartphone lain, A8 juga menawarkan slot microSD untuk memori eksternal hingga 128 GB. Anda bisa mengisi slot microSD yang tersedia dengan kartu memori yang hendak Anda gunakan untuk memperbesar kapasitas penyimpanan eksternal.

Kamera

advertisements

Salah satu keunggulan lain dari Galaxy A8 adalah resolusi kamera belakang yang cukup besar. Kamera belakang A8 memiliki resolusi 16 MP 5312 x 2988 pixels dengan LED Flash. Fitur-fitur lain, seperti autofocus, geo-tagging, face detection dan panorama juga tersemat pada kamera Galaxy A8.

Untuk mengambil potret dari kamera depan, Anda bisa menggunakan kamera beresolusi 5 MP yang disediakan A8. Satu hal yang harus Anda tahu, kedua kamera Galaxy A8 ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p.

Konektivitas

Tidak ingin ketinggalan dengan smartphone lain yang sudah menawarkan jaringan 4G LTE, Samsung Galaxy A8 juga menawarkan hal tersebut. Smartphone ini sudah bisa terkoneksi dengan jaringan super cepat 4G LTE yang mampu mendownload hingga 150 Mbps.

Akan tetapi, Anda tak perlu berkecil hati jika belum menggunakan provider yang tidak mendukung jaringan 4G LTE, karena A8 juga bisa digunakan di jaringan 2G, 3G maupun Wi-Fi. Smartphone ini juga dibekali dengan Bluetooth v4.0 dan NFC untuk mempercepat proses pengiriman data antar smartphone.

Baterai

Samsung paham untuk mengimbangi dapur pacu yang kuat, ia harus menyematkan baterai dengan kekuatan yang mumpuni pada Galaxy A8. A8 menggunakan baterai Li-Ion Non-removable 3050 mAh. Kapasitas baterai tersebut lumayan besar untuk mengimbangi aktivitas Anda berselancar di dunia maya. Tak hanya itu saja, waktu talk-time yang ditawarkan A8 menggunakan baterai ini bisa mencapai 17 jam.

Fitur

Satu hal yang pasti, Samsung Galaxy A8 sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android Lollipop v5.1 yang artinya Anda bisa menggunakan berbagai fitur Android terbaru dan mengunduh berbagai aplikasi menarik melalui Google Play Store.

Ponsel pintar yang satu ini juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari untuk menambah tingkat keamanan agar smartphone Anda tidak bisa dibuka oleh orang yang tidak dikenal. Sistem keaman ini serupa tak sama dengan finger print iPhone 5s.

Sama seperti kebanyakan smartphone saat ini, Galaxy A8 juga menyediakan dua slot untuk SIM card. Namun, salah satu slot tersebut diletakan pada slot yang sama dengan MicroSD sehingga Anda hanya bisa memilih antara menggunakan kartu SIM kedua atau memori MicroSD.

Harga

Galaxy A8 masuk dalam jajaran smartphone menengah ke atas. Tak perlu heran jika smartphone ini terbilang pricey. Harga terbaru Samsung Galaxy A8 di adalah Rp 6.499.000. Saat ini, Samsung Galaxy A8 sudah resmi masuk ke Indonesia dan dibandrol dengan harga tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A8:
– Casing dari bahan alumunium
– Bodi yang sangat ramping
– Ada slot MicroSD
– Kamera berkualitas baik
– Sensor sidik jari

Kekurangan Samsung Galaxy A8:
– Speaker belum stereo
– Tidak ada NFC
– Baterai tidak bisa dilepas

Artikel Menarik Lainnya: