carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Akuntansi untuk Mengotomasi Keuangan Bisnis

10 Aplikasi Akuntansi untuk Mengotomasi Keuangan Bisnis

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 22 April 2021

Mencari aplikasi akuntansi yang sesuai memang bukanlah perkara mudah. Meskipun sama-sama didesain supaya dapat menyederhanakan proses pengelolaan serta manajemen keuangan sekaligus meminimalisir terjadinya human error, namun setiap aplikasi memiliki keunggulan dan skala yang berbeda.

Jika Anda sedang mencari aplikasi akuntansi yang tepat untuk mengotomasi proses accounting bisnis sendiri ataupun mendukung pekerja Anda sebagai akuntan, Anda berada di artikel yang tepat. Karena kali ini kami sudah merangkum 10 aplikasi akuntansi terbaik yang layak untuk dipertimbangkan. Berikut pembahasannya!

1. Jurnal

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi berbasis awan asal Indonesia yang dikembangkan oleh Mekari. Fitur yang tersedia di Jurnal akan membantu menyelesaikan pengelolaan keuangan secara otomatis dan akurat untuk bisnis kecil maupun menengah.

Beberapa fitur yang tersedia meliputi penyajian laporan keuangan secara lengkap dan real time, mengurus pembukuan, memantau kas dan transaksi, sistem in-voice otomatis, mengelola pajak, manajemen produk serta inventaris, dan masih banyak lagi.

Untuk menguji coba fitur yang ditawarkan sebelum membeli, Anda bisa mencoba versi trial-nya terlebih dahulu di sini. Mereka juga menyediakan versi mobile yang bisa diunduh melalui halaman ini.

2. SI APIK

Bank Indonesia juga menawarkan aplikasi akuntansi untuk membantu pencatatan laporan keuangan yang ditujukan untuk usaha kecil dari berbagai sektor yakni SI APIK. Standar pencatatan dari aplikasi ini sudah sesuai dengan aturan Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Dengan begini, laporan-laporan keuangan yang tercatat pada aplikasi ini bisa digunakan untuk mengajukan pembiayaan.

Aplikasi ini mencatat dengan sistem double-entry, namun dengan input single entry, sehingga tidak merumitkan pengguna saat melakukan input. Di samping itu, aplikasi ini juga memberikan laporan keuangan yang meliputi neraca, arus kas, laba-rugi, serta rincian pos keuangan. Lalu, ia juga menyajikan grafik dari laporan kinerja keuangan seperti likuiditas, profitabilitas, dan lain sebagainya.

SI APIK ini bisa digunakan di smartphone dengan mengunduhnya secara gratis di Google Play dan App Store. Sedangkan untuk PC, aplikasi ini bisa diakses melalui laman ini.

3. Zahir

Zahir merupakan software akuntansi yang cukup populer di Indonesia. Ia bahkan dipercaya oleh perusahaan besar ternama seperti Traveloka, bukalapak, kitabisa.com hingga Trans Vision. Produk-produk yang ditawarkan oleh Zahir cukup beragam mulai dari untuk bisnis online kecil hingga enterprise.

Aplikasi sistem akuntansi dari Zahir menawarkan fitur yang akan membantu pengguna mendapatkan laporan keuangan secara real-time, mengelola pembelian dan pembayaran, pengelolaan piutang, manajemen kas, dan lain sebagainya.

Produk-produk yang ditawarkan oleh Zahir tentunya berbayar, namun Anda tak perlu khawatir karena beberapa produknya tersedia dalam versi uji coba yang bisa didapatkan melalui laman ini. Lalu, mereka juga menyediakan aplikasi mobile bisa diunduh di Google Play maupun App Store.

4. Accurate

Accurate merupakan software akuntansi awan yang berasal dari dalam negeri dan telah dipercaya oleh banyak pelaku UMKM maupun perusahaan besar. Software ini didesain agar mampu membantu proses operasional bisnis Anda apapun bidangnya.

Aplikasi ini mampu memberikan rincian laporan keuangan yang meliputi laba dan rugi, neraca, arus kas, buku besar, catatan penjual dan laporan lain secara instan. Accurate juga akan membantu pembuatan faktur, pengelolaan stok barang, hingga kalkulasi pajak. Di samping itu, ia juga sudah terintegrasi dengan smart link internet banking.

Jika ingin membuktikan masing-masing keunggulan yang ditawarkan oleh Accurate, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan mendaftar di laman resminya. Sedangkan untuk aplikasi perangkat seluler bisa diunduh melalui Google Play dan App Store.

5. EQUIP

Aplikasi akuntansi asal Singapura EQUIP ini merupakan salah satu produk yang dirancang oleh HashMicro. EQUIP hadir sebagai solusi untuk membantu perusahaan dari berbagai macam industri agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan sistem otomatisasi. Aplikasi ini sudah dirancang agar sesuai dengan standar bisnis terbaik dan dapat dimodifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis masing-masing.

Sistem akuntansi yang ditawarkan oleh EQUIP meliputi menyajikan laporan keuangan yang rinci dan sesuai dengan peraturan pemerintahan Indonesia, manajemen faktur, mengelola instruksi pembelian, manajemen pembayaran, mengelola rekening dengan mata uang asing dan lain sebagainya. Jika tertarik untuk mencoba EQUIP, Anda bisa melakukan uji coba dengan registrasi melalui laman resminya di sini.

6. Wave

Untuk pebisnis baru maupun skala kecil yang mencari aplikasi akuntansi yang bebas dari pungutan biaya, maka Wave bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.


Wave menawarkan fitur yang dapat menyajikan rincian laporan arus kas, laba dan rugi, serta laporan keuangan lainnya. Wave juga mampu mengkalkulasi pajak dari pemasukan dan pengeluaran. Keunggulan lain yang mereka tawarkan adalah setiap akun dapat digunakan untuk lebih dari satu bisnis.

Aplikasi ini juga berbasis web, sehingga tak perlu repot-repot menginstal software ke dalam desktop. Jika tertarik, Anda bisa langsung melakukan registrasi melalui website resmi Wave di sini.

7. FreshBooks

FreshBooks merupakan aplikasi akuntansi yang disasarkan untuk pemilik bisnis kecil. Aplikasi ini akan memastikan bahwa laporan finansial yang diberikan akurat dan mudah untuk dipahami, namun masih tetap lengkap dan rinci untuk seorang akuntan. Dengan data yang lengkap, pebisnis akan dibantu untuk mengatur strategi dan meramal pemasukan di masa depan.

Tidak hanya itu, FreshBooks juga menyajikan service untuk para pekerja lepas dan pekerja proyek untuk mengelola pembayaran dengan menghadirkan fitur seperti time tracking, billing secara otomatis, dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin menguji fitur-fitur yang ditawarkan oleh FreshBook, Anda bisa mencoba versi trial selama 30 hari dengan melakukan registrasi di sini. Selain itu, aplikasi akuntansi ini juga tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

8. SAP

Bagi yang bergelut dibidang akuntansi pasti sudah tidak asing dengan SAP. Software dari perusahaan berbasis Jerman ini sudah umum digunakan oleh sejumlah perusahaan-perusahaan besar tak terkecuali di Indonesia. SAP memanfaat kemampuan artificial intelligence untuk membantu para pelaku bisnis menyederhanakan pengelolaan keuangan dan operasional perusahaan.

SAP menawarkan SAP HANA, sebuah memory database yang mampu menyajikan analisa komprehensif secara real time dan model data yang lebih sederhana. Mulai dari laporan keuangan, utang piutang, anggaran, kredit hingga manajemen aset.

Jika belum mantap untuk membeli aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh SAP, mereka menyediakan versi trial yang dapat digunakan selama 30 hari penuh secara gratis. Anda tinggal mengunjungi laman resminya, lalu mengikuti seluruh tahapannya.

9. MYOB

Rekomendasi selanjutnya hadir dari aplikasi akuntansi yang dikembangkan oleh developer asal Australia yakni MYOB. Sama seperti SAP, aplikasi ini juga sudah dipercaya oleh banyak perusahaan-perusahaan internasional baik dalam skala kecil hingga besar.

Seluruh fitur yang yang ditawarkan mampu mempermudah pekerjaan akuntansi. Mulai dari menyajikan laporan keuangan, pengelolaan invoice, mengatur rekaman customer dan supplier, manajemen inventaris, rekonsiliasi bank, pengelolaan pajak, dan lain sebagainya.

Jika tertarik untuk menguji coba fitur yang ditawarkan oleh MYOB, Anda bisa mencoba versi trial-nya dengan mengunjungi laman MYOB.

10. Xero

Xero merupakan software akuntansi berbasis teknologi awan yang dapat menawarkan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses rincian laporan keuangan di perangkat apa pun secara real time.

Selain menyajikan fitur-fitur yang umumnya ada di aplikasi akuntansi, Xero juga menghadirkan fitur multi-currency. Fitur ini tidak hanya mengkonversi transaksi mata uang asing secara otomatis, ia juga memperlihatkan bagaimana perubahan kurs tersebut mempengaruhi arus kas dan keuntungan bisnis.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba terlebih dahulu versi trial-nya selama 30 hari dengan melakukan pendaftaran di website resmi Xero.

Nah, itu dia kesepuluh rekomendasi aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk mengotomasi pengelolaan keuangan baik untuk membantu pebisnis maupun akuntan. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan skala bisnisnya. Jadi, bagaimana? Sudahkah Anda menemukan aplikasi yang tepat? Jangan lupa cek juga bahasan tentang aplikasi laporan keuangan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram