carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android 2020

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android 2021

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 8 September 2020

Besar pasak daripada tiang” merupakan peribahasa yang memiliki arti bahwa pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan. Banyak dari kita yang mengalami masalah tersebut sehingga selalu mengalami masalah finansial setiap bulannya.

Nah, apakah Anda mengalami hal seperti ini? Salah satu solusi yang harus Anda lakukan adalah mengatur keuangan Anda sebaik mungkin. Beberapa orang mungkin akan mempercayakan akuntan keuangan untuk masalah tersebut.

Namun kini Anda tidak perlu menghabiskan uang mempekerjakan akuntan pribadi untuk mengatur anggaran bulanan. Cukup unduh beberapa aplikasi pengatur keuangan berikut di perangkat Android Anda. Maka, aplikasi tersebut akan membantu Anda untuk mengatur keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi di Android

Jika Anda kebingungan memilih aplikasi yang bavus untuk mengatur keuangan Anda, maka kami merekomendasikan beberapa aplikasi bagus berikut ini.

1. AndroMoney (Expense Track)

Andromoney

Aplikasi ini dapat melacak pemasukan dan pengeluaran Anda dalam tampilan yang sederhana dan rinci. Aplikasi ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran Anda, dan kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menentukan anggaran untuk jalan-jalan dan nonton film, makan, keperluan gadget, keperluan rumah tangga dan furniture, hingga keperluan belanja pakaian. Silahkan download aplikasinya melalui Play Store di sini.

2. Buku Warung

BukuWarung

Download Catatan Keuangan Harian

BukuWarung merupakan aplikasi keuangan yang cocok digunakan baik personal maupun bisnis. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan solusi pencatatan keuangan yang mudah, gratis, dan aman. Ditambah lagi, aplikasi BukuWarung ini memiliki banyak fitur andalan yang dapat mempermudah Anda dalam mengatur dan memonitor arus keuangan.

Sebut saja fitur Catat Utang, Anda bisa mencatat dan mengetahui sisa utang siapapun dengan mudah. Hanya tinggal klik namanya saja, maka semua riwayat utang hingga sisa tunggakannya akan muncul secara otomatis. Hebatnya lagi, semua orang yang dicatatkan utangnya di aplikasi ini akan mendapatkan pengingat utang melalui SMS secara otomatis. SMS dikirim menggunakan nomor BukuWarung, jadi gratis dan gak sungkan!

Selain itu, aplikasi BukuWarung juga memungkinkan Anda untuk mengetahui untung dan rugi dengan mudah. Jadi tidak akan ada lagi cerita tentang gaji yang terasa cepat habis karena manajemen keuangan yang kurang teratur.  Kelebihan lainnya dari aplikasi BukuWarung adalah sisi keamanannya, mereka menyimpan data secara online sehingga data tidak rawan hilang meskipun Anda berganti HP.

Wah fitur yang ditawarkan menarik sekali, bukan? Segera unduh aplikasinya dan temukan informasi lengkapnya di bukuwarung.com

3. Money Lover

Money Lover

Butuh asisten untuk mengatur keuangan pribadi Anda? Pertimbangkan untuk menginstall Money Lover yang merupakan sebuah aplikasi pengatur keuangan yang sangat mudah dan praktis.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti budget, savings, dan events bertugas untuk mengatur pengeluaran Anda dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari makan, transportasi, dan hiburan.

Dengan Money Lover, Anda bisa mengontrol segala jenis pengeluaran Anda secara praktis. Jadi, Anda tak perlu repot menulis laporan keuangan pribadi Anda di sebuah kertas. Karena saat ini Anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran Anda hanya melalui aplikasi Money Lover.

4. Cash Droid

Cash Droid

Selanjutnya, kita akan berjumpa dengan aplikasi yang menampilkan grafik keuangan pribadi. Pengembang Cash Droid mengklaim bahwa ini merupakan aplikasi pengatur keuangan yang terbaik dibanding aplikasi lain yang sejenis. Pasalnya, tampilan grafik pada Cash Droid akan menganalisis keuangan dan file CSV impor (pada versi Cash Droid Pro) Anda.

Hampir sama dengan AndroMoney, Cash Droid juga bisa mengelompokkan jenis pemasukan dan pengeluaran Anda. Misalnya, sumber dana berasal dari gaji pokok, dan pengeluaran untuk membayar asuransi, tagihan dan servis mobil. Silakan download aplikasinya di sini.

5. Monefy

aplikasi pengatur keuangan Monefy

Anda pasti setuju bahwa aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat eye-catching dan simpel. Ya, kesederhaan sangat dibutuhkan pada aplikasi pengatur keuangan. Pasalnya, Anda tentu sudah cukup rumit dalam mengatur keuangan, bila Anda harus melihat aplikasi yang rumit lagi, maka pengaturan keuangan Anda akan menjadi kacau.

Monefy memiliki beberapa kategori yang bisa Anda gunakan untuk mengatur anggaran. Interface sederhana dan efektif menjadi andalan dari aplikasi ini. Anda cukup memasukkan jumlah dana, kemudian pilih kategori yang tepat. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengatur keuangan Anda sehari-hari.

6. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi besutan developer Asyncbite Software ini juga menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin mencatat pengeluaran bulanan Anda. Pada aplikasinya, Catatan Keuangan Harian memiliki keragaman fitur yang cukup lengkap, seperti mencatat pengeluaran, pendapatan, menghitung selisih, laporan perbulan, dan masih banyak lagi. Tertarik? Bisa langsung download di sini.

7. Financial Calculators

financial calculator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengatur anggaran, tetapi juga menjadi alat bantu pengatur keuangan yang sangat bermanfaat. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan beberapa fitur, seperti Auto Loan, Auto Lease Calculator, Return on Invesment, Commercial Loan Calculator, dan masih banyak lagi.

Dengan Financial Calculators, Anda bisa menentukan manakah yang lebih efisien untuk keuangan Anda antara membeli atau menyewa sesuatu. Aplikasi keuangan ini juga membantu Anda untuk memahami suku bunga majemuk dan membantu Anda untuk lebih konsisten saat melakukan set goals, seperti mewujudkan impian untuk memiliki rumah pribadi.

8. Financisto

Financisto

Ini merupakan aplikasi multi-akun yang bisa mengatur keuangan dalam berbagai mata uang. Financicto membantu Anda untuk melihat secara sederhana menangani seberapa baik atau buruk siklus keuangan Anda saat ini.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung mencatat segala jenis pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari. Apabila Anda lupa darimana uang Anda bisa bertamabah atau berkurang, Anda bisa melacaknya melalui Financisto.

Setelah melakukan pelacakan, aplikasi ini akan menampilkan jenis pengeluaran Anda beserta tanggal transaksinya. Wah, aplikasi ini nampaknya akan mempermudah Anda untuk memantau keuangan sehari-hari! Silakan unduh aplikasinya di sini.

9. Mint

Mint

Sesuai dengan namanya, Mint akan membantu untuk menyegarkan kembali siklus keuangan Anda. Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa akun, melakukan kategorisasi otomatis, pengingat tagihan, dan melakukan pelacakan tujuan keuangan Anda. Mint juga mampu melakukan credit scoring secara efektif.

Mint sangat membantu Anda untuk menyusun budgeting agar tidak melebihi pemasukan Anda. Misalnya, ketika Anda mengeluarkan uang untuk makan segera tulis dalam kategori Food & Dining, saat sedang clubbing dengan teman-teman catat pengeluaran pada kategori Alcohol & Bars.

Kemudian, ketika Anda telah mengeluarkan uang untuk berbelanja, segera catat pengeluaran tersebut sesuai dengan jenis barang yang dibeli, apakah itu barang keperluan sehari-hari, pakaian atau alat-alat elektronik. Silakan download aplikasi Mint ini di sini.

10. Sepran (Expense Manager)

Sepran image

Sering mengalami uang Anda terasa cepat habis? Bingung sudah dipakai untuk apa saja? Malas membuat laporan keuangan secara manual? Saatnya mengatur keuangan pribadi Anda dengan aplikasi Sepran.

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini akan membantu Anda dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran harian secara mudah & cepat. Dengan input data yang sederhana dan disertai fitur pengingat, Sepran memungkinkan Anda untuk mencatat data keuangan secara berkala. Apalagi aplikasi ini masih bisa diakses meski tanpa koneksi internet, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja.

sepran image

Kelebihan lainnya dari Sepran adalah Anda bisa merancang rekapan keuangan sesuai keinginan Anda baik itu secara mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. Tidak hanya sampai disitu, aplikasi ini juga menjamin data Anda akan tersimpan aman, bahkan ketika Anda berganti handphone. Lho? Kok bisa? Ya! Karena Anda dapat membackup semua data di aplikasi Sepran ke Google drive pribadi Anda.

Apalagi jika Anda menggunakan Sepran Versi Pro, Anda dapat dengan bebas menggunakan aplikasi ini tanpa selingan iklan selamanya. Lalu bagaimana dengan data pada Sepran versi free? Tenang saja, Anda dapat merestorenya hanya dalam hitungan detik. Wah! Banyak sekali ya manfaat dan keuntungan yang ditawarkan aplikasi Sepran! Jadi, tunggu apalagi? Yuk! Segera download aplikasinya di sini.

Aplikasi Rekomendasi Lainnya

Masih ada lagi aplikasi lainnya untuk mengatur keuangan bulanan, bahkan pengeluaran harian Anda. Nah, Anda juga bisa mencoba beberapa rekomendasi aplikasi berikut ini untuk mengatur pengeluaran Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

11. Money

1Money

Mengatur keuangan harian, mingguan, hingga bulanan Anda bisa lebih mudah dilakukan dengan 1Money. Ini adalah sebuah aplikasi gratis di mana Anda bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran Anda. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan budget pengeluaran yang bisa disesuaikan dengan pemasukan Anda.

Jangan khawatir kebingungan dengan pengeluaran atau pemasukan yang tidak terduga, karena 1Money punya fitur tracking untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran secara detail. Fitur tracking ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk menabung jika ada pemasukan tak terduga. Cukup bagus, kan? Yuk segera download aplikasinya di sini.

12. Finansialku

finansialku

Finansialku adalah salah satu aplikasi yang bagus dan aman untuk mengatur keuangan Anda, karena aplikasi ini sudah mengantongi sertifikat CFP (Certified Financial Planner). Tidak heran mendapatkan sertifikat tersebut karena memang aplikasi ini sangat membantu dalam mengontrol pengeluaran dan juga pemasukan.

Di sini, Anda bisa menentukan budget berdasarkan keuangan yang ada di rekening Anda. Jadi, Anda bisa mengoneksikan akun Finansialku dengan rekening-rekening Anda. Kalau Anda bingung dalam menentukan budget atau punya permasalahan keuangan, maka Finansialku siap memberikan tips jitu untuk mengatur keuangan secara efektif dan efisien.

13. Catatan Keuangan - SukronMoh

Catatan Keuangan - SukronMoh

SukronMoh juga membesut sebuah aplikasi untuk menghitung pengeluaran hanya melalui ponsel Android saja. Nama aplikasinya adalah Catatan Keuangan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur pengeluaran Anda selama sebulan.

Selain menghitung pengeluaran, Anda juga akan diberikan laporan selisih antara penghasilan dengan pengeluaran Anda selama satu bulan. Selain itu juga, aplikasi ini siap memberikan laporan berupa grafik yang lebih memudahkan Anda dalam mengontrol pengeluaran secara berkala. Bagaimana, mau coba? Download di sini.

14. Daily Expenses License

Daily Expenses License

Meskipun ini aplikasi berbayar, namun kelengkapan fitur pada aplikasi ini jangan diragukan lagi. Pasalnya, aplikasi bernama Daily Expenses License ini siap melaporkan segala bentuk pengeluaran Anda. Bahkan, Anda tidak akan dibatasi oleh apapun, alias Anda bisa menikmati semua fiturnya secara lengkap. Nah, kalau Anda ingin menggunakan aplikasi ini, bisa bayar Rp 30.000 di sini.

15. MoneyWise

moneywise

Aplikasi ini menawarkan beberapa akun, penyesuaian anggaran, grafik biaya dalam kategori dan waktu, penandaan biaya, manajemen anggaran, dan pelacakan biaya. MoneyWise juga didukung dengan beberapa bahasa. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mata uang USD dan EURO saja.

Beberapa aplikasi pengatur keuangan di atas dapat membantu Anda untuk mengatur pemasukan dang pengeluaran secara lebih praktis. Anda bisa memantau setiap alur keuangan Anda melalui smartphone atau tablet.

16. Money Manager

Money Manager

Kalau aplikasi yang satu ini bukan hanya sekedar untuk mencatat pengeluaran saja. Pasalnya, Money Manager juga memiliki fitur untuk mencatat pengeluaran dengan laporan penggunaan kartu debit ataupun kartu kredit.

Istimewanya lagi, Money Manager bisa terintegrasi dengan PC/laptop Anda lho. Jadi, Anda juga boleh mengedit data pengeluaran berdasarkan tanggal, bulan, atau tahun, sesuai dengan kebutuhan Anda pada PC. Yuk segera unduh aplikasinya di sini.

17. Catatan Keuangan - Pembukuan Keuangan

Satu lagi aplikasi yang bagus untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan Anda, adalah Catatan Keuangan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengontrol setiap pembelanjaan Anda yang disesuaikan dengan pemasukan bulanan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengingat untuk membayar tagihan, baik tagihan kartu kredit atau tagihan lainnya.

Yang menariknya, Anda bisa mengakses aplikasi ini dimana pun dan kapan pun. Sebab, aplikasi ini akan secara otomatis tersambung dengan semua perangkat elektronik Anda. Oh iya, aplikasi ini juga menginformasikan nilai tukar mata uang dari seluruh dunia lho.

Oh iya, jika Anda juga membutuhkan aplikasi untuk selalu mengingatkan jadwal setiap harinya, maka Anda bisa langsung cek beberapa rekomendasi aplikasi pengingat jadwal terbaik di artikel ini. Semoga membantu!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram