10 Aplikasi Keuangan PC untuk Manajemen yang Lebih Baik

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kalau kamu membutuhkan bantuan untuk mengurus keuangan, maka perangkat lunak dan aplikasi keuangan pribadi dapat membantumu menjadi lebih efisien dalam mengelola uangmu. Aplikasi dan software tersebut bahkan dapat membantumu menemukan cara untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang.

Memilih aplikasi keuangan pribadi yang tepat untukmu akan bergantung pada kebutuhan keuanganmu saat ini. Beberapa aplikasi keuangan pribadi dapat membantumu menguasai penganggaran dan melacak pengeluaran, sementara aplikasi lain dapat membantumu dengan manajemen portofolio investasi. Bingung pilih yang mana? Simak saja ulasan ini.

1. Quicken

Quicken
*

Quicken merupakan aplikasi yang sudah lama digunakan untuk mengelola keuangan pribadi. Awalnya aplikasi ini hanya dibangun untuk versi desktop, namun sekarang sudah tersedia untuk versi mobile. Quicken menyediakan berbagai alat pelaporan keuangan yang bagus. Aplikasi berbayar ini menggabungkan pelaporan anggaran, perbankan, dan investasi dalam satu dasbor.

Fitur pelaporan ini terkait dengan beberapa bidang yang berbeda, yaitu anggaran, tagihan, laporan, juga investasi. Untuk anggaran, aplikasi ini memberikanmu kesempatan untuk memasukkan pembelian dan pendapatan hingga kamu dapat membandingkan keduanya secara bersamaan. Hasilnya kamu dapat membandingkan berapa banyak pendapatan dan pengeluaranmu.

Dalam hal tagihan, kamu bisa melihat biaya apa, berapa yang harus kamu bayar, dan juga berapa banyak sisa uang. Untuk laporan, kamu dapat menyatukan tagihan kartu kredit juga perbankan di satu tempat sehingga kamu tahu berapa banyak yang kamu bayarkan. Untuk investasi, aplikasi ini dapat melacak apakah investasi bagian dari tabungan, portofolio investasi, atau program pensiun.

2. Money Keeper

Money Keeper
*

Aplikasi luar biasa ini memiliki semua fitur keuangan yang diperlukan. Money Keeper memungkinkanmu untuk mengurus laporan, melacak pendapatan dan pengeluaran. Kamu dapat membuat laporan, melihat ringkasan dan juga memperkirakan pengeluaran. Bahkan kamu bisa membuat anggaran untuk membatasi pengeluaran dan menghemat uangmu.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk dapat membuat entri utang dan pinjaman untuk melacak pembayaran keduanya dan tetap diingatkan tentang pinjaman yang diambil dan diberikan. Selain itu, Money Keeper juga menawarkan pilihan untuk membuat event dan melacak biaya event tersebut secara terpisah dari rekening utamamu.

Yang terbaik dari aplikasi ini adalah kamu dapat membuat jumlah rekening yang tidak terbatas dan menambahkan sebanyak mungkin transaksi yang sesuai dengan rekening tersebut. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar, kamu dapat menghilangkan beberapa batasan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk PC Windows 10 juga Windows Phone.

3. Mint

Mint
*

Aplikasi ini merupakan anggaran online gratis dari Intuit, yang membuat aplikasi TurboTax dan QuickBooks. Mint menggabungkan semua data keuanganmu dan menunjukkan kepadamu gambaran umum tentang anggaran, tagihan, pengeluaran, dan skor piutangmu.

Kamu dapat membuat anggaran sendiri, membuat tujuan dan pengingat, dan menyinkronkan datamu pada data web dan aplikasi. Aplikasi ini memberikan keamanan dengan enkripsi dan otentikasi multi-faktor. Kamu juga dapat menggunakan Mint untuk melacak investasi dan portofoliomu.

4. Money Lover

Money Lover
*

Money Lover merupakan aplikasi untuk melacak pengeluaran yang mudah digunakan dan tersedia dalam versi gratis dan premium. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan dan penganggaran yang bagus.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola pinjaman dan hutang. Walaupun Money Lover versi gratis tidak memungkinkanmu untuk memiliki lebih dari satu tabungan, tapi versi yang tidak berbayar pun sudah cukup.

Aplikasi ini tersedia untuk sebagian besar perangkat mobile juga komputer berbasis Windows. Bahkan versi web juga tersedia dan dapat diakses menggunakan peramban apa saja.

Kelebihan Money Lover yang sangat bermanfaat yaitu aplikasi ini bisa menambahkan jadwal penerimaan uang. Fitur ini bisa menjadi pengingat untukmu. Jadi, kamu bisa mencatatkan pemasukan uang di waktu yang akan datang.

5. YNAB

YNAB
*

Kepanjangan dari You Need a Budget, YNAB merupakan aplikasi keuangan pribadi yang memiliki tujuan agar kamu bisa lebih melek tentang keuangan ketika kamu mengelola anggaran bulanan. Saat membutuhkan tutorial untuk membuat anggaran dan mengelola keuangan harianmu, aplikasi ini dapat membantu menangani beberapa masalah keuangan yang lebih sulit.

Jika kamu memerlukan bantuan untuk mengatasi kebiasaan jelekmu dengan keuangan, YNAB dapat membantumu memecahkan masalahmu dengan menggunakan beberapa aturan manajemen keuangan dasar. YNAB secara otomatis dapat dihubungkan ke rekening bankmu, mengintegrasikan informasi pengeluaranmu untuk analisis dan pelacakan penganggaran.

Aplikasi berbayar ini menawarkan uji coba gratis selama 34 hari agar kamu dapat memutuskan apakah YNAB tepat untuk tujuan keuangan pribadimu atau tidak. YNAB bisa digunakan di semua perangkat termasuk PC, tablet dan smartphone.

6. GnuCash

GnuCash
*

Aplikasi GnuCash merupakan aplikasi komputer yang kompatibel dengan Windows, Mac OS, dan Linux. Ada juga aplikasi pendamping untuk Android yang memungkinkanmu untuk bisa melacak pengeluaran ketika bepergian dan kemudian mengimpor informasinya ke PC.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram