Carisinyal / Aplikasi PC / 10 Aplikasi Keuangan PC untuk Manajemen yang Lebih Baik

10 Aplikasi Keuangan PC untuk Manajemen yang Lebih Baik

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2019

Kalau kamu membutuhkan bantuan untuk mengurus keuangan, maka perangkat lunak dan aplikasi keuangan pribadi dapat membantumu menjadi lebih efisien dalam mengelola uangmu. Aplikasi dan software tersebut bahkan dapat membantumu menemukan cara untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang.

Memilih aplikasi keuangan pribadi yang tepat untukmu akan bergantung pada kebutuhan keuanganmu saat ini. Beberapa aplikasi keuangan pribadi dapat membantumu menguasai penganggaran dan melacak pengeluaran, sementara aplikasi lain dapat membantumu dengan manajemen portofolio investasi. Bingung pilih yang mana? Simak saja ulasan ini.

1. Quicken

Quicken

* sumber: ya-webdesign.com

Quicken merupakan aplikasi yang sudah lama digunakan untuk mengelola keuangan pribadi. Awalnya aplikasi ini hanya dibangun untuk versi desktop, namun sekarang sudah tersedia untuk versi mobile. Quicken menyediakan berbagai alat pelaporan keuangan yang bagus. Aplikasi berbayar ini menggabungkan pelaporan anggaran, perbankan, dan investasi dalam satu dasbor.

Fitur pelaporan ini terkait dengan beberapa bidang yang berbeda, yaitu anggaran, tagihan, laporan, juga investasi. Untuk anggaran, aplikasi ini memberikanmu kesempatan untuk memasukkan pembelian dan pendapatan hingga kamu dapat membandingkan keduanya secara bersamaan. Hasilnya kamu dapat membandingkan berapa banyak pendapatan dan pengeluaranmu.

Dalam hal tagihan, kamu bisa melihat biaya apa, berapa yang harus kamu bayar, dan juga berapa banyak sisa uang. Untuk laporan, kamu dapat menyatukan tagihan kartu kredit juga perbankan di satu tempat sehingga kamu tahu berapa banyak yang kamu bayarkan. Untuk investasi, aplikasi ini dapat melacak apakah investasi bagian dari tabungan, portofolio investasi, atau program pensiun.

2. Money Keeper

Money Keeper

* sumber: www.microsoft.com

Aplikasi luar biasa ini memiliki semua fitur keuangan yang diperlukan. Money Keeper memungkinkanmu untuk mengurus laporan, melacak pendapatan dan pengeluaran. Kamu dapat membuat laporan, melihat ringkasan dan juga memperkirakan pengeluaran. Bahkan kamu bisa membuat anggaran untuk membatasi pengeluaran dan menghemat uangmu.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk dapat membuat entri utang dan pinjaman untuk melacak pembayaran keduanya dan tetap diingatkan tentang pinjaman yang diambil dan diberikan. Selain itu, Money Keeper juga menawarkan pilihan untuk membuat event dan melacak biaya event tersebut secara terpisah dari rekening utamamu.

Yang terbaik dari aplikasi ini adalah kamu dapat membuat jumlah rekening yang tidak terbatas dan menambahkan sebanyak mungkin transaksi yang sesuai dengan rekening tersebut. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar, kamu dapat menghilangkan beberapa batasan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk PC Windows 10 juga Windows Phone.

3. Mint

Mint

* sumber: medium.com

Aplikasi ini merupakan anggaran online gratis dari Intuit, yang membuat aplikasi TurboTax dan QuickBooks. Mint menggabungkan semua data keuanganmu dan menunjukkan kepadamu gambaran umum tentang anggaran, tagihan, pengeluaran, dan skor piutangmu.

Kamu dapat membuat anggaran sendiri, membuat tujuan dan pengingat, dan menyinkronkan datamu pada data web dan aplikasi. Aplikasi ini memberikan keamanan dengan enkripsi dan otentikasi multi-faktor. Kamu juga dapat menggunakan Mint untuk melacak investasi dan portofoliomu.

4. Money Lover

Money Lover

* sumber: www.microsoft.com

Money Lover merupakan aplikasi untuk melacak pengeluaran yang mudah digunakan dan tersedia dalam versi gratis dan premium. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan dan penganggaran yang bagus.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola pinjaman dan hutang. Walaupun Money Lover versi gratis tidak memungkinkanmu untuk memiliki lebih dari satu tabungan, tapi versi yang tidak berbayar pun sudah cukup.

Aplikasi ini tersedia untuk sebagian besar perangkat mobile juga komputer berbasis Windows. Bahkan versi web juga tersedia dan dapat diakses menggunakan peramban apa saja.

Kelebihan Money Lover yang sangat bermanfaat yaitu aplikasi ini bisa menambahkan jadwal penerimaan uang. Fitur ini bisa menjadi pengingat untukmu. Jadi, kamu bisa mencatatkan pemasukan uang di waktu yang akan datang.

5. YNAB

YNAB

* sumber: deadlycontent.com

Kepanjangan dari You Need a Budget, YNAB merupakan aplikasi keuangan pribadi yang memiliki tujuan agar kamu bisa lebih melek tentang keuangan ketika kamu mengelola anggaran bulanan. Saat membutuhkan tutorial untuk membuat anggaran dan mengelola keuangan harianmu, aplikasi ini dapat membantu menangani beberapa masalah keuangan yang lebih sulit.

Jika kamu memerlukan bantuan untuk mengatasi kebiasaan jelekmu dengan keuangan, YNAB dapat membantumu memecahkan masalahmu dengan menggunakan beberapa aturan manajemen keuangan dasar. YNAB secara otomatis dapat dihubungkan ke rekening bankmu, mengintegrasikan informasi pengeluaranmu untuk analisis dan pelacakan penganggaran.

Aplikasi berbayar ini menawarkan uji coba gratis selama 34 hari agar kamu dapat memutuskan apakah YNAB tepat untuk tujuan keuangan pribadimu atau tidak. YNAB bisa digunakan di semua perangkat termasuk PC, tablet dan smartphone.

6. GnuCash

GnuCash

* sumber: dompruitt.com

Aplikasi GnuCash merupakan aplikasi komputer yang kompatibel dengan Windows, Mac OS, dan Linux. Ada juga aplikasi pendamping untuk Android yang memungkinkanmu untuk bisa melacak pengeluaran ketika bepergian dan kemudian mengimpor informasinya ke PC.

GnuCash dikembangkan oleh para sukarelawan dan merupakan aplikasi akuntasi gratis yang dapat digunakan untuk menjalankan sejumlah laporan untuk melihat data keuanganmu. Fitur-fiturnya termasuk melacak rekening bank, pendapatan, saham, dan pengeluaran.

Aplikasi keuangan PC GnuCash juga menawarkan bantuan akuntansi untuk bisnis kecil yang memungkinkan para pebisnis dapat mengelola pelanggan dan vendor, menangani faktur serta pembayaran tagihan bahkan juga penggajian.

7. Mvelopes

Mvelopes

* sumber: blinklist.com

Sistem penganggaran tradisional menggunakan amplop dapat membantumu menjaga anggaran dan mengelola keuanganmu. Setelah uang dipisah-pisah untuk tiap anggaran, kamu masukan uang tersebut ke dalam amplop yang berbeda. Jadi, jika kamu hendak menganggarkan Rp250.000 untuk internet selama sebulan, maka simpan uang itu di dalam amplop “internet”.

Pendekatan itulah yang digunakan oleh Mvelopes untuk membuat penganggaran. Yang membedakannya adalah aplikasi ini melakukannya secara digital di ponsel dan komputer daripada menggunakan uang tunai fisik. Aplikasi ini berbayar tapi menyediakan kesempatan untuk mencoba Mvelopes gratis selama 30 hari.

Aplikasi keuangan PC Mvelopes akan membantumu membuat anggaran dan mengatur “amplop” milikmu. Perangkat ini dapat melacak pengeluaran dan memperlihatkan padamu amplop itu digunakan untuk belanja apa saja agar kamu tetap mengikuti anggaran yang sudah dibuat.

8. Buddi

Buddi

* sumber: pdf.wondershare.com

Buddi adalah aplikasi open-source untuk membuat anggaran yang dapat dipakai pada sistem Windows, Mac, dan Linux. Selain itu, aplikasi ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Buddi memberikan keamanan data keuangan dengan kata sandi. Aplikasi ini dirancang agar mudah digunakan bahkan oleh orang yang tanpa latar belakang keuangan sekali pun.

Fitur yang tersedia termasuk penganggaran, pelacakan akun rekening, dan laporan keuangan pribadi. Tapi kamu harus memasukkan transaksi tersebut secara manual. Dengan plugin gratis, kamu bisa memiliki lebih banyak fitur dan panduan untuk pengguna online, sehingga mudah dibaca dan digunakan.

9. TurboCASH

TurboCASH

* sumber: sourceforge.net

Perangkat lunak ini merupakan aplikasi akuntasi gratis yang telah tersedia sejak bulan April 1985. Aplikasi TurboCash yang memiliki 23 pilihan bahasa banyak digunakan di Amerika Serikat, Eropa, Australia dan Kanada. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki komunitas online dengan jumlah pengguna lebih dari 100.000.

TurboCASH dibuat untuk membantu usaha kecil juga menengah (UKM). Bagi para freelancer atau juga pedagang mungkin fitur yang dimiliki TurboCASH agak berlebihan. Namun, jika kamu memerlukan sesuatu yang memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan buku kas, TurboCASH bisa jadi pilihan. Aplikasi ini bisa menangani PPN, pesanan pembelian juga debitur dan kreditur.

10. Moneydance

Moneydance

* sumber: moneydance.com

Aplikasi ini dibuat untuk pengguna Mac tapi bisa juga digunakan untuk Windows dan Linux. Moneydance merupakan paket pengelolaan uang untuk PC dengan single-window interface yang sangat rapi. Pasang aplikasi ini dan kamu akan mendapatkan tampilan instan keuanganmu, tagihan yang akan datang, pengeluaran terbaru dan banyak lagi.

Meskipun tidak terlalu spektakuler, fitur pelaporannya cukup kuat dan dan salah satu fitur dari Moneydance yang paling berguna adalah register akunnya. Untuk orang-orang jadul dan pernah mengelola buku cek, aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama.

Aplikasi keuangan PC Moneydance juga tersedia untuk iOS untuk memudahkan pencatatan transaksi saat dalam perjalanan, yang nantinya dapat disinkronkan dengan PC.

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengelola keuangan pribadi secara manual, mungkin pilihan aplikasi digital yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi jawaban untuk masalahmu.

Aplikasi-aplikasi keuangan PC ini menawarkan banyak fitur canggih seperti melacak pengeluaran dan pendapatan juga melacak tagihan bulananmu. Jika ingin yang lebih simpel, kamu bisa menggunakan aplikasi manajamen keuangan khusus smartphone Android. Yuk, cek daftar terbaiknya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *