4 Cara Membuat NGL Link yang Viral di HP Android dan iPhone

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Di Juni 2022, aplikasi anonymous q&a atau aplikasi untuk bertanya secara anonim sedang populer di dunia maya. Sebenarnya, aplikasi seperti ini sudah ada sejak lama. Namun, popularitasnya kembali melonjak saat banyak orang di internet, khususnya sosial media Instagram, menggunakan aplikasi ini.

Salah satu aplikasi paling populer adalah NGL - anonymous q&a. Banyak dari para pengguna Instagram membagikan link NGL di Instagram Story tory ataupun bio mereka.

Seperti apakah aplikasi NGL ini dan bagaimana cara membuatnya? Simak pembahasan mengenai cara membuat NGL Link dari Carisinyal ini.

Apa Itu NGL?

NGL - anonymous q&a

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini digunakan oleh para pengguna internet untuk membuka sesi pertanyaan di sosial media Instagram. Pengguna aplikasi dapat mengundang teman-temannya untuk menjawab sesi pertanyaan random.

Ya, teman dari si pengguna bisa bertanya apa saja lewat link yang dibagikan di laman sosial medianya dengan NGL Link ini.

Tidak hanya membuka sesi tanya jawab random, pengguna NGL dapat mengundang temannya untuk mengikuti Truth or Dare, mengungkapkan pendapat tentang si pengguna, atau meminta si pengguna mengutarakan pendapatnya tentang seseorang.

Aplikasi NGL - anonymous q&a sendiri baru dirilis oleh NGL App sejak Mei 2022. Pihak developer menjamin keamanan penggunanya dengan filter dan algoritma aplikasi agar tidak ada pertanyaan yang bernada kasar atau berbau bullying di setiap sesi pertanyaan yang dibuka.

Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google PlayStore di Android atau App Store untuk iPhone. Aplikasi ini memiliki ukuran tidak lebih dari 50 MB saja.

Cara Membuat NGL Link

Nah, setelah tadi kami membahas mengenai aplikasinya, sekarang saatnya untuk mengulas cara menggunakan aplikasi NGL ini. Tenang, caranya tidak rumit, kok. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Download dan Install Aplikasi NGL

cara download NGL_

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi NGL - anonymous q&a di ponsel Android. Caranya mudah, cukup buka aplikasi PlayStore dan ketikkan NGL di kolom pencarian. Karena di tutorial ini, yang digunakan adalah HP Android, maka fokus tulisan pada Android.

Namun, Anda yang memakai perangkat dari Apple juga bisa mengikuti cara berikut ini. Untuk tautan unduhnya, bisa cek pada tautan berikut.

NGL - anonymous q&a Google PlayStore

NGL - anonymous q&a Apple App Store

Jika sudah, Anda tinggal tekan tombol install dan tunggu sampai proses unduhan juga instalasinya selesai.

2. Login dengan Akun Instagram

cara menggunakan NGL Link 1_

Langkah selanjutnya, buka aplikasi NGL - anonymous q&a yang sudah diunduh tadi. Kemudian, klik tombol putih bertuliskan Get Questions!

cara menggunakan NGL Link 2__

Setelahnya, akan muncul halaman lain. Di halaman ini, Anda akan diminta untuk login dengan akun Instagram. Cukup masukkan username Instagram Anda di kolom yang ada di bawah tulisan What's your Instagram handle?. Kalau sudah, klik tombol Done.

3. Buat NGL Link

cara menggunakan NGL Link 3s_

Nah, setelah proses login ke aplikasi selesai, Anda bisa mulai membuka sesi pertanyaan dan membuat NGL Link untuk Instagram. Halaman seperti pada gambar di atas akan tampak di layar ponsel jika Anda sudah berhasil login.

Langkah selanjutnya adalah, Anda hanya perlu memilih jenis sesi tanya jawab. Cukup tekan-tekan ikon dadu untuk mengubah jenis pertanyaannya.

4. Memposting NGL Link di Instagram

Setelah selesai memilih jenis pertanyaan, Anda bisa langsung menyalin NGL Link dan mempostingnya di Instagram. Anda bisa langsung membagikannya dengan menekan tombol share di aplikasi NGL, atau mengunggahnya secara manual.

cara menggunakan NGL Link 4s_

Pertama, cukup salin NGL Link dari aplikasi NGL-nya. Lalu, buka akun Instagram Anda. Kemudian masuk ke laman pembuatan Instagram Story seperti biasanya. Selanjutnya, tekan ikon emoji yang dilingkari pada gambar di atas.

cara menggunakan NGL Link 4_

Untuk mengunggah NGL Link di Instagram, cukup klik ikon Link yang ada di sebelah ikon Quiz seperti tampak pada gambar.

cara menggunakan NGL Link 5s_

Setelahnya, akan tampil halaman ini di layar ponsel Anda. Lalu, paste NGL Link yang sudah disalin dari aplikasinya.

cara menggunakan NGL Link 6_

Kalau sudah, akan tampak seperti pada gambar berikut ini. Anda bisa menambahkan tulisan atau elemen lain sebelum akhirnya mengunggah NGL Link di Instagram Story. Mudah sekali, bukan?

Cara Cek Pertanyaan NGL Link

Selain tata cara membuat NGL Link di Instagram, kami juga akan mengulas tentang bagaimana cara melihat bentuk partisipasi teman atau pengikut Anda di aplikasi NGL. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi NGL- anonymous q&a di ponsel Anda
  • Pilih tab Inbox
  • Klik ikon amplop untuk melihat partisipasi teman/pengikut Instagram Anda

Setelahnya, Anda bisa langsung memberikan tanggapan pada pertanyaan teman atau pengikut Instagram yang bertanya maupun berpartisipasi di NGL Anda. Jika sudah, Anda bisa langsung membagikannya di Instagram Story.

Sekadar info, jika Anda membuka sesi q&a di NGL dan ada yang ikut berpartisipasi, biasanya aplikasi NGL akan langsung memberikan notifikasi di ponsel Anda. Akan tetapi, bila notifiikasinya belum atau tidak muncul sama sekali, Anda bisa langsung mengeceknya dengan cara di atas.

Nah, jika Anda ingin berpartisipasi di NGL teman atau pengguna lain, cukup klik saja link NGL yang ada di Instagram Story-nya, lalu berikan tanggapan atau pertanyaan Anda.

Satu tips lain yang bisa dicoba dalam menggunakan aplikasi NGL adalah menyimpan link di bio Instagram. Cara ini diyakini bisa menaikkan jumlah orang yang ikut berpartisipasi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram