carisinyal web banner retina

3 Cara Mengganti PIN GoPay yang Praktis dan Mudah Dilakukan

Ditulis oleh Aris Wibowo

Gojek merupakan salah satu aplikasi dengan berbagai layanan digital yang mempermudah penggunanya dalam berkegiatan sehari-hari. Nah, salah satu layanan digital dari Gojek yang cukup populer ialah GoPay.

GoPay merupakan fasilitas e-wallet yang berguna untuk berbagai transaksi keuangan digital. Selain itu, Anda sebagai pengguna GoPay juga bisa memanfaatkan untuk bertransaksi non-tunai di toko atau gerai tertentu dengan memindai QR Code. 

Sayangnya, GoPay tidak memiliki aplikasi yang berdiri sendiri dan masih menyatu dengan aplikasi Gojek. Hal ini membuat Anda yang ingin memakai GoPay harus masuk ke aplikasi Gojek terlebih dahulu. Nah, untuk menggunakan GoPay di aplikasi Gojek, Anda harus memasukkan 6 digit kode nomer PIN GoPay untuk bisa melanjutkan transaksi. 

PIN GoPay sendiri berfungsi untuk keamanan dan sebagai sandi rahasia antara pengguna dan sistem GoPay. Jadi, hanya pengguna asli yang bisa mengetahui PIN dan masuk ke akses GoPay. 

Nah, agar terhindar dari peretasan, Ada baiknya Anda mengganti PIN GoPay secara berkala. Berikut ini tim Carisinyal ulas cara mengganti PIN GoPay. Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Alasan Orang Mengganti PIN GoPay

Sama seperti PIN ATM, PIN GoPay seharusnya diganti secara berkala. Hal ini penting mengingat saat ini banyak pembobolan data. Nah, berikut ini sejumlah alasan orang mengganti PIN GoPay.

1. Demi Keamanan

Screen Lock - Time Password_

Seperti yang diketahui, saat ini banyak motif kejahatan yang mengincar uang termasuk uang digital. Nah, hal ini membuat sebagian pengguna GoPay wajib mengganti PIN GoPay miliknya. Apalagi jika suatu saat Anda mendapatkan pemberitahuan mengenai adanya transaksi di akun GoPay, artinya akun Anda telah dibobol. Biasanya Gojek akan langsung menonaktifkan PIN lama Anda.

Maka langkah pengamanan selanjutnya sebaiknya segera mengganti PIN lama ke PIN baru agar akun Anda kembali aman dan tidak digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Sistem GoPay Error

Sistem keamanan GoPay dirancang seketat mungkin untuk menghindari risiko penyalahgunaan akun selain penggunanya. Hal ini terkadang menjadi boomerang tersendiri saat sistem error, dimana pengguna justru kesulitan memasukkan PIN GoPay sehingga PIN akhirnya dinonaktifkan. Anda pun harus mengganti PIN GoPay agar bisa bertransaksi lagi.

3. Lupa PIN

PIN Gopay_

Penyebab orang mengganti PIN GoPay berikutnya ialah, Anda terlalu sering salah memasukkan PIN GoPay karena lupa PIN. Jika demikian maka PIN akan dinonaktifkan oleh Gojek. Sebagai solusinya Anda harus mengganti PIN GoPay lama ke PIN GoPay yang baru.

Dari dua alasan tersebut, sepertinya alasan salah mengisi PIN karena lupa menjadi hal yang sering terjadi. Apalagi, Gojek hanya memberikan 3 kali kesempatan untuk mengisi PIN dan jika salah maka PIN akan dinonaktifkan sementara.

Cara Mengganti PIN GoPay

Ada berbagai cara mengganti PIN GoPay yang bisa Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya simak poin di bawah ini.

1. Cara Ganti PIN GoPay Lewat Aplikasi Gojek

cara ganti pin gopay 2_

Jika Anda masih ingat PIN GoPay lama Anda, namun Anda merasa perlu mengganti PIN GoPay ke yang baru, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Gojek di HP Anda. Setelah itu pilih menu ‘Lainnya’ yang ada di bagian pojok kanan.
  • Pilih menu ‘Pengaturan’, diikuti dengan menekan menu ‘Pilihan(eksplor)’. Lalu, pilih ‘Pengaturan’ di opsi tersebut.
  • Pilih menu ‘Ubah PIN’ untuk mengganti PIN GoPay Anda. Masukkan PIN GoPay lama Anda terlebih dahulu
  • Setelah itu, masukkan PIN GoPay baru. Ulangi PIN baru tersebut sebagai langkah konfirmasi PIN.

Ini menjadi salah satu cara mengganti PIN GoPay yang cepat mudah dan sederhana. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan saldo Anda ketika proses pergantian PIN.

2. Cara ganti PIN GoPay Lewat Email

Email

Sebagai alternatif lainnya, berikut ini cara mengganti PIN GoPay melalui email: 

  • Buka aplikasi Gojek. Setelah itu pilih tombol ‘Login’. Lalu, pilih tombol ‘Masalah dengan nomor’.
  • Setelah itu masukkan PIN GoPay lama Anda diikuti alamat email. 
  • Secara otomatis, Anda akan mendapatkan kode OTP melalui email. Masukkan kode tersebut.
  • Lanjutkan dengan memperbarui nomor PIN GoPay baru. Cara verifikasinya dengan klik tombol ‘Berikutnya’ dan isi kembali PIN GoPay baru.
  • Pilih ‘Lanjutkan’ untuk masuk. Login kembali ke aplikasi Gojek dengan nomor PIN GoPay baru.

3. Cara Ganti PIN GoPay Ketika Lupa PIN

cara ganti pin gopay 1_

Cara mengganti PIN GoPay saat lupa PIN sebetulnya tidak terlalu sulit. Langkahnya sama dengan langkah mengganti PIN seperti pada umumnya. Bedanya Anda harus melakukan langkah konfirmasi ulang untuk bisa mendapatkan PIN baru. Lebih jelasnya, simak langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Gojek di HP Anda. Setelah itu pilih menu ‘Lainnya’ yang ada di bagian pojok kanan.
  • Pilih menu ‘Pengaturan’, dan ‘pilihan (eksplor)’ dan ‘Pengaturan’.
  • Pilih ‘Lupa PIN’ untuk mendapatkan PIN GoPay Anda yang baru.
  • Anda akan mengisi PIN baru GoPay. Ulangi PIN baru tersebut sebagai langkah konfirmasi PIN.
  • Jika sudah, Anda akan diminta menunggu sejenak hingga kode OTP masuk secara otomatis melalui SMS. Ketik kode tersebut. Ingat jangan berikan kode OTP ke siapa pun. Kini Anda telah mendapatkan PIN GoPay baru.

Sedikit catatan, jika sebelumnya Anda sudah 3 kali salah memasukkan PIN dan mengganti ke PIN GoPay baru, Anda harus menunggu selama 60 menit untuk dapat melakukan transaksi kembali menggunakan GoPay.

Tips Mengganti PIN GoPay

gopay_

Sebelum mengganti PIN GoPay, Anda perlu memahami dan mengetahui ketentuan mengenai mengganti PIN GoPay. Berikut penjelasannya.

  1. Ketika hendak mengganti PIN GoPay, pastikan bahwa aplikasi Gojek sudah di-update.
  2. Gantilah 6 nomor PIN menggunakan kombinasi yang sulit dan berbeda dari PIN sebelumnya. 
  3. Ingat PIN GoPay lama.
  4. Buatlah PIN baru menggunakan angka yang diacak tapi mudah diingat.
  5. Saat mengganti PIN GoPay, pastikan jaringan internet dalam kondisi stabil dan lancar.

Demikian cara mengganti PIN GoPay yang bisa Anda coba. Dengan mengganti PIN secara berkala juga membuat informasi pribadi Anda lebih terlindungi. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengganti PIN menjadi PIN baru yang lebih aman dan mudah diingat. 

Ini penting karena ternyata banyak pengguna GoPay yang sering lupa PIN miliknya, sehingga harus membuat PIN baru yang tentunya akan memakan waktu dan menghambat transaksi.

Kalaupun Anda masih saja lupa akan PIN GoPay, sebaiknya Anda segera mengganti atau membuat PIN baru. Jangan memaksa untuk terus memasukkan PIN yang salah. Pasalnya, jika sampai salah berulang-ulang memasukkan PIN, akun GoPay Anda akan dinonaktifkan dan butuh proses lagi. Semoga bermanfaat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram