Carisinyal / Powerbank / Inilah Ciri-Ciri Powerbank Rusak yang Perlu Diketahui!

Inilah Ciri-Ciri Powerbank Rusak yang Perlu Diketahui!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Agustus 2019

Powerbank yang kemunculannya sempat nge-hits beberapa waktu lalu memang kini sudah terlihat jarang digunakan. Terlebih lagi karena banyak ponsel-ponsel canggih dengan kapasitas baterai yang besar, membuat alat untuk mengisi daya baterai HP ini perlahan-lahan ditinggalkan oleh sebagian besar penggunanya.

Tetapi, tidak semua pengguna tentunya. Adakah di antara Anda semua yang masih menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai HP? Nah, kali ini Carisinyal akan membagikan informasi mengenai ciri-ciri powerbank rusak, spesial untuk Anda. Ingin tahu, apa sajakah ciri-cirinya? Simak langsung saja pembahasan berikut ini.

Cara Mengisi Daya Powerbank

memilih power bank

Nah, sebelum membahas mengenai ciri-ciri powerbank rusak, Carisinyal akan membagikan informasi tentang cara ngecas atau mengisi daya powerbank yang baik dan benar. Untuk mengetahuinya, simak langsung saja ulasan berikut ini.

1. Periksa Lampu Indikatornya

Saat akan mengisi daya powerbank, sebaiknya periksalah lampu indikatornya terlebih dulu. Umumnya, sebuah powerbank punya empat lampu indikator LED yang berfungsi untuk menunjukkan status pengisian daya powerbank tersebut.

Nah, jika Anda mendapati keempat lampu indikator LED dari powerbank masih menyala, artinya powerbank milik Anda sudah terisi penuh dan siap digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel. Kalau lampu indikator tidak menyala atau hanya satu lampu saja yang masih menyala, maka sudah saatnya bagi Anda untuk mengisi daya dari powerbank tersebut.

2. Gunakan Stop Kontak

Setelah memastikan lampu indikator LED pada powerbank tinggal tersisa satu atau tak ada yang menyala sama sekali, segera isi daya powerbank dengan cara men-charge powerbank dengan cara menyambungkan kabel USB dan kepala charger yang biasa Anda pakai untuk mengisi daya baterai HP ke powerbank tersebut.

Sambungkan kabel USB ke powerbank, kemudian pastikan kabel USB-nya juga sudah tersambung ke kepala charger. Nah, setelahnya, Anda tinggal menyambungkan kepala charger ke stop kontak seperti biasa.

For your information, mengisi daya baterai powerbank dengan memakai stop kontak adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Mengapa? Karena mengisi daya melalui stop kontak membuat perangkat bisa menerima ampere lebih baik ketimbang dengan menggunakan alat lainnya.

3. Pakai PC/Laptop

Kalau Anda sedang berada di luar rumah dan tidak membawa kepala charger serta tak menemukan adanya stop kontak, gunakanlah PC/ laptop untuk mengisi daya powerbank. Caranya mudah, pasangkan kabel USB yang Anda punya ke powerbank, lalu sambungkan kabel ke port USB yang ada di komputer atau laptop Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai cara mengisi daya powerbank yang baik dan benar, silakan baca artikel Cara Ngecas Powerbank dari Carisinyal.

Ciri-Ciri Powerbank Rusak

Nah, setelah membahas mengenai cara mengisi daya powerbank yang baik dan benar, Carisinyal akan mengulas tentang ciri-ciri powerbank yang sudah rusak. Apa sajakah itu? Simak langsung ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Powerbank Tidak Bisa Dipakai

Bcare Slim Black Powerbank ciri-ciri powerbank rusakCiri yang pertama dan yang paling mudah diketahui adalah ketika sebuah perangkat powerbank sudah tak dapat lagi dipakai untuk mengisi daya baterai ponsel. Ya, ada kemungkinan powerbank milik Anda telah rusak.

Nah, kalau semua lampu indikator LED yang ada pada powerbank masih menyala dengan baik serta tak ada masalah kerusakan yang dialami oleh baterai ponsel Anda, sebaiknya gunakanlah kabel USB cadangan yang Anda punya.

Kemudian lihat apakah powerbank milik Anda bisa digunakan untuk mengisi daya baterai lagi atau tidak. Jika kabel sudah diganti dan powerbank tetap tidak bekerja seperti biasa, bisa jadi powerbank milik Anda sudah rusak.

2. Lampu Indikator Mati Total

Hippo Power Bank Zippy 12000 mAh

Ciri-ciri powerbank rusak lainnya bisa dilihat dari kondisi lampu indikator. Jika lampu indikator tidak menyala sama sekali meski Anda telah mengisi daya baterai powerbank selama berjam-jam dengan menggunakan kabel USB yang kondisinya bagus, hingga mengisi daya dengan cara yang dianjurkan, yakni memakai stop kontak, kemungkinan besar powerbank milik Anda sudah rusak.

Kalau salah satu lampu atau semua lampu indikator menyala setelah dicharge selama berjam-jam, selamat, artinya powerbank milik Anda mungkin hanya kehabisan baterai saja.

3. Baterai Cepat Habis

ciri-ciri powerbank rusak

Salah satu dari sekian banyak ciri-ciri powerbank rusak lainnya adalah kondisi baterai powerbank yang sudah nge-drop dan cepat panas. Nah, misalnya, Anda mendapati baterai powerbank sudah habis, kemudian Anda lakukan pengisian daya seperti biasa.

Tetapi, tak lama kemudian lampu indikator powerbank menyala semua, menandakan kalau baterai powerbank sudah terisi penuh. Padahal Anda baru mengisi dayanya sebentar saja. Nah, jika hal ini terjadi, kemungkinan baterai powerbank milik Anda sudah nge-drop.

4. Powerbank jadi Cepat Panas

charger power bank usb

Bukan hanya tak bisa digunakan, lampu indikatornya mati sampai baterainya jadi cepat habis atau nge-drop saja. Jika suhu powerbank jadi cepat panas atau melebihi batas normal saat diisi atau digunakan untuk mengisi daya, bisa jadi powerbank Anda dalam keadaan rusak.

5. Ada Aroma Gosong yang Tercium

Power Bank

Salah satu ciri-ciri powerbank rusak adalah, tercium aroma gosong ketika Anda menggunakan powerbank tersebut. Dilansir dari yuliamarza, aroma gosong pada powerbank kemungkinan muncul berkat adanya hubungan arus pendek yang sering terjadi. Sehingga, kabel yang digunakan pada powerbank tidak bisa menahan panas dari arus listrik.

Tips agar Powerbank Tetap Awet

Xiaomi Powerbank 10400 mAh merk power bank terbaik

Bukan hanya membahas mengenai cara mengisi daya baterai powerbank dan ciri-ciri powerbank yang sudah rusak saja, Carisinyal juga akan membagikan informasi berupa tips agar powerbank yang Anda gunakan tetap awet. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui tipsnya!

1. Jangan Mengisi Daya Terlalu Sering

Nah, tips yang pertama, hindarilah terlalu sering mengisi daya powerbank. Mengapa begitu? Karena jika terlalu sering diisi daya atau di-charge, terlebih bila baterai masih tersisa dalam jumlah yang cukup banyak, maka powerbank rentan mengalami kerusakan. Jadi, isilah daya powerbank saat diperlukan, ya.

2. Memakai Kabel Bawaan Saat Mengisi Daya

Nah, agar powerbank milik Anda tetap awet, gunakanlah kabel USB dan kepala charger bawaan yang asli. Jangan gunakan kabel lain secara sembarangan, kecuali saat terdesak. Hal ini juga berlaku untuk HP yang Anda gunakan, lho. Kalau tidak menggunakan charger dan kabel USB bawaan, biasanya baterai HP akan cepat nge-drop atau bahkan rusak.

3. Jangan Pakai HP Saat Diisi Daya Dengan Powerbank

Ketika Anda sedang mengisi daya baterai HP dengan menggunakan powerbank, sebaiknya jangan gunakan HP-nya dan matikanlah data selulernya. Atau, matikan HP-nya secara keseluruhan.

Hal ini dilakukan agar daya baterai HP bisa terisi dengan lebih cepat dan powerbank tidak harus digunakan dalam waktu yang lama. Kalau kita terlalu sering menggunakannya, powerbank juga bisa cepat rusak.

Sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai ciri-ciri powerbank rusak beserta informasi menarik lainnya seputar cara mengisi daya powerbank hingga tips yang bisa dipraktikkan agar powerbank yang Anda miliki tetap awet dan tidak cepat rusak.

Jika Anda mengetahui informasi lainnya seputar ciri-ciri powerbank yang sudah rusak hingga tips yang bermanfaat agar powerbank tetap awet, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar