Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Smartphone / 7 Cara Membedakan Power Bank yang Asli dan Palsu

7 Cara Membedakan Power Bank yang Asli dan Palsu

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Power bank saat ini dibutuhkan karena membantu banyak orang untuk tetap terhubung dengan smartphone, barangkali termasuk Anda. Karena banyak yang butuh, wajar jika berbagai vendor banyak menjual produk porwer bank.

Di toko online yang beroperasi di Indonesia misalnya, ada banyak power bank yang dijual dari berbagai merek dengan berbagai kapasitas. Ada power bank Asus, power bank Acmic, power bank Robot dan sebagainya denga varian kapasitas mulai 5000mAh sampai 20000 mAh.

Anda yang butuh power bank bisa memilih berbagai varian kapasitas dan merek yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tapi harus diingat, apapun power bak yang Anda pilih, sebaiknya power bank tersebut adalah power bank yang memang original.

Kenapa? Ternyata ada banyak power bank palsu yang beredar di pasaran. Salah satu contoh power bank yang memiliki duplikatnya adalah power bank Xiaomi. Wajar memang produk Xiaomi selalu punya KW alias palsunya mengingat brand Xiaomi ini populer dan terkenal berkat HP murahnya.

Bukan hanya power bank dari Xiaomi, power bank dari merek terkemuka lainnya juga punya versi palsunya yang dijual. Untuk itu, Anda perlu wasapada sebelum membeli power bank. Sebaiknya kenali dulu ciri-ciri power bank asli dan bedanya dengan power bank palsu. Bingung cara membedakannya? Berikut Carisinyal kasih tujuh poin penting cara membedakan power bank asli dan palsu.

7 Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu

1. Kenali Bentuknya

power bank

Seperti yang sudah disebutkan, power bank palsu yang beredar umumnya adalah power bank dari merek ternama tapi dengan bentuk dan tampilan yang sedikit beda. Ada power bank palsu yang juga punya bentuk hampir sama. Namun kalau diperhatikan secara detail akan tampak perbedaannya.

Nah, karena banyaknya varian power bank, sebaiknya Anda mengetahui dulu power bank dari berbagai merek ternama. Jangan asal pilih power bank dari merek yang belum dikenal dan belum teruji. Meskipun mereknya beda tapi mereknya tidak terkenal dan berharga murah, Anda patut curiga power bank tersebut adalah power bank abal-abal.

2. Kapasitas “Seimbang” dengan Harga

power bank xiaomi

Ini adalah pembeda paling jelas untuk menentukan apakah power bank tersebut asli atau palsu. Cek kapasitas power bank tersebut. Bila kapasitas power bank tersebut besar tapi harga jualnya murah, sudah dipastikan power bank tersebut palsu.

Contoh kasusnya sebuah power bank berkapasitas 10050mAH dijual dengan harga 100 ribu atau bahkan cuman 50 ribu. Padahal rata-rata power bank dengan kapasitas kisaran 10000mAh dijual dengan harga 200 ribuan lebih.

Jika Anda mennemukan suatu produk power bank dari merek ternama dengan kapasitas besar tapi harga jualnya rendah, sudah dipastikan kalau power bank tersebut palsu.

3. Kualitas Baterai

Untuk yang satu ini memang perlu di cek pada bagian baterai yang tersemat di power bank. Jika memang mau mengecek keaslian, memang sebaiknya cek apakah baterai yang digunakan merupakan baterai abal-abal atau baterai yang memang berkualitas baik.

Sebagai contoh, power bank Doca memakai baterai grade A Cell. Baterai tipe ini memiliki kualitas yang bagus. Contoh lainnya, baterai pada power bank Xiaomi yang asli adalah baterai original dari LG atau Samsung. Di bagian baterainya terdapat nomor seri, tipe dan tulisan LG atau Samsung.

Power bank palsu tidak memakai kualitas baterai yang baik. Tidak terdapat pula nomor seri dan tulisan asal baterai seperti yang tersemat pada baterai power bank Xiaomi.

4. Bobot Power Bank

Ciri paling mudah untuk mengenali power bank tersebut palsu atau bukan adalah dengan mengetahui bobot berat power bank tersebut. Sebagai informasi, power bank semakin kapasitasnya besar semakin besar pula ukuran power bank tersebut.

Umumnya power bank dengan kapasitas 10.400mAh memilii berat sekitar 175 – 200 gram, Power bank dengan kisaran kapasitas 20.000 mAh memiliki bobot berat 400 – 500 gram.

Apabila Anda menemukan Power bak dengan kapasitas lebih dari 20.000 mAh tapi bobotnya ringan dan bentuknya kecil, sudah jelas kalau power bank tersebut adalah power bank abal-abal.

5. Logo

power bank xiaomi

* sumber: blog.banggood.com

Pada beberapa merek, logo yang tersemat pada power bank asli biasanya tersemat pada body top dengan warna yang lebih terang dan jelas. Untuk power bank yang palsu, biasanya logonya lebih buram. Nah, sebelum membeli power bank coba cek terlebih dulu logo yang tersemat pada power bank.

6. Build quality

cara membedakan power bank asli dan palsu power bank anker

Power bank palsu umumnya memiliki build quality yang kurang baik dan kurang solid. Biasanya buid quality power bank palsu menggunakan build quality yang tidak bagus dan asal-asalan. Beda dengan build quality power bank dari merek ternama yang terlihat premium dan tidak murahan.

Contoh power bank yang memiliki build quality yang baik misalnya power bank Samsung yang harga aslinya di atas 300 ribu. Ada juga power bank Anker, power bank yang terbilang mahal karena memang build quality dari power bank  ini tergolong baik.

7. Tes Daya

Cara membedakan power bank yang asli dan palsu bisa dilakukan dengan cara mengetes daya dari power bank tersebut. Power bank yang asli biasanya akan mengisi daya smartphone Anda dengan cepat bergantung pada ouput Ampere.

Power bank yang palsu meski dengan output yang beda, saat dites mengisi daya tergolong lama. Selain itu power bank palsu biasanya akan menyalakan lampu indikator jika dites mengisi daya ke power bank langsung alias mengisi diri sendiri.

Demikianlah pemaparan terkait cara membedakan power bank asli dan palsu. Semoga membantu Anda sebelum Anda benar-benar membeli sebuah power bank. Jika Anda punya tips lain untuk mengetahui keaslian sebuah power bank, silakan bagikan dengan kami melalui kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

3 Comments

  1. Yudis November 12, 2018 at 10:04 pm - Reply

    Nie saya rasa yg tulis blog ini pernah kecewa sm xiomi kalie…😅 justru sebalik nya yg lebih banyak palsu nya power bank merek samsung dan robot.. sy punya xuomi justru lebih bagus dari mereka

    • Hilman Mulya Nugraha November 13, 2018 at 2:02 pm - Reply

      Xiaomi cuman contoh karena saya pernah menemukan power bank Xiaomi palsu yang gak saya gunakan tapi itu tidak membuat saya kecewa sama Xiaomi kok. Yah powerbank Samsung dan Robot juga banyak yang palsu

  2. Ms Desember 16, 2018 at 9:33 am - Reply

    Thankyou sangat bermanfaaat

Leave A Comment