Mengenal Keunggulan dan Harga ASUS ExpertBook B5 OLED Series

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Februari 2022, ASUS tetap fokus hadirkan perangkat yang menyasar kalangan enterprise. Mereka hadirkan beberapa lini produk bisnis seperti ExpertBook, ExpertCenter, dan lainnnya. ASUS Indonesia pun menambahkan varian lain untuk seri ExpertBook, yakni seri ExpertBook B5 OLED. 

Seri ExpertBook B5 OLED.bisa dikatakan sebagai varian yang lebih menarik jika dibandingkan varian standar. Pasalnya, varian ini menawarkan teknologi layar ASUS OLED, sebuah teknologi layar OLED berkualitas yang banyak digunakan di laptop ASUS kelas konsumen. 

Ada dua seri ExpertBook B5 OLED yang dihadirkan ASUS Indonesia. Penjelasan kedua seri tersebut dapat disimak berikut ini. 

ExpertBook B5 OLED B5032CA

ASUS ExpertBook B5
  • Layar: 13.3-inch, OLED, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 400nits, DCI-P3: 100%, Screen-to-body ratio:78 %
  • Processor: Intel® Core i7-1165G7
  • Graphic Card: Intel® Iris Xᵉ Graphics
  • RAM: 16 GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
  • Storage: 1 TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD with 2x M.2 2280 PCIe 3.0x4
  • Konektivitas: Wi-Fi 6(802.11ax)+BT5.0 (Dual band) 2*2
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery1x HDMI 2.0b1x micro HDMI (RJ45 lan)1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Baterai: 66 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

ASUS ExpertBook B5 dilengkapi dengan layar ASUS OLED 13 inci. Layar OLED ini hadir dengan resolusi FHD atau 1920 x 1080 piksel. Berkat dukungan teknologi OLED, laptop ini dapat hadirkan layar yang jernih dan sehat untuk mata karena sertifikasi TÜV Rheinland

Layar OLED ini dapat memberikan  warna yang cemerlang dan visual yang sangat detail dan realistis untuk berbagi konten atau presentasi. Terlebih layarnya ini punya 100% DCI-P3 color gamut.  Teknologi OLED juga berarti gambar lebih jelas pada tingkat kecerahan yang lebih rendah, termasuk hadirnya  sertifikat VESA DisplayHDR

ExpertBook B5 OLED juga  dilengkapi dua SSD untuk menyediakan kapasitas ganda hingga 1 TB. SSD ini punya kemampuan baca dan tulis lebih cepat. SSD ini juga mendukung teknologi RAID 2 untuk meningkatkan keandalan data atau operasi yang lebih cepat. 

ASUS ExpertBook B5

Bagi yang belum tahu, RAID adalah teknologi di dalam penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer (khususnya hard disk). Teknologi RAID menggunakan cara penumpukan data menggunakan perangkat lunak dan unit perangkat keras RAID yang terpisah.

Dari sisi konektivitas, ASUS ExpertBook B5 OLED hadir dengan konektivitas lengkap yang mendukung produktivitas para pekerja enterprise. Contohnya adalah hadirnya Wi-Fi 6E, USB 3.2, 2 port Thunderbolt 4,  HDMI 2.0, micro HDMI untuk RJ45 LAN, dan 3.5mm Combo Audio Jack. 

ASUS ExpertBook B5

 ASUS ExpertBook B5 OLED merupakan laptop yang tersertifikasi Intel Evo. Laptop ini juga didukung dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan berbagai teknologi penunjang kebutuhan bisnis. 

Salah satu contohnya adalah teknologi ASUS AI Noise-Canceling. Teknologi ini mampu meredam kebisingan sehingga video conference menjadi lebih nyaman. 

ASUS ExpertBook B5

Ada juga fitur seperti TPM 2.0. Teknologi ini merupakan sebuah chip yang berfungsi menyimpan dengan aman informasi otentikasi yang digunakan oleh perangkat lunak, seperti kata sandi atau kunci enkripsi, untuk melindungi data dan transaksi penting. Detail Anda tetap terenkripsi, hampir menghilangkan risiko kebocoran melalui peretasan.

Laptop ini sudah dilengkapi aplikasi MyASUS. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk menghadirkan berbagai informasi soal laptop ASUS yang digunakan. Tersedia juga fitur untuk mengatur setelan pengisian daya, prioritas internet, dan fitur Link to MyASUS yakni fitur untuk transfer data antar perangkat.


Ada juga fitur ASUS control center. Ini adalah aplikasi manajemen IT terpusat yang memungkinkan pengoperasian dari jarak jauh. Fitur ini tentu sangat berguna bagi enterprise yang peduli pada keamanan data dan privasi. 

ASUS Control Center di ASUS ExpertBook B5

Tidak hanya fungsi, sisi desain juga sangat diperhatikan ASUS Indonesia. Mereka tahu kalau laptop untuk bisnis ini bakal bermanfaat jika didesain dengan kokoh tapi juga ringan. Karena itu, ASUS ExpertBook B5 OLED ini hanya punya bobot 1,2 kg. 

Laptopnya sendiri dibuat dari material khas yang membuat bobot terasa lebih ringan. Baik penutup atas dan bawah ExpertBook B5 OLED dibuat dari aluminium murni, sedangkan area di sekitar area keyboard adalah paduan magnesium-aluminium. 

ASUS ExpertBook B5

Untuk durabilitasnya, ASUS ExpertBook B5 OLED dibangun agar tahan lama. Karena itu, laptop ini telah mendapatkankan sertifikat standar militer AS MIL-STD 810H. Hal ini karena ExpertBook B5 OLED sudah loloas pengujian sepertti bertahan di kondisi ekstrem, di suhu dingin maupun di badai gurun. ASUS juga melakukan pengujian internal yang ketat pada laptop ini, termasuk uji tekanan panel, guncangan, dan uji jatuh. 

ExpertBook B5 Flip OLED B5032F

ASUS ExpertBook Flip B5
  • Layar: Touch screen, 13.3-inch, OLED, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 400nits, DCI-P3: 100%, Pantone Validated, Screen-to-body ratio:78 %
  • Processor: Intel® Core i7-1165G7
  • Graphic Card: Intel® Iris Xᵉ Graphics
  • RAM: 16 GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
  • Storage: 512 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD with 2x M.2 2280 PCIe 3.0x4
  • Konektivitas: Wi-Fi 6(802.11ax)+BT5.0 (Dual band) 2*2
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery1x HDMI 2.0b1x micro HDMI (RJ45 lan)1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Baterai: 66 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED pada dasarnya merupakan laptop yang mirip dari sisi spesiifkasi dan fitur dengan ExpertBook B5 OLED B5032CA. Perbedaannya adalah versi Flip merupakan laptop yang layarnya dapat diputar hingga 360 derajat. Sementara versi standar hanya 180 derajat.

Selain itu, layar ASUS ExpertBook B5 Flip OLED mnerupakan layar sentuh yang sudah mendukung penggunaan stylus ASUS Pen. Layarnya mendukung 4.096 tingkat sensitivitas tekanan. Hal ini membuat laptop ini dapat digunakan untuk kebutuhan pembautan catatan, pengeditan intuitif, kreasi menggambar, dan lainnya.

Asus ExpertBook B5 Flip

Selain itu, versi Flip hanya menwarkan tipe SSD yang sedikit lebih kecil. Namun, keduanya menwarkan tambahan slot SSD yang memungkinkan laptop bekerja secara RAID. Soal SSD dan RAM sebenarnya kondisional mengingat laptop untuk bisnis dapat diubahsesuaikan tergantung permintaan. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram